⌂ Home > Blog > Wisata > 5+ Wisata Danau Jogja

5+ Wisata Danau Jogja

Jogja terkenal dan di identik dengan biaya hidup yang murah, tak jarang banyak wisatawan yang datang ke jogja karena biaya yang murah ini. mulai makanan, penginapan dan tiket masuk objek wisatanya pun sangat terjangkau di kalangan backpacker. Tak salah jika banyak yang tertarik berkunjung ke kota kecil dengan penuh wisata ini.

Tak perlu berpanjang lebar, Ternyata jogja punya sebuah danau atau waduk namum masyarakat jogja menyebutnya embung yang berada di ketinggian bukit, ini yang membuat unik dan jarang ada di tempat lain.

Sumber uraian : https://eksotisjogja.com/danau-di-jogja/

1. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan salah satu embung di Gunungkidul yang dibangun diatas puncak pegunungan. Embung ini diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada tahun 2014.

Embung Batara Sriten menawarkan pemandangan yang indah. Terletak pada ketinggian 859 mdpl, Embung Sriten menjadi telaga buatan tertinggi di Gunungkidul. Untuk menuju ke embung ini, diperlukan kondisi kendaraan prima karena tanjakan dan kondisi jalan belum halus.

2. Embung Banjaroya

Embung Banjaroya sejatinya merupakan tempat pemberdayaan pohon durian di daerah Kulon Progo. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah kolam yang diperuntukan untuk menampung air hujan. Sehingga dapat digunakan lagi untuk menyirami pohon durian.

Embung Banjaroya menawarkan pemandangan yang tak kalah bagus dari embung-embung lain di Jogja. Terutama ketika sunrise, karena dari titik ini kamu bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dengan golden sunrise-nya yang khas Suasananya masih sangat alami, cocok buat kamu yang lagi cari udara bersih.

3. Waduk Mini Kleco

Wisata Waduk Mini Kleco berlokasi di Girimulyo, Kulon Progo. Tempat yang juga dikenal dengan Embung Kleco ini luasnya memang tidak sebesar Waduk Sermo. Meski demikian, kamu masih bisa menikmati keindahan Kulon Progo dari ketinggian. Ditambah lagi dengan pemandangan hamparan pohon-pohon dan bukit. Sangat sejuk.

Embung yang berlokasi di perbukitan Menoreh ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset dan sunrise. Bagi mereka yang bergelut di bidang fotografi, pemandangan semacam ini mungkin sangat jarang ditemukan di daerah wisata lain. Embung Kleco biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur atau weekend.

4. Embung Nglanggeran

Sesuai dengan namanya, Embung yang berlokasi di Desa Nglanggeran ini merupakan desa wisata yang dikonsep dan dikelola sangat baik oleh warga setempat. Embung Nglanggeran dibangun dengan tujuan agar kebun buah dan sekitarnya memiliki sarana irigasi.

Sumber airnya berasal dari air hujan serta mata air kecil yang mengalir dari pipa kecil. Ketika musim kemarau tiba, debit air Embung Nglanggeran menjadi berkurang drastis. Bahkan hingga separuh lebih.

Sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat wisata ini pada sore atau hari Selain menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam, kamu juga akan disuguhkan dengan keindahan alam yang eksotis.

Beragam spot foto pun telah tersedia. Tanpa harus bayar lagi. Fasilitas berupa toilet dan parkir sudah menjadi satu paket dengan tiket masuk.

5. Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan sebuah waduk yang berlokasi di daerah Kulonprogo. Tidak jauh dengan wisata Kalibiru. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1994. Kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto dua tahun berikutnya, yakni pada tanggal 20 November 1996.

Tujuan dibangunnya waduk ini tak lain adalah agar suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 Ha dapat tersalurkan dengan baik.

Waduk Sermo juga dikenal dengan udaranya yang sejuk banyak spot foto menarik. Para wisatawan dari berbagai daerah umumnya datang ke tempat ini pada akhir pekan. Harga tiketnya yang ditawarkan cukup ramah di kantong.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!