⌂ Home > Aktivitas > Wisata Religi

63+ Tempat Wisata (Wisata Religi) (Update 2018)!! - TravelBos.id

Wisata Reclining Buddha (Wat Pho), Bangkok

Wat phra chettuphon wimon mangkhlaram ratchaworamahawihan, atau yang lebih dikenal dengan Wat Pho. Tempat yang memancarkan ketenangan dibalut dengan segala keajaiban Negeri Gajah Putih ini. Disini terdapat patung Buddha yang sedang berbaring, patung emas raksasa setinggi 15 Meter dan panjang 46 Meter dengan menah berbaring di kuil Wat Pho. Sering disebut dengan sebutan Sleeping Buddha.
   
,

Wisata Pura Segara Kidul, Nusa Penida

Wisata Pura Segara Kidul, Nusa Penida. ura Segara Kidul yang terletak di mata air Guyangan, Dusun Antapan, Desa Batukandik. Nusa Penida. Pura Segara Kidul merupakan pura yang terletak dibawah tebing yang sangat curam, perlu tenaga extra untuk tangkil di pura ini dan harap berhati-hati bagi pemedek yang fobia ketinggian. Perjalanan di awali dengan menuruni kurang lebih 800an anak tangga. Di tengah perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan laut biru dan pasir putihnya.
   

Wisata Pura Puseh, Bali

Berada di Dusun Tengah, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Pura Paseh di Batuan ini dibangun pada tahun Isaka 944 atau 1022 Masehi. Pura Puseh ini merupakan bagian dari Tri Kahyangan pada desa Pakraman di Bali (Desa Pakraman adalah konsep kegiatan desa yang memiliki tiga pura Kahyangan seperti Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem).
   

Wisata Pura Puncak Mundi, Nusa Penida

Wisata Pura Puncak Mundi, Nusa Penida. ura Puncak Mundi berada di tempat tertinggi di daratan Nusa Penida yakni Puncak Bukit Mundi. Tepatnya masuk dalam wilayah Dusun Rata, Desa Batukandik, Nusa Penida. Jalan yang dilalui penuh tanjakan dan berliku karena letaknya berada di ketinggian sekitar 521 mdpl. Kawasan Pura Puncak Mundi Nusa Penida masih sangat asri dan hijau. Banyak pepohonan tinggi yang tumbuh di kawasan ini.
   

Wisata Pura Mobil Paluang (Car Temple), Nusa Penida

Wisata Pura Mobil Paluang (Car Temple), Nusa Penida. Pura yang berada di atas laut lepas ini sekilas terlihat sama dengan pura lainnya di Nusa Penida, Bali. Tetapi jika kalian lihat lebih jelas, pura ini memiliki perbedaan yang unik dengan pura lainnya yaitu dari 13 pelinggih yang ada di Pura Paluang terdapat 2 pelinggih yang menyerupai mobil VW Beatle dan Jimmy.
   

Wisata Pura Gunung Cemeng, Nusa Penida

Wisata Pura Gunung Cemeng, Nusa Penida. Pura Gunung Cemeng berada di Banjar Cacah, Dusun Sebuluh Desa Bunga Mekar. Posisinya masih berada dalam satu kawasan dengan Pura Paluang dan objek wisata Mata Air Seganing. Untuk mencapai pura, pengunjung bisa mengikuti jalur yang mengarah ke Pura Paluang dan mengikuti petunjuk yang ada menuju Banjar Sebuluh.
   

Wisata Pura Gumuk Kancil, Banyuwangi

Wisata Pura Gumuk Kancil, Banyuwangi adalah tempat petilasan Maha Resi Markandeya, saat ini dijadikan Pura. Kedua berada di bagian utara dengan jarak sekitar 1 kilometer, termasuk bagian dari Candi Agung Gumuk Kancil yang memiliki sumber air suci. Warga sekitar dan masyarakat Banyuwangi banyak yang hadir untuk sekadar melihat. Di lokasi ini, para wisatawan bisa mandi di bangunan seperti kolam dengan sebelas pancuran yang dialirkan dari sisi samping. Hanya saja bangunan kolam digunakan tidak menggunakan keramik, namun menggunakan bebatuan agar terkesan natural dan alami.
   

