100+ Tempat Wisata di Bandung (Update 2018)!! - TravelBos.id

Wisata Wot Batu, Bandung

Jangan ngaku pecinta seni, kalau belum datang ke WOT Bandung. Karena disini kamu akan dimanjakan dengan pahatan patung yang memiliki nilai seni tinggi. Pembuatannya pun tidak sembarangan. Melainkan melibatkan para ahli, mulai dari ahli arsitektur, sejarah hingga geologi. Setidaknya dibutuhkan ketekukan, ketelitian dan perhatian ekstra agar batu yang disusun memiliki makna tersendiri. Dan pastinya, memiliki nilai seni tinggi di mata masyarakat.
   

Wisata Villa Air Natural Resort, Bandung

Villa Air Natural Ressort merupakan salah satu villa yang dikenal dengan konsepnya, yakni Close-to-Nature. Usut punya usut, villa yang dibangun pada tahun 2002 ini menjadi tempat penginapan primadona karena hawanya yang sejuk. Disini Anda juga dimanjakan dengan panorama pegunungan serta perkebunan yang terhampar luas. Segala fasilitas penginapan telah tersedia dengan lengkap. Disediakan kolam renang yang beroperasi mulai pagi hingga sore.
   

Wisata Trizara Resort, Bandung

Trizara Resort merupakan tempat penginapan yang unik, berbentuk glam camping. Lokasinya tak jauh dari Farm House Susu Lembang. Sekitar lima belas menit jika ditempuh menggunakan mobil. Fasilitas yang ditawarkan Trizara Resort sudah sangat lengkap. Anda bisa mengakses jaringan WiFi yang sudah disediakan di spot-spot tertentu. Oh iya, jika Anda ingin mengadakan acara keluarga. Disini juga tersedia alat pemanggang BBQ, lengkap dengan tempat duduknya yang melingkar.
   

Wisata The Lodge Maribaya, Bandung

The Lodge Maribaya merupakan kawasan puncak yang menawarkan spot cantik guna mengabadikan momen. Berbagai aktivitas outdoor bisa kamu lakukan disini. Mulai dari berkemah, acara gathering, hingga trekking dengan berkeliling menyusuri hutan pinus yang sejuk. Selain menawarkan keindahan alam, disini juga terdapat beberapa tempat makan yang menjual aneka kuliner sedap namun ramah di kantong.
   

Wisata Teras Cikapundung BBWS, Bandung

Teras Cikapundung adalah destinasi wisata Bandung berupa taman yang memiliki tiga wahana dalam satu lokasi. Wahana pertama, yaitu air mancur yang bisa bergoyang seolah mengikuti irama lagu. Kemudian wahana kedua adalah amfiteater, wahana tersebut berfungsi sebagai lokasi pentas ketika mengadakan acara musik tertentu. Terakhir, wahana ketiga meruoakan sarana konservasi ikan hias yang berasal dari sungai Cikapundung.
   
, ,

Wisata Tebing Keraton, Bandung

Tebing Keraton merupakan tebing yang berlokasi di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Dari tempat inilah kamu bisa melihat indahnya gemerlap kota Bandung, terutama jika di malam hari. Pemandangannya benar-benar indah. Bak terbang di atas awan. Terdapat pula pemandangan sungai berkelok-kelok yang sangat menakjubkan. So, buat kamu yang sudah ada rencana pergi ke Tebing Keraton, pastikan datang di musim penghujan ya, sebab sangat licin dan berbahaya.
   

Wisata Tebing Citatah, Bandung

Tebing Citatah meruapak sebuah kawasan tebing yang terletah di daerah Citatah. Berjarak dekat dengan daerah Padalarang, hanya 5 kilometer saja. For your information, dulunya daerah ini digunakan sebagai kawasan pertambangan kapur. Bahkan sangat produktif pada masanya. Kini Tebing Citatah seringkali digunakan untuk aktifitas uji adrenalin, yakni panjat tebing. Disini kamu bisa tiduran menggunakan hammock yang melayang diantara tengah-tengah 2 tebing.
   

Wisata Taman Vanda, Bandung

Taman ini dikelilingi oleh jalan raya di sekelilingnya. Lokasinya yang berada di Jalan Merdeka, membuat Taman Vanda seolah sebagai penyejuk mata, lantaran keberadaan air mancurnya yang berwarna-warni apabila malam hari tiba. So, jika kamu hendak berkunjung ke taman ini, ada baiknya direncanakan pada malam hari. Pengelola Taman Vanda biasanya menyediakan lahan parkir untuk sepeda motor di bahu jalan.
   

Wisata Taman Sejarah, Bandung

Sejalan dengan namanya, Ya, Taman Sejarah adalah taman wisata edukasi yang bertujuan untuk mengenalkan sejarah kota Bandung kepada seluruh masyarakat. Lebih kepada warga Bandung sendiri. Sebab di taman ini kamu bisa mengenali tokoh-tokoh berpengaruh dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan kota Bandung. Masing-masing dari tokoh tersebut dipajang secara berjajar dengan menggunakan kaca arkrilik. Di dalamnya tertulis nama, serta biografi, lengkap dengan gambar ilustrasinya.
   

