⌂ Home > Blog > Uncategorized > 13 Tips Cara Merawat Mesin & Body Mobil

13 Tips Cara Merawat Mesin & Body Mobil

Tips perawatan mobil bisa ditentukan oleh setiap orang yang mempunyai pengalaman merawat mobil pribadinya. Dalam hal perawatan tidak memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Paling penting pahami mana yang termasuk kebiasaan –kebiasaan baik dan mana yang buruk. Setiap orang pasti merasa senang setelah membeli mobil baru. Namun, jangan lupa untuk selalu merawat mobil baru agar tidak cepat rusak. Untuk merawat mobil baru, ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar mobil tetap terlihat prima. Cara merawat mobil ini bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan montir atau ahli mobil. Merawat mobil ini tidaklah wajib untuk dilakukan setiap hari. Setidaknya, perawatan ini di lakukan setiap 1 sampai 2 minggu sekali. Berikut ini adalah cara merawat mobil baru agar tetap prima dan oke. Baca juga artikel lain dari kami Kopling Mobil Otomatis dan Manual Serta Fungsinya

  1. Cuci mobil setiap kali kotor. Cara merawat mobil yang paling mudah adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Dengan mencuci mobil, noda – noda yang tersisa dan menempel di mobil setelah melakukan perjalanan akan hilang. Kotoran yang di biarkan begitu saja akan mengakibatkan penumpukan dan sulit untuk di bersihkah. Setelah selesai berpergian, mobil seharusnya segera di bersihkan menggunakan air bersih dan kemudian di keringkan menggunakan lap halus, seperti kanebo atau lap kering. Hal ini akan mencegah timbulnya efek baret pada cat body mobil. 
  2. Hindari menjemur secara langsung. Usahakan tidak parkir di tempat yang terbuka, carilah tempat yang teduh jika anda sedang beraktivitas di luaran. Jika terpaksa tidak ada tempat yang teduh untuk parkir karena lahan yang terbatas seperti halnya di daerah perkotaan, anda juga bisa menutupinya dengan kain penutup mobil yang anti panas dan mengandung anti UV. Terlalu banyak menjemur dan berinteraksi langsung dengan sinar matahari terlalu lama dengan jangka waktu yang lama bisa menjadi penyebab utama cat mobil gampang pudar atau juga bisa terlihat kusam. Selain itu akan terlihat retakan – retakan pada bagian tepinya.
  3. Gunakan mobil secara wajar dan jangan berlebihan. Cara merawat mobil baru juga harus memerhatikan penggunanya. Supaya performa mobil tetap stabil dan prima, gunakanlah mobil secara wajar dengan menggunakan transmisi sesuai kecepatan. Bila kecepatan rendah, gunakanlah gigi rendah, begitupun sebaliknya. Jangan lakukan pengereman secara mendadak karena bisa merusak kampas rem dan menimbulkan kerusakan lainnya.
  4. Ganti oli secara teratur. Anda harus wajib menggangti oli mobil setiap 6 bula sekali. Oli yang terlalu lama ada di dalam mobil akan mengalami pengendapan dan bisa membuat performa mobil menjadi tidak prima. 
  5. Gunakan bahan mencuci yang tepat. Tips perawatan mobil selanjutnya adalah pemilihan bahan pencuci yang tepat. Saat anda mencuci mobil sendiri di rumah, maka anda bisa menggunakan sabun ataupun shampo khusus untuk mencuci mobil. Jangan menggunakan sabun atau pun shampo secara sembarangan yang nantinya akan merusak cat mobil anda. Banyak yang tidak memperhatikan hal – hal yang sepele seperti ini. Bahkan banyak juga yang memakai sabun pencuci piring untuk mencuci mobil. Sungguh ironis, namun kenyataannya tidak bisa dipungkiri. Di lihat hasil akhirnya saja tanpa memperhatikan efek jangka panjang apa yang akan terjadi jika menggunakan sabun tidak sesuai dengan fungsinya.
