⌂ Home > Trips> Museum

100+ Wisata Museum (Update 2018)!! - TravelBos.id

Wisata Museum Musik Indonesia, Malang

Wisata Museum Musik Indonesia, Malang. Museum yang berada di Jalan Nusakambangan No.19, Kasin, Klojen, Kota Malang ini adalah Museum Musik yang pertama dan satu-satunya Museum Musik yang ada di Indonesia. Museum yang didiri­kan oleh sekumpulan warga Malang dari Komunitas Pecinta Katjoetangan dengan membuka embrio museum berupa Galeri Malang Bernyanyi (GMB) di kediaman sang pengagas, Hengki Herwanto, di Jalan Citarum, Purwantoro, Blimbing pada 2009.
   

Wisata Museum Mpu Purwa, Malang

Wisata Museum Mpu Purwa, Malang. oleksi benda purbakala yang disimpan di Museum Mpu Purwa berasal dari masa pra sejarah hingga masa sejarah, yaitu masa Hindu-Buddha. Peninggalan yang berasal dari masa pra sejarah berupa batu pelor, batu gores dan batu lumpang. Batu gores ditemukan di bibir Sungai Metro yang berada di wilayah Tlogomas. Peninggalan lainnya adalah peninggalan yang berasal dari zaman Hindu-Budda. Peninggalan yang dari zaman Hindu-Buddha berasal dari Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari, dan Kerajaan Majapahit.
   

Wisata Museum Tubuh, Batu – Malang

Wisata Museum Tubuh, Batu - Malang adalah museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia saat ini. Berdiri di atas lahan 1 hektar, museum berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong, yang terdiri dari 6 lantai. Pembelajaran anatomi tubuh manusia di Museum Tubuh The Bagong Adventute ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Mulai dari zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak zona lainnya.
   

Wisata Museum D’Topeng, Batu – Malang

Wisata Museum D'Topeng, Batu - Malang adalah salah satu destinasi wisata terbaru di Kota Batu Malang. Museum ini terletak satu komplek dengan Museum Angkut, dan telah resmi dibuka pada tanggal 23 Mei 2014 silam. Untuk lokasi D’topeng Kingdom Museum ini berada di kawasan pasar apung yang ada didepan museum angkut. Didalam D’topeng Kingdom Museum ini, terdapat sekitar 2000 topeng khas yang merepakan hasil dari berbagai daerah yang ada di pelosok Nusantara. Tak hanya beragam topeng saja, didalam museum ini juga terdapat berbagai koleksi barang antik lain yang berasal dari zaman prasejarah hingga kerajaan Majapahit.
   

Wisata Museum Satwa, Batu – Malang

Wisata Museum Satwa, Batu - Malang. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jatim Park II ini, Museum ini berisikan fosil dari hewan-hewan yang sudah punah dan yang masih ada hingga saat ini. Saat memasuki pintu depan Museum Satwa Malang ini kita kan disambut dengan bangunan berwarna putih dengan pilar-pilar tinggi berwarna putih, persis seperti gedung-gedung Yunani klasik dan dua patung gajah besar yang menjaganya.
   

Wisata Museum Angkut, Batu – Malang

Wisata Museum Angkut, Batu - Malang. Bagi yang ingin wisata dengan tema transportasi, Anda jelas akan menyukai serunya berpetualang di obyek wisata museum angkut yang juga memiliki nama keren Movie Star Studios ini yang berada dalam naungan grup Jatim Park. museum ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Dan sejak mulai dibuka pada 09 Maret 2014 yang lalu, museum ini selalu penuh dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun internasional.
,    
, ,

Wisata Galeri Nasional, Jakarta

Wisata Galery Nasional, Jakarta adalah wisata yang berupa museum yang seringkali disebut dengan Galnas. Museum ini menyajikan berbagaj karya seni anak bangsa yang keren. Museum Galeri Nasional ini memiliki 2 jenis pameran, yaitu pameran tetap dan pameran temporer. Untuk yang tetap berada di Galnas seterusnya, sedangkan untuk yang temporer biasanya berpindah pindah menurut dengan jadwalnya.
   

Wisata Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta

Wisata Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta adalah wisata yang memiliki sejarah panjang dan sangat menarik untuk dipelajari. Gedung Museum Kebangkitan Nasional didirikan pada tahun 1899 diatas tanah seluas 15.742 m2 sebagai sekolah dan asrama dokter Jawa dan Sekolah Kedokteran Bumi Putera atau dikenal dengan nama STOVIA (School tot Opleding van Inlandsche Arsten) yang diresmikan pada tahun 1902.
   

