⌂ Home > Blog > Wisata > 11+ Wisata Gua Jogja

11+ Wisata Gua Jogja

Jogjakarta memiliki banyak gua yang indah dan mempesona. Gua-gua tersebut saat ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat sebagai daya tarik pariwisata. Berikut gua-gua yang populer di Yogyakarta.

Sumber uraian : https://www.njogja.co.id/wisata-alam/7-goa-indah-di-jogjakarta/

1. Gua Pindul

Salah satu destinasi wisata alam di daerah Gunung Kidul yang lumayan seru. Karena disini kamu bisa menelusuri sebuah gua di atas air dengan menggunakan ban karet. Dengan panjang sekitar 350 m dan kedalaman maksimal sekitar 12 m.

Sepanjang Gua Pindul dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit yang eksotis memanjakan mata. Tak ketinggalan pula sekumpulan burung-burung hantu sedang bergelantungan di siang hari. Benar-benar mahakarya alamiah dari Sang Maha Pencipta.

2. Gua Kiskendo

Sesampainya di kawasan Gua Kiskendo, kamu akan melihat pintu gerbang gua yang cukup lebar dan besar. Usut punya usut, Gua ini sudah terbentuk selama berabad-abad akibat tetesan air yang jatuh ke bawah.

Ada pula stalagmit dan stalagtit yang nampak eksotis. Jika kamu berani untuk menyusuri gua ini jauh lebih dalam, maka kamu kamu akan menemukan sebuah sungai yang mengalir, tepat di bagian ujung Gua. Airnya terasa sejuk dan menyegarkan.

Hanya saja, kamu dilarang mandi di sungai ini. Meski demikian, tak jarang warga sekitar yang malah justru mandi tempat tersebut saat air tidak pasang. Menurut penuturan warga sekitar, Gua Kiskendo merupakan peninggalan sejak zaman Rama dan Shinta. Dalam tokoh pewayangan, gua tersebut konon menjadi tempat persembunyian hanoman.

3. Gua Selarong

Gua Selarong merupakan tempat yang menjadi saksi bisu perjuangan Bangsa Indonesia. Bagaimana tidak? Salah satu Pahlawan Nasional kita, Pangeran Diponegoro beserta selir setianya, Raden Ayu Ratnaningsih dulunya menggunakan Gua Selarong untuk menghindari kejaran tentara Belanda.

Gua Selarong terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Gua Kakung dan Gua Putri. Kini Gua peninggalan bersejarah itu telah berubah menjadi objek wisata. yang sudah ditata dengan fasilitas memadai. Akses jalan menuju lokasi juga sudah membaik.

Harga tiket masuk yang ditawarkan juga ramah di kantong. Disini kamu tidak bisa melihat bekas tempat persembunyian Pangeran Diponegoro, tapi juga bisa menikmati pemandangan alam yang eksotis nan indah.

4. Gua Jomblang

Gua Jomblang merupakan tempat wisata alam yang menawarkan sensasi berupa menuruni gua secara vertikal hanya dengan menggunakan tali. Nggak perlu takut! Karena pihak pengelola di Gua Jomblang ini dijamin profesional, bahkan semua peralatannya mengacu standar luar negeri (UIAA).

Takut turun sendirian? Tenang, kamu bisa ngajak dua orang sekaligus lho. Oh iya, sistem pengoperasian disini ternyata masih manual. Masyarakat setempat dilibatkan untuk menarik dan mengulur tali yang mengantarkan wisatawan untuk masuk ke dalam gua.

Sesampainya di dalam gua, kamu akan bereksplorasi kembali menyusuri gua horizontal yang nantinya juga akan sampai di gua vertikal lagi, yakni di Gua Grubok. Di tempat itulah kamu bisa menemukan cahaya surga (Ray of light) yang sangat menakjubkan dan instagramable!

5. Gua Cerme

Gua Cerme merupakan tempat wisata alam yang menawarkan kesejukan dengan pemandangan alam yang hijau di sekitarnya. Tak heran jika sebagian wistawawan merasa nyaman saat bersantai di tempat ini.

Di Gua Cerme ini kamu juga bisa menjelajah sembari menerobos air yang tingginya mencapai dada orang dewasa. Kabarnya, gua ini memiliki panjang hingga 1,2 kilometer. Ini tentu saja akan pengalaman yang menyenangkan, ditambah lagi jika kamu menghabiskan waktu menjelajah Gua Cerme bersama kawan terdekat.

Bagi para penggemar dunia fotografi, Gua Cerme bisa jadi salah satu spot keren yang harus kamu kunjungi lho. Asal jangan lupa bawa flash aja ya. Diperlukan stamina ekstra untuk menuju ke kawasan Gua Cerme, karena jarak perjalanannya kurang lebih 8 kilometer atau 2,5 jam dari kota Jogja.

