⌂ Home > Aktivitas > Edukasi

100+ Tempat Wisata (Edukasi) (Update 2018)!! - TravelBos.id

Wisata Wot Batu, Bandung

Jangan ngaku pecinta seni, kalau belum datang ke WOT Bandung. Karena disini kamu akan dimanjakan dengan pahatan patung yang memiliki nilai seni tinggi. Pembuatannya pun tidak sembarangan. Melainkan melibatkan para ahli, mulai dari ahli arsitektur, sejarah hingga geologi. Setidaknya dibutuhkan ketekukan, ketelitian dan perhatian ekstra agar batu yang disusun memiliki makna tersendiri. Dan pastinya, memiliki nilai seni tinggi di mata masyarakat.
   

Wisata Tugu Muda, Semarang

Tugu Muda merupakan sebuah monumen ataupun taman kota yang dihiasi dengan air mancur berwarna warni. Sehingga sangat elok sekali jika diamati pada malam hari. Ada juga pohon cemara serta senjata bambu runcing telah diduplikasikan menjadi 5 buah. Usut punya usut, pengadaan replika bambu runcing tersebut memiliki fungsi sebagai gambaran Pertempuran Lima Hari di Semarang yang mayoritas senjatanya adalah ambu runcing.
,    

Wisata Taman Selecta, Malang

Wisata Taman Selecta, Malang. Taman rekreasi Selecta merupakan salah satu objek wisata favorit di kota Batu yang sudah ada jauh sebelum munculnya tempat rekreasi seperti Jatim Park, Museum Angkut dan tempat wisata terkenal lainnya. Meskipun sudah cukup berumur, tapi tempat ini masih cukup baik untuk dijadikan salah satu destinasi perjalanan wisata Anda di kota Batu. Selain taman bunga yang tertata cukup cantik, kita juga bisa menikmati berbagai fasilitas wisata lainnya seperti flyingfox, waterboom dan fasilitas lainnya yang menarik untuk dicoba.
,    
, , , , ,

Wisata Taman Safari Indonesia, Bogor

Taman Safari Indonesia memiliki lebih dari 20 wahana permainan dan 9 pertunjukan yang dapat dinikmati para pengunjung. Sejak dibangun pada tahun 1980, Taman Safari Indonesia memang tak sekedar melestarikan satwa-satwa langka. Tapi juga mengemas dirinya menjadi destinasi wisata keluarga, edukasi, alam, dan petualangan yang menarik. Hewan-hewan koleksinya dibiarkan berkeliaran di lingkungan yang dibuat mirip dengan habitat asalnya.
   
,

Wisata Taman Meksiko, Bogor

Taman Meksiko di Kebun Raya Bogor merupakan kumpulan spesies tumbuhan iklim kering yang ditata menyerupai habitat aslinya dan menjadi taman yang eksotis karena berada di Bogor. Spesies yang ada di taman ini umum digunakan sebagai tanaman hias khususnya tanaman aksen karena memiliki bentuk yang menarik. Bentuk yang unik adalah dari mekanisme adaptasi hidupnya di iklim kering.
   
,

Wisata Taman Matahari, Bogor

Taman Wisata Matahari merupakan tempat rekreasi keluarga yang bermotto “ Recreation and Education Park” yang berlokasi di kawasan puncak – Bogor. Taman ini menyajikan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas, seperti waterpark, wahana permainan air, serta fasilitas pendukung seperti penginapan atau hotel, saung-saung, lapangan, gazebo, restoran dan pusat belanja.
   
,

Wisata Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang

Wisata Taman Krida Budaya Jawa Timur, Malang adalah salah satu obyek wisata yang memuat unsur-unsur budaya yang berlokasi di di ruas JL Soekarno Hatta, Malang. Jika biasanya anda berkunjung ke tempat-tempat wisata yang memiliki banyak wahana yang menyenangkan seperti outbound, perahu wisata, kolam dan lain-lain. Di Taman Krida Jawa Timur anda akan menemukan sensasi pariwisata yang berbeda yaitu yang lebih mengedepankan unsur-unsur kebudayaan, khususnya budaya Jawa.
   

