⌂ Home > Blog > Wisata > 125 Wisata Malang yang Sayang Untuk Dilewatkan (Hits+Paling Update)

125 Wisata Malang yang Sayang Untuk Dilewatkan (Hits+Paling Update)

Bicara soal kota Malang, tentu tidak akan bisa lepas dari sekumpulan destinasi wisata di sekitarnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa Malang begitu populer di Indonesia. Bahkan jika kamu mencoba mengeksplorasi destinasi wisatanya satu per satu, tentu saja tidak cukup dalam waktu sehari. Saking banyaknya! Nah, untuk menjawab betapa banyaknya wisata malang tersebut, kami telah merangkumnya dalam ulasan berikut.

1. Alun-alun Malang

Terletak di pusat kota malang, tempat ini lumayan rindang karena banyak pepohonan. Ditambah lagi dengan spot-spot ar duduk dekat dengan Masjid Jami’ Malang. Bikin kamu ngga lupa sama waktu solat deh hehe

Baca ulasan lengkap wisata Alun-alun Malang

2. Coban Rais

Disini kamu bisa menemukan beragam atraksi permainan. Tempat wisata malang ini terkenal beberapa spot foto yang bikin kamu makin instagrammable. Wahana disini juga ngga kalah menarik, ada fasilitas ayunan dan sepeda di atas udara yang bikin kamu makin dekat dengan nuansa alam.

Baca ulasan lengkap wisata Coban Rais

3. Jodipan

Suka berburu foto keren di destinasi wisata kekinian? Pasti kamu ngga asing lagi kan dengan Kampung Warna Warni Jodipan yang ada di Malang. Usut punya usut, kampung ini memiliki spot foto dengan latar kampung yang dicat berwarna-warni. Beragam spot foto cantik bisa kamu temukan dengan mudah di kampung wisata ini.

Baca ulasan lengkap wisata Jodipan

4. Hawai Waterpark

Kolam ini terkenal dengan “feature andalannya”. Tak lain dan tak bukan adalah “Ombak Tsunami”. Dijamin deh bikin aktivitas renang kamu makin seru. Ngga heran kalo sebagian wisatawan disini betah berlama-lama di Hawai Water Park. Fasilitasnya pun juga sangat lengkap. Mulai dari roller coaster, tour 4 dimensi, bioskop 6 dimensi dan masih banyak lagi yang bisa kamu jelajahi.

Baca ulasan lengkap wisata Hawai Water Park

5. Museum Brawijaya

Tidak hanya menyuguhkan beragam destinasi wisata menghibur, Malang juga terkenal dengan objek wisata bernilai sejarah. Salah satunya adalah tempat yang mana menjadi saksi bisu atas kejadian kejadian pada masa perjuangan bangsa Indonesia ini. Ya, Museum Brawijaya. Disini Anda akan menemukan berbagai benda peninggalan atau bersejarah lainnya dengan kondisi yang masih sangat terawat. Misal Tank, Meriam serta Gerbong Maut yang diyakini warga setempat memiliki kisah mistis.

Baca ulasan lengkap wisata Museum Brawijaya

6. Taman Tugu Kota Malang

Cari spot untuk fotografi di tengah kota? Taman Tugu Kota jawabannya. Disini kamu ngga cuman dapet foto bagus, tapi juga bisa mengenal sejarah kota Malang. Taman Tugu Kota memang terkenal dengan warna bunga yang beraneka ragam. Terdapat juga sebuah air mancur ikonik, persis di depan Balaikota Malang”

Baca ulasan lengkap wisata Taman Tugu Kota

7. Museum Malang Tempo Dulu

Wisata Malang yang satu ini sangat recommended untuk dijadikan wisata pendidikan. Khususnya sejarah. Karena dari sinilah kami bisa mengenal sejarah kota Malang secara lengkap dan lebih detail. Sebab museum ini menyajikan sejarah Malang lintas zaman. Museum bernuansa modern ini ternyata dekat sekali dengan Alun-Alun Tugu Malang. Jadi kalo kamu kesana, ngga ada salahnya kalo mampir aja sekalian hehe.

Baca ulasan lengkap wisata Museum Malang Tempo Dulu

8. Candi Singosari

Tertarik untuk menggali budaya arsitek tanpa teknologi? Candi Singosari bisa jadi alternatif wisata edukasi sejarah kamu berikutnya. Menariknya lagi, disini kamu bisa menemukan arca-arca utuh yang masih disimpan di Museum Belanda sekitar area tersebut.

Baca ulasan lengkap wisata Candi Singgosari

9. Kampung Tridi

Seperti halnya kampung Jodipan, wisata kampung warna warni Tridi juga tak kalah dalam hal memanjakan mata. Kalo main kesini usahakan jangan sendirian ya, karena kampung ini terkenal memiliki spot keren untuk berfoto rame-rame. Penduduknya pun juga terkenal ramah. Harga tiket masuk cuman 3 ribu rupiah saja.

Baca ulasan lengkap wisata Kampung Tridi

10. Taman Rekreasi Sengkaling

Salah satu termpat wisata malang ini sangat cocok untuk menjadi refernsi tempat kumpul keluarga atau kerabat. Karena disini kamu bisa merasakan nuansa alam yang asri. Berbagai wahana menarik turut disuguhkan. Mulai dari aneka kolam renang seperti kolam kapal misteri, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta alam, dan lain beragam wahana menarik lainnya.

Baca ulasan lengkap wisata Taman Rekreasi Sengkaling

11. Kasembon Rafting

Cari wisata rafting di Malang dengan harga murah? Yuk, cobain Kasembon Rafting. Meskipun agak sedikit ekstrim, bukan berarti adrenalin kamu ngga akan diuji habis-habisan. Mantap dan seru deh pokoknya, sayang banget kalo ngga bisa ngajak kolega atau keluarga.

Baca ulasan lengkap wisata Kasembon Rafting

12. Taman Wisata Wendit

Tempat wisata yang berlokasi di dekat pemukiman kota Malang ini menawarkan daya tarik tersendiri. Yakni, berupa kolam renang yang sangat jernih. Usut punya usut, pihak pengelola kolam renang ini ternyata menggunakan sumber mata air asli.
Baca ulasan lengkap wisata Taman Wisata Wendit

13. Taman Merbabu

Cari nuansa yang pas untuk menghabiskan waktu santai bersama keluarga? Taman Merbabu sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Taman ini memiliki fasilitas hiburan keluarga yang lengkap. Tak tanggung-tanggung, mulai dari lapangan futsal, arena permainan anak, jogging track hingga arena bermain berlatar pasir pantai.
Baca ulasan lengkap wisata Taman Merbabu

14. Masjid Agung Malang

Masjid ini cukup besar, bangunnannya masih terawat dengan baik. Di bagian eksteriornya terlihat eye-catching dengan gaya arsitektur yang khas. Sementara itu, bagian desain interiornya dipenuhi balutan nuansa kayu. Sehingga terkesan adem dan akrab di hati. Meski demikian, masjid ini ternyata masih memiliki kekurangan, yakni tidak memiliki area halaman untuk parkir.

15. Brawijaya Edupark

Tidak hanya untuk anak-anak, taman belajar dan bermain ini juga menyediakan kolam renang untuk orang dewasa. Sayangnya, taman ini belum terawat secara maksimal. Padahal banyak arena bermain yang disediakan untuk anak-anak.