6. Gua Jepang Jogja

Senada dengan namanya, Gua Jepang merupakan salah satu bangunan peninggalan Jepang yang masih tersisa. Tempat bersejarah ini terdiri dari empat gua yang saling terhubung. Masing-masing gua memiliki panjang yang bervariasi, yakni antara belasan hingga puluhan meter.

Gua Jepang dulunya ternyata tidak hanya berfungsi sebagai gudang mesiu, namun juga sekaligus digunakan sebagai pos pengintai, khususnya untuk memantau Bandara Maguwo.

Gua Jepang bisa jadi merupakan tempat wisata pilihan bagi para pesepeda yang hanya sekedar ingin masuk ke dalam lorong gua. Suasana cukup sepi, namun akses jalan ke lokasi masih berupa batu kerikil dan sebagian sudah disemen.

7. Gua Gajah

Gua Gajah merupakan satu dari rangkaian objek wisata di Kabupaten Bantul. Selain akses jalan yang sudah mulus dan pemandangannya yang indah, Gua Gajah juga tersambung dengan Tebing Watu Mabur yang berjarak sekitar setengah kilometer.

Suasananya masih alami. Disini kamu bisa menemukan sebuah gua vertikal yang menjadi pintu keluar gua. Di dalam gua tersebut, terdapat sebuah pohon besar tumbuh nan menjulang tinggi.

Terlepas dari nuansanya yang kental dengan hal-hal mistis, pastikan kamu membawa senter yg terang atau besar. Sebab Gua Gajah ini sangat gelap sekali. Disarankan untuk berkunjung ke tempat ini pada pagi hari, karena masih sepi pengunjung.

8. Gua Rancang Kencono

Gua Rancang Kencono terletak satu kompleks dengan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Kurang lebih membutuhkan waktu 1.5 jam dari pusat Kota Jogja. Kondisi jalan sudah membaik, sehingga bisa diakses oleh bus besar.

Fasilitas kamar mandi telah tersedia. Hanya saja tidak ada area jajanan. Gua Rancang Kencono sebenarnya tidak terlalu besar. Oleh karena itu, untuk masuk ke dalam gua ini dibatasi, hanya maksimal 15 orang. Ditambah lagi kondisinya yang belum ada penerangan sama sekali.

Usut punya usut, Gua Rancang Kencono merupakan bekas peninggalan jaman penjajahan. Jika kamu berkunjung ke tempat ini kamu bisa menemukan, sebuah ruangan tersembunyi bekas persembunyian para pahlawan jaman dulu saat melawan penjajahan.

9. Gua Tubing Kalisuci

Gua Tubing Kalisuci atau Kalisuci Cave Tubing merupakan sebuah tempat yang menyajikan kegiatan susur gua, tubing dan semi rafting.

Pihak pengelola Kalisuci Cave Tubing telah mengutamakan kenyamanan dan keamanan para wisatawan dengan baik. Harga tiket yang ditawarkan sudah termasuk peralatan safety, guide, asuransi dan lain sebagainya. Dijamin, nyalimu benar-benar akan diuji disini!

Oh iya, pemandunya di tempat wisata ini adalah masyarakat sekitar. Sangat profesional,skillful, dan yang tak kalah penting yakni mengedepankan SOP keselamatan pengunjung.

10. Gua Kidang Kencana

Gua Kidang Kencana merupakan tempat wisata alam yang letaknya berada di daerah Kulon Progo. Tempat ini sangat cocok jika kamu ingin berwisata sembari berpetualang menelusuri gua. Panjang lorong Gua Kidang Kencana kurang lebih mencapai 350 meter.

Dari sini, kamu bisa menemukan sungai bawah tanah yang apabila ditelusuri akan tembus hingga ke Gua Kiskendo. Gua Kidang Kencana menawarkan sebuah keindahan fenomena alam berupa dinding-dinding yang sangat eksotis. FYI, gua ini ternyata menjadi satu paket dengan wisata Ayunan Langit.

11. Gua Sriti

Gua Sriti, dinamakan demikian karena banyaknya sarang burung Sriti dalam gua tersebut. Di tempat ini pula terdapat dua ruang khusus yang biasa digunakan untuk semedi. Maka sudah bukan hal aneh lagi jika banyak sekali bekas-bekas pembakaran berupa dupa dan kemenyan.

Berada di lembah pegunungan Anjasmoro, pengunjung yang ingin mencapai Gua Sriti harus berjalan kaki terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit dari lokasi parkir kendaraan. Sembari perjalanan menuju gua, kamu juga bisa menikmati keindahan alam berupa aliran sungai yang jernih dan panorama pegunungan sekitar. Tidak ada pungutan biaya untuk masuk ke Gua Sriti. Cukup dengan membayar ongkos parkir saja.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!