⌂ Home > Blog > Wisata > 25+ Wisata Puncak Jogja

25+ Wisata Puncak Jogja

Jogja selalu punya cerita, termasuk pariwisatanya. Wisata Jogja memang sangat bervariasi, mulai dari wisata alam seperti kawasan perbukitan, hutan pinus, danau dan pantai sampai wisata sejarah dan wisata kota, semua ada.

Belakangan ini, wisata Jogja yang sedang naik daun adalah kawasan perbukitannya. Udara sejuk, pemandangan alam yang cantik ditambah spot-spot fotogenik membuat banyak wisatawan berbondong-bondong datang.

Sumber uraian : https://phinemo.com/tempat-wisata-bukit-jogja-hits-terbaru/

1. Puncak Becici

Salah satu objek pariwisata bantul yang menawarkan keindahan alam hutan pinus, awal dibuka pada tahun 2014 atas inisiatif dari warga sekitar dan pada tahun 2015 Presiden Amerika obama sempat berkunjung ke wisata Puncak Becici. Semenjak saat itu wisata Puncak Becici semakin ramai dan semakin banyak dikenal.

Fasilitas dan pelayanan cukup memuaskan, mulai dari area parkir yang luas, mushola, tempat sewa hammock, tempat berkemah dan lain sebagainya. Puncak Becici dikenal dengan spot foto-nya yang fotogenik, instagramable dan hits. Bahkan, tempat wisata ini diyakini sebagai salah satu spot sunset terbaik di Jogja. Sayangnya, untuk di hari weekend, Puncak Becici terlalu ramai. Membuatmu kurang bisa menikmati suasana alamnya dan susah untuk berfoto

2. Puncak Suroloyo

uncak Suroloyo terkenal dengan nuansa alam yang menyuguhkan berbagai pemandangan menawan. Mulai dari kebun kopi, kebun teh, Patung Punokawan, pegunungan, hingga panorama Candi Borobudur pun bisa kamu lihat.

Sebelum mencapai puncak, kamu harus melewati jalan yang berkelok-kelok terlebih dahulu. Namun, semua perjuanganmu itu akan terbayarkan ketika melihat pemandangan eksotis secara langsung di atas Puncak Suroloyo.

3. Puncak Kukusan

Ada sebuah sensasi tersendiri yang akan kamu dapatkan saat berada di Gunung Kukusan. Diantaranya yakni suasana berkabut dan semilir angin. Ditambah lagi dengan rimbunnya hutan, seolah menambah kesempurnaan keindahan alam di Puncak Kukusan.

Jika saat sedang cuaca cerah, kamu bisa memandang Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu dengan sangat jelas. Semburat sang surya dari balik gunung-gunung itu, kian menambah rasa cinta pada kekayaan alam di negeri sendiri.

Sebelum menuju ke Puncak Kukusan, pastikan kendaraan yang kamu bawa dalam kondisi baik, khususnya rem. Karena nantinya kamu akan melalui medan jalan yang menanjak, terjal serta berkelok.

4. Puncak Gunung Lanang

Gunung Lanang adalah salah satu wisata puncak menarik yang terletak di Perbukitan Menoreh. Disini kamu bisa melihat keindahan sunset saat senja. Bisa juga dengan melihat panorama yang tak kalah indahnya dari wisata puncak yang lain. Salah satunya yakni hamparan luasnya Samudra Hindia yang membentang di arah selatan Puncak Gunung Lanang.

5. Puncak Kosakora

Puncak Kosakora merupakan sebuah puncak dari bukit yang berbatasan langsung dengan pantai daerah selatan jawa. Puncak ini bisa dicapai dengan hanya berjalan kaki dari tempat parkir di Pantai Drini. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih tempat penitipan kendaraan yang paling dekat dengan jalur arah kosakora, yakni dari Pantai Drini lalu ke timur.

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki area Puncak Kosakora, cukup membayar parkir saja. Hanya saja, jalan untuk menuju ke lokasi dinilai lumayan jauh. Sehingga membutuhkan cukup tenaga. Karena nantinya kamu akan melalui perkebunan dan jalan setapak menanjak.

Sebelum memulai jalan tanjakan, kamu akan disuguhi dengan hamparan Pantai Ngrumput. Biasanya pantai tersebut sering ramai digunakan untuk berkemah. Sesampainya di puncak, kamu akan benar-benar merasakan sebuah pemandangan yang sangat indah. Sangat terlihat jelas sekali pantai-pantai daerah Gunungkidul dari ketinggian.