16. Masjid Tiban Turen Malang

Satu dari sekian banyak masjid megah di Jawa Timur ini memiliki arsitektur yang terkesan unik. Pengunjung yang datang kesini pun penasaran dan tertarik akan keindahannya. Sayangnya, Masjid Tiban Turen lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Malang,

17. Candi Kidal

Di dalam Candi Kidal, kamu bisa melihat sebuah arca Anusapati yang berwujud Dewa Siwa. Mulanya bangunan ini berfungsi sebagai lokasi pemujaan dewa. Kurang lebih sekitar tahun 1248 M. Untuk materialnya, Candi Kidal menggunakan batu alam sebagai komponen dasar.

18. Monumen Juang

Dibangun pada tahun 1975, Monumen Juang 45  merupakan gagasan dari Pemerintah Kota Malang. Tujuannya adalah agar generasi muda Indonesia tidak mudah melupakan perjuangan para pahlawan di seluruh Indonesia, khususnya yang berasal dari Malang. Jika kamu ke tempat ini dengan naik kereta, setibanya di stasiun kota baru Malang kamu langsung akan disuguhi oleh monumen ini.

19. Taman Slamet

Cari tempat nyaman untuk sekedar singgah sejenak? Ke Taman Slamet aja! Disini banyak sekali pada pedagang PKL yang tengah berjualan di sekitar area taman. Bikin kamu bisa jajan deh sambil jalan-jalan, tapi ingat ya! Sampah tetap harus dibuang pada tempatnya hehehe. Taman Slamet lingkungannya masih asri, jauh dari polusi sebab keberadaannya di kawasan perumahan tengah kota. Spot -spot foto disini ngga kalah menarik, sangat disukai para pengunjung lantaran kesannya yang instagramable.

20. Monumen Melati

Satu lagi monumen bersejarah di kota Malang, apalagi kalau bukan Monumen Melati. Kalau kamu mampir kesini kamu bisa sekalian lho mampir ke Perpustakaan Umum Kota Malang dan Museum Brawijaya. Karena jaraknya ngga jauh-jauh banget. Kurang lebih sekitar 5 menit aja. Spot-spot fotonya juga layak untuk kamu coba, karena di sekitar sini ada taman cantik yang pastinya bikin kamu tertarik.

21. Taman Rekreasi Tlogomas

Harga tiketnya cukup terjangkau dan sebanding. Karena disni kamu bisa “nyemplung” ke tiga kolam renang sekalisgus. Masing-masing kolam memiliki angka kedalaman berbeda-berda. Ngga suka berenang? Tenang, pihak pengelola sudah menyediakan wahana permainan lainnya. Seperti sepeda air, kemidi putar, roda putar, cangkir putar dan sky boat.

22. Coban Putri

Di Jawa Timur, istilah “Coban” adalah sebutan khusus untuk air terjun. Jadi kamu jangan heran ya kalau setiap wisata air terjun pasti ada nama “Coban”nya. Seperti salah satu tempat wisata di batu yang satu ini, Coban Putri.
Sebuah wisata air terjun yang dinilai masih alami. Letaknya berdekatan dengan Coban Rais. Disini kamu bisa menemukan beragam spot foto paling hits, cocok buat kamu yang cari background instagrammable. Sayangnya, tiap area spot foto disini dikenakan biaya.

23. Pemandian Kalireco

Buat kamu sering tinggal di kota, kepanasan terus-terusan, ngga ada salahnya kamu “ngadem” sejenak ke salah satu tempat eksotis ini. Namanya, pemandian Kalireco. Disini kamu bisa melihat beberapa air terjun mini yang sengaja didesain sebagai penyalur air kolam renang. Airnya bersih bening, harganya tiketnya pun juga murah terjangkau.

24. Taman Singha Merjosari

Sangat menarik buat kamu yang gemar kongkow-kongkow sama orang terdekat. Bisa juga sebagai tempat bermain anak, jalan-jalan atau sekalian berolahraga . Taman Singha Merjosari tidak hanya diminati oleh kalangan muda, tapi juga dari kalangan tua-tua. Akses mudah, karena dekat dengan jalan raya. Toilet bersih.  Hawa segar, karena banyak tanaman,

25. Hutan Kota Malabar

Meskipun letaknya di tengah kota, tapi Hutan Malabar ini masih asri kok. Cukup terawat. Sangat cocok buat kamu yang mau jogging sekaligus melepas penat. Karena disini kamu akan dimanjakan dengan sentuhan alam usai penat dan lelahnya hidup di perkotaan.

26. Sumber Jenon

Sumber jenon memiliki kolam alami dari sumber mata air yang sangat jernih. Saking jernihnya, disini kamu bisa melihat sebuah fosil akar pohon raksasa, tepat di bagian bawah kolam. Bahkan akar tersebut masih bisa dilihat meskipun dari permukaan. Tempat ini kental dengan nuansa pemandangan desa yang asri.

27. Candi Badut

Ini dia salah satu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Candi Badut bentuknya memang tergolong unik. Yakni kotak dengan ruangan diatasnya. Halaman candi ini lumayan luas, dilengkapi dengan taman serta jalannya yang setapak. Soal kebersihan jangan ditanya, semuanya serba terpelihara.

28. Taman Trunojoyo

Cari alternatif tempat bermain anak-anak kini tak lagi sulit. Sebab, sudah ada Taman Trunojoyo yang lokasinya berada di pusat kota. Sangat strategis, karena hampir semua jalur angkutan kota melewat taman ini. Disini anak-anak bisa bermain sepuasnya, tanpa harus dikenakan biaya sepeserpun.

29. Taman Wisata Selecta

Sekarang kamu ngga perlu jauh-jauh lagi ke Singapura demi ke tempat wisata asri penuh dengan bunga, cukup ke Malang aja!
Mana lagi kalau bukan Selecta! Disini kalian bisa menikmati keindahan ratusan ragam jenis bunga. Wahananya juga ngga kalah seru. Mulai dari  flying fox, kora-kora hingga sky bike.

30. Taman Krida Budaya Jawa Timur

Belum ke Malang rasanya, kalau tidak berkunjung ke landmark Provinsi Jawa Timur satu ini. Ya, Taman Krida. Tempat yang kental dengan nuansa budaya Jawa Timur-an ini dikelilingi oleh warung kuliner yang buka hampir 24 jam setiap harinya. Area dalamnya juga luas. Cukup nyaman untuk sekedar bersantai bersama keluarga ketika menjelang sore hari.

31. Taman Kunang-kunang Malang

Taman kota yang satu ini semakin cantik ketika malam hari tiba. Disini kamu bisa melihat lampu LED berkelap-kelip menyala secara bergantian. Dari situlah, orang-orang menjuluki tempat ini sebagai Taman Kunang-kunang. Sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari suasana santai sambil melihat-lihat keramaian kota.  Semakin nyaman tatkala pohon rindang menaungi, digiring oleh angin kesana kemari. Dijamin, kamu pasti betah di Taman Kunang-kunang Malang ini.

32. Museum Angkut

Suka dengan hal-hal yang berbau tentang otomotif? Museum Angkut beneran beneran udah kaya surga banget deh buat kamu. Beragam kendaraan mulai dari zaman kerajaan hingga “zaman now” turun dipamerkan disini. Disarankan untuk pergi di hari Minggu, karena biasanya mobil-mobil jadul sporty dan keren akan dipertunjukkan dan dipamerkan dalam keadaan mesin menyala. Wow!

33. Air Terjun Coban Talun

Suasana di air terjun Coban Talun ini cukup nyaman. Sehingga cocok untuk refreshing keluarga. Hanya saja untuk mencapai air terjun, kamu diharuskan untuk menyusuri sebuah jalan yang terjal.  Ditambah lagi jalannya naik turun dan licin. Tentu saja ini akan menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang suka banget dengan hal-hal menantang.

