⌂ Home > Blog > Uncategorized > 6 Fungsi Differential Gear Mobil

6 Fungsi Differential Gear Mobil

Pada pembahasan kali ini kita kembali mengulas berita tentang dunia otomotif sobat, jika berbicara mengenai otomotif pasti yang terbayang dalam benak anda adalah mobil atau motor tentunya.

Kendaraan bermotor bisa bergerak karena ada mesin penggeraknya. Apakah anda mengetahui mesin penggerak tersebut,apa nama dari mesin penggerak kendaraan bermotor? Pada artikel kali ini kita akan mengupas mesin penggerak kendaraan bermotor pada mobil. Mesin penggerak kendaraan bermotor di sebut dengan Differential atau di kenal dengan Gardan. Gardan merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan karena berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda.

Putaran roda semuanya berasal dari proses pembakaran di dalam ruang bakar kendaraan. Proses pembakaran inilah yang akan menggerakkan piston turun dan naik, lalu gerak naik turun piston akan di teruskan untuk memutar poros engkol. Kemudian gerak putar poros engkol akan di teruskan untuk memutar flywheel atau di kenal dengan roda gila. Putaran flywheel akan di teruskan memutar kopling, kemudian di teruskan lagi  memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan kalian dapat berjalan.

Karena memang kedua jenis kendaraan ini sangatlah tinggi jam terbangnya dalam membantu kita menjalankan semua kesibukan atau aktifitas kita sehari – hari. Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan bahas mengenai fungsi salah satu komponen yang terdapat dalam mobil. Adapun komponen tersebut adalah differential gear yang sama pentingnya dengan komponen mesin mobil, tentunya bagi kalian semua yang memiliki kendaraan roda dua atau mobil beroda empat pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen mobil yang satu ini ya sobat karena memang komponen ini sangat memberikan pengaruh terhadap performa atau kinerja mobil anda sendiri.

Baca juga artikel lainnya dari travelbos Beberapa Cara Merawat Mobil Timor Bagi Anda

