⌂ Home > Blog > Wisata > 17+ Wisata Bukit Jogja

17+ Wisata Bukit Jogja

Yogyakarta! Kota wisata yang satu ini memang bikin siapa pun pengen balik lagi dan lagi. Bukan cuma di kotanya sebagai warisan budaya dan sejarah saja, tapi wisata alam di Jogja pun nggak kalah keren.

Saat ini pun kamu nggak cuma bisa mengunjungi pantai saja lho ketika wisata ke Jogja. Namun, mulai banyak lagi obyek wisata lain yang dikembangkan. Salah satunya adalah daerah perbukitan di pinggiran Jogja. Kamu tahu bukit bintang? Atau bukit di Mangunan? itu cuma beberapa saja spot yang sudah mulai dikenal.

Sumber uraian : https://www.brilio.net/jalan-jalan/10-bukit-di-jogja-ini-kini-jadi-tempat-piknik-dan-instagramable-banget-160914c.html

1. Bukit Mojo

Bukit Mojo ternyata masih sepi pengunjung, recommended buat kamu yang suka menyepi. Suasananya masih asri dengan hawanya yang sejuk. Fasilitas umum untuk pengunjung di tempat wisata ini cukup lengkap. Mulai dari mushola, toilet dan sebagainya. Usut punya usut, fasilitas-fasilitas tersebut merupakan hasil gotong-royong dari masyarakat setempat.

Tidak begitu susah untuk menuju tempat wisata Bukit Mojo, kamu hanya cukup mengikuti petunjuk jalan saja. Jangan lupa untuk selalu tetap berhati-hati karena jalannya yang berkelok-kelok. Bagi para wisatawan, akses untuk menuju Bukit Mojo ini seolah menjadi tantangan tersendiri.

2. Bukit Bintang

Bukit Bintang merupakan salah satu lokasi nongkrong favorit di Jogja. Terletak di perbatasan Bantul dan Gunungkidul. Pengunjung yang datang ke kawasan ini biasanya sengaja ingin mencari keindahan taburan gemintang di langit malam serta kerlip benderang lampu kota dari ketinggian. Hits dan instagramable!

Puas menikmati sunset, kamu bisa beralih menikmati secangkir teh poci atau kopi guna menghangatkan diri dari hembusan angin yang semakin kencang. Di kawasan Bukit Bintang ini terdapat banyak warung dan kedai kopi sederhana.

Meski rata-rata bangunannya semi permanen, tapi pemandangan yang disajikan sangat juara. Sambil menikmati minuman hangat, pengunjung juga bisa tetap menyaksikan landscape Jogja di malam hari yang mempesona.

3. Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang paling eksotis untuk melihat panorama sunset atau matahari terbenam. Oleh karena, itu, sangat disarankan bagi pengunjung untuk datang kesini pada sore hari. Oh iya, pemandangan sekitar di bawah Bukit Parang Endog juga tak kalah menarik. Mulai dari Pantai Parangtritis hingga Sepanjang Pesisir Pantai Selatan.

Pihak pengelola Bukit Parang Endog telah menyediakan sebuah tempat yang digunakan untuk “kulineran”. Meja dan bangku pun ditata sedemikian rupa agar yang menempati merasa lebih nyaman dan betah. Hanya saja, perjalanan untuk menuju bukit ini lumayan jauh. Dari kota Jogja saja membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan.

4. Bukit Klangon Merapi

Bagi kamu pecinta destinasi ala kekinian, tempat wisata di daerah Sleman, Jogjakarta ini bisa menjadi referensi perjalanan kamu berikutnya. Ya, Gardu Pandang Bukit Klangon Merapi. Spot foto keren berlatar belakang Gunung Merapi dari dekat bisa kamu dapatkan. Bukit Klangon terletak di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kurang lebih jaraknya 30 km dari pusat kota Jogja

Usahakan untuk datang ke Bukit Klangon saat pagi hari. Karena spot foto yang tersedia di Bukit Klangon ini sangat cantik ketika matahari beranjak naik. Suasana pagi yang syahdu dan sejuk terasa kental saat ada di lereng Merapi.

5. Bukit Bego Imogiri

Lokasi Bukit Bego Imogiri dinilai amat strategis, tepat di pinggir jalan. Ada baiknya datang ke tempat ini pada sore hari, karena nanti kamu akan mendapatkan spot foto eksotis berupa sunset.

