⌂ Home > Blog > Uncategorized > Fungsi MID Pada Mobil & Kegunaan Setiap Komponennya

Fungsi MID Pada Mobil & Kegunaan Setiap Komponennya

Sebenarnya untuk mengetahui kondisi mobil bukanlah hal yang sulit bagi para pengemudi. Karena pada dasarnya setiap pabrikan mobil sudah membuatkan parameter untuk memberi notifikasi ketika ada perubahan atau kondisi yang tidak bagus pada kendaraan. Meskipun setiap kendaraan tidak memiliki keseragaman dalam menyampaikan pesan lewat notifikasi, pada kenyataannya simbol-simbol yang ia berikan sudah cukup membantu.

Multi information display atau MID adalah salah satu parameter yang berguna untuk menampilkan informasi tentang situasi yang terjadi pada mobil atau lingkungan di sekitarnya. Letak dari multi information display ini pada bagian dasbor sehingga dapat melihatnya dengan mudah ketika berkendara.

Baca juga: Cara Merawat Interior Mobil Agar Bersih & Nyaman

Setiap pabrikan mobil membuat MID dengan ragam desain tapi kebanyakan mereka memanfaatkan layar berupa LCD. Semakin bagus MID maka informasi yang akan ditampilkan tentu semakin banyak dan bermanfaat, informasi umum yang biasa ditampilkan yaitu rata-rata konsumsi BBM, tekanan ban mobil, suhu di dalam kabin, suhu di luar mobil, dan lain sebagainya.

Sayangnya tidak semua kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur MID ini karena ia masih tergolong baru, anda tidak akan menemukan fitur MID pada mobil yang berumur tua atau mobil-mobil low entry.

Daftar Komponen Multi Information Display (MID) Standar

  1. Odometer: berguna untuk menampilkan informasi jarak tempuh kendaraan dari awal berkendara sampai ke tempat yang sudah dicapai.
  2. Tripmeter: berguna untuk menampilkan jarak yang sudah ditempuh dari tempat satu ke tempat lainnya.
  3. Current fuel consumption: menampilkan jumlah konsumsi bahan bakar mobil. Biasanta tampilan current fuel consumption ini akan berbeda informasi yang dihasikan setiap berkendara, tergantung dari injakan gas dan gaya mengemudi. Update yang dia la lakukan setiap dua detik sehingga dapat dikatakan cukup akurat.
  4. Average fuel consumption: jumlah konsumsi rata-rata BBM pada mobil
  5. Average speed: menampilkan informasi kecepatan rata-rata laju mobil
  6. Elapsed time: memberikan informasi mengenai umur mesin mobil yang hidup, dari awal mesin dinyalakan saat setelah mobil dirakit sampai saat itu juga
  7. Outside temperature: menunjukkan kondisi suhu luar kabin mobil
  8. Cruising range: menampilkan informasi terkait jarak yang dapat ditempuh dengan mempertimbangkan sisa bahan bakar pada tangki.
  9. Pengingat: bermanfaat sebagai alat pengingat kapan ganti oli, rotasi ban mobil, servis, dan lain sebagainya.

Baca juga: Speedometer Mobil : Bagian, Fungsi & Cara Merawatnya

Keberadaan MID ini ternyata sangat membantu para pengemudi dalam mengenali kondisi kendaraannya. MID dapat mempermudah pengemudi dalam mengambil keputusan ketika hendak melakukan sesuatu. Bahkan fitur ini dapat menambah daya tarik kendaraan ketika hendak dijual karena dapat menampilkan informasi secara mendetail mengenai kondisi mesin pada saat itu. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai kegunaan dari MID sendiri.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!