Wisata Taman Pasupati, Bandung

Sudah pernah dengar nama Taman Jomblo yang kini lagi viral di Bandung? Yaps, Taman Jomblo merupakan istilah lain dari Taman Pasupati. Sejalan dengan namanya, taman ini berada tepat di bawah Jembatan Pasupati. Hampir selokasi dengan Taman Film. So, kalau kamu lagi sendirian, ngga ada yang ngajak main, ngga ada salahnya main ke taman ini. Sembari lihat-lihat orang berlalu-lalang. Kali aja nanti dapat kenalan hehe.
   

Wisata Taman Paris Van Java (PVJ), Bandung

Pernah melihat hamparan tanaman bunga di atas mall? Kalau belum cobalah bermain di Taman Paris Van Java. Yaps, taman ini menyuguhkan berbagai bunga hingga ladang padi yang sungguh menyejukkan mata. Tak heran jika Taman Paris Van Java ini dijuluki sebagai "Sky Garden" atau "Sky Field". Namun, karena terletak di atas gedung, sehingga area-nya tidak begitu luas, sekitar 2.000 meter persegi saja.
   

Wisata Taman Miniatur Kereta Api, Bandung

Siapa yang dulunya pernah main kereta api mini? Hayo ngaku! 😃 Well, sekarang kamu ngga perlu susah-susah lagi merakit kereta mini agar desainnya mirip seperti yang sebenarnya. Cukup datang ke Taman Miniatur Kereta Api Bandung saja. Karena disini kamu akan melihat rel kereta api mini yang masih "aktif" dengan panjang dan lebar 20m x 50m. Lokomotif juga gerbongnya dibuat semirip mungkin dengan kereta api di Indonesia. Begitu juga dengan bangunannya.
   

Wisata Taman Lembah Dewata, Bandung

Taman Lembah Dewata merupakan spot wisata yang berisi taman dan daun dalam sekali tempat. Usut punya usut, danau tersebut ternyata berfungsi sebagai tadah ketika hujan tiba. Panorama yang ditawarkan taman sungguh indah. Sangat cocok apabila kamu ingin datang ke tempat ini hanya untuk hunting foto. Bisa juga melakukan aktivitas lain seperti naik perahu menyusuri danau dan lain sebagainya.
   

Wisata Taman Lansia, Bandung

Awalnya taman ini beranama Taman Cisangkuy. Namun, seiring perjalanan waktu namanya berubah menjadi Taman Lansia. Usut punya usut, hal ini dikarenakan mayoritas pengunjung yang datang taman tersebut adalah para kakek nenek alias lansia. Mereka sering berkunjung ke Taman Lansia karena adanya jalan refleksi batu yang konon katanya berfungsi sebagai memperlancar aliran darah.
   

Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Bandung

Kamu masih ingat rambu-rambu lintas di jalan? Paham dengan maksud dari rambu itu? Hmm... kalau belum paham mending main kesini aja deh, di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Tempat wisata edukatif di Bandung ini masih terawat meskipun usia pembangunannya yang sudah mulai menua. Belajar rambu dan marka lalu lintas jadi akan menyenangkan jika berkunjung ke taman ini. Oleh karenanya, Taman Lalu Lintas ini sangat dianjurkan bagi anak-anak.
   

Wisata Taman Kupu-kupu Cihanjuang, Bandung

Kota Bandung memang terkenal dengan banyak taman. Sebagian taman tersebut digunakan sebagai wisata edukasi. Seperti di Taman Kupu-kupu Cihanjuang ini. Pengunjung dibebaskan untuk berinteraksi secara langsung dengan kupu-kupu yang ada di dalam sangkar. Setidaknya telah tersedia 35 species kupu-kupu cantik dari beberapa daerah di Indonesia. Nah, buat kamu yang tertarik berkunjung ke Taman Kupu-kupu, ada baiknya aja keluarga.
   

Wisata Taman Kelinci, Bandung

Sejalan dengan namanya, Taman Kelinci adalah taman yang dihuni oleh beragam varian kelinci dari beberapa spesies di Indonesia. Disini pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan kelinci secara bebas. Mulai dari bermain hingga memberi makan. Tak heran jika sebagian besar pengunjungnya adalah orang tua bersama anak-anak. Oh iya, area taman kelinci ini cukup asri karena hampir semua wilayahnya berupa rerumputan.
   

Wisata Taman Gesit, Bandung

Kata Gesit pada taman ini merupakan bagian dari tagline sebuah brand susu tulang ternama di Indonesia. Sebab pihak pemerintah kota Bandung bekerja sama dengan perusahaan brand susu tulang tersebut agar Taman Gesit ini terwujud. Keberadaan taman ini bertujuan agar warga semakin lebih aktif dan gesit dengan adanya beberapa fasilitas penunjang yang telah disediakan sedemikian rupa.
   

Wisata Taman Film, Bandung

Taman Film adalah sebuah taman tematik dengan konsep ruang terbuka untuk publik. Lokasi taman ini berada tepat di bawah Jembatan Pasupati. Sejalan dengan namanya, Taman Film memiliki ciri khas berupa layar lebar. Biasanya digunakan oleh warga Bandung untuk menonton film-film tertentu. Ditambah lagi dengan karpet hijau yang menambah kenyamanan pengunjung untuk duduk-duduk atau merebahkan badan sejenak.
   