Wisata Museum Satria Mandala, Jakarta

Wisata Museum Satria Mandala, Jakarta adalah wisata yang menyimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 1945 sampai sekarang, seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser, berbagai jenis pesawat terbang peninggalan masa lalu.
   

Wisata Museum Fatahillah, Jakarta

Wisata Museum Fatahillah, Jakarta adalah salah satu bangunan gedung peninggalan Era penjajahan Belanda, Selain itu gedung ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang merupakan saksi bisu perjuangan bangsa kita meraih kemerdekaan. Museum yang terletak pada wilayah Jakarta pusat ini, memang memiliki ketertarikan tersendiri. Selain letaknya pada pusat kota, museum ini juga menyimpan sejarah pada masa penjajahan Belanda di tanah air khususnya di Jakarta.
   

Wisata Museum Nasional Republik Indonesia (Museum Gajah), Jakarta

Wisata Museum Nasional Republik Indonesia (Museum Gajah), Jakarta adalah museum yang Berdiri di tengah pusat Jakarta, Museum Gajah menawarkan wisata budaya dan sejarah yang edukatif. Hingga saat ini, Museum Gajah memiliki 141.899 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.
   

Wisata Galeri MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), Semarang

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) adalah sebuah museum yang terletak di Semarang, Indonesia. Museum MURI ada di dua lokasi. Pertama di Jakarta yaitu di Mall of Indonesia LG Floor Kelapa Gading, dan yang kedua ada di Semarang, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan 275 Srondol. Museum yang ada di Semarang menjadi satu dengan kawasan industri Jamu Jago.
   

Wisata Old City 3D Trick Art Museum, Semarang

Wisata Old City 3D Trick Art Museum merupakan objek wisata baru di Semarang yang dihiasi dengan foto atau gambar tiga dimensi (3D) yang disajikan dengan sentuhan seni modern. Pengunjung bebas mengekspresikan diri dengan berfoto di Old City 3D Trick Art Museum dengan latar belakang gambar 3D yang terlihat nyata seperti jembatan, gedung tua, bintang buas, naik kapal , dan lain-lain.
   

Wisata Museum Kereta Api Ambarawa, Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan museum yang terletak di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Di kawasan ini, kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya. Dengan banyaknya koleksi lokomotif tua di museum ini, menjadikan tempat wisata Semarang banyak diminati oleh pelajar dan wisatawan umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah kereta api uap.
   

Wisata Alive Museum Ancol, Jakarta

Alive Museum adalah sebuah wahana perpaduan antara lukisan, seni rupa dan seni digital berbentuk tiga dimensi. Alive Museum menyajikan berbagai seni lukis dan seni rupa yang dipadupadankan dengan teknologi digital yang mampu memainkan imajinasi pengunjung. Alive Museum Ancol memiliki berbagai zona bermain dengan tema-tema khusus seperti zona fantasi, dark road, zona horor, zona ekstrim, zona sirkus dan zona travel.
   

Wisata Benteng Pendem Ambarawa, Semarang

Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa adalah bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Benteng yang dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845 ini berada dekat dengan Museum Kereta Api Ambarawa sekitar 1,5 km atau 7 menit dengan berkendara. Lokasinya persis di belakang Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Ambarawa, dan berada di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa.
,    
,

Wisata Museum W.R. Soepratman, Surabaya

Wisata Museum W.R. Soepratman, Surabaya adalah wisata yang bangunannya tidak jauh dari Gelora 10 Nopember tepatnya Jalan Mangga 21 Tambaksari, Surabaya dijadikan sebuah Museum. Bangunan ini pernah ditinggali oleh WR. Supratman pada tahun 1936 hingga 1938. Museum ini diresmikan pada 28 Oktober 2003 oleh Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata waktu itu I Gede Artika. Bangunan inipun sudah menjadi benda cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang No. 592 dan Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1993.
   

Wisata Museum TNI AL Loka Jala Crana, Surabaya

Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan obyek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari jaman revolusi fisik hingga saat ini, diantaranya berupa berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replica KRI Dewa Ruci Ada juga benda bersejarah lain seperti meriam kapal "HRMS De Zeven Provencien “
   

Wisata Museum Kesehatan Dr. Adhytama, MPH, Surabaya

Museum Kesehatan yang bangunannya didominasi warna coklat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelamatkan berbagai warisan budaya khususnya yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Koleksi dalam perpustakaan ini pun cukup beragam, mulai dari peralatan medis dan non-medis, serta pengobatan herbal dan pengembangan iptek yang berhubungan dengan kesehatan.
   