Bagi kalian semua yang ingin mengetahui fungsi dari different gear tersebut dan ingin menambah wawasan tentang dunia otomotif, ada baiknya semua menyimak ulasan berikut ini. Karena seperti yang kami kata pepatah mengatakan semakin banyak membaca semakin banyak tau. Differential gear atau biasa disebut dengan komponen garden mobil merupakan sebuah komponen yang ada pada setiap mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelummnya melewati transmisi dan propeller shaft. Sedangkan untuk fungsi differential gear secara detail tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Merubah Arah Putaran Mesin. Fungsi differential gear yang pertama ialah melakukan pengubahan terhadap arah putaran pada bagian mesin, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa posisi mesin pada mobil jenis truk atau khususnya mobil yang biasanya menggunakan as kopel, memiliki posisi mobil yang memanjang kedepan. Sehingga arah putaran dari roda jelas tidak searah dengan arah putaran dari roda, differential gear atau garden inilah yang bekerja untuk membuat arah putaran dari mesin menjadi searah dengan putaran arah roda yang tadi.
  2. Memperbesar Momen. Fungsi differential yang kedua ialah untuk mengubah ukuran moment menjadi lebih besar dari ukuran semula. Momen adalah tenaga putaran dari sebuah benda yang berputar, putaran poros engkol mempunyai tenaga atau moment. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat adalah kecil begitupun dengan sebaliknya tenaga dari suatu benda yang berputar dengan lambat adalah besar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa selambat – lambatnya mein berputar pasti memiliki kecepatan minimal 600 rpm. Maksud dari kalimat ini adalah dalam satu menit poros engkol berputar  selama 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggi yang memiliki hingga kecepatan 12 000 rpm atau sama juga dengan dua kali lipatnya. Kata lainnya adalah berarti poros engkol berputar 12 000 kali dalam satu menit. Supaya tenaga dari poros ini menjadi lebih besar, maka kecepatan putaran poros engkol ini harus di perlambat. Komponen yang bertugas untuk memperkecil atau sama juga dengan memperlambat engkol tidak lain adalah differential gear atau gardan kendaraan anda. Gardan akan memperlambat kecepatan putaran dari poros engkol, Sehingga tenaga putar yang dihasilkan atau moment yang di hasilkan menjadi lebih besar dan mobil dapat bergerak dan berjalan. Besar juga ternyata fungsi dari gardan ini terhadap kendaraan yang sedang kita semua gunakan sekarang untuk keperluan kalian masing – masing.
  3. Membedakan Putaran Roda Kiri dan Kanan Saat Berbelok. Pada saat mobil akan berbelok ke kanan atau kiri, putaran roda mobil bagian dalam akan cenderung lebih lambat dari pada putaran roda mobil bagian luar. Maksud dari hal ini supaya mobil dapat berbelok ke kanan dan ke kiri dengan baik dan tidak akan terjadi slip, mobil anda tikan akan bisa berbelok jika kedua roda kanan dan kiri selalu sama. Peran gardan disini membuat putaran roda kanan dan putaran roda kiri menjadi tidak sama. Sehingga mobil yang anda gunakan bisa berbelok dengan sangat baik.
  4. Gardan Mengubah Arah Putar 90 Derajat. Yang terakhir adalah fungsi dari differential ialah membantu bagian gardan untuyk mengubah arah putar 90 derajat, dengan adanya gardan dalam kendaraan anda, maka tenaga putar yang awalnya lurus dari mesin transmisi dan kompling akan diubah menjadi 90 derajat sehingga dapat memutar poros tersebut. Jika gear differential atau gardan ini tidak ada mungkin mobil yang anda gunakan jalannya akan seperti kepiting tidak ke depan ataupun ke belakang, tapi jalannya akan menyamping. Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut :
  5. Saat Mobil Sedang Jalan Lurus. Kondisi saat mobil berjalan lurus, maka tenaga putar dari propeller shaft masuk ke pinion gear, dari drive pinion gear dihubungkan ke ring gear yang memiliki julah gigi yang lebih banyak, sehingga RPM ring lebih rendah dari RPM drive pinion gear tetapi torsinya akan bertambah.
  6. Saat Mobil Sedang Berjalan Belok. Saat kendaraan belok ke kiri, maka roda bagian kiri yang terletak pada sisi dalam akan mendapatkan tahanan putar dari roda yang berubah arah. Hal ini menyebabkan perbedaan berat antara gear A dan gear B, atau side gear bagian roda kiri akan lebih berat dari side gear roda bagian kanan, sehingga pinion gear akan berputar. Putaran yang di sebabkan perbedaan berat side gear ini menyebabkan side gear bagian kanan akan berputar lebih cepat, sehingga putaran roda kana dan kiri akan berbeda, Saat proses membelokkan ini terjadi.

Baca juga artikel lainnya dari travelbos 8 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Lebih Bertenaga

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi pada gardan mobile serta cara memperbaiki gardan mobil.

  • Bersuara dengung dan berisik. Hal ini disebabkan karena gear gardan yang sudah mulai haus sehingga menyebabkan timbulnya suara dengung dan berisik yang sangat mengganggu, maka cara memperbaikinya dengan benar adalah dengan mengganti gigi gardan mobil anda dengan yang baru sehingga dapat menghilangkan bunyi dengung dan berisik tersebut, dan penyebab suara dengung dan berisik tersebut juga bisa di di karenakan terlalu longgarnya jarak bebas dari gigi garden satu sama lainnya. Untuk memperbaikinya, anda hanya perlu menyetel uang jarak bebas pada gigi gigi gardan tersebut.
  • Kebocoran pada gardan mobil. Masalah lainnya yang sering terjadi pada garden mobil adalah ketika terjadi kebocoran yang menyebabkan oli gardan terus menerus merembes keluar. Banyak penyebab yang membuat gardan mobil anda mengalami kebocoran. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada garden mobil anda tentu saja anda harus melakukan perawatan rutin.

Baca juga artikel lainnya dari travelbos Cara Penggunaan Dan Bagian Bagian dari Rem Mobil

Itulah beberapa fungsi differential gear yang kami bagikan untuk kalian semua agarkita semua mndapat wawasan baru. Terima kasih telah membaca artikel yang kamitulis.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!