⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Penggunaan & Bagian – bagian dari Rem Mobil

Cara Penggunaan & Bagian – bagian dari Rem Mobil

Jika berbicara mengenai otomotif, sudah tentu dan sudah pastinya ada komponen yang disebut dengan rem yang merupakan salah satu komponen dari bagian otomotif itu sendiri. mungkin bagi kalian semua yang memiliki kendaraan roda empat atau mobil tentunya komponen yang satu ini sudahlah tidak asing buat anda semua. Namun hal yang penting yang harus anda ketahui adalah bagian – bagian dari rem tersebut serta bagaimana perawatan atau penggunaannya agar lebih awet. Semua, mungkin selama ini tidak terlalu mengetahui apa saja bagian – bagian dari rem tersebut serta cara penggunaannya. Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai rem mobil tersebut serta bagian – bagiannya secara detail agar pemahaman dan pengetahuan anda tentang rem mobil teersebut semakin bertambah. Berikut adalah ulasannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama rem mobil merupakan salah satu komponen yang peranannya sangat penting dan tergolong sangat vital dalam kendaraan kita. Adapun fungsi rem secara umum pada kendaraan adalah sebagai komponen yang bertugas untuk mengurangi kecepatan kendaraan atau bahkan memberhentikan sama sekali.

Jadi bisa kita simpulkan apabila rem ini tidak ada atau terjadi masalah, sudah barang tentu perfoma kendaraan anda juga pastinya akan bermasalah. Bahkan bukan hanya itu saja, apabila rem kendaraan anda juga pastinya akan bermasalah tentunya akan mengancam keselamatan anda juga. Untuk itu ada baiknya bagi kita semua mengetahui apa saja bagian – bagian dari rem tersebut serta cara penggunaannya agar awet. Baca Juga Artikel Kami Yang lain Di Bawah Ini: Bagian Kopling Mobil, Beserta Fungsi & Cara Penggunaan yang Tepat Agar Awet

Bagian – Bagian Rem Mobil

Berikut ini adalah bagian – bagian dari rem mobil serta cara penggunaannya yang bisa menambah wawasan.

  • Backing Plate. Bagian yang pertama adalah backing plate. Adapun backing plate ini adalah piringan berbahan logam tipis yang berada tepat di belakang sistem rem. Backing palate ini berfungsi sebagai rangka sekaligus pelindung komponen rem yang lainnya.
  • Silinder Roda. Bagian kedua dari rem mobil adalah silider roda. Silinder roda berfungsi untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis, pada sistem pengereman, terdapat beberapa jenis silinder roda yang digunakan tergantungjenis rem yang di gunakan pada suatu kendaran mobil tersebut.
  • Sepatu Rem Dan Kampas. Bagian yang ketigaadalah sepatu rem dan kampas atau bnisa di sebut brake shoe. Brake shoe ini berfungsisebagai tempat meletakkan kampas rem pada rem itu sendiri. Pada rem cakram ini disebut dengan nama brake pad. Adapun brake shoe ini berbentuk setengah lingkarandan berjumlah dua yang apabila digabungkan akan membentuk sebuah lingkaran.
  • Return Spring (Upper Spring dan Lower Spring). Adapun fungsi utama dari retur spring ini adalah untuk mengembalikan posisi sepatu rem setelah atau seusai proses pengereman berlangsung. Pada saat anda menekan pedal rem, maka sepatu rem harus bisa kembali mengincup.
  • Brake Shoe Holder. Adapun brake shoe holder ini adalah bagian dari rem mobil yang terdiri dari sebuah pin yang memiliki pengunci per dan plat penekan. Ketiga bagian ini saat di pasangkan akan menjaga akan menjaga sepatu rem akan tetap menempel tetapi masih bisa digerakkan ke kiri dan ke kanan.
  • Brake Shoe Adjuster. Adapun fungsi dari brake shoe adjuster ini adalah sebagai penyetel celah antara kampas rem tromol dengan permukaan tromol saat pedal rem ditekan. Nah jika bagian ini sedang bermasalah, sudah dipastikan akan sangat berbahaya. Perawatan pada bagian ini bisa digunakan untuk mengatasi rem mobil blong, jadi wajib anda perhatikan karena komponen ini penting bagi keselamatan anda.
  • Parking Brake Lever. Adapun fungsi dari parking brake lever ini adalah sebagai komponen yang berfungsi sebagai pada saat tuas ditarik, maka park brake lever ini akan tertarik juga. Nah tarikan tersebut akan mendorong brake shoe link untuk bergerak ke arah luar, sehingga kampas rem sekunder akan langsung memnempel dengan permukaan tromol. Bagian ini ternyata juga bisa membuat rem cakram mobil panas karena mungkin kurangnya perawatan atau pun penggunaannya yang sangat kasar.
  • Drum / Tromol Rem. Tromol re mini merupakan komponen berbahan baja tua yang berbentuk seperti drum atau tabung. Adapun fungsi dari drum ini sendiri adalah sebagai media gesekan bersama kampas rem agar putaran roda kendaraan yang anda pakai bisa berhenti. Bagian ini juga perlu dirawat, jika tidak maka akan bisa menjadi penyebab rem tombol macet atau bahkan tidak berfungsi.
  • Parking Brake Cable. Kabel ini merupakan bagian dari rem yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan gerakan tuas rem parking dengan parking brake lever yang ada pada rem.