Kini Bukit Bego Imogiri sudah ditempati oleh jajaran warung makan. Bikin kamu bisa jajan sambil menikmati pemandangan dari ketinggian bukit. Jika malam tiba, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cantik berupa lampu-lampu kota.

6. Bukit Cendana

Bukit Cendana dinilai sebagai tempat wisata recommended untuk melihat keindahan alam sekitar dan sudah dibuatkan spot foto di berbagai sudut.

Disarankan untuk berkunjung di pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari menjelang senja, tentu saja panorama sunrise sunset dari perbukitan menoreh menjadi spot yang paling di tunggu-tunggu untuk mengabadikannya rute Kalibiru Jogja.

Udara di sekitar juga terasa sejuk dan tidak begitu ramai. Hanya saja, sinyal gps terkadang masih suka timbul dan tenggelam. Sehingga tentu akan menyulitkan kamu yang baru pertama kali berkunjung kesini. Ditambah lagi dengan papan petunjuk arahnya yang masih minim.

7. Bukit Pethu

Bukit Pethu terkenal dengan background Waduk Sermo yang airnya berwarna kehijau-hijauan. Tempat wisata ini menyediakan tiga spot foto selfie yang masih baru, diantaranya yaitu spot foto di atas pohon, spot foto jembatan goyang dan spot foto tampir.

Diatas spot foto pohon ini wisatawan bisa berselfie dengan keamanan tali supaya wisatawan bisa berfoto dengan gaya sepuasnya dengan pohon di tengahnya yang sangat besar sehingga kita bisa berteduh dan menikmati sejuknya alam di Kulonprogo ini.

Begitu juga dengan spot jembatan goyang. Selain bisa berfoto, jembatan yang tersusun dari tali dengan kayu juga menantang adrenalin bagi para wisatawan yang takut akan ketinggian.

Kabarnya, Bukit Pethu ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga wajar jika kondisinya masih sepi pengunjung hingga saat ini.

8. Bukit Panguk Kediwung

Bukit yang terletak di Kabupaten Bantul ini bisa memiliki julukan yakni negeri di atas awan. Untuk melihat awan dan sunrise, kamu harus berangkat sekitar jam 4 subuh dari pusat kota Jogja. Dibutuhkan 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi. Meskipun harus naik turun bukit, namun semua itu tidak akan terasa, karena jalannya sudah mulus dan beraspal

Harga tiket masuk Bukit Panguk Kediwung sangat terjangkau. Begitu masuk, kamu akan langsung disuguhkan dengan pesona keindahan gunung dan udara segar di bukit ini. Saking cantiknya, jangan kaget kalau beberapa spot foto disini memaksamu untuk membayar biaya tambahan.

9. Bukit Lintang Sewu

Lokasi Bukit Lintang Sewu berada di kawasan wisata baru, tepatnya di Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Bukit lintang sewu memiliki pemandangan berupa hutan Pinus yang hampir sama dengan objek wisata lainnya.

Disini kamu bisa menemukan taman bunga, taman pohon kayu putih, objek rumah terbalik, jajaran tempat duduk dari pohon Pinus, sapu terbang, mirror paradise serta berbagai makanan yang dijual oleh toko yang ada di area wisata.

Pemandangan utama yang ditawarkan dari tempat wisata ini adalah hamparan tebing hutan. Suasananya benar-benar sangat menyejukkan. Ada baiknya jika datang kesini pagi-pagi sekali, karena nantinya kamu akan disambut dengan kabut dan awan. Tentu saja ini akan menambah eksotisme tersendiri dalam mendapatkan spot foto yang bagus.

10. Bukit Isis Samigaluh

Pemandangan Bukit Isis Samigaluh begitu eksotis. Sesuai dengan namanya yaitu “isis” yang artinya berangin. Tempat tidak hanya menawarkan kesejukan, namun pemandangan yang terindah dari atas bukit, seakan membuat tempat ini sangat disarankan buat kamu yang ingin bercengkrama langsung dengan alam.

11. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon sejatinya sangat cocok untuk menjadi sebuah tempat camping ground bagi para wisatawan. Pemandangan yang disuguhkan begitu indah, karena arahnya yang menghadap ke laut.

Pihak pengelola telah menyediakan warung dan kamar mandi umum bagi para wisatawan. Membawa logistik/makan minuman sendiri juga tidak masalah, asal harus dibawa balik lagi sampahnya supaya kebersihannya terjaga.

