⌂ Home > Blog > Uncategorized > Harga, Spesifikasi, Keunggulan & Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Harga, Spesifikasi, Keunggulan & Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga diesel sudah menjadi model baru yang keluar sejak tahun 2017, mobil ini memiliki berbagai hal kelebihan dari mulai mesin yang memiliki performa tinggi dibandingkan mobil yang berbahan bakar bensin lainnya. Mobil Ertiga diesel ini mampu menanjak nanya dengan kemiringan yang sangat luar biasa sedangkan untuk mobil berbahan bakar bensin kekuatannya cukup terbatas. Untuk itu inilah beberapa alasan kenapa mobil-mobil truk bus atau juga SUV menggunakan mesin diesel dan mesin bensin, hal ini dikarenakan torsi yang dimiliki mesin diesel sangat besar dan mampu membawa beban yang cukup berat. Lalu Bagaimana jadinya jika mesin diesel diaplikasikan pada mobil bersemen si kecil seperti Suzuki Ertiga? Tentu saja kekuatan mesin ini akan mampu membawa mobil kecil ini ke tempat-tempat yang cukup sulit untuk dijangkau seperti mobil-mobil MPV bensin seperti Mobilio, Xenia dan jenis mobil mobil MPV lainnya.

Banyak orang telah meriview dan merasakan sendiri sensasi dalam mengendarai mobil diesel yang tangguh seperti traktor, menanjak di jalanan dan juga di jalanan pegunungan yang mayoritas jalanannya cukup menantang nyali. Biasanya kendaraan yang digunakan untuk menanjak jalanan tersebut adalah Mitsubishi L300 diesel dengan beban yang dibawahnya seperti pupuk lebih dari 1,2 ton tetapi mobil tersebut dapat menanjak dengan sangat mudah. Ada juga yang menggunakan mobil Suzuki Katana untuk menanjak namun tidak sampai seperempat jalan mungkin mobil tersebut akan sangat susah untuk dikendalikan. Dari sini diketahui dan sudah cukup terlihat bahwa ketangguhan mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin memang sangat berbeda.

Ertiga diesel ini merupakan mobil yang menjadi hal yang cukup diminati oleh banyak orang bahkan akan mengubah pasar mobil yang low MPV seperti avanza, Mobilio dan lain sebagainya. Bandrol harga untuk Ertiga diesel ini cukup murah yakni sekitar 220 jutaan bahkan bisa dibilang bawa mobil ini merupakan mobil MPV 7 seater diesel termurah yang ada di Indonesia.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga diesel ini merupakan mobil yang bermesin diesel dan berkapasitas 1248 cc atau 1,3 liter, mesin yang digunakan berteknologi SHVS atau disebut juga Smart Hybrid Vehicle Suzuki. SHVS adalah penggabungan teknologi cerdas untuk menghemat bahan bakar dan juga meningkatkan performa mesin seperti memakai teknologi rem yang dapat menyimpan energi untuk digunakan saat dibutuhkan, jadi pengurangan laju mobil atau pengereman dapat dimanfaatkan untuk mengisi energi mobil yang nantinya juga dapat digunakan pada waktu dibutuhkan. Dilengkapi pula dengan teknologi ISG atau Idle Stop Start, Torque Assist Function, Gear Shift Indicator, Brake Energy dan masih banyak lagi teknologi terbaru yang diaplikasikan pada mobil semi Hybrid bermesin diesel Suzuki Ertiga diesel ini.

Tak hanya teknologi yang cerdas dan mumpuni, mobil ini juga menggunakan mesin diesel generasi paling baru yang sudah memakai Diesel Commonrail Direct Injection dengan menggunakan turbo charger yaitu mesin yang menggunakan 4 silinder yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 88,5 Hp (ukuran yang cukup besar untuk ukuran mesin diesel dengan silinder hanya 1200 cc). Pemanfaatna turbo charged ini yang mampu melonjakkan tenaga hingga 88,5 Hp.

Harga Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga diesel dibanderol dengan harga yang selisihnya 30% dari Suzuki Ertiga yang ada pada umumnya. Jika dihitung harga dari Suzuki Ertiga di sini sekitar 275 juta sampai 325 jutaan dengan varian terendah 275 juta dan varian termahal nya 325 juta, hal tersebut mengacu pada harga Suzuki Ertiga sekarang yang dimulai dari harga 184 juta sampai 224 juta tergantung dengan variannya.

Baca juga: Proses Penanganan & Perawatan Audio Mobil

Kelebihan & Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel

Kelebihan:

  • Mesin ini mampu dan tanggung jika dipakai di jalanan yang menapak terjal
  • Harga yang cukup terjangkau dengan kualitas mobil mesin diesel yang cukup mumpuni
  • Ukuran kompak karena membeli ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu boros dan lagi dimensinya yang seukuran dengan mobil-mobil low MPV sehingga menjadikan mobil ini cukup enak jika dikendarai di perkotaan
  • Memiliki torsi maksimum yang didapat pada putaran rendah yakni 1750 Nm, jadi cukup sedikit menginjak gas maka mobil pun akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya dalam mengangkut beban ataupun membawa penumpang
  • Konsumsi bahan bakar Ertiga diesel yang sangat irit karena penerapan teknologi yang cukup canggih
  • Mobil ini juga telah didukung ketersediaannya dalam sparepart maupun teknisi yang memadai dan merata di seluruh wilayah.

Kekurangan:

  • Mesin diesel saat ini memiliki getaran yang sudah jauh berkurang dibandingkan dengan getaran mesin diesel zaman dahulu namun tetap terasa jika dibandingkan dengan mesin bensin keterampilan sosial lebih besar
  • Polusi udara yang ditimbulkan juga lebih banyak dibandingkan dengan mesin pensil meskipun teknologi mesin diesel sudah sangat maju namun Polusi yang dihasilkan masih belum bisa mengalahkan bersinnya mobil baru bermesin bensin
  • Memiliki tarikan yang kurang cepat merupakan khas dari mesin diesel dan bagi seseorang yang menyukai sport balapan jangan memakai mobil ini karena akan menghambat laju mobil dibandingkan dengan mobil bermesin bensin yang bagus dalam bergerak karena enteng.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!