Wisata Pura Gua Giri Putri, Nusa Penida

Wisata Pura Gua Giri Putri, Nusa Penida. Berada pada ketinggian 150 meter di atas permukaan laut serta panjang sekitar 310 meter, Pura Goa Giri Putri tak pernah sepi pengunjung. Selain para umat yang ingin melakukan sembahyang, wisatawan yang datang baik domestik ataupun mancanegara kebanyakan ingin mengetahui lebih jauh tentang ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral di dalam goa.
   

Wisata Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Wisata Pura Dalem Ped, Nusa Penida. Berkunjung ke tempat ini akan memberikan pengetahuan luas akan budaya masyarakat Hindhu di Bali. Para pengunjung bisa mengenal lebih dekat keindahan alam serta kebudayaan masyarakat Hindhu Bali dari dekat. Di bawah ini ada beberapa pura yang harus Anda singgahi saat berada di Nusa Penida, Klungkung Bali. Di area pura ini, ada 4 buah pura yang berdiri. Salah satunya ialah Pura Segara, pura terdekat dari laut. Daya tampung pura ini sekitar 40 orang. Kedamaian akan dirasakan para pengunjung yang datang sebab suasananya sangat sakral ditambah suara ombak di lautan lepas.
   

Wisata Patung Buddha Tidur, Bogor

Patung Buddha tidur ini berada di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat beralamat di Kampung Jati RT002/06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Patung besar berbadan keemasan ini tampak tidur "nyenyak" bertumpu dengan tangan kanannya di bawah lindungan atap salah satu bangunan vihara. Dibelakangnya terbentang pemandangan gunung beserta pohon Bodhi.
   
,

Wisata Pagoda Sapta Ratna, Raja Ampat

Wisata Pagoda Sapta Ratna, Raja Ampat adalah pagoda Cina yang relatif baru yang dibangun hanya 25 tahun yang lalu di Sorong, provinsi Papua Barat, Indonesia. Awalnya dimaksudkan sebagai pusat pemakaman abu dari semua umat Buddha yang meninggal tetapi karena lokasi dan arsitekturnya kini juga telah menjadi daya tarik wisata utama. Terletak di atas bukit, Pagoda Sapta Ratna berdiri sebagai tengara megah di kota.
   
,

Wisata Masjid Istiqlal, Jakarta

Wisata Masjid Istiqlal, Jakarta. Lantai utama Masjid Istiqlal mampu menampung jamaah hingga 16.000 orang. Sementara, pada sisi kanan, kiri, dan belakang terdapat lantai bertingkat 5 yang mampu menampung jamaah hingga 61.000 orang. Pada lantai utama masjid terdapat 12 pilar, jumlah tersebut mewakili tanggal lahir nabi Muhammad SAW yakni 12 Rabi’ul Awwal. Pilar-pilar tersebut menyangga kubah utama masjid yang berdiameter sepanjang 45 meter sebagai pengingat tahun kemerdekaan RI. Pada sisinya tertulis ayat kursi dan surat Al-Ikhlas.
   

Wisata Masjid Al-Akbar, Surabaya

Mengusung konsep masjid dalam arti luas, yaitu sebagai tempat edukasi dan pendidikan kebudayaan, Masjid Al Akbar Surabaya bukan hanya menjadi tempat berkumpulnya umat muslim, tapi juga menjadi simbol kemajuan teknologi warga Surabaya. Saat memasuki masjid, pengunjung akan disambut dengan 45 ukir kaligrafi di kayu jati. Kaligrafi yang rumit juga terpampang pada dinding-dinding masjid.
   

