⌂ Home > Blog > Uncategorized > 14 Perawatan Mobil Bekas Paling Tepat Untuk Mobil

14 Perawatan Mobil Bekas Paling Tepat Untuk Mobil

Perawatan mobil bekas tidak bisa disamakan dengan perawatan mobil baru. Mobil bekas cenderung membutuhkan perhatian yang lebih dan khusus supaya performanya tetap berjalan dengan sangat baik, dan yang paling penting adalah proses mengatasinya yang tepat dan tidak hanya mengatasinya dengan sembarangan atau asal – asalan. Biasakan untuk disiplin saat proses perawatan mobil bekas, jika anda tidak disiplin dan mobil bekas anda terjadi masalah, banyak orang yang akan merasakan dan mengeluh karena banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Baca juga artikel lain dari kami perawatan interior mobil yang menjadikan mobil bersih dan nyaman untuk berkendara.

 Cara Merawat Mobil Bekas yang Baik dan Benar

Mobil bekas tidak selalu punya kualitas buruk. Buktinya banyak sekali mobil bekas dengan kualitas baik yang di jual dengan harga relative terjangkau, dan anda tidak harus minder karena mempunyai mobil bekas, kenapa? Karena mobil bekas juga punya performa yang tidak kalah prima dengan mobil baru jika perawatannya benar dan sesuai. Untuk menjaga mobil bekas supaya aman dan nyaman saat di gunakan, anda harus telaten dan hati – hati dalam melakukan perawatan, dengan cara yang baik dan benar tentunya. 

Baca juga artikel lain dari kami penanganan yang tepat untuk kerusakan jok mobil

Lalu bagaimana cara merawat mobil bekas dengan baik dan benar? Beberapa tips di bawah ini akan memberikan anda jawabannya. Berikut dapat anda simak beberapa tipsnya:

  1. Periksa komponen secara berkala. Perhatikan kondisi kaki- kaki mobil seperti ban, rem, siil, dan sok/por. Pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi yang prima. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan, ada baiknya anda memeriksanya secara berkala.
  2. Rutin mengganti oli. Seperti komponen mobil pada umumnya, oli juga punya tanggal kadaluarsa alias masa pakai . Rutinlah untuk mengganti oli pada mobil bekas anda. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga bertugas mengurangi gesekan internal di dalam mesin. Oli yang sudah habis masa pakainya akan berkurang, sehingga memicu gesekan yang membuat komponen mesin tertentu cepat rusak. Oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan.
  3. Periksa radiator. Cara merawat mobil bekas yang baik dan benar juga sangat di tentukan dari perawatan komponen yang satu ini yaitu radiator. Bagian mobil yang satu ini berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin, dalam pemakaian dengan jangka waktu tertentu, air radiator perlu diganti. Untuk mengantisipasi kerusakan secara tiba – tiba, ada baiknya jika anda memeriksa radiator ini. Apabila terjadi kebocoran, segera ganti radiator dengan radiator yang baru. Usahakan mobil bekas kesayangan anda tidak mengalami kehabisan bahan bakar, karena kekosongan pada tangki mobil berpotensi menimbulkan karat yang dapat mengakibatkan tangki menjadi bocor.
  4. Mengganti timing belt. Timing belt adalah sabuk yang fungsinya untuk meneruskan putaran pada roda gigi yang terhubung dengan bagian internal mesin. Umumnya usia timing belt ini di tentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km. Untuk perawatannya, anda bisa melakukan tune up sesekali atau per dua bulan sekali. Hal ini dilakukan dengan memastikan busi, filter, bahan bakar, dan oli mesin yang bekerja dengan baik.
  5. Rawat cat mobil dengan baik. Salah satu tips jitu untuk menjaga performa mobil bekas anda supaya tetap good looking untuk dipandang ialah dengan merawat cat mobilnya. Hindari parkir di bawah sinar matahari secara langsung, hal ini karena sinar matahari yang akan membuat warna cat mobil anda tampak kusam. Bagi anda yang gemar memakai sarung penutup pada mobil, usahakan untuk tidak memakai mobil saat kondisinya masih basah, karena air yang yang menempel pada mobil dan di biarkan tertutup akan menyebabkan jamur berkembang biak dan membuat warna cat pada mobil memudar. Penggunaan kain yang halus untuk mengelap permukaanya sehabis dicuci juga akan mencegah timbulnya goresan pada cat mobil.
  6. Lakukan service berkala. Layaknya mobil baru, mobil bekas pun wajib untuk di service secara berkala, service berfungsi untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh dan mengetahui sejak dini jika terjadi masalah atau kerusakan sehingga bisa segera di tangani dengan baik. Untuk waktu yang tepat melakukan service biasanya sudah di tentukan oleh bengkel langganan anda, setiap jarak tempuh tertentu. Jangan sampai anda mengabaikan poin yang satu ini jika anda tidak ingin mobil anda rusak parah dan perlu perbaikan berat dengan biaya mahal.
  7. Bersihkan interior dan eksterior. Perawatan interior mobil dan perawatan eksterior mobil sangat di perlukan untuk menjaga kondisi tetap aman  dan bersih, selain  itu juga mempengaruhi performa dari mobil itu sendiri, debu yang di biarkan saja secara terus menerus akan berubah warna mobil dan bisa juga beresiko munculnya karat. Sebelum dan sesudah mobil di gunakan anda bisa melakukan proses pembersihan, apalagi digunakan saat musim hujan dengan jalanan yang tergenang, supaya tidak cepat keropos atau berkarat anda harus langsung mencucinya.
  8. Lakukan pemanasan mesin setiap hari. Perawatan mobil bekas selanjutnya adalah dengan melakukan pemanasan mesin secara rutin, pemanasan mesin perlu dilakukan guna menjaga kondisi mesin tetap baik. Tanpa adanya pemanasan dalam jangka waktu yang lama, maka mobil anda akan sulit di stater. Hal tersebut bisa memicu kerusakan pada mesin mobil anda.  Anda harus melakukan pemanasan mobil bekas setiap pagi meskipun anda tidak berpergian kemana – mana, minimal 10 menit hingga 15 menit dalam sehari sudah cukup. Paling penting bisa bekerja secara rutin dan tidak ada jeda waktu terlalu lama.
  9. Lakukan pengecekan pada bagian aki. Pengecekan aki juga sangat di perlukan untuk mengetahui kondisi air akinya kering atau tidak, jika sudah mulai kering segeralah isi ulang air aki tersebut agar bisa kembali berfungsi dengan baik. Hal seperti ini biasanya menyebabkan aki sering tekor.
  10. Lakukan pengecekan ban secara rutin. Isi angin pada ban yang tidak sempurna menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat anda sedang mengemudi, terlalu banyak angin menyebabkan ban menjadi keras dan saat berinteraksi dengan jalan berbatu akan mudah terpental. Sedangkan terlalu sedikit anginnya menyebabkan velg cepat rusak.
  11. Lakukan pembersihan secara rutin pada bagian filter karburasi. Anda jangan anggap remeh pada bagian yang satu ini. Jika kondisinya kotor karena jarang di bersihkan. Akan menimbulkan masalah saat anda akan menghidupkan mobil. Tidak sedikit di temukan kasus bagian filter kaburasi dalam keadaan kotor pada pada mobil – mobil bekas yang di jual bebas di pasaran.
  12. Perhatian bagian wiper. Wiper merupakan salah satu bagian yang satu ini, jika kondisinya kotor karena jarang di bersihkan kaca mobil bagian depan secara otomatis. Anda wajib memperhatikan bagian karet yang ada pada wiper, jangan sampai pada saat anda membutuhkan di musim hujan, malah wiper tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Dampaknya anda bisa berada dalam bahaya karena jarak pandang mata terbatas dengan adanya air hujan tersebut.
  13. Perhatikan kondisi cat mobil anda. Meskipun mobil bekas, menjaga kondisi cat supaya tetap baik dan enak di lihat itu wajib dilakukan. Jika anda merawatnya dengan benar maka orang tidak akan mengira kalau mobil yang anda beli adalah mobil bekas. Karena kebanyakan orang yang dilihat dan di nilai ialah dari luarnya dulu. Kesan pertama inilah yang wajib anda perhatikan.
  14. Hindari mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di jalan berlubang. Menghantam lubang dengan dengan kecepatan tinggi akan memperpendek umur suspensi, bahkan bisa seketika merusak ball joint dan tie rod. Ban pun akan cepat gundul atau tipis.

Baca juga artikel lain dari kami merawat mesin mobil sendiri dengan mudah.

Kesimpulan yang kami dapat dalam artikel ini mengenai perawatan mobil bekas di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik. Kami harap dengan artikel ini bisa membantu anda memudahkan dalam mempelajari dan memahami lebih dalam lagi dan bisa menambah wawasan anda. Sehingga nantinya mungkin bisa di jadikan sebagai bahan referensi yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari – hari dan menambah wawasan bagi anda.  

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!