Wisata Museum De Javasche Bank, Surabaya

De Javasche Bank (DJB) adalah salah satu bank terkemuka pada zaman Hindia Belanda yang didirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828. Selain kantor pusat yang berada di Batavia, DJB membuka cabang di berbagai kota seperti di Semarang, Surabaya, Bandung, Banda Aceh, Medan, Banjarmasin, Padang, Makassar, Cirebon, Solo, Yogyakarta, Palembang, Pontianak, Malang dan Kediri.
   

Wisata Museum Lokomotif Dipo Sidotopo, Surabaya

Wisata Museum Lokomotif Dipo Sidotopo, Surabaya adalah jika dilihat dari struktur aslinya, Stasiun Sidotopo memiliki 18 emplasemen, yang merupakan jumlah emplasemen atau deretan peron terbanyak se-Indonesia. Di stasiun ini pula kamu bisa mendapati dipo induk lokomotif, yang sering disingkat Dipo Induk SDT. Dipo ini tempat diistirahatkannya lokomotif-lokomotif yang sudah tidak digunakan lagi.
   

Wisata Monumen Kapal Selam (Monkasel), Surabaya

Monumen Kapal Selam atau biasa disingkat dengan Monkasel, berlokasi di tepi Kali Mas, di pusat kota Surabaya. Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam sungguhan yaitu KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 dengan tipe Whiskey Class. Di Monumen Kapal Selam juga terdapat berbagai fasilitas, antara lin, kamu bisa menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia.
,    
,

Wisata Museum Zoologi, Bogor

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang memiliki koleksi dengan dunia satwa. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, sedangkan museum satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium.
   

Wisata Museum Tanah, Bogor

Museum Tanah Bogor didirikan pada 29 September 1988, dan merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah dari seluruh wilayah penting di Indonesia yang dipajang dalam ukuran kecil dalam bentuk makromonolit. Salah satu koleksi Museum Tanah Bogor berupa makromonolit tanah yang berasal dari sebuah lokasi di Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
   

Wisata Museum Perjuangan, Bogor

Museum Perjuangan Bogor ini dibuka secara resmi pada tanggal 10 November 1957. Kemudian pada tanggal 7 Juli 1879, bangunan gedung ini dibeli oleh seorang bernama Wilhelm Gustaff Wissner untuk dijadikan gudang. Ketika masa pendudukan Jepang, gedung ini dijadikan gudang oleh tentara Dai Nippon sejak tanggal 9 Maret 1942, dan pada tahun 1945 gedung ini berhasil direbut oleh pejuang Indonesia.
   

Wisata Museum Pembela Tanah Air, Bogor

Selintas Museum Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Museum Peta memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara Peta dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.
   

Wisata Lawang Sewu, Semarang

Lokasi bangunan Lawang Sewu sangat strategis di Semarang. Dekat dari Gedung Balaikota serta pusat oleh-oleh khas Semarang. Usut punya usut, nama Lawang Sewu lantaran jumlah pintu dan jendelanya yang mencapai ribuan. Lawang berarti pintu, sementara Sewu adalah seribu. Jika diartikan secara harfiah, maka Lawang Sewu adalah Seribu Pintu. Lawang Sewu terdiri dari tiga lantai, bangunannya membentang ke bagian kanan dan kiri.
   
,

Wisata Saung Angklung Udjo, Bandung

Sudah pernah main Angklung? Atau belum pernah sama sekali? Yuk, langsung mampir aja ke Saung Angklung Udjo. Disana kamu dapat melihat dan mencoba bermain aneka ragam angklung yang mana koleksinya benar-benar terawat. Tempat ini juga biasa digunakan sebagai festival kebudayaan Jawa Barat, tentunya yang berbau alat musik seperti angklung. Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini?
   

Wisata Selasar Sunaryo Art Space, Bandung

Selasar Sunaryo merupakan bangunan yang berisi ragam seni yang sudah dipajang sedemikian rupa. Berdiri pada tahun 1997, Selasar Sunaryo diresmikan secara langsung oleh Drektur Jenderal Kebudayaan, ialah Edi Sedyawati. Beliau mewakili Mendikbud saat itu, Juwono Sudarsono. Jika dilihat dari peta denahnya, kamu bisa melihat karya Sunaryo yang telah terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu religius, sosial serta pengolahan bahan lokal.
   