Wisata Klenteng Tay Kak Sie, Semarang

Pada bangunan yang berdiri sejak tahun 1746 ini, tertulis nama Tay Kak Sie tepat di pintu masuknya. Pada pintu masuk tersebut, terdapat penjelasan sejarah penamaan klenteng yang berarti Kuil Kesadaran Agung ini oleh Kaisar Dao Guang (1821-1850) dari Dinasti Qing. Bangunan perahu ini merupakan replika perahu Laksamana Zheng He dan tepat di seberangnya terdapat sederet bangunan tua yang biasa disebut Klenteng Tay Kak Sie.
   

Wisata Klenteng Sanggar Agung, Surabaya

Kelenteng Sanggar Agung ini dibuka pada tahun 1999 dan terletak di Jalan Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Ciri khas dari klenteng ini adalah sebuah patung Kwan Im setinggi 20 meter yang terletak di tepi laut. Patung ini dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan di atas air pada saat ia sedang menutup Klenteng di malam hari.
   

Wisata Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi

Wisata Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi pada mulanya, klenteng paling pertama yang dibangun untuk Chen Fu Zhen Ren berlokasi di Lateng. Namun, setelah Blambangan diserang Belanda pada tahun 1765, pusat kerajaan dipindahkan di Kota Banyuwangi sekarang (sebelumnya berada di sekitar Muncar). Warga cina ikut bermigrasi dan memindahkan lokasi Klenteng Chen Fu Zhen Ren ke Klenteng Hu Tang Miao yang sekarang. Belanda menguasai daerah Banyuwangi baru pada tahun 1774 sehingga Banyuwangi ditinggalkan penduduknya sampai Belanda kembali mempekerjakan 100 orang Cina di Banyuwangi untuk mengembangkan pertanian. Oleh sebab itu, klenteng ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1768–1784.
   

Wisata Gereja Sion, Jakarta

Wisata Gereja Sion, Jakarta. Satu lagi lokasi wisata religi sekaligus wisata sejarah yang ada di Jakarta. Gereja Sion, begitu mereka biasa mengenalnya. Salah satu gereja tertua di Jakarta ini masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagaimana mestinya sebuah rumah ibadah bagi jemaatnya. Usianya yang sudah mencapai ratusan tahun, seakan menjadi saksi bisu yang mewarnai perjuangan bangsa Indonesia di kota Batavia, atau yang sekarang menjadi kota Jakarta.
   

Wisata Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria terletak di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Sel., Krembangan, Kota SBY, Jawa Timur. Atapnya yang berwarna hitam berpadu selaras dengan dinding bangunannya yang berwana merah bata dan ornamen-ornamennya yang berwarna putih. Diantara ornamen-ornamen itu ada yang berupa salib dan patung-patung yang bernuansa gothic. Taman yang asri dengan berbagai jenis tanaman menghiasi di sekitar gereja.
   

Wisata Gereja Katedral, Jakarta

Wisata Gereja Katedral, Jakarta. Situs Cagar Budaya Gereja Katedral Jakarta memiliki nama resmi De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Gereja ini menempati lahan dengan luas 12021 m² dan luas bangunan 1679 m². Gedung gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-gotik dari Eropa yang merupakan gaya yang lazim digunakan untuk membangun gedung gereja beberapa abad yang lalu.
   

Wisata Pura Agung Giri Natha, Semarang

Wisata Pura Agung Giri Natha, Semarang adalah wisata yang berlokasi di Jalan Gunung Sumbing Nomor 12 Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Keberadaan Pura Agung Giri Natha Semarang ini tidak jauh berbeda aktivitasnya dengan pura-pura di Pulau Dewata, namun ada kelebihan lain di pura yang terletak di atas perbukitan kota tersebut, yakni di areal `Jaba Tengah` (kawasan tengah pura) dijadikan tempat aktivitas untuk proses belajar-mengajar, diskusi, dan kegiatan sosial lainnya.
   
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!