⌂ Home > Blog > Wisata > 7+ Wisata Hutan Jogja

7+ Wisata Hutan Jogja

Pemandangan alam yang ditawarkan Provinsi DIY hampir dibilang komplit. Karena kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit dari titik terbaik, berjalan di hutan bambu yang rimbun, atau berfoto di spot yang instagramable banget.

Pokoknya nggak bakalan nyesel deh kalau berkunjung ke wisata hutan Jogja

Sumber uraian : https://www.pikniek.com/indonesia/tempat-wisata-alam-di-jogja/

1. Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Kegiatan seru di Mangrove Pantai Pasir Kadilangu ini tidak lepas dari lokasinya yang berada tepat di aliran Sungai Bogowonto. Hutan bakaunya tampak hijau merimbun di kedua tepi sungai, dihubungkan oleh sebuah jembatan fotogenik yang sejatinya memang dirancang sebagai wisata, yakni Hutan Mangrove Jembatan Api-Api.

Selain jembatan utama ini, disini juga ada jembatan berbentuk hati yang biasanya menjadi spot pertama pengunjung untuk berswafoto. Spot foto yang ditawarkan oleh pengelola hutan mangrove ini sebenarnya banyak.

Mulai dari ayunan kepompong, jembatan tempo dulu, rumah pohon, kerang-kerangan raksasa, jembatan cinta hingga gardu pandang. Namun spot paling keren yang di tempat wisata ini adalah menara kerucut yang cukup tinggi, sekilas mirip bak menara Eiffel di Amerika atau Tokyo Tower yang ada di Jepang.

2. Hutan Mangrove Pantai Baros

Selain wahana wisata alam dan juga pengenalan ekologi muara sungai, keberadaan Hutan Mangrove Pantai Baro juga berfungsi sebagai area konservasi alam.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari hutan Mangrove ini. Mulai dari meredam laju abrasi bahkan juga meredam sekitar 50-60 persen akibat gelombang tsunami.

Keberadaan Hutan Mangrove Pantai Baros juga mampu menurunkan kadar gas karbondioksida di udara. Sehingga mampu menetralisir bahan kimia jahat yang mencermati rawa pantai.

3. Hutan Pinus Pengger Sendangsari

Hutan Pinus Pengger ini terkenal dengan beragam spot foto yang instagramable. Seperti spot foto rumah Indian dan tangan raksasa. Dari spot tangan raksasa, kamu bisa melihat panorama Jogja dari ketinggian. Lengkap dengan gemerlapnya khas lampu kota.

Jika malam tiba, di ujung jari-jari tangan raksasa tersebut juga terdapat lampu-lampu yang langsung menyorot ke arah sentris. Dijamin bikin hasil foto kamu lebih instagramable!

Indah banget deh pokoknya. Nggak heran kalau sebagian besar wisatawan yang sudah berkunjung kesini merasa puas. Bahkan merekomendasikan Hutan Pinus Pengger, Sendangsari sebagai wisata malam paling hits di Jogjakarta.

4. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama pertama kali digagas oleh Prof Oemi Han’in yang memiliki tekad kuat untuk mengubah daerah yang tandus menjadi kehijauan. Saat kamu menyusuri Wanagama, kamu akan menemukan jajaran pepohonan, namanya Akasia.

Tidak hanya itu, tanaman lain yang tersebar di kawasan Hutan Wanagama ini cukup banyak. Mulai dari Eboni, Si Kayu Hitam dari Sulawesi, Cendana, Si Pohon Wangi, Murbei dan Jati. Selain tumbuhan, didalamnya juga terdapat beberapa jenis binatang, antara lain unggas, kera dan beberapa jenis reptil yang merupakan penghuni khas tempat ini.

Hutan ini ternyata mempunyai tiga sumber aliran sungai yaitu Oya, Sendang Ayu dan Banyu Tibo yang setiap waktu menyuplai kebutuhan air untuk menopang kehidupan hutan ini.

5. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan memiliki area yang begitu luas. Dihiasi dengan kebun dan taman yang cantik dan eksotis. Tempat ini mempunyai sistem penataan tempat yang baik, ditambah dengan desainnya yang unik.

Pihak pengelola setempat tampaknya selalu melakukan renovasi hampir di setiap tahunnya. Jadi kalau tahun depan kamu balik lagi ke tempat ini, tentu saja ada yang terlihat sedikit berbeda.

Oh iya, Di Hutan Pinus Mangunan ini juga kamu bisa menemukan semacam menara pohon. Dimana nantinya kamu bisa naik ke tangga menara pohon tersebut untuk menikmati semilir angin dan pemandangan dari atas.

6. Taman Hutan Raya (Tahura)

Taman Hutan Raya Gunungkidul atau biasa disingkat TAHURA ini berlokasi di dalam kawasan konservasi Hutan Bunder. Lokasinya yang berdekatan dengan Rest Area Hutan Bunder membuat TAHURA dianggap sebagai tempat favorit untuk berkemah bagai sebagian para pecinta alam, pelajar dan mahasiswa. Ditambah lagi dengan lokasinya yang strategis, yakni dekat dengan area perkotaan sehingga sangat mudah dijangkau.

Selain menjadi spot camping, taman seluas 6,2 hektar ini juga menjadi kawasan penangkaran Rusa Jawa (Cervus timorensis). TAHURA memiliki sebuah tempat penyulingan minyak kayu putih berdiri sejak tahun 1980-an, namanya Sendang Mole. Ada juga Kali Oya yang mengalir di tengah Hutan Bunder. Percaya atau tidak, kehadiran Kali Oya ini seolah menambah kesejukan kawasan hutan raya ini.

7. Rumah Hobbit Kepuharjo

Seolah tak ingin kalah dengan yang lain, Sleman kini rupanya memiliki sebuah tempat wisata baru, namanya Rumah Hobbit Kepuharjo.Sedikit biasa saja memang, meski begitu keberadaan spot selfie terbaru di Sleman ini tentu saja akan menjadi alternatif tambahan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nuansa yang disuguhkan oleh Rumah Hobbit Kepuharjo Cangkringan ini cukup berbeda dengan yang rumah-rumah Hobbit di Jogja lainnya. Salah satunya yakni yang ada di daerah Bantul. Pasalnya, bagunan rumah Hobbit disini lebih rapi, Ukurannya cukup besar, sekitar dua meter dengan lebar sekitar empat meter, ditambah lagi dengan halaman taman yang sangat indah membuat spot wisata ini memang layak untuk diperhitungkan.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!