⌂ Home > Blog > Uncategorized > Kelebihan & Kekurangan Mazda2

Kelebihan & Kekurangan Mazda2

TravelBos.id akan membahas kelebihan dan kekurangan mobil Mazda2. Mazda2 termasuk kategori mobil hatchback atau city car yang memiliki kesamaan dengan dua mobil pabrik jepang yaitu Honda jazz dan Toyota yaris, padahal jika kita mau menelusuri lebih luas lagi sebenarnya mobil hatchback atau city car ini yang mempunyai kualitas yang bagus tidak hanya dua mobil pabrik jepang tersebut. Selain termasuk kategori mobil hatcback / city car, Mazda2 adalah salah satu mobil hatchback yang dikemas dengan tampilan modern serta membawa performa mesin gahar yang tidak kalah dengan mobil hatchback buatan jepang.

Baca juga Merawat Mobil Sendiri dengan Mudah

Mazda2 pertama kali mendarat di Indonesia pada pertengahan tahun 2009 yang sengaja khusus didatangkan untuk menggeser dominasi mobil hatchback Toyota Yaris dan Honda Jazz. Seperti yang kita ketahui untuk kelas mobil hatchback di tanah air pada waktu itu didominasi oleh kedua mobil Jepang tersebut, sehingga melihat hal itu pabrik Mazda untuk mengirimkan mobil Mazda2 ke tanah air atau negara Indonesia ini, lahir dengan membawa misi yang besar yaitu mengalahkan Toyota Yaris dan Honda Jazz, pabrik Mazda sudah sangat sadar apabila mobil hatchback terbarunya harus dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni serta beberapa kelebihan yang harus ditawarkan kepada konsumen.

Tampilkan menarik dengan diluncurkannya tampilan yang lebih elegan dengan fitur-fitur andalan baru. New Mazda2 merupakan mobil pertama di kelasnya yang menggunakan light emitting diode type headlamps (fitur standar di tipe R dan RZ). Lalu ada alloy untuk menghasilkan warna yang berkesan sekaligus negara ramah lingkungan dan tujuan wheel warna yang lebih berkilau pada tipe R dan RZ, dan desain bumper depan yang sporty, side spoilers, roof spoilers, dan lampu sen pada eksterior kaca spion sebagai fitur standar di seluruh rangkaian new Mazda2.

Baca juga Spedometer Mobil: Bagian, Fungsi & Cara Merawatnya

Langkah awal yang dilakukan pabrik mazda2 untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya, pabrikan mazda2 melahirkan mobil hatcback terbarunya dengan dua varian yakni Tiper R dan S. Secara garis besar kedua type mobil itu sama, yang membedakan hanya pada bagian body kit serta penggunaan velg yang mempunyai tampilan yang lebih sporty dan telah disematkan single airbags pada type R. Sementara untuk typenya yang satu lagi spesifikasinya dipangkas, akan tetapi untuk urusan performanya keduanya memiliki tenaga yang responsif. Performa mesin yang responsif pada mobil ini juga salah satu kelebihan yang ditawarkan pada mobil ini.

Berikut adalah fitur fitur unggulan Mazda2 terbaru

Light Emitting Diode Reflector Type Headlamps

Tipe R dan RZ dari New Mazda2 menghadirkan sistem pencahayaan depan yang baru. Alih menggunakan bohlam halogen atau xenon, sistem ini menggunakan light emitting diodes (LED) yang memiliki beberapa kelebihan:

  1. Konsumsi daya listrik yang rendah yaitu 16 watt di bandingkan penggunaan 55 – 60 watt, untuk halogen 35 watt dan 60 watt untuk bohlam xenon HID.
  2. Daya hidup yang sangat panjang, dengan lebih dari 10.000 jam operasional dibandingkan lampu halogen yang memiliki waktu operasional 1.500 – 2.500 jam dan xenon HID dengan 2.500 – 3.500 jam waktu operasional.
  3. Visibilitas yang lebih baik (sehingga tentunya lebih aman) pada malam hari, di karenakan temperatur warna LED yang serupa dengan sinar matahari.
  4. Objek – objek yang disinari cahaya LED dapat dilihat secara jelas dan natural. Sebagai contoh temperatur warna dari lampu halogen adalah 3.800 kelvin, temperatur warna xenon HID 4.300 kelvin sementara temperature warna LED adalah 5.500 kelvin.

Baca juga Cara Merawat Mobil Kijang dengan Rutin

Komponen-komponen head lamp ini mencakup:

  1. Lampu depan (LED)
  2. Lampu cahaya utama untuk lampu rendah dan tinggi (LED)
  3. Lampu tambahan untuk mendukung lampu utama saat penggunaan lampu tinggi (LED)
  4. Lampu sen (halogen, 21W)
  5. Desain bumper seragam

Seluruh rangkaian New Mazda2 kini dilengkapi dengan desain bumper depan yang sporty (termasuk fitment lampu kabut), side spoilers, roof spoilers dan lampu sen pada bagian eksterior kaca spion. Satu-satunya perbedaan yang terlihat diantara seri V dan seri R/RZ adalah seperti yang diuraikan sebelumnya yaitu LED reflector type headlamps dan ukuran roda/ban. Tipe V masih menggunakan halogen reflector headlamps standar dan roda 15 dengan ban 185/55R15.

Pelek 16″ Aluminium untuk Tipe R dan RZ

Tipe R dan RZ New Mazda2 hadir dengan alloy 16″ yang memiliki finishing lebih berkilau dari pada model sebelumnya, namun ukuran serta desain roda tetap sama.

Perpanjangan Knalpot Chrome

Sebelumnya perpanjangan knalpot chrome hanya ada di tipe RZ. Dengan diluncurkannya New Mazda2, kini perpanjangan knalpot chrome ini diaplikasikan ke seluruh rangkaian, dari V MT hingga RZ AT. Perpanjangan knalpot chrome kini digunakan untuk V MT hingga RZ AT.

Baca juga Bahaya atau Tidaknya Menggunakan Ban Vulkanisir

Auto Fold System

Auto fold system untuk power folding exterior mirrors awalnya hanya tersedia untuk tipe R AT dan RZ AT. Namun kini, tipe R MT hadir dengan sistem serupa. Setelah mengunci seluruh pintu menggunakan remote, sistem ini secara otomatis melipat kedua kaca, agar tidak mengganggu jalan.

Mazda Advance Keyless Entry (RZ model)

Advance Keyless Entry memungkinkan pengendara untuk membuka atau mengunci pintu dan bagasi serta menghidupkan dan mematikan mesin kendaraan tanpa perlu mengoperasikan anak kunci, selama anak kunci berada dalam jangkauan sensor.

Speed Sensitive Auto Door Lock System untuk Model MT

Pada tipe sebelumnya, speed sensitive auto door lock system hanya tersedia untuk transmisi otomatis di semua tipe. Namun kini sistem tersebut dihadirkan pula untuk varian transmisi manual, menjadikannya tersedia di seluruh varian. New Mazda2 hadir dengan serangkaian pilihan warna menarik seperti true red, spirited green metallic, arctic white, black mica, aquatic blue mica, metropolitan grey mica, dan highlight silver metallic.

Berikut adalah artikel tentang kelebihan dan kekurangan dari mazda2, semoga dari artikel ini bisa membuat anda lebih mengerti tentang mazda2 dan menambah wawasan anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!