⌂ Home > Blog > Uncategorized > Tips Cara Pemasangan Segitiga Pengaman Mobil & Ukuran Standarnya

Tips Cara Pemasangan Segitiga Pengaman Mobil & Ukuran Standarnya

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa mempersiapkan kendaraan mobil dengan kondisi mesin terawat sudah menjadi jaminan bahwa tidak akan terjadi apa-apa saat berkendara nanti. Tapi kenyataan yang sering dihadapi adalah kita sering mengalami kendala yang tidak terduga pada kendaraan, entah tiba-tiba kebocoran oli, ban bocor, atau lainnya. Jika anda mengalami situasi seperti ini memasang segitiga pengaman menjadi langkah awal yang sangat bijak untuk memberikan tanda bahwa kondisi kendaraan anda darurat.

Perlu anda ketahui, segitiga pengaman disini digunakan sebagai tanda untuk mengamankan kendaraan yang mengalami kecelakaan atau sinyal untuk memberitahukan bahwa terjadi keadaan darurat. Bentuk dari segitiga pengaman yaitu berbentuk segitiga dimana setiap sisinya berwarna merah. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia untuk memasang segitiga pengaman setiap kali terjadi keadaan darurat, sayangnya banyak masyarakat yang kurang memahami kewajiban ini.

Menurut aturan yang telah diberikan pemerintah, jika mobil sedang dalam keadaan darurat pada jalan tapi tidak memasang segitiga pengaman maka dapat dikenakan sanksi denda sebesar 500 ribu atau pidana yang dapat dikurung selama waktu 2 bulan.

Peraturan yang di buat pemerintah ini tidak hanya menguntungkan satu belah pihak saja, tentu jika anda mentaatinya manfaat dapat anda rasakan sendiri. Segitiga pengaman dapat menjaga mobil anda yang sedang mogok dari tabrakan / goresan kendaraan lain, mobil lebih aman, dan anda petugas tol bisa membantu anda dalam memperbaiki mobil pada saat itu juga.

Baca juga: Penanganan yang Tepat untuk Kerusakan Jok Mobil

Segitiga pengaman dapat anda temukan dengan mudah di bengkel-bengkel dengan harga jual yang murah, hanya 20 – 50 ribuan saja tergantung kualitas dan ukuran dari segitiga ini. Ukuran standar yang biasa di gunakan pada segitiga pengaman adalah 30 cm sampai 40 cm, tentu ukuran ini dapat berbeda tergantung bengkel, dan akan semakin bagus jika ukuran yang anda gunakan lebih besar.

Segitiga pengaman yang mempunyai kualitas bagus dapat merefleksikan sinar dari kendaraan, bahkan ada segitiga pengaman yang sudah dilengkapi dengan LED yang dapat menyala pada malam hari tanpa bantuan penyinaran.

Memilih Segitiga Pengaman Sesuai Standar & Berkualitas

  1. Ukuran segitiga pengaman besar sehingga dapat dilihat dari jarak jauh
  2. Warna segitiga yang bagus dan tidak terlalu kontras
  3. Dapat merefleksikan cahaya dengan baik atau dapat memantulkan cahaya
  4. Terbuat dari bahan besi / plastik yang kokoh jadi dapat berdiri tegak dengan baik
  5. Segitiga pengaman yang dilengkapi LED

Baca juga: 3 Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Aturan Cara Pemasangan Segitiga Pengaman

Dalam pemasangannya sendiri, segitiga pengaman memiliki beberapa aturan yang sebenarnya harus anda pahami. Berikut adalah aturan cara pemasangan segitiga pengaman:

  1. Letak segitiga pengaman min 3 meter dari mobil mogok atau mobil yang sedang dalam perbaikan
  2. Jarak segitiga pengaman bisa 10 meter, 20 meter, sampai 100 meter tergantung kondisi jalanan
  3. Jika mobil mogok pada area jalan yang lurus dan banyak kendaraan berlalu lalang dengan kecepatan tinggi, sebaiknya segitiga pengaman dipasang pada jarak min 20 meter – 30 meter
  4. Jika jalanan berliku Anda dapat memasang segitiga pengaman dengan jarak maksimum 100 m dan minimal 40 meter atau 50 meter
  5. Pemasangan segitiga pengaman sebaiknya diletakkan pada area depan dan belakang mobil
  6. Pemasangan segitiga pengaman harus dipastikan bahwa reflektor atau pemantau cahayanya dapat bekerja dengan baik, terutama jika kondisi darurat terjadi pada malam hari
  7. Letakkan segitiga pengaman pada area aspal, jangan terlalu tepi agar dapat dilihat oleh kendaraan lain
  8. Ketika melakukan perbaikan mobil, spek nyalakan lampu hazard atau tanda darurat disambung juga masang segitiga pengaman

Nah sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai cara pemasangan segitiga pengaman pada kendaraan. Saya harap artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi keadaan darurat yang sering dialami di area jalan.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!