Wisata Taman Cempaka, Bandung

Taman ini sering disebut sebagai Taman Foto atau Taman Fotografi. Hal tersebut dikarenakan taman ini dibangun berdasarkan hasil gagasan dari komunitas fotografer se-kota Bandung. Setibanya di Taman Foto atau Taman Cempaka ini kamu akan diperlihatkan dengan ornamen berhuruf "C". Sebagian meyakini bahwa huruf "C" tersebut mewakili kata Cempaka. Ada juga yang percaya bahwa hurut "C" tersebut mewakili kata Camera, karena taman ini adalah taman fotografi.
   

Wisata Taman Buru Kareumbi Masigit, Bandung

Kawasan konservasi Taman Buru Kareumbi Masigit memiliki luas sekitar 12,4 hektar. Saking luasnya, taman ini bahkan mencakup 3 kabupaten sekaligus. Diantaranya adalah Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Spot foto yang paling instagramable di taman ini adalah rumah pohon kaerumbi. Disini kamu bisa berfoto ala suku indiana. Lengkap dengan busananya yang khas dengan motif-motif berwarna terang gelap.
   

Wisata Taman Bunga Cihideung, Bandung

Taman Bunga Cihideung adalah taman berkonsep agrobisnis. Disini kamu dalam melihat koleksi bunga yang amat sangat cantik dengan varian yang beragam. Tak heran jika pengunjung yang datang ke Taman Bunga Cihideung sebagian besar adalah kaum hawa. Jika kamu hendak mampir ke tempat ini, pastikan kamu membawa kamera terlebih dahulu, sebab areanya benar-benar instagramable dan benar-benar layak untuk diabadikan dalam format digital.
   

Wisata Taman Begonia, Bandung

Taman Begonia memilki area yang tidak begitu luas. Walau demikian taman ini cukup populer di telinga para warga Bandung. Hal tersebut dikarenakan Taman Begonia memang kaya akan varian bunga yang eksotis dan sangat cantik. Bunga-bunga tersebut dihias dan dibentuk sedemikian rupa agar terlihat. Wajar jika para pengunjung seringkali membawa kamera demi mengabadikan momen tempat yang sangat instagramble ini.
   

Wisata Taman Balai Kota, Bandung

Bermain ke Bandung tentunya kurang lengkap jika belum bermain ke Taman Balai Kota-nya. Ya, tak lain karena disekitar kantor dinas tersebut terdapat sebuah taman yang sangat cantik nan ekostis. Ditambah lagi dengan faslitas umumnya yang dinilai sangat lengkap. Seperti wifi, toilet, tempat duduk, musholla dan masih banyak lagi. Taman Blaikota terbagi menjadi dua, yakni Taman Dewi Sartika serta Taman Badak.
   

Wisata Sunrise Point Cukul, Bandung

Sunrise Point Cukul merupakan salah satu perkebunan teh yang populer dengan spot fotonya yang keren serta berhawa segar. Pemandangan di sekitar tempat ini memang sangat indah luar biasa. Sedikit berbeda dengan kebun-kebun teh yan ada di Bandung. Sayangnya, fasilitas umum yang terdapat Sunrise Point Cukul belum terlalu memadai. Meski demikian, sudah terdapat warung-warung yang menjajakan makanan berat dan ringan.
   
,

Wisata Sungai Palayangan, Bandung

Sungai Palayangan adalah suatu sungai yang asal alirannya dari Situ Cileunca. Lalu melintasi Hutan Pinus Rahong. Lokasi sungai ini berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Tak heran memang jika hawa yang ada di sekitarnya juga terasa dingin dan sejuk. Suhunya mencapai 18 hingga 26 derajat Celcius. Sungai Palayangan terkenal lantaran keberadaaan wisata arung jeram. Diyakini arus sungainya memang cukup deras.
   
,

Wisata Sungai Cikahuripan, Bandung

Sungai Cikahuraipan adalah wisata berkonsep alam yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Saking cantiknya, sungai ini bahkan dijuluki sebagai Green Canyon-nya Indonesia. Ada juga yang menjuluki dengan Green Kenyot, istilah plesetan dari Green Canyon. Pada sungai Cikahuripan ini kamu bisa memandangi indahnya tebing-tebing yang saling menjulang tinggi. Tepat bagian tengahnya terdapat suatu aliran jernih dengan warna kebiruan.
   
,

Wisata Stone Garden Citatah, Bandung

Stone Garden memiliki sebutan lain yakni GeoPark CIpatat, merupak sebuah destinasi wisata alam yang berlokasi di wilayah Bandung Barat, tepatnya di daerah Padalarang. Pada Stone Garden Citatah ini kamu bisa menemukan hamparan gunung lengkap beserta batu kapur yang tersusun secara abstrak namun artistik. Diyakini umur bebatuan kapur tersebut telah ada semenjak 27 tahun yang lalu.
   
