⌂ Home > Blog > Wisata > 5+ Wisata Kuliner Jogja

5+ Wisata Kuliner Jogja

Banyak sekali wisata kuliner jogja yang menjadi buruan para pencari atau pemburu makanan enak di sekitar daerah Jogja.

Tentu saja beberapa tempat kuliner di jogja yang akan kita bahas ini telah di rangkum dari berbagai sumber yang akan memberikan rekomendasi tempat kuliner khas jogja dan juga kuliner jogja murah meriah dengan cita rasa yang khas Kota Jogja.

Sumber uraian : https://halomuda.com/tempat-wisata-kuliner-jogja/

1. Wisata Kampung Wijilan / Plengkung Wijilan

Wijilan memiliki salah satu bangunan bersejarah yang merupakan pintu masuk ke wilayah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ya, Plengkung Wijilan! Kini bangunan tersebut telah berubah menjadi gerbang menuju kawasan wisata kuliner gudeg yang merupakan makanan khas Jogja.

Sepanjang jalan di Kampung Wijilan terdapat banyak sekali warung atau penjual gudeg. Jalannya cukup kecil dan sebagian digunakan sebagai parkir mobil sehingga sering menimbulkan kemacetan terutama pada akhir pekan atau hari libur.

2. Gudeg Pawon

Mau makan gudeg dengan nuansa yang lebih berbeda? Gudeg Pawon bisa jadi jawabannya! Sejalan dengan namanya, di tempat ini lah kamu bisa mencicipi variasi makanan langsung dari pawon (dapur).

Sekaligus kamu juga bisa melihat proses memasak gudeg itu sendiri. Gudeg Pawon terkenal dengan cara memasaknya yang masih sangat tradisional, yakni menggunakan kayu bakar.

Nggak heran deh, kalau tempat masak di Gudeg Pawon ini memang agak hitam. Meski demikian, harga yang ditawarkan relatif lebih murah. Rasanya pun khas.

Siap-siap antri panjang untuk mencoba masakan Gudeg Pawon. Karena tempat makan ini sudah begitu populer dan banyak sekali peminatnya. Ya, bagaimana tidak? Gudeg Pawon adalah satu dari sekian rekomendasi gudeg terenak yang ada di Jogja

3. House of Raminten

House of Raminten merupakan sebuah resto yang kental dengan nuansa tradisional. Meski begitu, nuansa modern juga telah sedikit tersentuh di tempat ini. Uniknya lagi, pengunjung yang datang ke House of Raminten seringkali merasakan suasana agak mistis.

Lah, bagaimana tidak? Baru pertama kali masuk, pengunjung akan disambut dengan wangi bunga melati. Ditambah lagi dengan adanya dupa dan sebuah ruangan yang isinya ada nenek-nenek sedang duduk bersila di dekat pintu. Terlepas dari apapun maksud pengelola menggunakan unsur tersebut, yang jelas resto ini memiliki keunikannya tersendiri dari resto-resto lain.

4. Angkringan Tugu

Dari sekian banyaknya penjual angkringan di Jogja, ada sebuah tempat angkringan yang cukup terkenal, namanya Angkringan Tugu. Seperti angkringan pada umumnya, disini kamu akan menemukan jajanan khas Jogja, seperti nasi kucing yang berisi teri dan oseng-oseng tempe.

Gorengan dan lauk juga biasa digunakan pengunjung sebagai menu pelengkap. Namun, satu yang paling khas dari Angkringan Tugu ini adalah kopi Joss-nya. Karena nantinya kopi panas tersebut akan diberi arang panas yang diangkat langsung dari tungku. Hmm.. udah pernah nyoba belum?

5. Bakso Klenger Ratu Sari

Sesuai dengan namanya, Bakso Klenger Ratu Sari benar-benar akan membuat klenger para pengunjungnya. Bagaimana tidak? Porsi yang ditawarkan sangat besar. Ditambah lagi tingkat pelayanannya yang sangat cepat.

Disarankan untuk bawa kerabat atau teman jika baru pertama kali berkunjung ke Bakso Klenger. Ada baiknya pesan satu mangkuk saja terlebih dahulu untuk santap beramai-ramai.

Bakso Klenger Ratu Sari terkenal dengan teksturnya yang lembut sekali dan menyatu dengan kuah gurihnya. Suasananya juga cukup mendukung. Recommended sebagai tempat kuliner yang wajib dicoba kalau lagi main di Jogja.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!