6. Puncak Dipowono

Tidak jauh dari wisata Kalibiru, terdapat sebuah tempat wisata yang areanya jauh lebih luas. Bahkan lebih sepi apabila dibandingkan dengan Kalibiru. Namanya adalah Puncak Dipowono. Yaps, tempat wisata alam ini menyuguhkan sebuah spot foto eksotis, yakni dengan latar belakang Waduk Sermo. Disediakan pula beberapa rumah pohon dan papan kayu sebagai spot foto wisatawan yang sedang berkunjung kemari.

7. Puncak Widosari

Puncak Widosari merupakan salah satu bukit yang masih menjadi bagian dalam jajaran Perbukitan Menoreh. Sejatinya Puncak Widosari ini terdiri atas batuan-batuan yang menyerupai kubah cukup tinggi.

Dari bawah kubah batu itulah, kamu bisa menikmati udara sejuk. Tak ketinggalan pemandangan gunung-gunung Perbukitan Menoreh juga turut melengkapi betapa eksotisnya tempat wisata alam ini.

8. Puncak Kendeng

Puncak Kendeng Gunung Kukusan sebenarnya merupakan sebuah bukit kecil yang bersifat terbuka. Dari Puncak Kendeng inilah kamu bisa menikmati pemandangan yang eksotis sekali di atas ketinggian. Selain udaranya yang masih sejuk dan berhawa dingin, tempat wisata alam ini juga menampilkan sunrise, kapan lagi kalau bukan di pagi hari.

So, pastikan kamu datang kesini sebelum fajar tiba. Karena nantinya kamu akan bisa melihat secara langsung indahnya sunrise di balik 8 puncak gunung di daerah Jogja dan sekitarnya.

9. Puncak Kleco

Puncak Kleco terkenal dengan sebagai tempat yang menawarkan keindahan alam nan eksotis. Sangat nyaman dan masih sepi pengunjung. Spot foto yang ada di tempat ini benar-benar menarik. Ditambah lagi biaya masuknya yang masih terjangkau.

Hanya saja, akses jalan untuk menuju ke Puncak Kleco cukup menanjak. Kalau kamu nggak berani bawa motor sendiri, nggak ada salahnya kalau kamu sewa jasa ojek di sekitaran sepanjang jalan menuju Puncak Kleco. Harga yang dipatok oleh jasa ojek biasanya juga relatif murah.

10. Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di daerah Kulonprogo. Tempat wisata ini menghadirkan sebuah wahana yang bisa memacu adrenalin kamu, yakni berayun di atas ketinggian 800 mdpl !

Sangat menegangkan mengingat lokasinya yang berada di tepi jurang. Tapi tenang saja, pihak pengelola setempat telah memprioritaskan safety berupa tali pengikat dan juga harness. Begitu ayunan diayunkan, kamu akan merasakan sensasi luar biasa. Di satu sisi merasa adrenalin terpacu, di sisi lain juga merasa takjub akan keindahan ciptaan Tuhan.

11. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo merupakan spot panorama yang menawarkan keindahan alam hutan pinus. Tempat wisata ini begitu fotogenik, karena terdapat sebuah pintu yang memiliki latar belakang berupa langit sebelah barat.

Tampak begitu memesona dan eksotis untuk dilihat. Selain itu, pengelolaan wisata Pintu Langit Dahromo ini nampak profesional, rapi dan bersih. Harga tiket masuk, parkir dan makanan disini cukup terjangkau bagi para wisatawan.

12. Kebun Buah Mangunan

Puncak Kebun Buah Mangunan atau biasa dikenal dengan sebutan “Negeri di Atas Awan” ini ternyata letaknya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata ini, pastikan harus ekstra berhati-hati, karena medan jalannya berkelok-kelok dan naik turun.

Kebun Buah Mangunan memiliki area yang begitu luas. Pilihan buahnya pun juga beragam. Hanya saja, jika kamu ingin datang kesini, pastikan kamu sudah mengetahui musim panen buah. Karena kalau tidak, kemungkinan kamu akan sulit mendapatkan pilihan buah yang kamu inginkan.

13. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Banyak view yg menarik, wajar jika para wisatawan seringkali menggunakan Watu Lumbung sebagai spot foto hits andalan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Watu Lumbung adalah sore atau pagi hari, karena disini kamu bisa menikmati sunset atau sunrise dari ketinggian sembari menikmati aneka kuliner yang telah disajikan di Alas Kuliner.

14. Tebing Watu Mabur

Tebing watu mabur merupakan wisata di jogjakarta yang cukup ngehits baru – baru ini Wisata berkonsep gardu pandang ini mempunyai kelebihan tersendiri dibanding wisata gardu pandang lainnya. Salah satu kelebihan tersebut adalah saat berada di bagian puncaknya, kamu akan merasakan sensasi layaknya terbang di udara.

Sesuai dengan namanya “Watu Mabur”, dalam bahasa jawa artinya “Batu Terbang. Untuk merasakan sensasi layaknya terbang, kamu harus mengunjungi tebing ini tepatnya pada pagi hari. Usut punya usut, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melihat banyaknya kabut yang mengelilingi tebing ini. Khususnya ketika kamu pergi ke gardu pandang, dijamin deh kamu akan merasakan sensasi bak terbang di udara. Sangat instagramable untuk diabadikan!

15. Watu Payung

Penamaan Watu Payung sebenarnya diambil dari ikon obyek wisata ini, yakni berupa batu dengan bentuk melebar seperti payung. Tidak percaya? Kamu bisa melihatnya di pintu ke arah gardu pandang. Usut punya usut, nama tersebut digagas oleh penduduk setempat setelah melihat “fenomena” bentuk batu tersebut secara langsung.

GeoForest Turunan Watu Payung merupakan sebuah hutan konservasi di ujung barat kawasan Geopark Gunung Sewu. Tempat yang juga menjadi objek wisata ini ternyata memiliki keragaman hayati cukup banyak. Dari tempat ini pula panorama pegunungan gamping terlihat, seolah terbelah oleh sungai Oyo, begitu eksotis dan benar-benar alami!

16. Watu Goyang Mangunan

Dari sekian pilihan tempat wisata foto spot yang ada di Jogja, Watu Goyang Mangunan bisa jadi merupakan foto spot paling instagramable yang belum pernah kamu singgahi sebelumnya. Tempat wisata ini menyuguhkan spot foto pemandangan beserta properti pendukung yang unik dan out-of-the box.

Ditambah lagi dengan keunggulan aksesnya yang mudah dijangkau apabila menuju mulai dari arah Imogiri. Watu Goyang Mangunan juga dihiasi oleh tanaman-tamanan dan bunga cantik, seperti Bunga Matahari dan bunga-bunga khas lokal lainnya. Selain untuk menjadi sarana berburu spot fotogenik, tempat ini juga bisa lho digunakan untuk gathering ramai-ramai dengan kerabat terdekat

17. Watu Amben

Wisata alam Watu Amben ternyata belum lama dibangun. Pemandangan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Bukit Bintang, sebab jarak lokasinya yang hanya sedikit naik keatas lagi. Mudah dijangkau, karena akses jalan kini sudah beraspal.

Bisa dibilang Watu Amben merupakan tempat wisata yang asik untuk nongkrong bareng keluarga, teman atau sahabat sembari menikmati panorama kota Jogja. Banyak warung warung yang berjualan disini dengan harga yang relatif murah. Kualitas rasanya pun masih terjaga.

18. Gardu Pandang Pinus Asri

Pinus Asri ini berlokasi di kawasan Hutan Pinus Asri Karangasem. Hutan Pinus dari dulu memang terkenal dengan panggung alamnya. Apa lagi kalau bukan Gardu Pandang Pinus Asri ini. Kehadirannya seolah melengkapi fasilitas pengunjung untuk menikmati keindahan alam di kawasan hutan pinus. Sehingga mereka bisa berburu foto dengan latar belakang hutan dan dataran rendah Imogiri.

Suasananya sejuk tentu akan membuat kamu menjadi lebih betah duduk berlama-lama lama di Gardu Pandang Pinus Asri ini. Direkomendasikan untuk berkunjung ke tempat ini pada pagi hari atau saat senja. Karena nantinya kamu bisa melihat sunrise atau sunset yang eksotis.

19. Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana merupakan salah satu spot baru dan terus berkembang di Jogja akhir-akhir ini. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. 