,

Wisata Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

Stadion Si Jalak Harupat merupakan stadion resmi milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Oleh karena itu, Persikab selaku klub daerah tersebut menggunakan stadion Si Jalak Harupan sebagai kandang kala menjamu dari klub lain. Usut punya usut, Stadion Si Jalak Harupat dibangun pada tahun 2003, tepatnya di bulan Januari, dibawah pimpinan langsung bupati Kabupaten Bekasi saat itu, yakni Obar Sobarna.
   

Wisata Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau biasa disingkat dengan GBLA, merupakan stadion besar markas dari klub ternama Indonesia, Persib Bandung. Stadion ini mampu menampung mulai dari ratusan hingga ribuan penonton. Tak heran jika Stadion GBLA juga digunakan sebagai venue Timnas Indonesia kala melakoni event kejuaraan Internasional, seperti Asian Games, AFF Cup dan masih banyak lagi.
   

Wisata Situ Patenggang, Bandung

Situ Patengan merupakan nama lain dari Situ Patenggang. Kawasan ini adalah objek wisata alam yang berlokasi di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Situ Patenggang berada di ketinggian 1.600 mdpl. Sesampainya Anda di tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang cantik dan eksotis. Hawanya juga dingin dan sejuk. Cocok bagi Anda yang ingin melepas penat selepas melakukan rutinitas.
   

Wisata Situ Cileunca, Bandung

Situ Cileunca adalah suatu danau non-alami yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air yang dikelola oleh perusahaan listrik negara, atau disingkat PLN. Situ Cileunca memiliki luas sekitar 1.400 hektar. Oleh karena itu, danau ini memiliki hawa yang sejuk dan lumayan dingin. Sesampainya di lokasi, Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang memanjakan mata.
   

Wisata Sendang Geulis Kahuripan, Bandung

Sendang Geulis Kahuripan adalah wisata alam yang menghadirkan panorama mata air yang begitu memanjakan mata. Suasananya benar-benar segar, ditambah lagi hawanya juga sejuk dan asri karena banyak pepohonan dan tumbuhan. Disini kamu bisa berenang sekaligus berendam, airnya juga masih bening sekali. Sangat recommended untuk kamu kunjungi ketika musim kemarau tiba.
   
,

Wisata Selasar Sunaryo Art Space, Bandung

Selasar Sunaryo merupakan bangunan yang berisi ragam seni yang sudah dipajang sedemikian rupa. Berdiri pada tahun 1997, Selasar Sunaryo diresmikan secara langsung oleh Drektur Jenderal Kebudayaan, ialah Edi Sedyawati. Beliau mewakili Mendikbud saat itu, Juwono Sudarsono. Jika dilihat dari peta denahnya, kamu bisa melihat karya Sunaryo yang telah terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu religius, sosial serta pengolahan bahan lokal.
   

Wisata Saung Angklung Udjo, Bandung

Sudah pernah main Angklung? Atau belum pernah sama sekali? Yuk, langsung mampir aja ke Saung Angklung Udjo. Disana kamu dapat melihat dan mencoba bermain aneka ragam angklung yang mana koleksinya benar-benar terawat. Tempat ini juga biasa digunakan sebagai festival kebudayaan Jawa Barat, tentunya yang berbau alat musik seperti angklung. Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini?
   

Wisata Rumah Halloween, Bandung

Rumah Hallowen merupakan wahana horror berupa rumah angker yang mana didalamnya terdapat beragam ornamen serta hantu-hantu buatan. Oleh karena itu, Rumah Halloween ini seringkali digunakan pengunjung untuk berburu foto-foto unik dan nyentrik, lengkap dengan ekspresi mereka yang terkadang nyeleneh. Beragam tema horror disediakan di Rumah Halloween ini, mulai dari anabel, mumi, sadako dan masih banyak lagi.
   

Wisata Puspa Iptek Sundial, Bandung

Puspa Iptek Sundial merupakan wahana edukatif yang berlokasi di daerah Kota Baru Parahyangan. Dibangun pada tahun 11 Mei 2002 tepatnya pada Hari Pendidikan Nasional, taman edukatif ini memiliki fasilitas dan alat peraga yang semangat lengkap. Di tempat ini kamu bisa mencoba eksperimen dunia sains dan teknologi. So, jika kamu ingin mencari wahana bermain dan belajar, Puspa Iptek Sundial jawabannya!
   

Wisata Puncak Eurad Lembang, Bandung

Puncak Eurad Lembang terkenal dengan spot-spot fotonya yang menakjubkan. Tidak heran jika wisatawan yang datang dari luar kota, rela jauh-jauh ke tempat ini demi mengabadikan atau menikmati pemandangan khas seantero puncak ini. Selain berburu foto instagramable, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas outdoor menarik lainnya. Mulai dari hiking, camping dan tracking. Layak untuk dijadikan whislist liburan Anda berikutnya.
   

Wisata Puncak Bintang, Bandung

Puncak Bukit Bintang merupakan kawasan yang berada di ketinggian 1442 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata ini dinilai masih baru di Bandung. Sesampainya disini Anda akan merasakan hawa yang sejuk serta pemandangan alam yang asri. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat setelah seminggu bekerja di tengah kota. Puncak Bintang biasanya juga digunakan wisatawan sebagai tempat piknik favorit, baik wisatawan lokal maupun luar daerah.
   

