⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Merawat Pintu Geser (Sliding Door) Mobil

Cara Merawat Pintu Geser (Sliding Door) Mobil

Kebanyakan mobil berjenis MPV, menggunakan desain pintu sliding door atau yang sering disebut pintu geser. Pintu geser / sliding door banyak dipilih karena desainnya yang elegan mewah dapat menjadikan pintu pada kendaraan lebih praktis. Hanya saja, kelebihan yang ia miliki ini tidak lepas dari kebutuhan untuk merawatnya secara rutin. Mekanisme pintu geser mobil sangat perlu diperhatikan, karena hal ini dapat berakibat pada pintu yang macet dan berat ketika hendak dibuka. Jika sudah begini, tentu biaya perbaikan yang anda keluarkan bisa lebih mahal dibanding dengan biaya perawatannya.

Pintu geser / sliding door pada  mobil saat ini tersedia 2 kategori, dimana sliding door dapat dibuka secara manual dan otomatis. Sementara permasalahan yang kerap kali (ia alami yaitu pintu cenderung macet dan terhambat. Permasalahan seperti ini disebabkan oleh rel sliding door yang banyak kotoran dan berdebu, bisa juga terjadi karena pemilik memberikan pelumas yang salah pada bagian bearing dan rel sliding door. Bearing dan rel yang kekurangan pelumas tapi mengalami terlalu banyak gesekan akan membuat kinerja sliding door terhambat. Maka dari itu, anda perlu melakukan perawatan pintu geser (sliding door) mobil dengan baik dan seksama dalam kasus ini.

Baca Juga: Cara Agar Tidak Kantuk Saat Berkendara

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Sendiri di Rumah

Cara merawat mobil dengan pintu geser (sliding door) sangat mudah dilakukan sendiri di rumah. Perawatan pintu sliding manual dan otomatis sama saja. Cara pertama adalah dengan membiasakan diri membuka dan menutup pintu dengan maksimal. Membuka pintu sliding door secara tidak maksimal (menutup separuh) justru membuat rel yang tersisa lebih cenderung kotor dan berdebu.

Anda pun tidak di perbolehkan menutup pintu mobil sliding door ini dengan kasar. Jangan membuka terlalu kuat / membanting pintu kendaraan seperti ini. Karena tindakan seperti ini dapat merusak pengait pintu karena menerima hentakan yang terlalu keras.

Cara Membersihkan Debu Pintu Sliding Door Mobil

Dalam membersihkan pintu sliding anda hanya membutuhkan kuas / kain yang bersih. Buang semua debu dan kotoran yang menempel pada rel mobil sampai benar-benar bersih. Jika rel bearing sudah bersih, berikan cairan degreaser guna melarutkan kotoran-kotoran sisa pelumas yang sudah lama dan menempel tersebut. Jika sudah, anda tinggal mengelap bagian kotor tersebut dengan lap bersih.

Baca Juga: Bahaya atau Tidaknya Menggunakan Ban Vulkanisir

Setelah semua rel bearing sisa kotoran dan pelumas lama dibersihkan secara menyeluruh, kini anda dapat memberikan pelumas atau greaseR baru pada rel dan bearing pintu sliding. Berikan pelumas ini secukupnya saja, jangan terlalu banyak karena hal ini justru dapat mengikat debu lebih banyak nantinya. Jika sudah di berikan pelumas, anda bisa melakukan cek pintu sliding door ini dengan menggesernya secara perlahan. Hal ini tidak hanya untuk cek kondisi pintu, tapi dapat meratakan gemuk pada rel dan bearing agar lebih merata. Jika sudah, bersihkan gemuk pada tempat yang dibutuhkan atau keluar-keluar dari rel.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai cara merawat pintu geser mobil sendiri dirumah. Tentu cara ini sangat mudah dan tidak menghabiskan biaya yang besar. Dengan melakukan perawatan diatas secara rutin maka pintu sliding door otomatis dan manual anda dijamin awet tanpa adanya kerusakan kemudian hari.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!