Daftar Tour & Wisata di Semarang, Jawa Tengah


93 Wisata di Semarang, Jawa Tengah

Wisata Wana Wisata Penggaron, Semarang

Wisata Wana Wisata Penggaron, Semarang adalah wisata yang berada sekitar 2 KM dari Kota Ungaran atau sekitar 18 KM dari Kota Semarang, Kawasan Wana Wisata Penggaron secara administratif berada di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Kabupaten semarang. Area ini merupakan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jateng.
   
,

Wisata Kampung Krisan Clapar, Semarang

Wisata Kampung Krisan Clapar, Semarang adalah kampung wisata bunga krisan yang ada di dusun Clapar, Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Wisata bunga krisan Kampung Krisan Clapar ini pertama kali di buka pada bulan Nopember 2016. Kampung ini di lereng Gunung Ungaran dengan pemandangan yang sangat asik sekali. Gunung Telomoyo, Merbabu dan andong terlihat jelas di Kampung Krisan Clapar ini.
   
,

Wisata Goa Kreo, Semarang

Wisata Goa Kreo, Semarang adalah wisata yang berlokasi di Goa Kreo terletak di Dukuh Talun Kacang, Kel. Kandri, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Akses untuk sampai kemari tidak sulit atau jika Anda dari luar Semarang dapat melihat denah/ peta kota Semarang atau ikuti rute jalan berikut ini. Jarak tempuh dari pusat kota Semarang sampai di kelurahan Kandri sekitar 13 kilometer.
   

Wisata Waduk Jatibarang, Semarang

Wisata Waduk Jatibarang, Semarang adalah wisata yang sering dikenal berada di Gunungpati Semarang, Waduk Serbaguna Jatibarang ini sangat ramai dikunjungi warga Kota Semarang dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan. Waduk buatan dengan luas genangan sebesar 189 hektar ini menjadi tempat favorit untuk wisata bersama keluarga, terlebih harga tiket masuk yang terhitung murah sekali, yaitu hanya Rp 2.500,- per orang.
   

Wisata Polder Tawang, Semarang

Wisata Polder Tawang, Semarang adalah wisata yang berupa suatu kolam besar yang luasnya hampir mencapai 1 ha dan tepat berada di depan stasiun kereta Tawang Semarang. Kini tempat ini berfungsi sebagai tempat wisata yang mampu menarik minat warga kota Semarang untuk sekedar bersantai ditepi polder pada sore dan malam hari ataupun menyalurkan hobi memancing bagi mereka yang gemar mancing.
   

Wisata Banjir Kanal Barat, Semarang

Wisata Banjir Kanal Barat, Semarang adalah wisata yang saat ini masih dalam proses kontruksi dan akan terus berlanjut hingga selesai. Walaupun belum 100% rampung, tempat ini sudah menjadi tujuan para masyarakat lokal untuk bersantai, berolahraga dan bermain dengan anak. Selain melakukan aktifitas olahraga, banyak spot foto yang nantinya akan menjadi serbuan para pecinta selfie, apalagi ketika sore hari, pengunjung akan melihat pemandangan sunset nan indah.
   

Wisata Taman Diponegoro, Semarang

Wisata Taman Diponegoro, Semarang adalah taman kota yang berada di Kota Semarang bagian atas, terletak di pertemuan beberapa ruas jalan, yakni Jalan Sultan Agung (d.h. Dr.de Vogel weg), Jalan S. Parman, Jalan Diponegoro, Jalan Kawi, Jalan Argopuro, dan Jalan Telomoyo. Enam ruas jalan tersebut saling berhubungan dan membentuk sabuk lingkar di sekeliling Taman Diponegoro yang memiliki ketinggian kurang lebih 2 meter dari permukaan jalan yang mengitarinya.
   

Wisata Taman Tabanas / Panorama Sea Food & Resto, Semarang

Wisata Taman Tabanas / Panorama Sea Food & Resto, Semarang adalah wisata yang terletak di Jl. Setyabudi Semarang yang berjarak sekitar 8 Km dari Tugu Muda Semarang. Suasana romantis dan akan semakin ramai dikunjungi oleh kaum remaja terlebih pada saat ahir pekan. Diarea wisata Taman Tabanas Semarang juga terdapat Restoran, Hotel dan juga Cafe yang tentunya akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan domestik.
   

Wisata Kebun Bunga Celosia Bandungan, Semarang

Wisata Kebun Bunga Celosia Bandungan, Semarang adalah wisata yang berlokasi di jl. wisata gedong songo km 05. Gak perlu bingung untuk menuju kesana sebab rute ke taman celosia bandungan ini searah dengan rute ke candi gedong songo. Jadi sesampainya di SPBU Gedong Songo, arahkan saja ke candi. Seratus meter kemudian kamu sudah sampai di lokasi taman celosia di kanan jalan. Dari jalan juga sudah terlihat kincir kincir angin.
   