Wisata Pinisi Resto Ciwidey, Bandung

Pinisi Resto Ciwidey adalah sebuah tempat makan atau restoran unik yang mana arsitektur bangunannya adalah benar-benar menyerupai bak kapal Pinisi. Jika kamu tertarik untuk mencoba, lokasi resto ini berada di dekat Danau Situ Patenggang. Bangunan pada restoran Pinisi ini terdiri dari tiga lantai. Demi totalitas, semua lantai pada bangunannya pun benar-benar seperti berada di kapal.
   
,

Wisata Peta Park, Bandung

Sejalan dengan namanya nama Peta pada tempat wisata ini dikarenakan letaknya yang berada di jalan Peta. Keberadaan Peta Park memang masih baru di tengah-tengah masyarakat. Walau demikian, nama tempat ini sudah menyeruak kemana-mana. Sehingga seringkali didatangi oleh para wisatawan. Peta Park juga biasa digunakan sebagai area pernikahan lantaran arsitektur gedungnya yang unik serta didukung dengan lingkungannya yang syahdu dan romantis.
   
, ,

Wisata Perkebunan Teh Rancabali, Bandung

Kebun Teh Rancabali merupakan kawasan perkebunan yang berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya perkebunan teh di Bandung pada umumnya, Rancabali menyuguhkan panorama alam yang tak kalah indahnya. Seperti pemandangan bukit yang berkelok-kelok dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika Anda ingin datang ke kebun ini, pastikan membawa kamera terlebih dahulu.
   

Wisata Perkebunan Teh Malabar, Bandung

Area Perkebunan Teh Malabar ini luasnya sekitar 2 hektar. Hawanya sangat sejuk, ditambah lagi dengan pemandangannya yang sangat memanjakan mata. Anda bisa melihat hamparan dedaunan teh berwarna hijau segar. Maka dari itu, pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen bersama latar belakang hamparan perkebunan yang sangat asri ini. Meskipun harga tiketnya murah, namun fasilitasnya masih tetap terawat lho.
   

Wisata Pemandian Air Panas Ciater, Bandung

Pemandian Air Panas Ciater adalah tempat berendam recommended bagi Anda yang ingin meraksakan relaksasi selepas menjalani rutinitas sehari-hari. Sebagian masyarakat meyakini bahwa penyakit kulit dan rematik akan hilang jika berendam di dalam kolam air panas. Hal tersebut dikarenakan kandungan kolam yang berisi zat-zat mineral yang baik untuk tubuh. Disamping itu, beragam fasilitas pendukung juga telah disediakan dengan baik oleh pihak pengelola.
   

Wisata Pasir Ipis, Bandung

Bandung memang terkenal dengan benteng-benteng peninggalan Belanda yang syarat akan nilai sejarahnya, seperti Benteng Pasir Ipis ini. Usut punya usut, benteng tersebut dibangun pada tahun 1891 hingga 1930. Kini, Pasir Ipis berubah menjadi kawasan yang ramah wisatawan. Bagaimana tidak? Kawasan ini benar-benar menawarkan spot pemandangan yang menakjubkan dan tentu saja instagramable.
   

Wisata Pasir Angling, Bandung

Kawasan wisata ini memiliki fasilitas wisata alam yang cukup lengkap. Disini kamu bisa trekking dengan menggunakan sepeda, menikmati panorama alam perkebunan warga sekitar, hingga air terjun kecil yang mengalir dari sungai di daerah tersebut. Agak sulit memang jika ingin mencari spot yang cocok untuk berburu foto, kecuali jika kamu sudah jeli dan terbiasa mengambil foto berlatar belakang alam terbuka.
   
, ,

Wisata Pasar Cisangkuy, Bandung

Pasar Cisangkuy merupakan tempat wisata kuliner yang seringkali dipadati pengunjung untuk mencicipi menu masakan khas kota Bandung. Harga yang ditawarkan di Pasar Cisangkuy ini masih relatif terjangkau. Beragam kios makanan bisa kamu temukan disini. Konsep arsitekturnya bergaya tradisional. Dimana sebagian besar adalah menggunakan bahan kayu dan rotan sebagai ornamen atau hiasan.
   

Wisata Orchid Forest Cikole, Bandung

Mendengar kata Orchid, pasti yang terbayang di benak Anda adalah bunga Anggrek. Ya, benar! Taman ini memang di desain agar para pengunjung dapat mengenali beragam varan bunga anggrek. Mulai dari lokal hingga mancanegara. Namun, spot yang paling atraktif bagi pengunjung adalah amphitheater. Dimana kalian bisa melihat panggung kecil berbentu segitiga. Lengkap dengan kursi yang saling berjajar mengelilinginya.
,    
,

Wisata Observatorium Bosscha, Bandung

Buat kamu yang sudah pernah nonton film Petualangan Sherina pasti ngga asing lagi kan dengan Observatorium Bosscha? Ya, tempat yang terkenal dengan teleskop raksasa ini dibangun oleh NISV, singkatan dari Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging. Di Obervatorium ini terdapat 5 teleskop aktif yang sampai saat ini digunakan untuk penelitian astronomi. So, buat kamu yang ingin lihat planet atau bintang-bintang di luar angkasa, tempat ini layak untuk kamu kunjungi.
   

