⌂ Home > Blog > Uncategorized > Dampak Mengganti Profil Ban Mobil

Dampak Mengganti Profil Ban Mobil

Bagi pemilik kendaraan roda empat atau mobil, anda perlu melakukan pergantian sparepart ataupun modifikasi pada bagian-bagian tertentu. Salah satu bagian yang paling sering diganti adalah velg dan juga ban mobil standar. Biasanya pengendara atau pemilik mobil yang mengganti ban mobil juga akan merubah profil ban serta lebar telapak ban dari standar pabrikan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tampilan yang lebih menarik.

Dari beberapa sumber dan ahli otomotif mengatakan Jika perubahan ukuran ban mobil tentu memiliki konsekuensi atau efek secara langsung terhadap kendaraan. Maka dari itu pemilik kendaraan tidak mengganti profil ban melebihi 1 ukuran dari profil ban standar bawaan pabrik kendaraan mereka. Berikut beberapa dampak dari merubah profil atau ukuran ban kendaraan antara lain:

Akselerasi Kendaraan

Jika pemilik mobil mengganti ban dengan telapak ban yang lebih besar maka luas bidang gesekan yang terjadi antara ban dan juga permukaan jalan juga akan bertambah. Hal tersebut menjadikan akselerasi mobil akan berkurang atau tarikan awalnya menjadi terasa lebih berat. Hal ini juga akan terjadi jika lebar telapak ban dibuat menjadi lebih kecil yang mengakibatkan mobil akan menjadi lebih bersih dan tarikan menjadi lebih ringan.

Pengereman

Walaupun telapak ban yang lebih besar akan membuat akselerasi berkurang, tetapi akan menambah friksi atau juga gesekan yang terjadi antara permukaan ban dengan permukaan jalan. Hal ini menimbulkan efek pengereman yang akan menjadi lebih efektif dan juga lebih baik. Sedangkan ban yang memiliki proses tapak lebih tipis maka akan membuat gas akan lebih sedikit hal tersebut mengakibatkan jarak dan waktu lebih banyak untuk melakukan pengereman.

Efisiensi Bahan Bakar

Menggunakan telapak ban yang lebar tentukan membuat gesekan antara ban dan permukaan jalan menjadi lebih besar. Maka hal tersebut menjadikan mesin akan bekerja lebih berat untuk dapat menggerakkan ban. Dampaknya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros dibanding dengan penggunaan ban standar yang memiliki telapak lebih kecil.

Radius Putar Minimum Kendaraan

Menggunakan telapak ban yang melebihi standar pabrikan kendaraan dan jika tidak mengikuti pengurangan pada jarak pijak akan berdampak yaitu menambah lebar keseluruhan posisi telapak ban. Hasilnya maka radius putar mobil juga akan menjadi bertambah. Sehingga Anda akan membutuhkan jarak yang lebih luas untuk berbelok tajam seperti saat akan melakukan u-turn. Sebaliknya jika dengan ban yang memiliki telapak ban lebih kecil tetapi tanpa menambah jarak pijak maka akan membuat ban lebih ke dalam sehingga jarak radius putar menjadi berkurang. Jika anda tidak menyadari hal tersebut dan juga anda salah perhitungan maka ban bagian belakang akan lebih cepat Mengikuti putaran kendaraan dan rentan menyangkut di pembatas jalan.

Dengan berbagai alasan tersebut maka baiknya anda memperhitungkan dengan baik sebelum merubah profil standar ban mobil anda. Anda perlu mengkonsultasikan dengan bengkel langganan Anda agar modifikasi yang anda lakukan tidak merugikan atau bahkan membahayakan keselamatan anda dan keluarga.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!