Beberapa Strategi Omnichannel untuk Pemula
Omnichannel merupakan sebuah tahap lanjutan untuk memperluas jangkauan bisnis. Yang mana startegi tersebut banyak digunakan oleh para pembisnis karena mempu menggabungkan komunikasi sebagai media promosi. Saluran komunikasi tersebut menjadi sumber daya pendukung untuk menjalin kerja sama dengan pelanggan.
Dengan adanya omnichanel platform mampu meningkatkan pengalaman belanja yang membuat para pelangganya menjadi lebih nyaman. Nah kebetulan pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa strategi omnichanel untuk pemula.
Apa Saja Strategi Omnichannel untuk Pemula ?
Memiliki Website yang Mudah Diakses
Salah satu strategi omnichanel untuk pemula yang bisa anda lakukan adalah memiliki website yang mudah di akses. Website bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang pembisnis. Website tersebut mencerminkan sebuah gambaran atau informasi mengenai perusahaan anda.
Yang mana di dalam website tersebut mencangkup informasi mengenai alamat, kontak yang mudah dihubungi serta produk yang dipasarkan. Seperti yang telah anda ketahui bahwa sekarang sudah memasuki era digital, hampir semua orang menggunakan ponselnya untuk mengakses internet.
Buatlah website yang mudah diakses oleh siapa saja, sehingga traffic pengunjung akan semakin banyak. Apalagi website yang anda miliki memiliki desain yang menarik, pasti setiap orang yang mengunjunginya akan menjadi nyaman dan betah.
Hal ini memungkinkan konsumen tertarik dan memiliki minat untuk membeli produk tersebut. Tidak hanya itu saja, website juga bisa dikatakan sebagai media promosi. Dengan adanya website resmi target pesaran yang akan anda dapatkan menjadi lebih luas.
Memanfaatkan Peran Media Sosial
Pada dasarnya media sosial menjadi salah satu chanel yang sangat ampuh untuk digital marketing. Mungkin secara umum media sosial hanya digunakan untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Namun di era sekarang ini banyak para pembisnis yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk yang dijual.
Sementara itu beberapa media sosial yang bisa anda gunakan seperti instagram, twiter, tik-tok, facebook, telegram dan lain sebagainya. Agar peran media sosial dapat berfungsi secara maksimal, maka anda perlu membuat konten yang relevan akan menarik perhatian konsumen.
Misalnya membuat konten berupa video yang singkat, namun penyampaiannya sederahana dan jelas. Gunakan bahasa yang baku dalam penyampaiannya sehingga mudah dimengerti oleh konsumennya.
Apabila anda tidak ingin terlalu ribet, maka anda membuat foto yang estetik. Jangan lupa untuk menyertakan pesar serta penyampaian yang persuasih dalam unggahan foto tersebut. Bahkan banyak juga yang melakukan streaming di tik tok untuk mempromosikan produk yang dijual.
Memberikan Kemudahan Belanja
Secara umum penggunaan omnichanel ini bertujuan untuk memudahkan pemasaran dan memberikan kemudahan belanja pada konsumennya. Maka dari itu juga harus memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Pelayanan tersebut tentunya sangat mempengaruhi tingkat kepuasan pelangganyang membelinay produk anda.
Seperti yang telah anda ketahui bahwa setiap orang menginginkan kemudahan berbelanja karena tidak ribet dan menghemat waktu. Apalagi sekarang ini pada platform media sosial sudah memiliki fitur berbelanja. Seperti Tiktok dengan Tiktok Shop, Facebook dengan Marketplace-nya dan Instagram dengan fitur Instagram Shop.
Dengan begitu para pelanggannya bisa memilih berbagai produk tanpa harus berpindah chanel. Bahkan anda juga bisa memberikan diskon atau potongan harga untuk manraik konsumesn membeli produk yang anda pasarkan.
Sekian pembahasan artikel diatas ini mengenai beberapa strategi omnichanel untuk pemula. Agar bisa memperoleh omnichanel platform yang berkualitas, gunakan omnichanel platform dari Plugo.