Wisata NuArt Sculpture Park, Bandung

Kalau kamu adalah orang yang suka sekali dengan hal-hal berbau kesenian, khusunya patung. Maka, NuArt Scuplture Park bisa jadi jadi agenda traveling-mu berikutnya. Ya, tempat ini memamerkan segala karya dari seniman Nyoman Nuarta. Beliau adalah sosok pembuat patung yang sudah tersohor di Indonesia. Tak ketinggalan pula seniman patung lainnya yang juga turut berkontribusi menyuguhkan karya-karya mereka.
   

Wisata Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Bandung

Museum Mandala Siliwangi adalah salah satu museum bersejarah di Bandung yang mana terdapat banyak sekali koleksi persenjataan dan peralatan perang para pejuang kemerdekaan, Kodam Siliwangi. Sebab saat itulah museum ini bernama Mandala Siliwangi, yang mana digunakan untuk mengenang dan menghormati perjuangan militer dalam mengusir pasukan penjajah. Berbagai peralatan perang tempo dulu dapat kamu temukan ddengan mudah disini.
   

Wisata Museum Sri Baduga, Bandung

Sebutan Museum Sri Baduga sebenarnya berasal dari gelar yang diperoleh Prabu Siliwangi, yakni Sri Baduga Maharaja. Pada masanya, beliau merupakan Raja Pajajaran yang paling disegani rakyatnya. For your information, arsitektur pada Museum Sri Baduga memiliki konsep berupa bangunan tradisional, yakni khas dari provinsi Jawa Barat. Masing-masing lantai bahkan memiliki tema museum yang berbeda-beda.
   

Wisata Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika adalah bangunan bersejarah. Konsep bangunan ini meniru arsitektur gaya Eropa. Kini Museum Konferensi Asia Afrika telah menjadi wisata ikonik bagi para wisatawan Bandung, Gedung ini dahulu digunakan sebagai Konferensi Asia Afrika atas deklasari Gerakan Non Blok, yang salah satunya diprakarsai oleh Presiden Indonesai, Soekarno. Tidak ada biaya tiket untuk masuk ke museum tersebut. Semuanya gratis.
   

Wisata Museum Geologi, Bandung

Museum Geologi Bandung adalah tempat wisata berkonsep sejarah yang memiliki beragam koleksi geologi dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, di tempat ini kamu dapat dengan mudah menemukan aneka fosil, ragam bebatuan bersejarah hingga bahan-bahan mineral lainnya. Museum Geologi Bandung terbagi ke dalam 3 ruangan. Mulai dari rungan Geologi Indonesia, Sejarah Kehidupan, Geologi dan Kehidupan Manusia. Jadi, kalau kamu adalah orang yang sedang mempelajari hal-hal terkait geografi. Museum ini harus kamu kunjungi.
   

Wisata Museum Barli, Bandung

Museum Barli adalah museum seni yang telah mengoleksi beraneka peninggalan milik seorang seniman sekaligus dosen bernama Barli. Pada museum ini, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka gaya seni lukis Barli dari tahun ke tahun. Seperti aliran lukis impresionisme, ekspresionisme hingga realisme. Salah satu mahakarya Barli yang paling populer yaitu lukisan berlambang harima Divisi Siliwangi yang dibuat pada tahun 1946.
   

Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung

Monumen Perjuangan atau biasa disingkat dengan sebutan Monju, adalah tempat wisata paling bersejarah yang kini telah menjadi bagian ikonik terpenting di kota Bandung. Letak dari Monumen Rakya Jawa Barat ini cukup strategis, berada di dekat Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Gedung Sate. Pengunjung yang datang ke tempat ini hampir ramai setiap hari. Sebab lokasinya memang instagramable. Sehingga layak untuk dijadikan arena berfoto para wisatawan.
   

Wisata Monumen Bandung Lautan Api, Bandung

Pernah mendengar istilah sejarah "Bandung Lautan Api"? Nah sekarang kamu dapat melihatnya secara langsung dengan bentuk monumen yang tingginya mencapa 45 meter. Di sekitar monumen ini teradapat juga lapangan yang sangat luas. Wajar jika penduduk lokal atau setempat sering menggunakan area monumen tersebut sebagai tempat berolahraga atau sekedar berjalan-jalan sembari menikmati suasana kota.
   

Wisata Masjid Raya, Bandung

Masjid Raya Bandung adalah sebuah tempat ibadah umat Islam yang letaknya berdampingan dengan Alun-alun Bandung. Pada bagian sisi kiri kanan masjid ini, terdapat menara kembar. Masing-masing keduanya memiliki tinggi 81 meter. Menara tersebut biasanya dibuka untuk umum pada hari libur. Dari atas sanalah, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama kota Bandung dan tentu saja Alun-alun Kota Bandung.
,    

Wisata Masjid Pusdai, Bandung

Masjid Pusdai merupakan masjid besar yang berlokasi di daerah tengah kota Bandung. Wajar jika keberadaan masjid ini mudah terdeteksi oleh sekitaran masyarakat Bandung. Masjid Pusdai dikenal aktif menyelenggarakan berbagai acara keislaman. Seperti pengajian rutin bulanan atau harian. Masjid ini juga memiliki arsitektur bergaya modern. Suasana beribadah di dalamnya juga sudah sangat nyaman.
   