34. Kampung Biru Arema

Bagi warga asli Malang, kampung ini tentu saja memikat di hati mereka. Bagaimana tidak? Warna biru dominan dipilih lantaran melambangkan tim kesayangan sepak bola mereka yakni Arema. Bak kampung luar negri saja yang ada di Amerika ataupun Eropa. Tanpa harus berangkat jauh-jauh ke negara aslinya, wisata yang terletak di tengah kota Malang ini sangat cocokloh buat arena foto-foto. Biar kamu makin hits! Ehehe.

35. Air Terjun Coban Rondo

Air terjunnya bener-bener indah banget. Cocok buat refreshing, apalagi selfie rame-rame. Disini kamu juga bisa lihat aliran sungai kecil berbatu. Biasanya dipakai untuk kecek alias mainan air. Oh ya, hati-hati sama monyet di sekitar air terjun Coban Rondo ini. Khususnya kalau kamu lagi bawa makanan. Pastikan kamu cek prediksi cuaca terlebih  dulu sebelum kesini. Usahakan jangan di musim hujan biar tidak terkena bahaya bencana longsor.

36. Museum Satwa

Lokasinya bersebelahan dengan Batu Secret Zoo. Museum Satwa menghadirkan banyak binantang buas. Tentunya dalam kondisi yang berbeda, yakni sudah dibekukan. Jadi aman deh, kalau mau foto atau selfie di deket mereka hehe. Setidaknya dibutuhkan waktu 1 hingga 2 jam hanya untuk berkeliling, menyusuri tiap-tiap diorama atau wahana di salah satu tempat wisata Malang yang edukatif ini.

37. Museum D’Topeng

Ngga jauh dari sekitaran Museum Angkut, berdirilah sebuah tempat yang kental dengan nuansa budaya. Tak lain dan tak bukan adalah Museum Topeng. Disini kamu bisa melihat 2.000 topeng yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing topeng begitu unik, sebab memiliki sejarah tersendiri.
Usut punya usut, semua koleksi topeng yang dipajang disini berasal dari kolektor serta donatur, yang ikhlas ingin mengenalkan benda bersejarah tersebut kepada masyarakat luas.

38. Museum Tubuh

Sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Khususnya anak-anak. Karena disini telah disediakan peraga tubuh manusia yang tak lain adalah sebagai sarana belajar sekaligus bertamasnya. Masing-masing alat peraga memiliki informasi yang detai dan bagus.
Bahkan, desain ruangan pun dirancang menyerupai organ atau bagian tubuh manusia. Dari kepala hingga kaki. Semuanya ada! Biasanya pihak pengelola juga menyediakan pemeriksaan golongan darah dan mata secara gratis kepada semua pengunjung.

39. Kaliwatu Rafting

Games yang ditawarkan pengelola dinilai mengasyikan. Plus, dua karyawan yang ikut menjadi pemandu juga sangat profesional. Karena sejatinya faktor keamanan merupakan prioritas utama dari pihak pengelola. Faktor kenyamanan juga tak lepas dari perhatian. Seperti peralatan yang dipakai semuanya bagus.  Dan, hampir semua pemandunya kece-kece! Itu juga penting sih hehe..

40. BNS

Perlu diingat! Wahana bermain ini hanya buka di malam hari saja. Mulai dari jam 3 hingga 11 malam. Khusus untuk hari Sabtu & Minggu, pihak pengelola biasanya menutup BNS pada jam 12 malam. Kalau kesini jangan lupa ya bawa temen, keluarga atau pasangan halal.
Pokoknya jangan sendirian! Ngga kebayang kan ntar gimana kesepiannya kamu sementara yang lain lagi rame-rame. Oh iya disini juga ada taman lampion juga lhoo.. Cocok banget dipake buat spot foto yang instagrammable.

41. Coban Tundo

Tempat wisata ini cocok bagi kamu yang mau uji adrenalin. Para pengunjung kerap menjadikan air terjun Coban Tundo ajang loncat tebing. Tak lain hal itu dikarenakan area kolamnya yang cukup lebar sekaligus dalam. Ngga berani terjun? Tenang, kamu masih bisa kok mengeksplorasi seberapa dalamnya kolam di Coban Tundo ini.

42. Coban Sewu

Sensasi pemandangannya bener-bener indah banget! Ditambah lagi dengan kondisi medannya yang masih alami. Waspadalah apabila musim hujan telah tiba, sebab akses menuju air terjun akan menjadi licin dan membahayakan. Air terjun pun berubah sangat deras. Terlebih lagi, jika tempat wisata ini sudah memakan banyak korban. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada.

43. Coban Nirwana

Wisata air terjun yang memiliki spot bagus buat foto-foto. Sayangnya, Coban Nirwana tidak disarankan buat kamu berbadan lebih alias over-gendut. Karena, akses menuju lokasi memiliki turunan yang amat tajam. Hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki.

44. Coban Watu Ondo

Sangat cocok untuk rekreasi singkat alias tipis-tipis. Udaranya sejuk dan segar, alam disekitarnya masih penuh kehijauan. Lokasi parkiran menuju air terjun berjarak sekitar 2 hingga 3 jam. Lumayan jauh! Meski demikian, harga tiketnya tidak terlalu mahal. Area parkir juga cukup luas. Hanya saja sedikit sekali penjual yang menjajakan makanan dan minuman.

45. Coban Glotak

Coban Glotak merupakan salah satu air terjun yang masih tergolong perawan alias sedikit pengunjung. Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh jalannya yang sedikit susah. Ketika musim hujan tiba, sangat disarankan untuk tidak melakukan perjalanan kesana. Kecuali jika aspalnya sudah diaspal full.
Penjual makan, toilet dan sebagainya sudah tersedia banyak disana. Coban Glotak memiliki hawa yang sejuk. Ditambah lagi dengan beragam spot foto keren di sekitarnya.

46. Coban Gintung

Pemandangan dari Coban Gintung ini begitu menarik. Airnya jernih dan suasana alami juga masih terasa. Tak jauh dari permukaan air, ada sebuah rumah pohon. Nantinya kamu bisa menggunakan rumah tersebut sebagai spot foto. Jarak lokasi antara air terjun dengan parkiran tidak terlalu jauh..

47. Coban Tengah

Lumayan bagus dan masih alami. Air terjun Coban Tengah ternyata satu lokasi dengan Coban Rondo. Jadi, kamu ngga perlu bayar tiket lagi untuk menuju ke tempat ini. Karena bayarnya sudah jadi satu dengan tiket masuk Coban Rondo.

48. Coban Jahe

Sama halnya dengan Coban Glotak, masih alami dan mungkin hanya sedikit orang yang tahu. Bisa dibilang, jalan menuju tempat ini sangat ekstrim. Sebab belum dilakukan pengaspalan. Parahnya lagi, lebar jalan juga lumayan sempit. Cukup sulit untuk dilewati satu mobil. Meski demikian, usai tiba di lokasi semua perjuangan pasti akan terbayarkan dengan keindahannya.

49. Sumber Air Torong Park Batu

Udaranya sejuk karena banyaknya pohon rindang. Disini air sumber mengalir deras. Bersih dan higienis. Sayangnya, sudah tidak ada lagi yang merawat. Sehingga tempatnya menjadi kotor bahkan liar.

50. Coban Manten

Tempat ini sangat bagus, sayangnya tidak ada spot foto khusus. Sehingga memaksamu untuk mencari spot foto sendiri. Air terjun Coban Manten dikenal dengan akses jalannya yang lumayan ekstrem. Wajar jika tempat ini masih jarang pengunjung.