Wisata Taman Kencana, Bogor

Taman Kencana menjadi pilihan tempat untuk nongkrong atau sekedar bersantai bersama teman, sahabat ataupun keluarga. Taman yang berada di Bogor ini menawarkan suasana sejuk dan nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Salah satunya dengan adanya berbagai tempat duduk di beberapa titik untuk tempat berbincang atau sekedar menikmati kesegaran udara di Taman Kencana ini.
   
,

Wisata Taman Heulang, Bogor

Kota Bogor tentunya juga memiliki cukup banyak taman kota salah satunya yaitu Taman Heulang. Dibuatnya taman ini merupakan salah satu dari program Pemerintah Bogor dan menempati luas area sekitar 2 hektar. Renovasi taman ini terjadi tepatnya pada tahun 2015 silam. Renovasi taman ini juga meerupakan salah satu progam pemerintah untuk menjadikan kota Bogor sebagai Kota Sejuta Taman.
   
,

Wisata Taman Corat-Coret, Bogor

Sama seperti taman lainnya di Kota Bogor, Taman Corat-Coret dilengkapi tempat duduk dan lampu penerangan. Sehingga saat malam hari, pengunjung tetap nyaman berada di lokasi ini. Untuk menuju ke Taman Corat-Coret mudah saja, dari Simpang Plaza Jambu Dua warga bisa melewati Jalan Pandu Raya hingga pertemu pertigaan. Lokasinya yang strategis membuat taman ini mudah terlihat dari jalan utama.
   
,

Wisata Taman Budaya Sentul, Bogor

Wisata Taman Budaya Sentul, yang telah berdiri sejak 1994 ini dipercantik dengan pemandangan empat gunung dan bukit, yakni Gunung Geulis, Gunung Pancar, Gunung Gede, dan Gunung Salak, serta Bukit Hambalang. Lokasinya sekitar 61 kilometer dari pusat kota Jakarta, tepatnya di kawasan Sentul, Bogor. Di taman seluas lebih dari enam hektare ini juga terdapat Green Centrum, area seluas 3.000 meter persegi berupa lapangan luas bernuansa alam dengan kapasitas hingga tiga ribu orang.
   
,

Wisata Selasar Sunaryo Art Space, Bandung

Selasar Sunaryo merupakan bangunan yang berisi ragam seni yang sudah dipajang sedemikian rupa. Berdiri pada tahun 1997, Selasar Sunaryo diresmikan secara langsung oleh Drektur Jenderal Kebudayaan, ialah Edi Sedyawati. Beliau mewakili Mendikbud saat itu, Juwono Sudarsono. Jika dilihat dari peta denahnya, kamu bisa melihat karya Sunaryo yang telah terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu religius, sosial serta pengolahan bahan lokal.
   

Wisata Sawah Lingko, Labuan Bajo

Wisata Sawah Lingko, Labuan Bajo adalah wisata yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Wae Rebo menawarkan panorama alam menakjubkan. Masyarakat Manggarai mengenal pertanian sejak sistem kehidupan berburu yang nomaden, hingga berubah agraris dengan cara menetap. Sejak saat itu, keberadaan lahan pertanian berperan penting bagi masyarakat Manggarai.
   

Wisata Saung Angklung Udjo, Bandung

Sudah pernah main Angklung? Atau belum pernah sama sekali? Yuk, langsung mampir aja ke Saung Angklung Udjo. Disana kamu dapat melihat dan mencoba bermain aneka ragam angklung yang mana koleksinya benar-benar terawat. Tempat ini juga biasa digunakan sebagai festival kebudayaan Jawa Barat, tentunya yang berbau alat musik seperti angklung. Tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini?
   

Wisata Planetarium, Jakarta

Wisata Planetarium, Jakarta. Musim liburan sudah tentu menjadi salah satu sarana keluarga untuk berkumpul dan bepergian. Tidak salah jika keuangan keluarga hampir terkuras habis setelah libur liburan baik liburan sekolah atau bahkan libur lebaran. Beberapa kegiatan yang secara sengaja untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah dengan bepergian bersama ke beberapa objek wisata yang terkenal, salah satunya di Planetarium.
   