Terdapat banyak warung dan gazebo yang berjajar di beberapa sudut. Pemandangan kota Jogja terlihat eksotis dari sini. Bahkan, kamu juga bisa melihat indahnya Gunung Merapi di pagi hari jika saat cuaca sedang cerah.

20. Spot Riyadi

Spot Riyadi merupakan sebuah tempat wisata yang berada di ketinggian yang menawarkan sejumlah panorama indah. Mulai dari Candi Prambanan, Gunung Merapi hingga Gunung Merbabu terlihat jelas dari tempat ini. Jika malam tiba, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan lampu kota seantero Jogja bahkan Jawa Tengah.

Dengan ditambahnya area tempat duduk, kini Spot Riyadi mampu menampung lebih banyak pengunjung yang berasal dari daerah manapun. Hanya saja, pengunjung harus ekstra berhati-hati, karena jalannya yang agak sempit. Harus berwaspada ketika berpapasan dengan kendaraan lain. Khususnya di jalan yang akan masuk menuju perkampungan, hampir sama seperti jalan setapak.

21. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru terletak di kawasan perbukitan. Suhu di tempat ini cukup sejuk dan pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah. Salah satunya yakni pemandangan Waduk Sermo yang dari ketinggian.

Persiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin. Sebab medan untuk menuju Wisata Alam Kalibiru dinilai cukup ekstrim. Jalannya cenderung menanjak dan banyak tikungan tajam. Nyaris mustahil untuk dilewati kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk besar. Sangat disarankan untuk tidak datang ke Wisata Alam Kalibiru saat hujan deras.

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini terbilang murah. Pelayananan dari penyedia fasilitas juga cukup baik dan ramah.

22. Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit

Untuk menuju puncak Wisata Alam Seribu Songgo Langit, kamu diharuskan untuk mendaki selama sekitar 20 menit terlebih dahulu. Bagi sebagian wisatawan, ini merupakan sebuah pemanasan sebelum terjun ke aktivitas “mendaki yang sesungguhnya”.

Sesampainya di puncak, kamu akan disambut oleh suasana pohon cemara yang rindang. Hawanya sejuk dan dingin. Terdapat beberapa spot yang sangat cantik untuk diabadikan. Beberapa pondok rest-area juga disediakan bagi wisatawan yang hanya ingin sekedar minum atau mengganjal perut sembari menikmati pemandangan. Ya, bisa dibilang untuk fasilitas yang ada di Wisata Alam Songgo Langit ini masih lumayan lengkap.

23. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari merupakan salah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam luar biasa. Akses jalan untuk menuju ke tempat wisata ini tergolong mudah. Sebab permukaan jalannya kini sudah diaspal.

Selain menawarkan pemandangan, atraksi wisata yang ada di Green Village Gedangsari juga tak kalah seru. Salah satunya yakni flying fox, dengan panjang lintasan sekitar 625 meter! Green Village Gedangsari juga sangat cocok sebagai sarana camping ground dan rappeling di Grojogan Yohnan.

24. Jurang Tembelan

Berkunjung ke daerah Gunung Kidul? Jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat wisata lain di sekitarnya. Ya, Jurang Tembelan.Disini kamu akan merasakan suasananya yang asri sekaligus pemandangannya yang eksotis. Sering berkabut tebal saat pagi hari.

Hanya saja, akses jalan menuju Jurang Tembelan ini dirasa cukup sulit. Khususnya kamu yang baru saja bisa mengendarai mobil. Harus hati-hati. Pastikan juga untuk tetap menjaga anak-anak, sebab tempat ini berada di ketinggian. Oh iya, di sekitar menuju lokasi Jurang Tembelan sudah berjajar warung-warung makan yang bisa kamu hampiri saat lapar di perjalanan.

25. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Cangkringan merupakan tempat yang cukup recommended untuk dikunjungi. Karena tempat ini menawarkan banyak spot-spot foto keren dan instagramable!

Hanya saja, area parkirnya masih sangat berdebu. Sebelum menuju ke Stonehenge, pastikan mobil dalam keadaan prima. Sebab jalan yang akan dilalui cukup terjal dan berbatu.Tidak ada salahnya untuk menggunakan motor agar lebih nyaman.

Disarankan juga untuk berkunjung ke Stonehenge siang hari pada pagi atau sore agar tidak terlalu panas.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!