51. Wisata Air Krabyakan

Recommended banget nih buat kamu yang lagi mau piknik. Karena Wisata Air Krabyakan ini tempatnya ngga begitu ramai. So, kamu bisa makin santai sembari menikmati teduhnya nuansa alam. Meski demikian, areanya dinilai lumayan sempit. Hanya ada kolam renang untuk anak dan dewasa. Disini kamu juga bisa menikmati terapi ikan, mencoba sepeda air atau bermain mandi bola (khusus anak-anak)

52. Coban Supit Urang

Coban Supit Urang merupakan satu dari sekian wisata Malang yang dinilai masih bagus. Hanya saja ada beberapa spot area yang sudah terbengkalai. Nah, buat kamu nih penggemar panjat tebing. Wisata Coban Urang ini bisa jadi alternatif berikutnya yang bisa kamu coba.

53. Sumber Taman

Pemandian Sumber Taman dikenal memiliki kolam pemandian alami. Tentu saja dengan air yang jernih, bahkan lingkungannya pun masih asri. Sangat cocok buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata di Malang untuk sekedar rekreasi keluarga. Disini tersedia pemandian dangkal dan ada juga yang cukup dalam. Fyi, biaya masu ke pemandian Sumber Taman ini juga masih sangat murah meriah lho.

54. Coban Kethak

Air terjun Coban Kethak memiliki pemandangan alam yang lumayan bagus. Terkesan alami dan eksotis. Cocok buat kamu yang lagi cari nuansa foto dengan nuansa alam yang amat kental.  Sayangnya, air yang mengalir disini agak keruh. Sehingga perlu diperbaiki lagi untuk meningkatkan kepuasan pengunjung.

55. Malang Snow Paradise

Sebagian pengunjung disini ada yang bilang “Kalo ni sih bukan snow, tapi es.. ” Ya, tak dapat dipungkiri jika faktarnya seperti demikian. Dari atas turun seperti snow, begitu turun ternyata itu adalah bubble. Sayangnya, harga tiket masuk per orang disini masih dinilai mahal. Hanya dengan membayar Rp. 30.000 untuk dapat berfoto-foto saja. Sangat disarankan, hindari hari weekend atau akhir pekan kalau kamu dateng kesini. Bisa-bisa nanti waktu kamu habis cuman buat antri permainan utamanya. Yaitu prosotan es…wuihhh…

56. Coban Kembar

Coban kembar ini merupakan satu dari sekian wisata Malang yang indah banget. Sesuai dengan namanya yakni “kembar” berarti ada dua air terjun yang berdekatan. Sama-sama deras banget air terjunnya. Persiapkan fisik dan mental kalian ya untuk mencapai ke Coban Kembar. Karena tempat ini membutuhkan perjuangan ekstra. Kalian harus jalan kaki lumayan jauh dan cukup menguras tenaga. Eits, semua lelah kalian nanti akan terbayar kok dengan keelokan air terjunnya. Dijamin seger banget airnya!

57. Taman Dolan

Taman dolan terkenal dengan nuansa kolam renang buatan yang dibalut dengan nuansa tradisional. Sayangnya, wisata Malang yang satu ini dirasa kurang memanjakan “dolanan” anak-anak. Ya bisa dibilang mainannya cukup nanggung. Berbanding jauh dari kesan “taman dolan”. Semoga tempa wisata ini bisa dimaksimalkan lagi agar semua feature yang ada sejalan dengan nama tamannya.

58. Coban Pelangi

Saran aja ya guys, Coban Pelangi paling keren dikunjungi pas lagi musim kemarau atau cuaca masih cerah. Kenapa? karena sinar mentari akan memancar terang, sehingga kamu bisa lihat secara langsung pancaran cahaya pelangi yang ada di sekitar wilayah jatuhan air terjun tersebut. Keren banget kan!

Buat kamu yang masih jarang olahraga, ditambah lagi dengan berat badan agak berlebih. Bisa jadi ini akan menjadi perjalanan yang paling melelahkan saat menapaki jalur treking menuju kawasan air terjun.

59. Masjid Agung An Nuur Batu

Kalau kamu mampir ke Alun-alun Batu, jangan lupa mampir solat sejenak ya di Masjid Agung An-Nuur. Karena masjid ini bangunannya lumayan megah dan mewah. Lingkungannya bersih. Ditambah lagi dengan lahan parkirnya yang luas di seberang masji, tepatnya di sebelah Alun-alun kota Batu.

Di bagian samping Masjid ada sebuah toilet umum, lengkap dengan fasilitas air panasnya. Dijamin, kamu ngga bakalan menggigil deh pas lagi mandi pagi hari, atau bahkan malam hari hehehe.

60. Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1 memang dikenal sebagai tempat wisata Malang yang amat menyenangkan dan ramai dikunjungi. Mulai dari yang muda hingga tua. Tak terkecuali dengan rombongan keluarga, kantor, sekolah hingga wisatawan asing. Terlepas dari banyaknya wahana yang ditawarkan, disini kamu juga bisa lihat beribu jenis binatang. Tepatnya di lantai satu, dua dan tiga. Hawanya sejuk, karyawannya juga ramah. Pemandangannya lumayan indah, sehingga cocok sebagai spot tempat untuk berfoto.

61. Jawa Timur Park 2

Jatim Park 2 memang tidak diragukan lagi keberadaannya sebagai tempat wisata bermain dan belajar terbaik di Jawa Timur. Sehingga layak untuk menjadi sarana rekreasi, baik anak mapun keluarga. Sekilas harga tiket yang ditawarkan memang cukup mahal. Namun, itu bukan berarti fasilitasnya terbatas. Karena tiket tersebut adalah tiket sekali bayar, jadi kamu sudah ngga usah bayar lagi untuk naik-naik wahana yang ada. Keretanya pun juga sudah gratis, hampir semua wahananya seruuu dan buuaanyaakkk…

62. Omah Kayu

Tempat wisata alam di Malang ini sebenarnya bagus, hanya saja agak sulit rasanya untuk mencapai ke kawasan tersebut. Sebelum masuk wisata Omah Kayu, kamu harus masuk daerah wisata Gunung Banyak terlebih dahulu. Ditambah lagi dengan biaya tiket masuk keseluruhan untuk mencapai Omah Kayu yang dirasa cukup mahal. Hampir sekitar Rp. 20.000/orang.

63. Sumber Maron

Lokasi Sumber Maron tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Akses jalan yang dilalui juga masih mudah, namun agak sempit ketika sudah mendekati titik lokasi dikarenakan banyaknya kios para penjual. Wisata alam Sumber Maron masih mengandalkan area pemukiman warga sebagai lokasi parkir kendaraan. Sehingga wajar jika barisan mobil-mobil yang ada masih kurang rapi.

64. Museum Mpu Purwa

Museum ini ternyata masih relatif baru. Sehingga wajar jika kondisi bangunannya dinilai baik. Beragam koleksi benda bersejarah di Museum Mpu Purwa terpajang. Mulai dari peninggalan arca sampai miniatur yang menceritakan asal-usul dan sejara Kerajaan Singosari. Museum Mpu Purwa juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung, seperti AC dan LCD. Satu hal yang paling menarik adalah untuk masuk ke museum ini, kamu tidak dipungut biaya sama sekali lho alias gratis..tiss…..

65. Batu Secret Zoo

Bicara soal kebun binatang, Malang juga ngga kalah keren dari yang luar negeri punya! Mana lagi kalau Batu Secret Zoo. Tempat wisata edukatif ini sangat cocok buat kamu yang mau liburan sekaligus belajar dengan cara yang menyenangkan. Tidak hanya untuk anak-anak saja, bahkan orang tua pun pasti turut senang melihat anaknya belajar dan bermain disini.