,

Wisata Peta Park, Bandung

Sejalan dengan namanya nama Peta pada tempat wisata ini dikarenakan letaknya yang berada di jalan Peta. Keberadaan Peta Park memang masih baru di tengah-tengah masyarakat. Walau demikian, nama tempat ini sudah menyeruak kemana-mana. Sehingga seringkali didatangi oleh para wisatawan. Peta Park juga biasa digunakan sebagai area pernikahan lantaran arsitektur gedungnya yang unik serta didukung dengan lingkungannya yang syahdu dan romantis.
   
, ,

Wisata Perkebunan Teh Rancabali, Bandung

Kebun Teh Rancabali merupakan kawasan perkebunan yang berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya perkebunan teh di Bandung pada umumnya, Rancabali menyuguhkan panorama alam yang tak kalah indahnya. Seperti pemandangan bukit yang berkelok-kelok dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika Anda ingin datang ke kebun ini, pastikan membawa kamera terlebih dahulu.
   

Wisata Perkebunan Teh Malabar, Bandung

Area Perkebunan Teh Malabar ini luasnya sekitar 2 hektar. Hawanya sangat sejuk, ditambah lagi dengan pemandangannya yang sangat memanjakan mata. Anda bisa melihat hamparan dedaunan teh berwarna hijau segar. Maka dari itu, pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen bersama latar belakang hamparan perkebunan yang sangat asri ini. Meskipun harga tiketnya murah, namun fasilitasnya masih tetap terawat lho.
   

Wisata Perkebunan Kalibendo, Banyuwangi

Wisata Perkebunan Kalibendo, Banyuwangi adalah wisata yang terletak di Banyuwangi. Banyuwangi memang bisa dibilang sangat kaya oleh pesona alamnya, mulai dari yang sangat dikenal oleh masyarakat hingga keluar negeri yaitu Kawah Ijen dan Blue Firenya hingga beberapa obyek wisata yang tersembunyi yang masih jarang terekspos oleh masyarakat banyak. Maka dari itu anda akan puas berjalan-jalan dan berwisata di Banyuwangi karena anda dijamin akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.
   
,

Wisata Observatorium Bosscha, Bandung

Buat kamu yang sudah pernah nonton film Petualangan Sherina pasti ngga asing lagi kan dengan Observatorium Bosscha? Ya, tempat yang terkenal dengan teleskop raksasa ini dibangun oleh NISV, singkatan dari Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging. Di Obervatorium ini terdapat 5 teleskop aktif yang sampai saat ini digunakan untuk penelitian astronomi. So, buat kamu yang ingin lihat planet atau bintang-bintang di luar angkasa, tempat ini layak untuk kamu kunjungi.
   

Wisata NuArt Sculpture Park, Bandung

Kalau kamu adalah orang yang suka sekali dengan hal-hal berbau kesenian, khusunya patung. Maka, NuArt Scuplture Park bisa jadi jadi agenda traveling-mu berikutnya. Ya, tempat ini memamerkan segala karya dari seniman Nyoman Nuarta. Beliau adalah sosok pembuat patung yang sudah tersohor di Indonesia. Tak ketinggalan pula seniman patung lainnya yang juga turut berkontribusi menyuguhkan karya-karya mereka.
   

Wisata Museum Zoologi, Bogor

Museum Zoologi Bogor adalah museum yang memiliki koleksi dengan dunia satwa. Museum ini terbagi menjadi dua, salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Bogor, sedangkan museum satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats, pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium.
   

Wisata Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Bandung

Museum Mandala Siliwangi adalah salah satu museum bersejarah di Bandung yang mana terdapat banyak sekali koleksi persenjataan dan peralatan perang para pejuang kemerdekaan, Kodam Siliwangi. Sebab saat itulah museum ini bernama Mandala Siliwangi, yang mana digunakan untuk mengenang dan menghormati perjuangan militer dalam mengusir pasukan penjajah. Berbagai peralatan perang tempo dulu dapat kamu temukan ddengan mudah disini.
   

Wisata Museum W.R. Soepratman, Surabaya

Wisata Museum W.R. Soepratman, Surabaya adalah wisata yang bangunannya tidak jauh dari Gelora 10 Nopember tepatnya Jalan Mangga 21 Tambaksari, Surabaya dijadikan sebuah Museum. Bangunan ini pernah ditinggali oleh WR. Supratman pada tahun 1936 hingga 1938. Museum ini diresmikan pada 28 Oktober 2003 oleh Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata waktu itu I Gede Artika. Bangunan inipun sudah menjadi benda cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang No. 592 dan Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 1993.
   

