⌂ Home > Wisata> Wisata Terowongan Cu Chi, Ho Chi Minh

Wisata Terowongan Cu Chi, Ho Chi Minh

Sebelum menjadi negara yang berdaulat seperti sekarang, Vietnam melalui perjuangan yang panjang demi mempertahankan negara mereka. Mulai dari era kolonial Prancis hingga kedatangan militer Amerika Serikat yang terlibat dalam Perang Vietnam atau Perang Indochina II. Terowongan Cu Chi menjadi saksi bisunya.

Terowongan Cu Chi pertama kali dibangun pada era kolonial Prancis. Namun, terowongan pertahanan bawah tanah itu baru dikenal saat Perang Vietnam. Dilansir Atlas Obsura, Cu Chi diperpanjang hingga 75 mil atau sekitar 120 km pada pertengahan 1960-an.

Aktivitas di Terowongan Cu Chi

[aktivitas]



Terowongan itu menjadi tempat persembunyian utama bagi tentara gerilya Viet Cong. Mereka bermaksud mengusir AS, lalu menyatukan Vietnam Utara dan Selatan menjadi negara komunis.

Tiap hari mereka habiskan di bawah tanah untuk menggali terowongan. Tentara Viet Cong hanya keluar pada malam hari saat menyerang markas AS atau mencari suplai makan.

Selain difungsikan sebagai tempat persembunyian, terowongan itu juga digunakan sebagai jebakan, tempat medis, dan pertemuan.

Tentu hidup di bawah tanah tidak mudah. Selain sangat pengap, ancaman ular dan gigitan nyamuk malaria mengancam tentara Viet Cong tiap saat. Sebagian terowongan ini juga hancur oleh bom yang diledakkan AS.

Jauh setelah perang dingin itu berakhir pada 1973, Terowongan Cu Chi kini menjadi salah satu atraksi wisata popuer di Vietnam. Banyak wisatawan mancanegara tertarik untuk memasuki lubang sempit itu dan menyusurinya. Tentu destinasi ini tidak cocok bagi traveler pengidap claustrophobia, atau fobia terhadap ruang sempit.

Sumber :https://www.msn.com/id-id/travel/ideperjalanan/terowongan-cu-chi-saksi-bisu-perjuangan-mempertahankan-vietnam/ar-AAzy3ct



Info & Lokasi Terowongan Cu Chi


📌 Alamat Terowongan Cu Chi

TL15, Phú Hiệp, Hồ Chí Minh, 733814, Vietnam

📞 Telepon Terowongan Cu Chi

+84 28 3794 8830

🌐 Website Terowongan Cu Chi

diadaocuchi.com.vn


🕒 Jam Operasional Terowongan Cu Chi

07.00–17.00

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!