⌂ Home > Blog > Uncategorized > Perlukah Mobil Dipanaskan Setiap Hari?

Perlukah Mobil Dipanaskan Setiap Hari?

Di musim hujan seperti pada bulan November dan Desember memang banyak sekali kendala yang akan membuat performa mobil terkadang menjadi tidak optimal. Lebih buruk lagi, di negara-negara yang memiliki 4 iklim, performa mobil masyarakatnya justru malah bisa lebih turun lagi karena keberadaan salju dan suhu dingin. Dua faktor tersebut sangat mempengaruhi keberadaan dan kesehatan dari mobil, terutama saat mobil sudah cukup lama tak dinyalakan ataupun diam dalam kondisi dingin.

Jawabannya iya dan tidak. Iya jika mobil otolovers adalah mobil konvensional dengan sistem pembakaran karburator, dan tidak jika mobil otolovers adalah mobil modern yang sudah memakai injeksi. Karburator memang dalam proses pemanasannya masih butuh waktu dan momen supaya oli bisa naik dan melumasi. Sementara di sisi lain sistem injeksi sudah mendukung supaya mesin bisa cepat panas tanpa harus melakukan pemanasan yang berlebih.

Baca juga 12 Cara Merawat Mobil Matic Sendiri Agar Awet Mudah Dilakukan

Jika tidak ingin bepergian ke tempat yang tidak jauh, biasanya orang akan lebih memilih naik motor dibanding mobil. Maka dari itu tidak jarang mobil akan di diamkan saja sampai benar-benar dipakai untuk kebutuhan jarak tempuh yang jauh atau memuat banyak orang. Nah, hal ini tentu menyebabkan mobil jadi sering menganggur di garasi rumah. Lalu muncul pertanyaan yang sering membuat kita agak susah menjawabnya, yaitu perlukah memanaskan mobil setiap hari jika mobil jarang dipakai atau diam saja di dalam garasi selama berminggu-minggu?

Baca juga Kopling Mobil Otomatis & Manual Serta Fungsinya

Alasan selanjutnya mengapa perlu memanaskan mobil setiap hari adalah bertujuan untuk menjaga kondisi oli jadi lebih baik serta juga kondisi aki mobil. Apa hubungannya aki dan mesin mobil? Aki akan mengalirkan aliran listrik jika mesin mobil menyala sehingga hal ini juga jadi salah satu faktor mengapa pentingnya memanaskan mesin mobil setiap hari. Waktu memanaskan mobil jika mobil didiamkan dalam berminggu-minggu harus cukup lama. Jika sudah memasuki waktu berbulan-bulan, maka tidak hanya memanaskan mobil saja yang harus anda lakukan, tapi juga harus membawanya jalan sejauh 500 meter untuk membuat semua elemen mobil bisa bergerak dan menghindari karat pada mesin dan juga ban mobil.

Baca juga Power Steering & Cara Perawatannya

Mobil Baru Juga Apakah Perlu Dipanaskan?

Jika anda baru saja membeli mobil baru, memanaskan mesin juga cukup perlu. Namun durasi waktunya tidak sepanjang mobil biasa yang diam setelah beberapa lama. Dengan teknologi sekarang, apakah perlu mobil baru memanaskannya dengan menginjak-injak pedal gas? Tidak perlu karena menurut beberapa peneliti, mobil sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi idle up yang akan membuat mesin mobil berputar dengan sendirinya hingga mencapai suhu tertentu. Jika anda tetap memanaskan mobil dengan menginjak-injak gas pada mobil baru, maka hal itu sama saja akan membuang-buang bensin karena hal tersebut tidak relevan lagi untuk dilakukan dengan teknologi masa kini.

Berikut adalah artikel tentang mobil yang perlu dipanaskan, semoga dari artikel ini bisa membantu anda dalam memanaskan mobil atau tidak dan dari artikel ini semoga membuat menambah wawasan anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!