66. Wisata Kampung Putih Malang

Sebenarnya, Kampunh Putih ini masih terbilang bagus. Namun, lokasi yang kurang strategis serta kurangnya akses parkir membuat sebagian pengunjung kadang merasa kecewa. Ditambah lagi dengan spot foto disini tidak begitu banyak. Sehingga wajar jika bakal Wisata Malang ini masih kurang booming dibanding kampung-kampung yang lain.

Tapi tenang! Kabarnya dalam waktu dekat pemerintah setempat akan membuka wahana wisata arung jeram. Dimana startnya adalah kampung putih, lalu finish di kampung warna warni. WOW! udah ngga sabar nunggu ya!

67. Eco Green Park

Tempatnya terkesan asyik sekaligus menyenangkan. Cocok sebagai tempat penyegar pikiran sembari berekreasi bersama keluarga. Eco Green Park punya banyak lokasi edukasi menarik. Ditambah pula dengan zona hiburan yang seru dan menyenangkan.  Mulai dari baby zoo, wahana permainan anak, rumah hantu, wisata mini safari dan masih banyak wahana lain yang bisa kamu coba satu-satu.

68. Lembah Tumpang Resort

Lembah Tumpang Resort merupakan satu dari sekian wisata alam di Malang yang tergolong lengkap. Disini kamu bisa menemukan air terjun mini, rafting mini, flying fox mini, kolam renang. Kabarnya, pihak pengelola akan membangun penginapan khusus untuk para turis. Lembah Tumpang Resort juga memiliki tempat parkir yang rapi dan bagus. Pintu masuknya juga terbuka bagi mereka yang normal maupun cacat.

69. Pura Luhur Giri Arjuno

Sebagian pengunjung merasa kagum terhadap konsep arsitektur di Pura ini. Usut punya usut, Pura Luhur Giri Arjuno memiliki pemandangan eksotis berupa hamparan perkebunan apel. Letaknya di bawah kaki gunung sehingga wajar jika udaranya sejuk. Disini juga kamu akan menemukan beragam bunga cantik. Sayangnya, kamu hanya diperbolehkan untuk foto di halaman gerbang saja. Tidak perkenankan untuk masuk sebab dikhawatirkan akan menggangu aktifitas rutin peribadatan umat Hindu.

70. Wisata Paralayang

Karena letaknya yang berada di ketinggian, maka wajar jika Wisata Paralayang ini tempatnya sejuk dan dingin banget. Disini kamu bisa menikmati indahnya view dari ketinggian. Untuk mencapai ke tempat ini, kamu diharuskan untuk berhati-hati. Karena medan jalannya naik turun dan berada di tepi gunung.

71. Taman Rekreasi Kota Malang

Menarik sekali tempat ini untuk disinggahi. Khususnya bersama anak-anak dan keluarga. Karena Taman Rekreasi Kota Malang ini mempunya segudang fasilitas hiburan yang lengkap. Mulai dari kolam renang khusus anak, arena permainan anak dan berbagai jenis satwa. Lelah berkeliling? Tenang, kamu bisa mengelilingi taman ini dengan naik dokar.

72. Rumah Terbalik Batu

Sejalan dengan namanya, semua benda yang ada dalam rumah ini dalam posisi terbalik. Sayangnya, akses menuju wisata ini masih memiliki banyak jalan berliku. Ditambah lagi dengan pembatas, yang memaksa pengunjung untukharus loncat atau angkat kaki. Sehingga tidak direkomendasikan untuk pengunjung yang sudah terlalu tua. Di dalam Rumah Terbalik ini terdapat wahana rumah kaca. Bernuansa kebiruan, tapi sedikit berbahaya. Beruntungnya, kamu akan dibantu oleh arah panah memudahkanmu mencari jalan keluar.

73. Museum Musik Indonesia

Ini dia museum musik pertama yang ada di Indonesia. Bukan di Jakarta, tapi di Malang. Iya Malang! Menurut data terakhir museum ini setidaknya sudah memiliki 25.000 koleksi musik! Semuanya diambil dari musisi seluruh dunia. Koleksi tersebut terus bertambah seiring banyaknya sumbangan dari pecinta musik di seluruh penjuru dunia. Dari tempat ini kita bisa melihat-lihat beragam koleksi. Mulai dari kaset, piringan hitam, CD  dari berbagai genre musik dan alat musik tradisional dan modern lainnya. Keren banget ya kan?

74. Wisata Pujon Kidul

Suka selfie atau foto bareng rame-rame? Wisata Pujon Kidul tempatnya! Disini kamu bisa menemukan banyak spot foto yang bisa diambil. Ada juga wahana atv serta persewaan motor trail. Kamu pun bisa menikmati makanan di resto sembati menikmati pemandangan yang cantik dengan nuansa alam yang masih alami. Makanan yang tersedia di warung Wisata Pujon Kidup cukup bervariasi. Harganya terjangkau. Ada juga warung prasmanan, dimana pengunjung bebas mengambil sendiri menu makanan yang disukai.

75. Sahabat Air

Hampir semua pengunjung disini merasakan pengalaman yang paling mengesankan. Khususnya ketika mereka melewat sesi bendungannya. Sangat menyenangkan dan menantang karena arusnya deras. Sayangnya, kondisi air sungai disini tidak begitu jernih. Karena masih banyak sampah plastik. Terlepas dari hal tersebut, resto yang tersedia di Sahabat Air juga dinilai cukup enak dan bervariatif.

76. Kusuma Agrowisata

Stafnya disini cukup ramah. Masakannya pun juga enak dan lezat. Namun, yang lumayan populer dari Kusuma Agrowisata adalah kolam renangnya. Airnya bersih dan tersedia spot untuk berjemur serta bercengkrama. Area parkir cukup luas. Kebun petik buahnya pun bagus, cuma disarankan jgn saat siang hari, karena panasnya kuat sekali, bagus untuk tempat acara halal bihalal, rapat, workshop dll

77. Taman Kota Malang

Lokasinya berada tepat di depan UMM kampus 1. Kalau kamu main kesini, kesan sejuk adalah hal pertama yang kamu rasakan. Cobalah datang ke Taman Kota Malang pada sore atau pagi hari, nantinya kamu akan akan mendapat view sangat cantik nan eksotis. Perawatan rutin telah dilakukan oleh pihak berwenang. Sehingga wajar jika taman ini masih terbilang asri dan menghijaukan kota Malang.

78. Pasar Burung

Bagi para pecinta hewan, tentu saja tempat ini adalah surga. Meski demikian, Pasar Burung tidak hanya menjual burung saja. Ada juga hewan-hewan lain yang turut dipajang. Mulai dari kucing, anjing, kelinci dan lain-lain. Butuh sarana perawatan hewan? Tenang, Pasar Burung telah menyediakan segala hal yang berhubungan tentang mereka. Seperti kandang, makanan, mainan dan lain sebaginya.

79. Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo adalah salah satu tempat terbaik untuk mencari spot foto yang instagramable. Harga tiketnya juga murah. Tidak hanya ada labirin saja, namun ada juga wahana lain berupa outbound di bagian sampingnya. Taman sesat atau labirin tersebut disusun menggunakan tanaman hijau yang menjulang tinggi. Kurang lebih sekitar 2 meter.

80. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina dari dulu sudah terkenal dengan pemandangannya yang benar-benar menakjubkan. Dijamin kamu pasti betah berada disana. Sangat cocok untuk referensi liburan. Meskipun ombak agak besar tapi masih aman sebagai tempat bermain anak-anak. Yang penting harus dalam kondisi pengawasan ya!

Banyak sekali spot-spot foto menarik yang disuguhkan. Dari yg alami hingga buatan. Semua telah disediakan oleh pihak pengembang. Fasilitas juga sudah mulai lengkap. Yakni seperti resto, suvenir sampai persewaan alat tenda kalau kamu ingin bermalam.

81. Pantai Tamban

Jalan atau akses menuju Pantai Tamban kini sudah mulus. Pantai ini terkenal dengan volume ombaknnya yang lumayan gede. Jadi, hati-hati aja kalau mau berenang disitu. Kekurangan dari Pantai Tamban adalah pasirnya yang tidak putih, tapi agak coklat. Wajar kalau seumpama buat foto-foto memang hasilnya kurang bagus. Meski demikian, overall pantai ini sangat bersih. Ditambah lagi  makanannya yang enak-enak sambil menikmatinya suasana pantai,

82. Pantai Balekambang

Nama Pantai Balekambang memang sudah tidak asing lagi di telinga orang Jawa Timur. Saking ngehits-nya! Ya, pantai ini memang eksotis karena ada pura di permukaan laut. Ditambah lagi dengan pemandangan di sekelilingnya, dimana ada beberapa gugusan pulau luar wilayah Indonesia. Jalan menuju Pantai Balekambang masih terbilang bagus dan agak curam. Harus melewat alas hutan terlebih dahulu. Pasirnya putih dan bersih, bahkan kalau kamu mau cari kerang atau keong disitu pun pasti ada.

83. Pantai Clungup

Layaknya danau air payau yang mengalir menuju pantai, air di Pantai Clungup ini masih jernih. Sehingga aman digunakan sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Dan yang paling istimewa adalah pemandangannya. Sangat bagus! Cocok buat kamu yang lagi cari spot foto instagramable. Sebelum mencapai Pantai Clungup, kamu diharuskan untuk berjalan kaki. Naik turun melewati perkebunan warga terlebih dahulu…hmmm…

84. Pantai Ngopet

“Keren!” adalah satu kata yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya Pantai Ngopet ini. Nuansanya masih alami banget. Air lautnya saja masih jernih. Meskipun ombaknya lumayan tinggi, tapi tetap aman kok kalau kamu mau main-main air di bibir pantai. Di bagian tepi pantai, terdapat area pepohonan rindang yang bikin hati kamu jadi lebih teduh.

Pantai Ngopet ternyata masih sepi alias belum terlalu banyak pengunjung. Nah, buat kamu yang mengidamkan suasana tenang, ngga ada salahnya main ke pantai ini aja. Toh akses jalannya masih tergolong mudah.

85. Pantai Kaliapus

Pantai Kaliapus ini juga tak kalah eksotis dari pantai-pantai Malang lainnya. Air lautnya masih jernih, ditambah lagi ada bebatuan-bebatuan yang siap memecah ombak. Untuk mencapai ke Pantai Kaliapun dibutuhkan perjuangan ekstra. Karena aksesnya masih terbatas. Sehingga wajar jika pantai ini masih sepi pengunjung.

86. Pantai Wedi Klopo

Pantai Wedi Klopo terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang masih bersih. Ada sejumlah gazebo yang bisa dipakai untuk duduk santai sembari menikmati suasana angin pantai. Kalau musim kemarau, kamu bisa mainan air dengan bebas disini. Tapi kalau musim penghujan, ya sebaiknya jangan. Karena ombak di Pantai Klopo memang cukup tinggi, apalagi pada saat hujan. Karena sudah ramai pengunjung, maka pengelola telah menyediakan fasilitas lengkap. Mulai dari musholla, toilet, rumah makan hingga penginapan. Lumayan lengkap juga ya!

87. Pantai Sendiki

Tempat ini memilki banyak spot foto keren. Baik untuk selfie atau groufie. Bisa juga dengan ala-ala candid yang keren seperti menggunakan ayunan. Pasir Pantai Sendiki putih, bersih dan sedikit empuk. Pantai ini aman karena ombaknya yang tidak begitu besar. Pihak pengelola juga telah menyediakan sewa tikar dan tenda. Pastinya dengan harga yang tidak  begitu mahal.

88. Pantai Batu Bekung

Pantai Batu Bekung punya bukit yang cukup mengagumkan. Sehingga wajar kalau pantai ini adalah surganya para photo hunter. Pemandangannya dijamin keren abissssss! Patut disayangkan memang kalau pantai ini tidak cocok untuk berenang. Karena dibagian bibir pantainya terlalu banyak batu karang yang tajam tajam. Ditambah lagi dengan fasilitasnya yang minim seperti kamar mandi/WC.

89. Pantai Pancer

Pantai Pancer merupakan salah satu pantai wisata Malang yang mungkin masih jarang dikunjungi. Pantai ini menyuguhkan pemandangan menarik dan eksotis. Selain keindahan pantai, ada pula sebuah kondang yang lumayan besar. Sehingga para pemancing yang berasal dari warga sekitar maupun pendatang, seringkali memancing di kondang ini.

90. Pantai Kajaran

Kabarnya Pantai Kajaran ini masih belum dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat. Keindahan yang ditawarkan hampir mirip seperti pantai Malang Selatan lain pada umumnya. Meski belum resmi, pantai ini ternyata masih cukup mudah untuk dijangkau. Bahkan cocok untuk referensi kegiatan berkemah.

91. Pantai Watu Leter

Pantai ini memiliki view yang lumayan cantik nan eksotis. Dipadu dengan ombaknya yang kalem, sangat cocok buat kamu yang menginginkan suasana tenang. Pantai Watu Teler terkenal dengan hamparan karangnya yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Sehingga aman untuk berenang sekaligus bermain air, khususnya untuk anak-anak. Sayangnya, akses menuju Pantai Watu Teler masih belum mulus atau beraspal.

92. Pantai Telok

Merupakan pantai yang cukup bagus dan keren. Masih sepi, karena lokasinya yang sulit terjangkau. Akses ke Pantai Telok bisa juga dilalui dari Pantai Parangdowo. Jalan aja terus, sampai kamu melewati sebuah bukit, sampai deh! Kondisi pasirnya putih bersih, air lautnya juga tenang sehingga cocok buat main air.

93. Pantai Klatakan

Pantai Klatakan memiliki pemandangan yang indah karena masih alami dan jarang di kunjungi. Kecuali masyrakat setempat yang biasanya digunakan untuk beraktifitas mencari ikan. Bisa dibilang, pantai ini sangat cocok buat kamu yang suka touring. Kenapa? Tak lain adalah karena rute jalannya yang mulus dan meliuk-liuk. Tapi tetap harus ekstra hati-hati ya guys!

Fyi, Pantai Klatakan memiliki terumbu karang yang masih terjaga kelestarianya

94. Pantai Parang Dowo

Pantai Parang dowo merupakan salah satu pantai unik di Malang Selatan. Ciri khasnya adalah pantai ini memiliki karang yang mirip seperti parang panjang. Bak membelah lautan bagai kolam renang raksasa. Disini sudah tersedia fasilitas toilet atau WC, hanya saja penjual makanan yang masih sedikit kurang.

95. Pantai Bolu-bolu

Pantai Bolu-bolu terkenal dengan ombaknya yang paling tenang. Hal ini dikarenakan lokasinya di dalam teluk. Lautnya juga tampak jernih. Bagian pantai dan bibir pantainya masih terbebas dari sampah. Pantai Bolu-bolu dapat ditempuh melalui jalur darat yakni lereng serta laut yakni dengan menggunakan perahu. Saran admin sih, mending naik perahu aja karena lebih cepat sampai.

