⌂ Home > Blog > Wisata > 5+ Wisata Edukasi Jogja

5+ Wisata Edukasi Jogja

Kota Pelajar adalah simbol yang melekat pada Yogyakarta. Ibarat rumah bagi berbagai satuan pendidikan negeri dan swasta, Daerah Istimewah Yogyakarta menjadi kota tujuan untuk mencari ilmu bagi banyak pelajar dari sabang sampai marauke. Namun tidak hanya itu, Yogyakarta juga menyimpan berbagai wisata edukasi yang semakin memperkaya pengetahuan dan memperluas sudut pandang.

Bagi para wisatawan yang gemar mendatangi berbagai destinasi berbentuk edukasi, kota yogyakarta merupakan pilihan terbaik untuk disambangi. Di bawah ini telah kami rangkum beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jogja.

Sumber uraian : https://www.wisataholik.com/2017/02/kunjungi-wisata-edukasi-dikota-yogyakarta.html

1. Agrowisata Bhumi Merapi

Tidak jauh dari jalan Kaliurang, terdapat sebuah wisata yang menggabungkan konsep alam dengan kebun binatang. Ya, Agrowisata Bhumi Merapi. Disini anak-anak dan orang dewasa bisa melakukan aktivitas outbound.

Tempat relatif bersih. cocok banget buat bawa anak kecil. Belajar sambil bermain, mengenal flora fauna. Usut punya usut, karena jumlah satwa disini sudah lumayan banyak. Berbagai kegiatan fauna bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Mulai dari memberi makan kelinci, memberi susu pada anakan kambing etawa, naik kuda, melihat aneka reptil, melihat kambing marino, ada juga rumah hobbit yang bisa dijadikan spot berfoto.

2. Desa Wisata Tembi

Jangan salah! Meskipun Desa Wisata Tembi terkenal dengan nuansanya yang betul-betul lokal dan back to nature, tapi pihak pengelola telah menyediakan fasilitas modern demi memanjakan para wisatawan. Contohnya adalah fasilitas air panas dan AC juga. Ditambah lagi dengan kualitas kamarnya yang lumayan bersih. Pada bagian interiornya, terdapat beberapa ornamen sebagai pendukung konsep arsitektur berkesan rumah tua.

Ya, Bisa dibilang bahwa Desa Wisata Tembi merupakan sarana destinasi liburan yang recommended untuk keluarga. Karena disini kamu bisa menikmati suasana pedesaan yang amat kental, jauh dari keramaian, benar-benar sejuk dan nyaman. Oh iya, salah satu tempat wisata Jogja ini juga terkenal dengan pelayanannya cukup baik. Para wisatawan yang baru saja tiba akan disediakan secangkir welcome drink yang unik sebagai ucapan selamat datang dari pihak pengelola.

3. Baron Technopark

Merupakan kawasan wisata edukasi yang berada dibawah koordinasi Bidang Layanan Jasa Teknologi pada satuan kerja B2TKE BPPT. Berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Baron Technopark memiliki banyak lokasi pembelajaran energi baru terbarukan. Mulai dari tenaga surya, biomassa, energi laut dan sebagainya

Wajar jika pemerintah DIY dan Gunungkidul memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan pusat penelitian tersebut. Oleh karena itu, disediakan ruang multimedia untuk melakukan pembelajaran atau penelitian bagi para pelajar/wisatawan yang sedang berkunjung.

Spot foto yang ada disini sangat banyak untuk di eksplorasi. Cocok untuk dijadikan tempat untuk jalan jalan.

4. Pabrik Gula Madukismo

Satu-satunya pabrik gula tertua yang masih berproduksi di daerah Jogja. Usut punya usut, Pabrik Gula Madukismo dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Sebagian bangunannya memang masih asli, meskipun sebagiannya lagi telah dibangun kembali oleh pihak terkait akibat dibakar semasa penjajahan Jepang.

Pabrik Gula Madukismo biasanya digunakan untuk kunjungan pariwisata dan kerja praktek bagi para pelajar dari tingkatan universitas maupun smk. Di tempat ini mereka akan belajar bagaimana proses pembuatan gula.

5. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan wisata edukasi anak yang recommended di Jogja. Letaknya berada tepat di belakang Museum Benteng Vredeburg. Jika dari Nol Kilometer, cukup menuju ke arah timur saja.

Selain menjadi sarana edukasi bagi anak-anak, wahana permainan bagi balita pun juga banyak disediakan di luar gedung. Wahana Air Menari merupakan salah satu kesukaan anak – anak. Karena disini mereka bisa bermain air sepuasnya tanpa dipungut sepeserpun biaya.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!