,

Wisata Taman Srigunting, Semarang

Wisata Taman Srigunting, Semarang adalah wisata yang berada di jalan Letjen Suprapto 32 Kawasan Kota Lama, di sisi selatan terdapat Gedung Marba, di barat daya terdapat Gedung Jiwasraya, di sisi barat terdapat Gereja Blendukserta di sisi timur terdapat Gedung Kerta Niaga. Merupakan salah satu landmark di Kawasan Kota Lama Semarang, Taman Srigunting pada masa kolonial belanda berwujud parade plein untuk panggung parade, kini menjadi sebuah ruang terbuka berupa taman yang menjadi salah satu tempat untuk berkumpul atau berkegiatan komunitas.
   

Wisata Taman Lele, Semarang

Wisata Taman Lele, Semarang adalah wisata yang terletak di Semarang ini memiliki luas sekitar 2 hektar, selain kolam ikan ada juga tempat untuk bermain anak – anak. Permainan air maupun darat yang tentu saja disukai oleh para pengunjung. Selain itu, ada juga kebun binatang mini yang bisa dilihat pengunjung saat datang ke sini. Di sekitar Taman Lele juga ada penginapan atau hotel bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan ingin menginap.
   

Wisata Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), Semarang

gedung serta lingkungan untuk mengolah, melestarikan dan mempresentasikan seni budaya, khususnya budaya Jawa Tengah. Fasilitas yang ada di TBRS ini antara lain Gedung pertemuan Raden Saleh dengan kapasitas 1.000 orang, gedung kesenian Ki Narto Sabdo kapasitas 500 orang serta open theater serta joglo yang dapat digunakan untuk aneka keperluan, pertemuan, resepsi, seminar, wisuda, pameran hingga pentas seni.
   

Wisata Mangrove EduPark, Semarang

Mangrove Edupark merupakan sebuah tempat ekowisata mangrove yang sedang hits di Semarang. Tempat ini menjadi menarik lantaran view yang telah ditawarkan dan dihasilkan sangatlah menarik. Bukan hanya itu saja, jika kita berada di tempat ini juga bisa mendapatkan background berlatar belakang pesawat terbang. Bukan hanya pesawat terbang saja, di tempat wisata ini juga telah ada sebuah menara yang memiliki tinggi 10 meter. Menara ini bisa Anda gunakan untuk foto-foto dari atas. Tentu hal ini bisa menghasilkan foto yang bagus pada saat berliburan ke Mangrove Edupark tersebut.
   
,

Wisata Galeri MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), Semarang

Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI (dahulu Museum Rekor Indonesia) adalah sebuah museum yang terletak di Semarang, Indonesia. Museum MURI ada di dua lokasi. Pertama di Jakarta yaitu di Mall of Indonesia LG Floor Kelapa Gading, dan yang kedua ada di Semarang, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan 275 Srondol. Museum yang ada di Semarang menjadi satu dengan kawasan industri Jamu Jago.
   

Wisata Old City 3D Trick Art Museum, Semarang

Wisata Old City 3D Trick Art Museum merupakan objek wisata baru di Semarang yang dihiasi dengan foto atau gambar tiga dimensi (3D) yang disajikan dengan sentuhan seni modern. Pengunjung bebas mengekspresikan diri dengan berfoto di Old City 3D Trick Art Museum dengan latar belakang gambar 3D yang terlihat nyata seperti jembatan, gedung tua, bintang buas, naik kapal , dan lain-lain.
   

Wisata Museum Kereta Api Ambarawa, Semarang

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan museum yang terletak di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Di kawasan ini, kita dapat menemukan banyak koleksi lokomotif uap yang pernah berjaya di zamannya. Dengan banyaknya koleksi lokomotif tua di museum ini, menjadikan tempat wisata Semarang banyak diminati oleh pelajar dan wisatawan umum yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah kereta api uap.
   

Wisata Benteng Pendem Ambarawa, Semarang

Benteng Fort Willem I atau lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa adalah bangunan bersejarah yang berada di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Benteng yang dibangun pada tahun 1834 dan selesai 1845 ini berada dekat dengan Museum Kereta Api Ambarawa sekitar 1,5 km atau 7 menit dengan berkendara. Lokasinya persis di belakang Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Ambarawa, dan berada di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Ambarawa.
,    
,

Wisata Grand Maerakaca / Puri Maerokoco, Semarang

Lokasi Taman Puri Maerokoco masih dalam kawasan tempat wisata PRPP dan letak Taman Mini Jawa tengah ini berada di sebelah barat. Wisata Grand Maerokoco menghadirkan 35 rumah adat atau anjungan dari kabupaten dan kotamadya di Jawa Tengah dan disertai bangunan miniatur wisata di daerah tersebut. Selain itu, terdapat pula miniatur bangunan dan beberapa patung tentang profil sejarah dari setiap daerah.
   

