⌂ Home > Blog > Uncategorized > Tips Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan Pemula

Tips Membeli Mobil Bekas yang Perlu Diperhatikan Pemula

Membeli mobil bekas menjadi opsi terbaik bagi para pecinta otomotif Indonesia. Bagaimana tidak? Kebanyakan mobil bekas dijual dengan harga miring dan murah dibanding membeli mobil baru yang tampilan maupun kondisi mesinnya masih sama-sama bagus. Harga mobil baru yang ada pada dealer bisa anda buat beli mobil bekas dengan type mobil yang lebih tinggi. Yang terpenting dalam membeli mobil bekas adalah anda tahu apa bagaimana kondisi kendaraan tersebut dan riwatnya selama pemakaian. Tidak akan sulit dalam mengetahui hal ini bila anda sudah lama menggeluti hobi jual beli mobil bekas.

Banyaknya minat pembeli mobil bekas ini, menjadikan banyak pedagang mobil-mobil bekas nakal yang ingin mencari keuntungan. Mereka umumnya memanipulasi kondisi mobil pada tampilannya saja yang kinclong dan terawat. Anda harus mengetahui bagaimana kondisi mesin yang sebenarnya, jangan tertipu dengan kondisi luarnya saja. Apalagi bagi anda yang hanya memiliki budget terbatas dalam membeli mobil bekas, salah memilih kendaraan justru akan menguras budget anda lebih dalam lagi karena kondisi mesinnya yang tidak baik.

Baca Juga: Cara Mengemudi Melewati Jalan Berlubang

Jika anda hendak membeli mobil bekas, ada baiknya anda mengetahui tips membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan dibawah ini. Anda harus mempelajari dahulu bagaimana memilih mobil yang bagus baik dari tampilan maupun kondisi mesinnya.

Memilih Mobil Bekas untuk Pemul

  1. Menentukan Batas Budget Harga Mobil dan Jenisnya

Anda harus mengetahui seberapa besar budget yang anda miliki sebelum memutuskan untuk memilih kendaraan. Ketahui dahulu seperti apa jenis mobil yang cocok sesuai budget yang dimiliki. Apakah budget tersebut sudah termasuk biaya perawatan atau hanya membeli mobil saja? Karena dalam membeli mobil baru anda tidak langsung dapat memakainya, perlu perawatan dan servisi-servis untuk memperbaiki kondisi sparepartnya. Maka dari itu cek dahulu bagaimana kondisi mesin dan sparepart nya agar tidak menghabiskan budget besar.

Sekarang ini sudah banyak jenis mobil yang disediakan pasaran. Anda bisa sesuaikan budget yang dimiliki sesuai dengan jenis mobil yang diinginkan, tahun keluaran, sampai model yang anda inginkan. Contohnya saja jika anda ingin membeli mobil lama, mobil MPV, mobil keluarga, atau mobil sedan. Bahkan transmisi mesin mobil pun dapat anda pilih dahulu sebelum membelinya. Yang pasti anda harus tahu berapa harga pasaran untuk jenis mobil yang anda inginkan.Periksa Kondisi Mobil Secara Langsung dan dengan Seksama

  1. Mengetahui Spesifikasi Mobil yang Anda Inginkan

Sebelum membeli mobil impian Anda, sebaiknya search dulu pada Google bagaimana spesifikasi mobil impian anda tersebut. Bagaimana kecepatannya, transmisi, penggunaan BBM, dan jenis mobilnya. Akan lebih baik bila anda menyediakan 3 opsi pilihan jika mobil impian pertama Anda tidak ada. Dengan begitu anda tidak akan bingung bila mengunjungi pasar mobil bekas.

  1. Periksa Kondisi Mobil Secara Langsung dan dengan Seksama

Tips ke 3 ini sangat perlu anda perhatikan karena anda harus mempelajari bagaimana cara cek mesin dan lainnya. Anda harus melihat kondisi mobil secara langsung sebelum memutuskan untuk membelinya. Jangan lupa perhatikan detil-detil kondisi mobil pada bagian luar, apakah ada perbedaan cat pada mobil, goresan, atau chasis yang tidak lurus bila mobil ini pernah tergulung. Dibanding memperbaiki mesin, ternyata memperbaiki body mobil budget yang diperlukan jauh lebih banyak. Jadi usahakan untuk anda memilih mobil dimana body nya masih bagus dan tidak membutuhkan perbaikan awal yang banyak.

