⌂ Home > Blog > Uncategorized > Standart Keamanan Isofix

Standart Keamanan Isofix

Isofix merupakan sebuah standar keselamatan untuk anak berupa sebuah kursi yang dirancang khusus memiliki sabuk pengaman yang sesuai dengan tubuh anak kecil. Isofix sendiri sebenarnya tidak hanya pada produk kursi akan tetapi juga lebih pada sebuah standart atau sistem keselamatan yang mana merupakan kependekan dari “International Standard Organizations Fix” (standar keselamatan internasional).

Isofix merupakan sebuah standar keselamatan yang dimulai dari tahun 90-an akhir dimana terjadi kebingungan tentang bagaimana agar mobil dapat juga menjamin keselamatan pada anak-anak. Maka dari itu akhirnya di Eropa di Buatlah sistem keselamatan tersebut.

Sistem keselamatan ini memiliki prinsip yaitu:

  • Membuat atau menciptakan tempat duduk yang sudah disesuaikan untuk kontur anak-anak
  • Menciptakan tempat duduk yang dapat menjaga agar anak tidak lepas dari kursi meskipun keadaan mobil sedang bergoyang-goyang salah satunya dengan dibuatnya saya pada pinggir kursi isofix. Memperbaiki sabuk pengamanan untuk anak dengan memiliki desain yang cukup menarik dan dapat menjaga tubuh anak tetap dalam isofix meskipun ada benturan.

Hal ini Tentunya cukup berbeda dengan fungsi dari sabuk pengaman biasa yang notabene tidak pas dengan ukuran tubuh anak kecil dan apabila terjadi benturan maka anak bisa terpental ke depan jika satu pengalaman tak sesuai dengan ukuran pemakainya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Paint Protection Terbaik di Indonesia

Pengertian Child Seat

Child seat merupakan sebuah kursi khusus yang didesain sedemikian rupa sesuai ukuran anak-anak fasilitas sabuk pengaman yang juga disesuaikan dengan ukuran anak-anak. Kursi ini juga dapat dikaitkan pada kaitan isofix yang ada pada kursi mobil yang memiliki sistem isofix. Namun tidak semua kursi mobil dapat dikaitkan dengan kursi anak ini.

Child seat memiliki banyak varian, dan cara mengatasinya berbeda-beda sesuai dengan besarnya. Sebelum anda akan membeli. Pastikan dahulu bawa mobil anda tersedia kaitan child seat (sistem isofix). Jika mobil anda tidak memiliki maka anda bisa bertanya langsung pada penjual apakah child seat dapat langsung dikaitkan pada sabuk pengaman, karena ada beberapa jugachild seat yang bisa langsung dikaitkan dengan sabuk pengaman mobil meskipun untuk segi keselamatan tidak sebagus dengan kaitan isofix yang ada pada mobil.

Anda dapat membeli child seat yang sesuai dengan ukuran tubuh anak anda dan biasanya child seat yang digunakan untuk anak usia dibawah 1 tahun sampai 9 tahun. Child seat juga memiliki konstruksi yang berbeda-beda itu sebelum membeli Anda harus memastikan konstruksinya sesuai dengan mobil anda atau tidak. Anda juga perlu untuk mempelajari bagaimana cara mengaitkan dan menguncinya pada buku panduan agar anda dapat mengaplikasikannya dengan baik dan benar sehingga aman digunakan.

Cara Memilih Child Seat

Berikut ini merupakan cara mudah untuk memilih child seat yang sesuai dengan mobil Anda dan juga sesuai dengan ukuran anak-anak. Jika kita melihat bahwa untuk mobil jenis baru seperti Avanza, Mobilio Ertiga, H-RV semuanya dilengkapi isofix dan ini bisa dimanfaatkan.

Anda hanya cukup bilang kepada sang penjual untuk memberikan Child seat dengan tipe mobil yang sesuai dengan anda miliki maka sang penjual akan memberikan yang juga sesuai dengan mobil anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!