⌂ Home > Blog > Uncategorized > Tips Penting Membeli Radiator Mobil Aftermarket

Tips Penting Membeli Radiator Mobil Aftermarket

Kondisi lalu lintas dan jalanan di perkotaan yang semakin ramai serta seringkali macet membuat banyak pengguna jalan semakin khawatir. Untuk pengendara mobil, kondisi jalan macet menjadi semakin mengkhawatirkan ketika sistem pendinginan mesin bawaan tidak lagi mampu menahan suhu mesin yang semakin tinggi saat menghadapi jalan macet. Hal ini biasanya dikarenakan saat macet,sistem sirkulasi cairan pendingin mesin tidak memperoleh tambahan hembusan angin saat dalam kondisi macet.

Kebanyakan pabrikan dan jenis mobil terbaru memang sudah melengkapi radiator mobil mereka dengan kipas tambahan untuk membantu mendinginkan ke mesin. Meski begitu, terkadang hal tersebut tidak cukup membantu dan resiko mesin mobil menjadi terlalu panas masih saja bisa terjadi. Apalagi jika sirkulasi air atau radiator coolant mulai terganggu karena korosi pada jalur sistem pendinginan mesin.

Apabila radiator mobil memang sudah terasa kurang maksimal kinerja nya, batal jika sudah mengalami kerusakan, langkah paling mudah tentu adalah memperbaiki nya. Radiator yang rusak tentu tidak dapat menjaga suhu mesin dengan baik. Namun untuk kondisi tertentu, atau jika radiator menggunakan bahan plastik pada bagian water tank, maka mungkin mengganti radiator adalah cara yang baik dan paling bijak untuk dipilih.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Matic

Meski demikian, radiator original atau OEM terkadang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Meski kinerja nya sudah pasti memuaskan, jika memiliki cara hidup tidak berlebih maka tidak ada salahnya untuk membeli produk radiator aftermarket.

Harga radiator mobil aftermarket dijual lebih murah dari yang original atau OEM. Namun demikian, bukan berarti radiator tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Bahkan beberapa produk aftermarket memiliki kualitas TOP dan mampu mendinginkan mesin yang sangat baik.

Produk aftermarket yang umum beredar di Indonesia memiliki label ADR dan koyorad. Keduanya dapat dijadikan produk alternatif saat kerusakan radiator tak lagi terhindari. Koyorad sebagai salah satu produsen radiator aftermarket yang berbasis di Jepang, memiliki pilihan radiator aftermarket berkualitas setara dengan OEM dan mempunyai harga yang terjangkau.

“Untuk masalah kualitas, kami tidak akan main-main. Ini produk dari Jepang yang memiliki standar kualitas tinggi, namun diproduksi di Indonesia sehingga harganya bisa terjangkau.” – Fendy dari PT. Autokooling Jaya Nusantara, distributor resmi radiator Koyorad di Indonesia.

Radiator Koyorad memiliki lebih dari 3500 jenis radiator untuk mobil yang beredar di Indonesia, baik mobil rakitan lokal maupun built up. Jadi, untuk anda yang menggunakan mobil tahun produksi tua seperti Toyota Starlet kotak tahun 1984 sekalipun tersedia radiator aftermarket nya.

Baca juga: Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil dengan Mudah

Harga radiator mobil yang murah bukan berarti Anda dapat memilih secara asal tanpa kriteria. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda tidak salah pilih dan memperoleh radiator dengan kinerja yang memuaskan. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat anda perhatikan misalnya,

  • Kisi Kisi air radiator

Kisi-kisi atau radiator core merupakan bagian tempat radiator coolant atau air radiator mengalir dan kemudian akan di dinginkan oleh hembusan udara yang melewati celah antar kisi kisi tersebut. Maka dari itu, jarak antara kisi-kisi air yang ada harus diperhatikan. Jika jumlah kisi-kisinya sedikit dan jaraknya terlalu renggang, ada baiknya untuk tidak memilih radiator tersebut. Cobalah untuk memilih radiator yang memiliki cukup banyak kisi kisi dengan jarak antara kisi-kisi yang cukup rapat dan rata.

  • Water tank radiator

Saat memilih radiator mobil maka pastikan water tank radiator tersebut menggunakan material yang baik serta konstruksi yang kokoh. Material yang baik serta konstruksi yang kokoh akan membuat water tank menjadi lebih kuat saat menerima air atau coolant dalam kondisi panas serta tekanan yang tinggi. Jika konstruksinya buruk, atau materialnya kurang bagus bagian water tank ini dapat saja bocor atau bahkan pecah kapanpun.

  • Jalur oil cooler matic

Dalam konstruksi radiator, bagian ini memang terdapat pada bagian dalam sehingga agak sulit untuk dilihat secara langsung. Namun anda dapat memperkirakan kualitas jalur oil cooler yang dimiliki radiator. Jika konstruksinya kurang kokoh atau kurang baik, lebih baik hindari saja. Jika jalur oil cooler matic ini bocor, air radiator bisa saja masuk ke jalur oli matic sehingga transmisi otomatis mobil anda akan mengalami kerusakan yang cukup fatal.

Demikian artikel tentang membeli radiator aftermarket yang akan membantu anda agar tidak salah dan asal membeli radiator khususnya radiator aftermarket.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!