Wisata Museum Tubuh, Batu – Malang

Wisata Museum Tubuh, Batu - Malang adalah museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di Asia saat ini. Berdiri di atas lahan 1 hektar, museum berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong, yang terdiri dari 6 lantai. Pembelajaran anatomi tubuh manusia di Museum Tubuh The Bagong Adventute ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern guna mendukung zona di dalamnya. Mulai dari zona gigi, zona telinga, zona hidung, zona otak, zona mata, zona pembuluh darah, zona jantung, dan masih banyak zona lainnya.
   

Wisata Museum TNI AL Loka Jala Crana, Surabaya

Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan obyek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari jaman revolusi fisik hingga saat ini, diantaranya berupa berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replica KRI Dewa Ruci Ada juga benda bersejarah lain seperti meriam kapal "HRMS De Zeven Provencien “
   

Wisata Museum Tanah, Bogor

Museum Tanah Bogor didirikan pada 29 September 1988, dan merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah dari seluruh wilayah penting di Indonesia yang dipajang dalam ukuran kecil dalam bentuk makromonolit. Salah satu koleksi Museum Tanah Bogor berupa makromonolit tanah yang berasal dari sebuah lokasi di Desa Pagak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
   

Wisata Museum Sri Baduga, Bandung

Sebutan Museum Sri Baduga sebenarnya berasal dari gelar yang diperoleh Prabu Siliwangi, yakni Sri Baduga Maharaja. Pada masanya, beliau merupakan Raja Pajajaran yang paling disegani rakyatnya. For your information, arsitektur pada Museum Sri Baduga memiliki konsep berupa bangunan tradisional, yakni khas dari provinsi Jawa Barat. Masing-masing lantai bahkan memiliki tema museum yang berbeda-beda.
   

Wisata Museum Satwa, Batu – Malang

Wisata Museum Satwa, Batu - Malang. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jatim Park II ini, Museum ini berisikan fosil dari hewan-hewan yang sudah punah dan yang masih ada hingga saat ini. Saat memasuki pintu depan Museum Satwa Malang ini kita kan disambut dengan bangunan berwarna putih dengan pilar-pilar tinggi berwarna putih, persis seperti gedung-gedung Yunani klasik dan dua patung gajah besar yang menjaganya.
   

Wisata Museum Satria Mandala, Jakarta

Wisata Museum Satria Mandala, Jakarta adalah wisata yang menyimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari tahun 1945 sampai sekarang, seperti aneka senjata berat maupun ringan, atribut ketentaraan, panji-panji dan lambang-lambang di lingkungan TNI, kendaraan perang seperti tank dan panser, berbagai jenis pesawat terbang peninggalan masa lalu.
   

Wisata Museum Perjuangan, Bogor

Museum Perjuangan Bogor ini dibuka secara resmi pada tanggal 10 November 1957. Kemudian pada tanggal 7 Juli 1879, bangunan gedung ini dibeli oleh seorang bernama Wilhelm Gustaff Wissner untuk dijadikan gudang. Ketika masa pendudukan Jepang, gedung ini dijadikan gudang oleh tentara Dai Nippon sejak tanggal 9 Maret 1942, dan pada tahun 1945 gedung ini berhasil direbut oleh pejuang Indonesia.
   

Wisata Museum Pembela Tanah Air, Bogor

Selintas Museum Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Museum Peta memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara Peta dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.
   

Wisata Museum Nasional Republik Indonesia (Museum Gajah), Jakarta

Wisata Museum Nasional Republik Indonesia (Museum Gajah), Jakarta adalah museum yang Berdiri di tengah pusat Jakarta, Museum Gajah menawarkan wisata budaya dan sejarah yang edukatif. Hingga saat ini, Museum Gajah memiliki 141.899 benda, terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi.
   