Wisata Masjid Al-Imtizaj, Bandung

Masjid Al-Imtizaj adalah masjid yang dikenal memiliki arsitektur sangat unik. Seperti halnya bangunan yang ada di daerah Tiongkok, yang mana warnanya terdiri merah dan kuning saja. Masjid ini merupakan karya arsitekkrur Ir. Danny Swardhani. Pembangunan masjid ini selsapi pada tahun 2010. Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim, Masjid Al-Imtizaj juga berfungsi sebagai tempat pembinaan para mualaf etnis Tionghoa.
   

Wisata Leuwi Jurig, Bandung

Leuwi Jurig adalah kawasan yang menawarkan panorama cantik. Uniknya, hanya sedikit orang yang tahu tentang keberadaaan sungai eksotis ini. Leuwi Jurig memiliki panjang sekitar 500 meter. Tebing-tebing dan bebatuan curam mengapit dan membentuk sebuah aliran indah pada sungai ini. Air yang berada pada Leuwi Jurig sangat jernih sekali, sehingga sangat aman apabila kamu ingin berenang sejenak.
   

Wisata Lereng Anteng Panoramic Coffee, Bandung

Lereng Anteng adalah tempat wisata berupa spot cafe yang lokasinya sangat unik, berada di ketinggian ratusan meter. Oleh karena itu, kamu disini bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Tangkuban Perahu serta Gunung Malabar yang sangat indah. Sembari menikmati makanan dan secangkir kopi di meja. Hal ini tentu saja akan merefreshkan sejenak pikian Anda selepas melakukan rutinitas.
   
,

Wisata Legok Kondang Glamping, Bandung

Legok Kondang Glamping adalah sebuah arena wisata penginapan yang berkonsep ala perkemahan eksklusif, namun tetap romantis. Legok Kondang Glamping berada di area sebuah lembah yang mana sekililingnya terdapat bukit hutan pinus. Hawanya sangat sejuk dan segar. Suhunya mencapai 25 hingga 20 derajat Celcius. Setidaknya sudah ada 20 tenda penginapan yang telah disediakan oleh pengeolola untuk disewakan.
   

Wisata Lawangwangi Creative Space, Bandung

Akhir-akhir ini konsep cafe yang berpadu dengan seni atau art-space tengah digandrungi oleh sebagian muda-mudi Bandung. Begitu juga dengan Lawangwangi Creative Space ini. Benar-benar estetis dan bernilai seni tinggi. Selain makanannya yang enak dengan harga terjangkau, disini pengunjung juga dapat melihat keindahan alam yang sungguh mempesona. Wajar jika tempat ini sangat instagramable untuk kamu kunjungi.
,    
,

Wisata Kebun Petik Strawberry, Bandung

Kebun Petik Strawberry adalah agrowisata paling populer di kota Bandung. Disini pengunjung dibebaskan untuk memetik sendiri Strawberry dan mencicipinya langsung. Sebelum strawberry dibawa pulang, kamu harus menimbangnya terlebih dahulu. Hitungannya bukan dengan kilogram, melainkan jumlah strawberry yang sudah dipetik tadi. Hawa dari tempat ini sangat sejuk dan dingin, Sehingga sangat cocok bagi kamu yang ini melepas rutinitas.
   

Wisata Kawasan Punclut, Bandung

Kawasan Punclut merupakan kawasan wisata yang penuh pada akhir pekan. Khususnya di musim liburan. Tak sedikit warga atau wisatawan lokal yang memanfaatkan tempat ini sebagai arena untuk olahraga atau jalan santai semata. Punclut terletak di kawasan dataran tinggi kota Bandung. Areanya sangat luas, hingga 286 Ha, dengan suhu kisaran 15 sampai 22 derajat Celcius. Saking sejuknya sebagian orang menilai bahwa Kawasan Punclut merupakan paru-paru dari kota Bandung.
   
, ,

Wisata Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Kawah Putih Ciwidey adalah satu dari sekian wisata alam di Bandung yang populer, sehingga ramai dikunjungi. Biasanya tempat ini digunakan sebagai area foto post wedding atau acara pengambilan foto lainnya. Hal tersebut dikarenakan pemandangan di sekitar kawah Ciwidey sangat cantik, terlebih pada bagian kawahnya yang berwarna biru muda. Sangat recommended bagi kamu yang ingin berburu foto.
   

Wisata Kampung Gajah Wonderland, Bandung

Kampung Gajah adalah sebuah objek wisata yang sangat asyik dan seru, terutarama bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Hal ini dikarenakan Kampung Gajah Wonderland bisa merasakan serunya bermain dan belajar dalam sekali waktu. Salah satu wahana yang paling seru di tempat ini adalah papan luncur kolam renang. Dimana pengunjung bisa menggunakan ban untuk 4 orang sekaligus.
   