Baca Juga Artikel Kami Yang lain Di Bawah Ini: 8 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Lebih Bertenaga

Cara penggunaan

Adapun cara penggunan rem mobil tersebut agar awet adalah sebagai berikut :

  • Lakukan Servis Rutin. Lakukan servis rutin setiap jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km . Hal ini perlu dilakukan agar petugas bengkel bisa memeriksa secara keseluruhan dari semua bagian rem pada pada kendaraan anda, sekaligus bisa melakukan perbaikan pada saat di temukan ada masalah pada salah satu dari bagian  atau komponen rem mobil anda. Namun untuk perawatan harian, anda bisa memahami cara servis mobil sendiri untuk mejaga kondisi mobil anda tetap dalam kondisi yang baik.
  • Berkendaralah Dengan baik. Budayakanlah berkendara dengan baik jangan tiba – tiba gas dengan kecepatan tinggi, dan jangan juga tiba – tiba pula melakukan pengereman secara mendadak. Hal seperti ini akan mempercepat performa rem mobil anda akan cepat menurun. Waktu ideal untuk ganti kampas rem depan akan segera anda temui. Jika kebiasaan buruk seperti itu tetap anda lakukan.
  • Sistem dan Cara Kerja Rem Mobil. Rem dirancang untuk mengurangi kecepatan atau memperlambat dan menghentikan kendaraan atau untuk memungkinkan parker pada tempat yang menurun. Peralatan ini sangat penting pada kendaraan dan berfungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin pengendaraan yang aman.

Baca Juga Artikel Kami Yang lain Di Bawah Ini: Beberapa Cara Merawat Mobil Timor Bagi Anda

Prinsip Kerja Rem 

Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin di bebaskan dengan pemindah daya. Kendaraan cenderung tetap bergerak. Kelemahan ini harus dikurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi kinetic kembali (energi gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaiknya, rem mengubah energi kinetic kembali menjadi energy panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) di peroleh adanya gesekan yang di timbulkan antara dua objek.

Mengerem membutuhkan skil dan pengalaman mengemudi, meskipun tidak semua pengemudi memiliki skil yang mumpunii, namun mengetahui cara mengerem yang baik menjadi salah satu pengetahuan yang seharusnya di miliki oleh setiap pengemudi. Kebiasaan mengerem yang baik bisa membedakan antara hidup dan mati, teknik mengerem bagus tidak hanya akan sedikit menimbulkan stress pada pengemudi dan penumpang.  Tapi juga memperpanjang umur  kendaraan itu sendiri.

Sekian informasi mengenai rem mobil beserta bagian – bagiannya dan sistem dan cara kerja rem mobil yang bisa kami share  buat anda semua pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua yang sudah membacanya terimakasih.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!