⌂ Home > Blog > Wisata > 5+ Wisata Sungai Jogja

5+ Wisata Sungai Jogja

Yogyakarta menjadi tempat yang istimewa banget. Daya tarik daerah istimewa ini bukan hanya pada budayanya, tapi juga pemandangan dan alamnya yang luar biasa.

Beberapa wisata Yogya sudah terkenal seantero jagad. Misalnya seperti Gunung Merapi, Omah Kayu, Borobudur, dan sebagainya. Jangan salah, masih banyak wisata lain yang kalah menarik lho, seperti wisata sungai yang anti-mainstream ini.

Sumber uraian : https://www.idntimes.com/travel/destination/aulia-ratna-safira/9-wisata-alam-yang-jarang-dikunjungi-di-jogja/full

1. Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan Gantung Selopamioro merupakan jembatan yang terdiri dari deretan papan kayu dan ditopang oleh kawat baja. Ukurannya memang tidak begitu lebar, sehingga hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja.

Meski demikian, pemandangan alam di sekitarnya berupa bukit dan persawahan nampak begitu asri dan indah. Sayangnya,Jembatan Gantung Selopamioro telah putus akibat bencana banjir, tepatnya pada 28 November 2017 lalu. Semoga segera diperbaiki oleh pemerintah setempat, agar pengunjung berdatangan lagi ke daerah yang dulunya tempat wisata ini.

2. Jembatan Soka

Jembatan Gantung Soka kini kondisinya telah hilang akibat terseret derasnya banjir sungai Opak. Saat masih utuh, jembatan ini terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Diantaranya yakni pemandangan pegunungan dan matahari tenggelam.

Tak heran jika Jembatan Gantung Soka dulunya tempat wisata ikonik sebagai spot foto yang instagramable. Jembatan ini biasanya ramai pada hari libur, kondisi inilah yang biasanya dimanfaatkan warga untuk berjualan di sekitar lokasi demi mendapatkan keuntungan.

3. Lava Bantal

Lava Bantal Berbah merupakan salah satu tempat geowisata Yogyakarta yang baru saja diresmikan pada tanggal 30 Mei 2016. Lantas, mengapa kawasan ini Lava Bantal? Usut punya usut, ternyata ada sebuah bongkahan batu berukuran besar di bibir sungai yang berbentuk seperti bantal.

Batu tersebut terbentuk dari erupsi gunung api berupa lava cair yang bersuhu tinggi. Kemudian cairan tersebut membeku dengan cepat akibat terkena air. Pembekuan lava yang tidak sempurna itulah membuat batuan tersebut menyerupai seperti bentuk bantal.

Di tempat yang begitu eksotik ini, kamu tidak hanya bisa menikmati bekas fenomena alam jutaan tahun yang lalu saja. Tapi kamu juga bisa melakukan aktifitas lain, yakni bermain air rafting, berendam atau sekalian mandi.

4. Tegalarum Adventure Park

Tegalarum adalah tempat wisata dengan kearifan lokal yg sangat kental. nyaman dan santai untuk kegiatan outdoor keluarga, instansi, kelompok dan lainnya.

Dengan menampilkan wisata alam yang masih asri. Disini kamu bisa rafting, sembari menyusuri suasana sungai khas alami pedesaan. Sangat seru sekali bagi kamu yang ingin refreshing melepas penatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari.

5. Taman Sungai Tuk Mudal

Cari tempat wisata sejuk di pegunungan? Nggak usah jauh-jauh, cukup ke Taman Sungai Tuk Mudal aja! Ya, tempat wisata alam ini memiliki beraneka wahana yang masih asri. Ditambah lagi dengan latar belakang pegunungan dan aliran sungai yang terus mengalir.

Disana kamu bisa mencoba berenang di sebuah kolam yang terbagi menjadi tiga. Ketiga kolam renang tersebut berada di tempat yang berbeda dengan tingkat kedalaman bervariasi.

Di bagian atas, terdapat sebuah taman bunga yang biasanya digunakan sebagai tempat bermain anak-anak. Banyak sekali kupu-kupu cantik berterbangan yang sangat indah sekali untuk dipandang.

Untuk menuju ke taman ini, kamu harus melewati jembatan-jembatan yang terbuat dari kayu dan bambu terlebih dahulu. Nggak perlu takut jatuh, karena konstruksi jembatan tersebut memiliki rancangan yang kuat nan artistik.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!