⌂ Home > Blog > Uncategorized > Kelebihan dari Mesin Turbo

Kelebihan dari Mesin Turbo

Di zaman modern ini, banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan mesin turbo. Turbo ini bisa ditanamkan pada mesin bensin ataupun mesin diesel. Mesin turbo ini bertujuan untuk mendapatkan tenaga yang besar pada putaran mesin tertentu.

Beberapa tahun yang lalu, mesin turbo hanya dipasang pada mobil yang berkarakter SUV, akan tetapi saat ini mesin turbo juga dipasang pada mobil sedan dan MPV. Mesin turbo ini selain memberi pengalaman berkendara yang unik pada penumpang, juga memberi keuntungan pada produsen. Efek dari turbo tersebut yaitu dapat meningkatkan tenaga maksimum mobil dari 100 Hp ke 140 Hp.

Baca juga artikel: 8 Cara Merawat Mesin Diesel.

Kelebihan dari mobil turbo dibanding mobil dengan mesin turbo adalah tenaga maksimum yang lebih besar. Yang kedua adalah masalah sensasi yang memacu adrenalin. Sementara itu, kekurangan dari mesin turbo adalah perlunya perawatan ekstra terutama pelumasan. Kekurangan lainnya adalah perlunya beradaptasi dengan turbo mobil karena jika tidak maka hentakan turbo justru mengagetkan driver dan bisa berakibat fatal.

Mesin turbo adalah mesin biasa yang dilengkapi dengan kipas yang digunakan untuk memasukkan udara yang lebih pada ruang bakar sehingga pembakaran bisa lebih optimal. Turbo Charger dan Turbo Intercooler merupakan kelengkapan turbo yang baik. Turbo intercooler berfungsi menyeimbangkan suhu agar mesin tidak terlalu panas akibat pasokan udara yang banyak. Sedangkan turbo charger berfungsi untuk memasukkan udara.

Mesin turbo yang terpasang ini memiliki perbedaan dengan mesin turbo yang digunakan untuk pembalap. Pada mobil balap modifikasi turbo bisa diaktifkan dengan menekan panel turbo, akan tetapi pada kebanyakan mobil sekarang turbo akan aktif secara otomatis saat mesin berjalan pada kecepatan dan putaran mesin menyentuh angka tertentu.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!