Wisata Kampoeng Tulip, Bandung

Apakah kamu ingin mencari wisata spot foto khas arsitektur Eropa? Ya, Kampung Toelip ini bisa jadi alternatif daftar wisata kamu berikutnya. Beragam ornemen seperti kincir angin, rumah warna-warni, kendaraan unik tempo dulu telah terpajang dengan rapi di tempat ini. Pastikan kamu membawa perlengkapan kamera sebelum datang ke tempat ini, hal tersebut dimaksudkan agar hasil foto yang kamu dapat lebih maksimal daripada menggunakan kamera ponsel.
   

Wisata Jembatan Pasupati, Bandung

Jembatan ini sering disebut juga dengan Jalan Lyang Pasupati. Keberadaan Jembatan Pasupati memang sangat populer di kota Bandung. Hal tersebut dikarenakan konstruksi jembatannya yang sangat cantik. Terlebih jika di malam hari. Terdapat lampu-lampu cantik yang menghiasi kawat baja dan tiang jembatan. So, kalau kamu lagi main ke Bandung, pastikan untuk menyempatkan lewat ke jembatan ini.
   

Wisata Jembatan Kereta Api Cikudapateuh – Ciwidey, Bandung

Cari spot foto hits gratis di Bandung? Yuk, cobain sensais foto di atas jembatan rel bekas, tepatnya di lintasan antara Cikudapateuh - Ciwidey. Tempat ini menjadi terkenal semenjak sejumlah anak-anak muda seringkali mengupload foo mereka berlatar belakang jembatan rel kereta api di Internet. Jembatan rel ini aman, karena tidak ada kereta api satu pun yang melintasi.
   

Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Selain Gunung Manglayang, Gunung Tangkuban Perahu juga menjadi alternatif bagi para wisatawan yang ingin melihat kawahnya. Pemandangan yang disuguhkan sangat eksotis. Para pengunjung yang datang kesini selalu menyempatkan diri untuk berfoto atau berjalan di sekitaran kawah mengamati pemandangan. Gunung Tangkuban Perahu biasanya ramai pada musim liburan, khususnya saat hari raya atau liburan sekolah.
   
,

Wisata Gunung Manglayang, Bandung

Seperti halnya Gunung Papandayan, Gunung Manglayang ini juga ramah untuk para pendaki pemula. Hal ini dikarenakan akses trekkingnya yang tidak terlalu rumit. Begitu perjalanan mendaki di Gunung Manglayang ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus yang sangat asri dan sejuk. Pastikan Anda membawa peralatan perkemahan yang lengkap, agar ketika di atas nanti Anda tidak perlu menyewa peralatan kembali, sehingga mengeluarkan banyak anggaran.
   
,

Wisata Grafika Cikole, Bandung

Grafika Cikole merupakan kawasan hutan pinus yang menyediakan aneka fasilitas penginapan. Lokasi hutan ini berada di sebuah kaki gunung, yakni ketinggian 1.400 meter dia atas pemukaan laut. Tak heran jika posisi dataran tersebut membuat hawa Grafika Cikole menjadi sangat dingin. Suhunya berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celcius. Grafika Cikole memiliki area yang cukup luas, sekitar 9 hektar.
,    
,

Wisata Floating Market Lembang, Bandung

Floating Market Lembang meruapakan wisata berupa danau yang di atasnya terdapat pasar apung bagi para pengunjung ingin berbelanja atau bertransaksi. Beraneka makanan dijual pada pasar paung tersebut. Seperti masakan khas Jawa Barat, ikan segar, sayur mayur dan sebagainya. Tersedia pula wahana perahu air, kereta air dan outbond yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati suasana.
   

Wisata Farmhouse Susu Lembang, Bandung

Ngga perlu jauh-jauh lagi ke Eropa buat merasakan atmosfer arsitekturnya yang bekelas, cukup ke Bandung aja, tepatnya di Farmhouse Susu Lembang. Disini kamu akan mendapatkan spot swafoto yang beragam dan sangat instagramable. Tiap-tiap bangunan dan gangnya disamakan nyaris seperti di benua Eropa. Bahkan pengunjung disediakan penyewaan pakaian ala Eropa agar konsep fotonya benar-benar kental khas Eropa. Hanya saja,hawa di Farmhouse Susu Lembang ini tidak sama seperti di Eropa, alias masih seperti di Indonesia.
   

Wisata Factory Outlet Rumah Mode, Bandung

Lagi di Bandung, sekalian mau cari busana branded dengan harga terbaik? Ngga usah kemana-mana, cukup di Factory Outlet Rumah Mode aja! Disini kamu bisa menemukan beragam pakaian dan aksesoris apapun. Factory Outlet ini benar-benar laris ketika musim hari raya. Bahkan tak jarang jika area parkirnya pun tidak muat untuk menampung pengunjung yang terus berdatangan. Akhirnya, kemacetan depan badan jalan toko ini pun tidak bisa dihindarkan.
   

Wisata Dusun Bambu, Bandung

Dusun Bambu adalah sebuah desa wisata yang menyediaka beragam fasilitas hiburan menarik. Mulai dari fasilitas wisata kuliner, suasana yang mendukung serta kegiatan bermain di alam bersama keluarga. Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai gazebo yang telah disediakan pihak pengelola sebagai tempat istirahat. Pemandanganya sangat cantik sekali, pastikan Anda membawa kamera sebelum mengunjungi tempat wisata ini.
   
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!