96. Pantai Jolangkung

Pantai yang lumayan indah. Sangat cocok sebagai sarana liburan keluarga, karena di Pantai Jolangkung ini aman. Sehingga kamu bisa mengajak anak-anak untuk berenang. Tempatnya tak sebegitu ramai. Lingkungannya masih alami dan bersih, kamu bisa menemukan sejumlah terumbu karang dan ikan-ikan hias di tepi lautan.  Terdapat tempat berteduh yang nyaman.

97. Pantai Joggring Saloko

Pantai Joggring Saloko terbilang masih sangat alami. Pihak pengelola pantai telah menyediakan sejumlah fasilitas bagi para pengunjung. Seperti toilet, mushola dan masih banyak lagi. Rumah warga di sekitar pantai juga dijadikan sebagai penitipan kendaraan. Recommended untuk kamu yang suka camping. Sayangnya, akses jalan menuju Pantai Joggring Saloko masih sangat sulit, sebab jalannya licin dan berbatu.

98. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati terkenal dengan akses jembatan. Di bawahnya, terdapat muara sungai yang mengalir langsung mengarah ke pantai tersebut. Suasana pantai masih alami karena dikelilingi oleh perbukitan. Tidak susah untuk menuju pantai ini, sebab kini jalannya sudah mulus dan lebar.

99. Pantai Banyu Anjlok

Salah satu pantai eksotis di sekitar Malang. Pantai Banyu Anjlok menawarkan dua jenis mata air yang berbeda dalam satu lokasi, yakni air tawar dan air asin. Disini ada juga air terjun sungainya, sangat indah sekali. Airnya jernih. Di bagian atasnya terdapat kolam kecil, berfungsi sebagai penampung sebelum air yang jatuh dari air terjun mengalir langsung ke laut. Fasilitas cukup lengkap, karena sudah banyak pengunjung yang berdatangan.

100. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan ini sangat indah. Sangat cocok buat kamu yang lagi ngadain acara camping di tepi pantai. Meskipun belum terlalu banyak pengunjung, namun area parkir yang ditawarkan cukup luas. Bahkan sudah ada penjual makanan dan minuman. Tiket masuk ke Pantai Ungapan masih murah dan terjangkau. Pantai ini menyuguhkan dua mata air berbeda, yakni air payau dan air laut. Selama masih belum musim pasang, Pantai Ungapan masih aman untuk berenang.

101. Pantai Licin

Pemandangan yang ditawarkan oleh Pantai Licin ini begitu indah. Disini kamu bisa menemukan batu karang dan banyak spesies laut lainnya. Hawanya pun juga lumayan sejuk dan asri. Masih sepi, karena akses menuju kesana lumayan susah. Sehingga wajar jika pantai ini tidak terlalu populer dengan pantai Malang Selatan lainnya. Ditambah lagi dengan sarana dan prasarana yang buruk. Tak heran jika sampah-sampah mulai berserakan di sekitaran Pantai Licin.

102. Pantai Tomen

Pemandangan pantainya bagus, karena ada sebuah pulau kecil tepat di seberang bibir pantai. Ditambah lagi dengan gelombang air laut yang tidak begitu besar. Sehingga aman digunakan sebagai sarana rekreasi liburan bersama keluarga, atau bisa juga membangun tenda untuk camping ditepi pantainya. Sayangnya pihak pengelola masih kurang memperhatikan kebersihan Pantai Tomen. Jalan yang dilalui untuk masuk ke kawasan pantai pun sudah rusak. Sangat berbahaya apabila dilalui pada saat musim penghujan.

103. Pantai Lenggoksono

Pemandangan pantai Lenggoksono tergolong cukup Indah. Kondisinya kini sudah ramai dengan pengunjung. Terlepas dari akses jalan menuju pantai ini yang dirasa cukup susah. So, persiapkan kondisi kendaraanmu ya guys, soalnya kalian nanti akan menemui jalan dengan turunan lumayan terjal. Oh iya, di pantai Lenggoksono ini pengunjung bisa ber-snorkeling ria pada spot yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

104. Pantai Teluk Asmoro

Pantai Teluk Asmoro memang masih sepi. Usut punya usut, ternyata pantai ini masih tergolong pantai baru. Begitu kamu nyampek kesini, kamu akan disuguhkan langsung dengan pemandangan teluk-teluk di sekitaran pantai. Ditambah lagi dengan pemandangan hamparan pasir putih yang membentang luas. Kedua panorama tersebut seolah berpadu dengan gulungan ombak yang hilir mudik dari bibir pantai. Dijamin kamu pasti betah! Ngga cuman bisa nikmati pemandangannya aja, disini kamu juga diperboleh untuk berenang lho!

105. Pantai Nganteb

Pantai ini memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai-pantai lain yang ada di Malang Selatan. Di sebelah barat Pantai Nganteb, terdapat sebuah taman bunga-bunga yang berpadu dengan hamparan pasir pantai. Ditambah lagi dengan adanya tebing-tebing karang yang eksotis. Sangat cocok digunakan sebagai spot foto-foto. Akses menuju Pantai Nganteb ini pun masih terbilang mudah. Tidak terlalu ekstrim dengan pantai-pantai Malang lainnya.

106. Pantai Gatra

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan konservasi. Tidak hanya menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan. Disini pihak pengelola juga menyediakan area camping, bahkan kebersihan area pantai pun masih dijaga dengan baik. Satu hal terpenting yang harus kamu ingat! Berhubung Pantai Gatra ini adalah kawasan konservasi, maka kamu tidak diperbolehkan meninggalkan sampah apapun disini. Kalau pun ada, lebih baik bawa pulang saja ya.

107. Pantai Wedi Putih

Keindahan Pantai Wedi Putih ini begitu eksotis. Dihiasi oleh pemandangan pulau kecil yang khas. Pasirnya pun masih putih alami. Deburan ombaknya cukup keras. Jika masih musim surut, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat keindahan biota lautnya. Oh iya, sebelum menuju Pantai Wedi Putih, kamu diharuskan masuk ke Pantai Wedi Awu terlebih dahulu. Bisa dilewati dengan dua cara, yakni treking menyusuri bukit (membutuhkan waktu lama) atau sewa perahu (membutuhkan waktu singkat)

108. Pantai Savana

Habis dari Pantai  Watu Pecah? Ngga ada salahnya sempatkan mampir ke pantai yang satu ini. Ya, Pantai Savana! Pemandangannya sangat cantik, belum banyak pengunjung yang datang. Deburan ombaknya juga lumayan keras, namun tetap menenangkan. Sangat cocok bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran selepas lelahnya berada dalam naungan hiruk pikuk kota.

109. Pantai Wonogoro

Istilah pantai pribadi kini sudah bukan lagi sebuah angan lho! Nuansa itu bisa kamu rasakan di pantai ini. Namanya Pantai Wonogoro. Pantai yang masih jarang dikunjungi ini memiliki view yang tak kalah cantik. Sangat cocok sekali untuk kamu yang lagi berburu foto hits alias instagramable. Kalau kesini, pastikan jangan sendirian ya! Pastikan bawa keluarga, anak atau cucu sekalian hehe.

