⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Mobil Matic

Bagi orang biasa dan juga belum terbiasa memiliki mobil matic kebanyakan dari mereka masih memiliki pemikiran bawa mobil matic cukup merepotkan dari berbagai segi salah satunya adalah hal perawatan. Selain itu merawat mobil matic juga dianggap memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan mobil berjenis manual. Jika sudah muncul gejala kerusakan ringan maka anda perlu menyiapkan dan merogoh kocek dalam untuk memperbaikinya.

Tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat ini merawat mobil matic tidak lagi susah apalagi mahal. Yang anda perlukan hanyalah ketelatenan dan juga rajin untuk melakukan perawatan rutin dan mengecek kondisi semua pelumas untuk mobil matic tersebut. Salah satu bagian yang paling vital adalah kondisi oli matic yang digunakan.

Untuk perawatan oli matic ada baiknya jika diganti sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil. Pada umumnya oli matic perlu diganti jika telah mencapai angka sekitar 40 ribuan kilometer. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian-bagian lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan ataupun kebocoran yang dapat menyebabkan oli matic berkurang volumenya atau bisa jadi menyebabkan kotoran dapat masuk kedalam saluran oli matic. Jika ada tidak melakukannya bisa saja hal ini akan berpotensi besar untuk merusak transmisi matic mobil anda.

Tetapi angka 40 ribu km ataupun angka yang telah ditentukan oleh pabrik bukanlah jarak tempuh yang mutlak dan harus dituruti. Untuk kondisi perjalanan yang memaksa mobil untuk dikendarai secara stop n go seperti contohnya adalah macet dan juga ditambah cuaca yang panas sebaiknya oli matic diganti lebih cepat daripada ketentuannya. Misalkan separuh dari jarak tempuh yang semestinya. Ini dikarenakan akan membuat transmisi matic mobil akan menjadi lebih awet dan juga meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan.

Dan lagi tidak semua transmisi matic memiliki catatan kerusakan yang sama. Kebanyakan orang takut memiliki mobil matic karena pernah mendengar orang lain ataupun kerabat dekat yang memperbaiki mobil matic dan membayar ongkos yang sangat mahal namun hal tersebut belum tentu dialami oleh pemilik atau pengguna mobil matic lainnya. Selain dari usia pemakaian, riwayat pemakaiannya dan juga pemeliharaan juga sangat berpengaruh dalam menjadikan mobil matic lebih awet.

Pada umumnya kerusakan pada transmisi matic memang lebih sering terjadi pada mobil Jepang dibandingkan mobil Eropa. Hal ini dikarenakan banyak bengkel menyebutkan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang wajar karena memang kualitas komponen yang digunakan juga berbeda-beda. Namun dengan merawat mobil matic secara baik dan benar seperti yang telah disebutkan di atas maka memiliki mobil transmisi matic baik Jepang maupun Eropa bukanlah hal yang mahal dan sulit dirawat. Anda hanya perlu rajin dan juga telaten dalam merawat mobil matic yang anda miliki.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!