Jika sudah mengetahui bagaimana kondisi body nya, langkah selanjutnya adalah memeriksa bagaimana kondisi mesin dan kelistrikan mobil tersebut. Anda bisa memeriksanya dengan menghidupkan mobil dan diamkan selama beberapa menit untuk melihat bagaimana kondisi mesin saat dinyalakan. Lihat apakah knalpot mengeluarkan asap ketika mesin dinyalakan, apakah ada bunyi-bunyi mencurigakan pada kendaraan, dan lain sebagainya. Anda bahkan bisa menekan gas mobil jika memang dibutuhkan untuk mengetahui kondisi deru dari mobil.

  1. Melakukan Test Drive Pada Mobil

Sebaiknya anda juga ikut merasakan bagaimana kondisi mobil saat dikendarai, jangan hanya melewati jalanan mulus, ada baiknya untuk melalui jalanan yang beragam, bisa tanjakan atau jalan tidak rata dan lain sebagainya. Cara ini sangat ampuh untuk mengetahui kondisi mobil secara langsung jika dikendarai dan apakah ada kesalahan pada mesinnya atau tidak. Mula-mula anda dapat merasakan dari 0 – 50 km/jam, perhatikan apakah ada suara yang tidak normal, kemudian ditambah lagi kecepatan 50 – 120 km/jam jika kondisinya tidak bagus maka akan timbu suara, dan saat berkecepatan 120 km/jam pada jalan tol rasakan apakah kondisi mobil limbung atau mengayun dengan keras. Bisa jadi kaki-kaki akan berdecit saat melalui speed bumper atau polisi tidur, setir mobil yang tidak stabil atau justru seperti berlari saat berjalan dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengurangi Kebisingan Kabin Mobil

  1. Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Jangan lupa cek kelengkapa surat kendaraan sebelum membelinya, kelengkap surat kendaraan ini yaitu: STNK, BPKB, Faktur Pembelian, dan dokumen-dokumen lain seperti rincian servis kendaraan yang dapat membantu anda dalam melakukan perawatan mobil dikemudian harinya. Anda pun harus mengetahui apakah surat-surat ini asli atau justru palsu. Pastikan surat BPKB dan STNK sesuai dengan nomer mesin dan chasisnya. Cek juga nomor rangkanya bagaimana, nomor mesin, dan nomor polisi kemudian datangi samsat untuk memeriksanya pada pihak kepolisian. Beberapa daerah kini telah memudahkan dimudahkan dalam melakukan pengecekan tersebut pada website.

  1. Pertimbangkan Dahulu dan Berkonsultasi dengan Orang Terdekat

Meskipun semua cara diatas telah anda lakukan, jangan terburu-buru untuk membeli mobil tersebut. Pikirkan dahulu secara matang dan apa saja resiko yang mungkin terjadi jika anda membeli mobil itu. Ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan orang-orang terdekat, terutama mereka yang memiliki mobil dan mengetahui dunia otomotif. Jika anda takut mobil itu diambil orang, anda bisa memberikan DP terlebih dahulu sebagai jaminan. Jangan terburu-buru dan pikirkan secara matang.

  1. Bawa Teman yang Mengetahui Sparepart Mobil

Jika anda masih ragu mengenai mobil yang hendak dibeli, bawa juga teman anda yang mengetahui dunia seputar otomotif untuk mengecek. Jika tidak ada teman yang tahu anda bisa menyewa jasa mekanik mobil terdekat agar anda tidak sampai dibohongi oleh penjual. Mekanik mobil bisa anda berikan upah untuk melakukan pekerjaan ini. Lebih baik membayar mekanik mobil daripada menyesal pada nantinya.

Nah, sekian informasi yang dapat kami paparkan terkait cara membeli mobil bekas dan hal apa saja yang perlu perhatikan. Semoga bermanfaat..

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!