110. Pantai Watu Pecah

sehabis dari pantai gatra, jangan lupa sempatkan main pula ke pantai yang satu ini. Namanya Pantai Watu Pecah. Waktu terindah untuk menikmati pantai ini adalah sore hari, karena bakal ada ombak yang tinggi-tinggi banget. Plus, ada sunsetnya juga! Wih! Ngga heran memang kalau sebagian pengunjung bila kalau Pantai Watu Pecah ini Raja Ampatnya Malang. Keren lah pokoknya!

111. Pantai Pesanggrahan

Pemandangannya keren, suasananya juga asyik karena masih benar-benar alami. So, cocok banget nih buat kamu yang cari tempat camping eksotis. Sayangnya, Pantai Pesanggrahan belum dikelola secara maksimal. Meskipun pengunjung yang datang ke pantai ini bisa dibilang lumayan banyak. Khususnya pada saat weekend dan libur nasional.

112. Pantai Taman Ayu

Pantai Taman Ayu memiliki ciri khas yang sama dengan pantai Malang Selatan lainnya, yaitu gelombang laut atau ombak yang cukup besar. Pasirnya berwarna putih kecoklatan. Sehingga pemandangannya nampak eksotis apabila di foto dari kejauhan. Semilir angin pantai membelai, membangkitkan semangatmu usai dihajar rutinitas pekerjaan dalam sepekan.

113. Pantai Wedi Awu

Overall, pantai ini cantik sekali. Foto di atas adalah gambaran dari Pantai Wedi Awu di hari biasa. Terbilang cukup sepi, bak layaknya pulau pribdai hehe. Sayangnya, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Ditambah lagi dengan faktor badan jalan yang cukup sempit. Sehingga kalau kamu berpapasan dengan mobil lain, maka kamu harus memperlambat laju. Bahkan tak jarang harus sedikit keluar jalur.

114. Pantai Ngandol

Jangan bilang anak pantai kalau belum pernah main kesini. Ya, Pantai Ngandol! Pantai yang berada di wilayah Malang Selatan ini masih sepi banget lho. Cocok banget nih buat kamu yang cari spot liburan bernuansa kalem dan tenang. Selain itu, jarang ditemui banyak sampah di pantai ini. Wajar deh kalau air lautnya berwarna biru jernih. Oh iya, Pantai Ngandol juga terkenal dengan hiasan bunga pandannya yang memekar berwarna merah.

115. Pantai Tiga Warna

Jalan untuk menuju Pantai Tiga Warna memang sangatlah jauh. Untungnya, semua usaha yang kamu lakukan akan terbayar dengan lunas. Karena disini nuansa pantainya bener-bener keren dan bagus. Kamu pun juga bisa snorkeling. Oh iya, sebelum masuk, barang yang dibawa pengunjung harus dicek terlebih dahulu. Begitu pula saat keluar dari pantai, barang pengunjung juga harus dicek lagi agar tidak ada sisa sampah satupun yang tertinggal di Pantai Tiga Warna ini

116. Pantai Kuncaran

Ternyata pantai ini masih satu pintu dengan Pantai Ngudel, yakni di sebelah baratnya. Ya, Pantai Kuncaran menyuguhkan keindahan eksotis. Khususnya di kala senja (sore) atau pagi hari. Suasananya yang sepi tentu saja akan membuatmu betah berlama lama disini.  Tetap berhati-hati ya selama kamu berenang di tepi pantai, karena ombak disini terkenal cukup besar. Oleh karena itu, saat terbaik bermain air di Pantai Kuncaran adalah musim surut.

117. Pantai Bantol

Pantai Bantol memiliki gelombang pantai yang tidak begitu besar. Sebab gelombang tersebut terhalang oleh sebuah teluk yang dilindungi oleh batu karang di sepanjang pantai. Sehingga aman pantai ini aman bagi semua umur, khususnya anak anak yang ingin bermain di bibir pantai. Pemandangan yang ditawarkan Pantai Bantol juga tak kalah bagus dengan pantai Malang lainnya.

118. Pantai Ngudel

Pantai Ngudel menyuguhkan sebuah pemandangan yang tak kalah bagus dan keren dengan pantai lain di seluruh Indonesia. Karena pihak pengelola pantai ini telah menata rapi pohonnya, lingkungannya pun juga masih bersih. Sangat disarankan untuk kamu yang mau datang ke Pantai Ngudel sebaiknya di hari aktif atau bukan liburan. Biar ngga terlalu rame alias sepi, bak layaknya pantai pribadi hehe.

119. Pantai Sendang Biru

Sebenarnya pantai ini kurang menarik di hampir mata semua pengunjung. Hal ini dikarenakan lingkungan Pantai Sendang Biru yang banyak sejali ditemui sampah-sampah tergenang. Terkesan tidak dirawat atau sengaja tidak dibersihkan. Sehingga memaksa wisatawan untuk menyeberang menggunakan perahu menuju Pulau Sempu. Sementara Pulau Sempu tampak masih alami dan bersih. Ombaknya tenang. Bahkan pasirnya saja masih putih bersih.

120. Pantai Karang Bolong

Pantainya bagus banget! Harga tiketnya pun masih terjangkau. Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Karang Bolong adalah senja atau sore hari. Disini kamu bisa menyewa ATV, sebuah kendaraan motor beroda empat, sembari menyusuri pantai. Bisa juga dengan menaiki karang sambil melihat sunset. Pastinya ini akan menjadi pengalaman terindah yang tak terlupakan.

121. Pantai Watu Lepek

Pantai Watu Lepek memang tidak terlalu luas, jika dihitung-hitung, mungkin panjangnya hanya beberapa puluh meter saja. Meski demikian, lingkungan pantai ini masih sangat alami. Pemandangannya sungguh menakjubkan. Akses jalan yang dilalui juga mudah. Tidak terlalu terjal, sehingga bisa dilalui mobil tanpa kendala berarti.

Pastikan kamu berangkat saa cuaca cerah, jika tidak maka akan menyebabkan ban mobil menjadi slip. Kerennya lagi, Pantai Watu Lepek ternyata masih gratis. Tak lain karena memang belum dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat.

122. Pantai Karang Tengkorak

Pantai yang lumayan indah. Hampir jarang dikunjungi karena medannya memang terkenal sulit. Sehingga dibutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai pantai yang cantik ini. Kabarnya, Pantai Karang Tengkorak masih belum diresmikan oleh pemerintah setempat. Wajar jika tidak ada tiket masuk alias gratis.

123. Pantai Bangsong

Ternyata Pantai Bangsong ini bersebelahan dengan Pantai Teluk Asmara. Karena memang terletak di kawasan 3 pantai sekaligus. Pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pasir putih yang luas. Ditambah lagi dengan gugusan pulau-pulau kecil, tepat di depan Pantai Bangsong! Fasilitas dari pihak pengelola sudah cukup lengkap sebab pengunjung yang datang terbilang cukup banyak.

24. Pantai Pasang

Pantai Pasang memiliki keunggulan berupa sunsetnya yang sangat indah. Disini kamu bisa bersantai sembari mendengarkan deburan ombak pantai yang saling bersahutan. Pantai ini masih sepi karena belum banyak yang tahu keberadaannya. So, buat kamu para pemimpi pulau pribadi, sepertinya Pulau Pasang ini beneran cocok buat kamu banget deh! hehe.

125. Pantai Kondang Iwak

Sama halnya seperti Pantai Pasang, belum banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Sehingga cocok untuk menjadi spot camping atau sekedar piknik tipis tipis. Mau mancing juga bisa. Sayangnya, akses jalan yang dilalui cukup sulit. Masih berbatu dan sangat terjal. Ditambah lagi dengan lebar jalan yang agak sempit. Ngga heran memang kalau pantai ini sepertinya cocok bagi para penggemar motor trail atau offroader.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!