Wisata Lawangwangi Creative Space, Bandung

Akhir-akhir ini konsep cafe yang berpadu dengan seni atau art-space tengah digandrungi oleh sebagian muda-mudi Bandung. Begitu juga dengan Lawangwangi Creative Space ini. Benar-benar estetis dan bernilai seni tinggi. Selain makanannya yang enak dengan harga terjangkau, disini pengunjung juga dapat melihat keindahan alam yang sungguh mempesona. Wajar jika tempat ini sangat instagramable untuk kamu kunjungi.
,    
,

Wisata NuArt Sculpture Park, Bandung

Kalau kamu adalah orang yang suka sekali dengan hal-hal berbau kesenian, khusunya patung. Maka, NuArt Scuplture Park bisa jadi jadi agenda traveling-mu berikutnya. Ya, tempat ini memamerkan segala karya dari seniman Nyoman Nuarta. Beliau adalah sosok pembuat patung yang sudah tersohor di Indonesia. Tak ketinggalan pula seniman patung lainnya yang juga turut berkontribusi menyuguhkan karya-karya mereka.
   

Wisata Observatorium Bosscha, Bandung

Buat kamu yang sudah pernah nonton film Petualangan Sherina pasti ngga asing lagi kan dengan Observatorium Bosscha? Ya, tempat yang terkenal dengan teleskop raksasa ini dibangun oleh NISV, singkatan dari Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging. Di Obervatorium ini terdapat 5 teleskop aktif yang sampai saat ini digunakan untuk penelitian astronomi. So, buat kamu yang ingin lihat planet atau bintang-bintang di luar angkasa, tempat ini layak untuk kamu kunjungi.
   

Wisata Wot Batu, Bandung

Jangan ngaku pecinta seni, kalau belum datang ke WOT Bandung. Karena disini kamu akan dimanjakan dengan pahatan patung yang memiliki nilai seni tinggi. Pembuatannya pun tidak sembarangan. Melainkan melibatkan para ahli, mulai dari ahli arsitektur, sejarah hingga geologi. Setidaknya dibutuhkan ketekukan, ketelitian dan perhatian ekstra agar batu yang disusun memiliki makna tersendiri. Dan pastinya, memiliki nilai seni tinggi di mata masyarakat.
   

Wisata Museum Barli, Bandung

Museum Barli adalah museum seni yang telah mengoleksi beraneka peninggalan milik seorang seniman sekaligus dosen bernama Barli. Pada museum ini, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka gaya seni lukis Barli dari tahun ke tahun. Seperti aliran lukis impresionisme, ekspresionisme hingga realisme. Salah satu mahakarya Barli yang paling populer yaitu lukisan berlambang harima Divisi Siliwangi yang dibuat pada tahun 1946.
   

Wisata Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika adalah bangunan bersejarah. Konsep bangunan ini meniru arsitektur gaya Eropa. Kini Museum Konferensi Asia Afrika telah menjadi wisata ikonik bagi para wisatawan Bandung, Gedung ini dahulu digunakan sebagai Konferensi Asia Afrika atas deklasari Gerakan Non Blok, yang salah satunya diprakarsai oleh Presiden Indonesai, Soekarno. Tidak ada biaya tiket untuk masuk ke museum tersebut. Semuanya gratis.
   

Wisata Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Bandung

Museum Mandala Siliwangi adalah salah satu museum bersejarah di Bandung yang mana terdapat banyak sekali koleksi persenjataan dan peralatan perang para pejuang kemerdekaan, Kodam Siliwangi. Sebab saat itulah museum ini bernama Mandala Siliwangi, yang mana digunakan untuk mengenang dan menghormati perjuangan militer dalam mengusir pasukan penjajah. Berbagai peralatan perang tempo dulu dapat kamu temukan ddengan mudah disini.
   

Wisata Museum Geologi, Bandung

Museum Geologi Bandung adalah tempat wisata berkonsep sejarah yang memiliki beragam koleksi geologi dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, di tempat ini kamu dapat dengan mudah menemukan aneka fosil, ragam bebatuan bersejarah hingga bahan-bahan mineral lainnya. Museum Geologi Bandung terbagi ke dalam 3 ruangan. Mulai dari rungan Geologi Indonesia, Sejarah Kehidupan, Geologi dan Kehidupan Manusia. Jadi, kalau kamu adalah orang yang sedang mempelajari hal-hal terkait geografi. Museum ini harus kamu kunjungi.
   

Wisata Museum Sri Baduga, Bandung

Sebutan Museum Sri Baduga sebenarnya berasal dari gelar yang diperoleh Prabu Siliwangi, yakni Sri Baduga Maharaja. Pada masanya, beliau merupakan Raja Pajajaran yang paling disegani rakyatnya. For your information, arsitektur pada Museum Sri Baduga memiliki konsep berupa bangunan tradisional, yakni khas dari provinsi Jawa Barat. Masing-masing lantai bahkan memiliki tema museum yang berbeda-beda.
   
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!