Sayangnya jarak menuju Bukit Pengilon ini lumayan jauh. Sehingga wajar jika belum begitu banyak pengunjung yang datang kesini. Meski demikian, bukit ini ternyata dekat dengan Pantai Siung kurang lebih hanya 2 km. Bisa juga ditempuh dengan berjalan kaki dari parkiran Pantai Siung, lalu melewati jalan setapak.

12. Bukit Jangkang

Bukit Jangkang merupakan spot tempat wisata yang masih baru di daerah Waduk Sermo. Pemandangannya eksotis dan sangat untuk dijelajahi. Wajar jika para wisatawan banyak yang suka berfoto-foto di tempat ini.

Akses menuju bukit jangkang juga terbilang mudah, meski perlu sedikit ngos-ngosan untuk naik ke puncaknya. Semua itu tentu saja akan langsung terbayarkan ketika pandanganmu teralihkan dengan indahnya pemandangan serta spot-spot fotogenik yang sudah disediakan pihak pengelola.

13. Bukit Kali Kuning

Bukit Kali Kuning terkenal dengan pemandangannya yang sangat menarik. Mulai dari hutan pinus, rasamala dan puspa. Disini kamu juga bisa melihat secara langsung bunga kantung semar yang sedang mekar, pohon kina, ayam hutan, elang hitam dan elang jawa yang sedang beraktivitas.

Hawanya begitu sejuk dan segar. Suara gemericik air sesekali akan terdengar disini. Sumber dari dari Kali Kuning ini ternyata berasal dari mata air yang bernama Umbul Wadon. Mata air yang merupakan hulu dari aliran air sungai DAS Opak, Das Progo dan Das Oya ini berketinggian sekitar 1.250 mpl.

14. Bukit Karang Gunung Kidul

Bukit Karang Gunung Kidul merupakan sebuah bukit yang letaknya tak jauh dari sisi kiri pantai Indrayanti (Pulang Syawal). Cukup mudah untuk naik ke bukit ini, karena pihak pengelola telah menyediakan akses berupa anak tangga.

Sesampainya di atas Bukit Karang Gunung Kidul, kamu akan melihat pemandangan Pantai Indrayanti yang eksotis. Nampak jelas garis pantainya yang begitu panjang. Di bukit ini pula kamu dapat menjumpai saung-saung yang biasanya digunakan untuk beristirahat. Hanya saja, saung tersebut tidaklah gratis alias dikenakan tarif.

15. Kebun Teh Nglinggo

Keberadaan Kebun Teh Nglinggo memang menjadi sorotan utama pada sebuah desa wisata di lokasi tersebut. Jika ingin ke area kebun teh ini, wisatawan diharuskan untuk berjalan kaki menyusuri petak demi petak perkebunan teh terlebih dahulu.

Lokasinya yang berada di ketinggian 800 mdpl membuat para wisatawan mampu menyaksikan pemandangan bukit batu yang sangat menarik untuk dilihat.

Perkampungan di daerah Magelang dan Purworejo pun juga masih terlihat. Ditambah lagi panorama hutan pinus yang lebat serta hamparan lembah menghijau laksana karpet tebal. Dijamin deh bikin kamu makin betah!

16. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk wisata alam. Cukup menarik, karena di tempat ini kamu dapat menemukan makanan khas kaliurang, yakni jadah tempe.

Parkir kendaraan kawasan Tlogo Putri Kaliurang juga masih luas dan mudah untuk dijangkau. Tak hanya menghadirkan nuansa alami, pihak pengelola juga telah menyediakan beragam taman bermain yang bisa digunakan untuk anak-anak.

Sayangnya, tak sedikit bangunan di Tlogo Putri Kaliurang ini tidak terawat, bahkan rusak. Tetap berhati-hati apabila membawa bawaan makanan, sebab di kawasan ini terdapat banyak sekali monyet yang siap menerjang wisatawan dengan mengambil paksa barang bawaan.

17. Resort Kaliurang

Ingin berbaur dengan nuansa alam? Atau sekedar ingin menikmati pemandangan indahnya saja? Resort Kaliurang jawabannya! Yaps, resort ini memiliki nuansa alam yang sejuk dan juga menenangkan.

Tempat wisata ini menghadirkan sebuah keindahan alam yang masih asri. Lengkap dengan udara di sekitarnya yang masih segar. Panorama pemandangan alam cenderung berwarna kehijauan. Dijamin! Kamu bakalan betah banget kalau berlibur disini. Resort Kaliurang juga menawarkan variasi masakan yang kalah enak dan lezat dengan resort-resort Jogja lainnya

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!