Wisata The Fountain Water Park, Semarang

Berada di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Waterpark & Resto ini berada di kompleks perumahan The Fountains di kawasan Ungaran Barat. Letak tepatnya adalah di Jalan Bima Sakti Raya no 16 A. Karena masih terletak di kawasan lereng Gunung Ungaran, kondisi udara dan suhunya pun sejuk. Kalian bisa sembari menikmati kesejukan daerah lereng pegunungan serta kebersihan udaranya sambil berenang.
   

Wisata Jungle Toon Water Park, Semarang

Wisata Jungle Toon Water Park terletak di Jl. Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Manyaran, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah. Area Wisata Jungle Toon Waterpark ini sangat luas karena juga banyak menyediakan berbagai wahana dan fasilitas yang memadai. Jam operasional Jungle Toon Waterpark Semarang ini juga tergolong lama yakni pada hari senin sampai jumat 07.00 – 18.00.
   

Wisata Pura Agung Giri Natha, Semarang

Wisata Pura Agung Giri Natha, Semarang adalah wisata yang berlokasi di Jalan Gunung Sumbing Nomor 12 Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Keberadaan Pura Agung Giri Natha Semarang ini tidak jauh berbeda aktivitasnya dengan pura-pura di Pulau Dewata, namun ada kelebihan lain di pura yang terletak di atas perbukitan kota tersebut, yakni di areal `Jaba Tengah` (kawasan tengah pura) dijadikan tempat aktivitas untuk proses belajar-mengajar, diskusi, dan kegiatan sosial lainnya.
   

Wisata Klenteng Tay Kak Sie, Semarang

Pada bangunan yang berdiri sejak tahun 1746 ini, tertulis nama Tay Kak Sie tepat di pintu masuknya. Pada pintu masuk tersebut, terdapat penjelasan sejarah penamaan klenteng yang berarti Kuil Kesadaran Agung ini oleh Kaisar Dao Guang (1821-1850) dari Dinasti Qing. Bangunan perahu ini merupakan replika perahu Laksamana Zheng He dan tepat di seberangnya terdapat sederet bangunan tua yang biasa disebut Klenteng Tay Kak Sie.
   

Wisata Kampung Batik, Semarang

Wisata Kampung Batik, Semarang adalah tempat wisata yang terletak di dekat Pasar Johar dan Kota Lama ini dikenal sebagai pusat penjualan batik khas Kota Bandeng. Kampung batik Semarang yang lokasinya tak jauh dari hotel Aston Semarang. Tepatnya di kawasan Bubakan, Semarang. Wisata ini juga menyediakan berbagai aksesoris dengan motif batik seperti gelang, kalung, atau bahkan tas juga tersedia disana.
   
,

Wisata Desa Kalipancur, Semarang

Wisata Desa Kalipancur, Semarang adalah salah satu tempat wisata populer di Semarang, lokasinya berada di daerah Manyaran, tepatnya di Jalan Raya Kalipancur, Manyaran, Semarang. Cukup dekat dari Goa Kreo atau Waduk Jatibarang. Mampirlah sejenak untuk menikmati secuil keindahan dari Semarang di antara puluhan keindahan Semarang. Di sini anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang berada pada jalur satu arah.
   
,

Wisata Desa Kandri, Semarang

Wisata Desa Kandri, Semarang adalah wisata yang terletak di ujung barat kota Semarang. Letaknya yang berada di dataran tinggi, mempunyai hawa yang sejuk karena berada di dekat gunung Ungaran. Jika diakses menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 30-45 menit dari pusat Kota Semarang. Desa Wisata Kandri memiliki obyek wisata yaitu ada Goa Kreo dan juga Waduk Jatibarang. Dari kedua obyek wisata tersebut, Goa Kreo adalah objek wisata yang konon masih berkaitan erat dengan cerita sejarah proses pembangunan Masjid Demak oleh Sunan Kalijaga.
   
,

Wisata Desa Bejalen, Semarang

Wisata Desa Bejalen, Semarang adalah wisata yang biasanya disebut juga dengan Kampung Pelangi karena sebagian tembok rumah di desa ini dicat berwarna-warni. Tembok-tembok rumah warga di Desa Bejalen ini memang sangat menarik untuk diabadikan lantaran dicat beraneka warna serta diberi gambar eye catching. Tidak hanya tembok rumah, polisi tidur dan jembatan pun dicat berwarna-warni.
   
