⌂ Home > Blog > Wisata > 6+ Wisata Gunung Jogja

6+ Wisata Gunung Jogja

Gunung Merapi salah satu Gunung di Indonesia yang terbilang masih sangat aktif dan bahkan tercatat beberapa kali erupsi. Meski demikian, gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3000 mdpl ini tetap mampu menyihir para pendaki untuk datang dan terus datang. View yang ditawarkan di sini pun tak kalah cantik dengan view di gunung Bromo dan Semeru.

Nah, buat kamu yang mau ke Jogja atau lagi di Jogja dan ada rencana mau mendaki, yuk kenakalan sama 4 gunung lainnya selain Gunung Merapi. Apa saja sih? Simak selengkapnya.

Sumber uraian : https://www.bakpiamutiarajogja.com/gunung-di-jogja/

1. Gunung Ijo

Gunung Ijo terletak di perbatasan kota Jogja, tepatnya di Desa Durensari, Bagelen, Purworejo. Kurang lebih sekitar 19 kilometer dari pusat kota. Jika kamu berkunjung ke tempat ini pada pagi hari, kamu bisa menikmati indahnya sunrise.

Begitu juga pada sore, kamu juga akan dimanjakan dengan cantiknya sunset yang tenggelam di pantai selatan. Beberapa pemandangan gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro hingga Gunung Sumbing juga bisa dilihat dari sini. Sangat eksotis ya kan!

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan spot wisata alam berupa deretan batu raksasa yang memiliki dua puncak, yaitu puncak timur dan puncak barat.

Dari puncak timur, terdapat sebuah spot instagramable untuk menyaksikan sunset dan sunrise yang indah di Jogjakarta. Perjalanan menuju puncak pun tak terlalu sulit. Setidaknya butuh waktu sekitar 15 menit untuk berkendara.

3. Gunung Gajah

Gunung Gaja terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah sekali. Terlihat panorama seluruh wilayah Pemalang dan Tegal dari puncak gunung ini. Apabila malam tiba, terlihat lampu-lampu rumah warga desa sekitar berkelap kelip.

Jika di pagi hari, kamu akan melihat pemandangan gunung-gunung kecil di sekitar Gunung Gajah. Terlihat jelas seiring menghilangnya kabut yang menutupi areanya.

Di ujung puncak Gunung Gajah terdapat pula sebuah gua kecil. Biasanya digunakan oleh para pendaki untuk sekedar berteduh atau beristirahat sejenak.

4. Gunung Ireng

Gunung ireng merupakan satu dari sekian spot terbaik di Jogja untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Berlokasi di kawasan Pengkok, Patuk, Gunungkidul. Meskipun tempat ini dinamakan “gunung”, namun kenyataanya adalah bukan demikian. Melainkan Gunung Ireng sejatinya hanyalah sebuah bukit berbatu kecil dengan puncak yang gundul.

Puncak ini merupakan titik tertinggi di Dusun Srumbung dan dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk berburu pemandangan matahari terbit ataupun tenggelam di Yogyakarta. Jika di malam hari, kamu akan melihat dengan jelas sebuah galaksi bintang malam atau biasa disebut milky way.

Tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar parkir saja. Demi perawatan pengelolaan, tidak ada salahnya jika kamu membayar area spot foto seikhlasnya.

5. Gunung Merapi

Gunung Merapi (2.799 meter dpl) adalah gunung api (istirahat) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang berada dalam kawasan Pegunungan Ijen.

Puncak Gunung Merapi terletak di sebelah timur puncak Gunung Ijen atau yang dikenal dengan Kawah Ijen. Seringkali Gunung Merapi disalahartikan sebagai Gunung Ijen, padahal secara geografis Gunung Ijen terletak di sebelah barat Gunung Merapi. Puncak Gunung Merapi terkenal dengan kawah bulan sabitnya yang terletak di sebelah timur Kawah Ijen.

Sumber ulasan : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Merapi_(Jawa_Timur)

6. Batu Alien Cangkringan

Batu Alian atau biasa disebut Batu Alien adalah satu dari sekian bekas yang masih tersisa dari letusan Gunung Merapi, tepatnya tahun 2010 yang. Disebut Batu Alien karena permukaan batu memiliki penampakan yang hampir menyerupai wajah makhluk asing. Seperti ada wujud dua mata, hidung, mulut dan telinga.

Batu yang terlempar dari puncak Gunung Merapi ini kini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menjelajah sisa-sisa letusan. Di hari biasa, wisata Batu Alien Cangkringan tetap ramai pengunjung. Hanya saja, selama perjalanan akan ada banyak debu berterbangan.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!