⌂ Home > Blog > Uncategorized > Museum Batik & Limun Oriental Pekalongan

Museum Batik & Limun Oriental Pekalongan

Musum batik merupakan museum yang menyajikan beberapa batik nasional yang ada di Indonesia. Museum ini memiliki koleksi batik yang sangat banyak sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk mendatanginya. Sedangkan limun oriental merupakan minuman jaman dulu yang masih ada di Pekalongan. Minuman ini merupakan minuman yang bersoda.

Museum Batik

Sehabis anda bermain ke Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan dan belajar membatik di Kabupaten Batang, jangan lupa untuk mampir ke kota Pekalongan. Karena di Pekalongan terdapat tempat tempat menarik dan bagus. Salah satu tempat menarik tersebut yaitu Museum Batik Pekalongan.

Tempat pertama yang bisa anda kunjungi di pagi hari yaitu Museum Batik Pekalongan. Arsitektur yang ada di gedung museum ini kelihatan seperti peninggalan kolonial. Tempat ini dulunya merupakan kantor keuangan sebuah perusahaan gula yang berdiri tahun 1906, kemudian dibangun menjadi kantor balai kota Pekalongan dan sekarang menjadi gedung museum.

Di museum ini terdapat 1200 lebih koleksi batik dari seluruh Nusantara. Koleksi batik yang ada disini selalu diperbarui agar kelihatan tetap indah. Koleksi batik disini sudah lengkap mulai dari batik klasik hingga kontemporer. Disini juga terdapat koleksi alat alat membatik, contohnya yaitu canting, pewarna, dan lain sebagainya.

Antara batik Pekalongan dan batik Nusantara lainnya tempatnya disendirikan. Setiap batik juga terdapat penjelasan yang detail. Penjelasan tersebut seperti latar belakang, bentuk, motif, corak, dan asal usul batik.

Museum ini buka pukul 08.00 sampai pukul 15.00 yang berlokasi di Jl. Jetayu No. 1 Pekalongan. Lokasinya sangat terjangkau. Jika anda ingin berkunjung ke sini, biaya yang dikenakan untuk orang dewasa adalah Rp. 5000 sedangkan untuk anak anak adalah Rp. 1000. Fasilitasnya juga terjamin dari tempatnya yang bersih hingga ber AC.

Jika anda ingin belajar membatik, anda bisa mengunjungi workshop yang ada di dalam museum. Ruang workshop di museum ini dibagi menjadi 2 yaitu ruang workshop batik tulis dan ruang workshop batik cap. Jika anda berkunjung ke museum ini, anda akan tertarik karena anda bisa berwisata sambil belajar menggali dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Atau bisa jadi anda sadar akan nilai kebudayaan yang ada di dalam batik.

Minuman Limun Jadoel

Jika anda datang ke museum, jangan lupakan yang satu ini juga ya, yaitu pabrik minuman Limun dengan merk dagang Oriental. Pabrik ini berdiri sejak tahun 1910. Lokasi pabrik ini tepatnya di seberang Benteng Pekalongan. Pabrik ini sempat populer pada tahun 1970 sebelum negara lain masuk ke Indonesia.

Limun merupakan minuman yang bersoda ringan. Limun Oriental mempunyai ciri khas yaitu menggunakan gula asli, bukan gula buatan. Minuman ini bisa menghilangkan dahaga anda. Jika anda ingin membeli minuman ini, harganya sangat terjangkau. Harga satu botol minuman adalah 7 ribu rupiah. Jika anda membeli minuman ini anda bisa juga membawa pulang botolnya. Anda bisa menikmatinya dengan santai.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!