Wisata Museum Musik Indonesia, Malang

Wisata Museum Musik Indonesia, Malang. Museum yang berada di Jalan Nusakambangan No.19, Kasin, Klojen, Kota Malang ini adalah Museum Musik yang pertama dan satu-satunya Museum Musik yang ada di Indonesia. Museum yang didiri­kan oleh sekumpulan warga Malang dari Komunitas Pecinta Katjoetangan dengan membuka embrio museum berupa Galeri Malang Bernyanyi (GMB) di kediaman sang pengagas, Hengki Herwanto, di Jalan Citarum, Purwantoro, Blimbing pada 2009.
   

Wisata Museum Mpu Purwa, Malang

Wisata Museum Mpu Purwa, Malang. oleksi benda purbakala yang disimpan di Museum Mpu Purwa berasal dari masa pra sejarah hingga masa sejarah, yaitu masa Hindu-Buddha. Peninggalan yang berasal dari masa pra sejarah berupa batu pelor, batu gores dan batu lumpang. Batu gores ditemukan di bibir Sungai Metro yang berada di wilayah Tlogomas. Peninggalan lainnya adalah peninggalan yang berasal dari zaman Hindu-Budda. Peninggalan yang dari zaman Hindu-Buddha berasal dari Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari, dan Kerajaan Majapahit.
   

Wisata Museum Lokomotif Dipo Sidotopo, Surabaya

Wisata Museum Lokomotif Dipo Sidotopo, Surabaya adalah jika dilihat dari struktur aslinya, Stasiun Sidotopo memiliki 18 emplasemen, yang merupakan jumlah emplasemen atau deretan peron terbanyak se-Indonesia. Di stasiun ini pula kamu bisa mendapati dipo induk lokomotif, yang sering disingkat Dipo Induk SDT. Dipo ini tempat diistirahatkannya lokomotif-lokomotif yang sudah tidak digunakan lagi.
   

Wisata Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika adalah bangunan bersejarah. Konsep bangunan ini meniru arsitektur gaya Eropa. Kini Museum Konferensi Asia Afrika telah menjadi wisata ikonik bagi para wisatawan Bandung, Gedung ini dahulu digunakan sebagai Konferensi Asia Afrika atas deklasari Gerakan Non Blok, yang salah satunya diprakarsai oleh Presiden Indonesai, Soekarno. Tidak ada biaya tiket untuk masuk ke museum tersebut. Semuanya gratis.
   

Wisata Museum Kesehatan Dr. Adhytama, MPH, Surabaya

Museum Kesehatan yang bangunannya didominasi warna coklat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelamatkan berbagai warisan budaya khususnya yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Koleksi dalam perpustakaan ini pun cukup beragam, mulai dari peralatan medis dan non-medis, serta pengobatan herbal dan pengembangan iptek yang berhubungan dengan kesehatan.
   

Wisata Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta

Wisata Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta adalah wisata yang memiliki sejarah panjang dan sangat menarik untuk dipelajari. Gedung Museum Kebangkitan Nasional didirikan pada tahun 1899 diatas tanah seluas 15.742 m2 sebagai sekolah dan asrama dokter Jawa dan Sekolah Kedokteran Bumi Putera atau dikenal dengan nama STOVIA (School tot Opleding van Inlandsche Arsten) yang diresmikan pada tahun 1902.
   

Wisata Museum Geologi, Bandung

Museum Geologi Bandung adalah tempat wisata berkonsep sejarah yang memiliki beragam koleksi geologi dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, di tempat ini kamu dapat dengan mudah menemukan aneka fosil, ragam bebatuan bersejarah hingga bahan-bahan mineral lainnya. Museum Geologi Bandung terbagi ke dalam 3 ruangan. Mulai dari rungan Geologi Indonesia, Sejarah Kehidupan, Geologi dan Kehidupan Manusia. Jadi, kalau kamu adalah orang yang sedang mempelajari hal-hal terkait geografi. Museum ini harus kamu kunjungi.
   

Wisata Museum Fatahillah, Jakarta

Wisata Museum Fatahillah, Jakarta adalah salah satu bangunan gedung peninggalan Era penjajahan Belanda, Selain itu gedung ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang merupakan saksi bisu perjuangan bangsa kita meraih kemerdekaan. Museum yang terletak pada wilayah Jakarta pusat ini, memang memiliki ketertarikan tersendiri. Selain letaknya pada pusat kota, museum ini juga menyimpan sejarah pada masa penjajahan Belanda di tanah air khususnya di Jakarta.
   
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!