shampo ketombe
Lifestyle

Kenali Penyebab Ketombe Serta Cara Mengatasi nya dengan Shampo Ketombe

Penyebab ketombe belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang sering memicu ketombe, seperti tidak rutin mencuci rambut, mengalami alergi akibat penggunaan produk perawatan rambut, atau menderita kelainan kulit tertentu, seperti tinea capitis dan eksim atopik. Solusinya ialah dengan menggunakan shampo ketombe.

Ketombe umumnya ditandai dengan serpihan putih atau kekuningan yang bisa jatuh ke bahu. Ketombe juga dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala dan membuat kulit kepala menjadi bersisik atau berkerak.

Apa Saja Penyebab Ketombe?

  • Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah salah satu penyebab paling umum. Penyakit ini ditandai dengan kulit memerah dan berminyak, ditutupi oleh serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan. Dermatitis seboroik juga akan menyerang bagian tubuh lain selain kulit kepala.

Misalnya alis, belakang telinga, hidung, dada, selangkangan, dan area lain yang memiliki banyak kelenjar minyak.

  • Jarang Mencuci Rambut

Jika kulit kepala jarang dibersihkan dengan sampo, minyak, dan sel kulit mati akan menumpuk di kulit kepala sehingga menyebabkan ketombe. Tentu saja, Anda perlu selektif dalam memilih sampo terbaik dan efektif untuk menghilangkan ketombe.

Setidaknya pilihan yang paling tepat adalah sampo ketombe yang mengandung bahan aktif yang terbukti secara klinis membersihkan kulit kepala secara menyeluruh, melawan kuman penyebab ketombe, meredakan peradangan dan pengelupasan kulit, serta mendinginkan kepala.

  • Malassezia Sp

Malassezia Sp merupakan jamur yang hidup di kulit kepala sebagai flora normal. Jika ada kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur ini meningkat melebihi jumlah normal, misalnya pada kondisi udara yang panas serta lembab.

Malassezia dapat menyebabkan penumpukan asam lemak tak jenuh, yang mengakibatkan peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan deskuamasi kulit kepala, yang mengakibatkan ketombe.

  • Kulit kering

Serpihan kulit kepala yang disebabkan oleh kulit kering sangat berbeda dengan yang disebabkan oleh kulit berminyak. Pada kulit kering, serpihan cenderung lebih kecil dan kurang berminyak. Kulit kepala merah dan gejala peradangan lebih jarang terjadi.

  • Dermatitis Kontak

Hipersensitivitas terhadap komposisi produk perawatan rambut dapat menyebabkan kulit kepala meradang, salah satu gejalanya adalah ketombe.

Jika ketombe tak kunjung membaik atasi dengan shampo ketombe yang diklasifikasikan berdasarkan kandungan obat yang digunakan. Beberapa opsinya adalah:

  • Sampo dengan Zink Pyrithione

Sampo ini mengandung zat antibakteri dan antijamur. Sampo ini dapat mengurangi jamur pada kulit kepala yang menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

Shampo anti ketombe aman dan efektif untuk mengatasi ketombe yang menyebabkan gatal. Berkat bahan aktif menghilangkan ketombe sesuai rekomendasi klinis, sampo ini aman digunakan sehari-hari sesuai kebutuhan.

Masalah ketombe sendiri disebabkan oleh berbagai kemungkinan faktor yang berbeda-beda. Seperti akibat penumpukan kuman atau jamur Malassezia sp pada kulit kepala, faktor genetik, kulit berminyak, mengalami gangguan kulit seperti psoriasis, eksim, dermatitis, hingga kebersihan rambut dan kulit kepala yang kurang optimal.

Resiko ini tidak hanya rentan pada jenis rambut berminyak, tetapi juga bisa terjadi pada Anda yang memiliki jenis rambut kering. Untungnya, Dove merilis varian sampo anti ketombe yang bisa Anda pilih sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Salah satu produk yang efektif melawan ketombe adalah Dove Dandruff Care dengan ZPT. Ini termasuk sampo terbaik untuk ketombe dan kulit kepala gatal. Bahan aktif dalam shampo anti ketombe biasanya berpengaruh pada masalah ketombe.

Misalnya, dapat meredakan gatal, peradangan, dan kekeringan pada kulit kepala. Salah satu bahan aktif yang aman dalam sampo anti ketombe adalah zinc pyrithione (ZPT). ZPT adalah obat yang efektif untuk ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala yang aman dan ditemukan dalam sampo Dove Dandruff Care.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.