,

Wisata Kota Tua, Semarang

Wisata Kota Tua, Semarang adalah wisata yang menyediakan banyak destinasi menarik yang bisa kamu jumpai di kawasan wisata Kota Lama Semarang. Beberapa ada yang masih mempertahankan bentuk aslinya. Namun ada juga yang sudah mendapat sentuhan modern. Berbagai macam barang antik dijual di sini. Di antaranya ada uang kuno, lukisan, setrika arang, boneka, radio, setrika, televisi, mesin tik, kamera polaroid, sampai motor jadul.
   

Wisata Simpang Lima, Semarang

Jika Anda ingin merasakan suasana santai, sembari menikmati pemandangan, maka Simpang Lima Semarang adalah jawabannya! Di sini pihak pengelola telah menyediakan sejumlah kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk-duduk santai. Adapun para pengunjung lainnya yang menggelar tikar di rumput sembari ngobrol dan menikmati semilir angin. Tentu saja, kegiatan tersebut akan lebih nyaman kamu lakukan di malam hari. Sebab pemandangannya sangat indah. Ditambah dengan hawa yang sejuk.
   

Wisata Alun-alun Lama Ungaran, Semarang

Disebut Alun-alun "lama" karena tempat ini dibangun pertama kali, sebelum adanya Alun-alun Semarang lainnya yang baru. Sama seperti Alun-alun pada umumnya, tempat ini juga menawarkan aneka jajanan ringan, seperti siomay, wedang ronde dan cilok. Adapun warung-warung tenda yang menyediakan beragam varian menu makanan berat dengan harga terjangkau. Alun-alun Semarang ini memang ramai karena letaknya yang strategis, berada di jalan raya kota. Pemandangannya pun juga indah, sehingga cocok bagi kamu yang suka berfoto-foto di halaman terbuka.
   

Wisata Pantai Tirang, Semarang

Pantai Tirang memiliki luas area yang sangat lapang, sekitar 240,70 hektar. Pantai ini terkenal akan keindahannya berupa ombak gulung yang cukup deras. Terlebih jika sore hari, keindahannya bisa kamu rasakan ketika matahari terbenam atau sunset. Ada juga bekas dermaga yang sudah tidak terpakai lagi, namun panoramanya sangat eksotis. Tak heran jika Pantai Tirang ini sangat instagramable jika digunakan sebagai tempat mengabadikan momen.
   

Wisata Pantai Marina, Semarang

Pantai Marina merupakan salah satu pantai Semarang yang masih terjaga kualitas kebersihannya. Sehingga banyak penduduk setempat maupun dari luar kota datang ke tempat ini hanya untuk sekedar menikmati suasana atau menaiki perahu. Biaya naik perahu di Pantai Marina terbilang sangat murah, hanya Rp. 5.000 per orang. Selain itu disediakan pula wahana lain untuk memanjakan pengalaman wisata pengunjung.
   

Wisata Brown Canyon, Semarang

Brown Canyon adalah tempat bekas proyek penggalian C yang telah ada sejak lebih dari 10 tahun. Tempat ini menyajikan keindahan alam yang eksotis. Tak heran jika para wisatawan yang berkunjung kesini sebagian besar adalah fotografer. Terdapat tebing-tebing tinggi pada Brown Canyon yang biasanya digunakan para wisatawan sebagai background foto. Belum diketahui apakah tempat ini bebas biaya untuk dikunjungi.
   

Wisata Lawang Sewu, Semarang

Lokasi bangunan Lawang Sewu sangat strategis di Semarang. Dekat dari Gedung Balaikota serta pusat oleh-oleh khas Semarang. Usut punya usut, nama Lawang Sewu lantaran jumlah pintu dan jendelanya yang mencapai ribuan. Lawang berarti pintu, sementara Sewu adalah seribu. Jika diartikan secara harfiah, maka Lawang Sewu adalah Seribu Pintu. Lawang Sewu terdiri dari tiga lantai, bangunannya membentang ke bagian kanan dan kiri.
   
,

Wisata Tugu Muda, Semarang

Tugu Muda merupakan sebuah monumen ataupun taman kota yang dihiasi dengan air mancur berwarna warni. Sehingga sangat elok sekali jika diamati pada malam hari. Ada juga pohon cemara serta senjata bambu runcing telah diduplikasikan menjadi 5 buah. Usut punya usut, pengadaan replika bambu runcing tersebut memiliki fungsi sebagai gambaran Pertempuran Lima Hari di Semarang yang mayoritas senjatanya adalah ambu runcing.
,    
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!