  6. Gunakan BBM yang sesuai. Memilih bahan bakar yang sesuai dengan jenis standar mobil pun sangat memengaruhi ke awetan mesin mobil. Bila mobil menggunakan BBM jenis bensin, pilihlah Pertamax sebagai bahan bakarnya. Hal ini bisa membuat mesin tetap mempunyai performa yang prima.
  7. Merawat aki dan mengeceknya secara berkala supaya tidak tekor. Perawatan dan pemeriksaan aki secara rutin juga memengaruhi kondisi mobil. Merawat dan memeriksa kondisi aki secara rutin adalah bentuk antisipasi atas hal – hal yang tidak terduga, seperti halnya mobil mengalami kemogokan.
  8. Lakukan service secara berkala. Namanya kendaraan pasti perlu untuk di service sama halnya dengan manusia perlu untuk berobat ke dokter. Pengecekan secara menyeluruh saat service sangat baik untuk dilakukan agar mengetahui seberapa jauh kendala yang ada pada mobil anda. Jika tidak ada masalah berarti perawatan yang anda lakukan sehari – hari tidak sia – sia. Namun jika ditemukan terdapat masalah, bisa segera dilakukan penanganan lebih lanjut. Seperti halnya waktu untuk ganti oli, pemberian air aki dan lain sebagainya bisa terkontrol.
  9. Selalu periksa filter udara. Cara merawat mobil yang terakhir adalah periksa filter udara. Filter udara pada mobil berguna untuk menyaring debu dan kotoran yang akan masuk pada ruang pembakaran mesin mobil. Performa dan tenaga pada mobil akan meningkat dan memperpanjang usia dari mesin mobilnya.
  10. Selalu memanaskan mesin mobil secara rutin. Melakukan pemanasan terhadap mesin mobil sangat dibutuhkan untuk menjaga peforma mesin agar tetap baik. Sebelum mengendarai mobil sebaiknya lakukan pemanasan mesin terlebih dahulu lima sampai sepuluh menit terlebih dahulu. Sama halnya saat mobil anda jarang digunakan, biasakan untuk melakukan pemanasan setiap pagi harinya rutin setiap harinya. Jika mesin dalam kondisi dingin terlalu lama akan membuat mesin menjadi cepat rusak. Bisa anda ambil contoh pada pisau, apabila pisau tidak digunakan terlalu lama maka akan tumpul. Kemudian pada otak, apabila dibiasakan untuk malas berpikir, maka akan sulit untuk berkembang.
  11. Air radiator. Banyak dari kita yang sangat melupakan hal ini, air radiator juga sangat menunjang perfoma dari mobil, Cara merawat mobil yang benar salah satunya adalah dengan penggantian air radiator yang tepat, jangan gunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan jangan sampai pendingin mobil anda terisi banyak kotoran karena menggunakan air yang asal-asalan, anda bisa membeli air radiator di toko-toko yang menyediakannya, sebaiknya gunakan air radiator dengan merek yang dianjurkan untuk mobil anda.
  12. Lakukan pengecekan ban mobil secara berkala. Ban mobil merupakan salah satu komponen utama yang bisa menunjang mobil bisa berjalan dengan baik. Jika ban dalam kondisi kurang angin, akan menyebabkan kecepatan mobil menjadi kurang bertenaga dan bisa memicu kerusakan pada velg mobil. Sedangkan apabila ban dalam kondisi terlalu banyak angin akan membuat nya lebih sensitif untuk memantul saat terkena sedikit guncangan. Kedua hal tersebut tentu saja sama – sama menciptakan rasa tidak nyaman pada saat berkendara. 
  13. Pemakaian transmisi yang benar. Salah satu tips menjaga perfoma mesin tetap optimal adalah dengan pemakaian transmisi yang benar, untuk anda yang baru saja memiliki mobil atau belum terlalu mahir menggendarai mobil pastinya perlu sering – sering meningkatkan kemampuan agar semakin handal dan paham betul menggunakan transmisi mobil yang benar, baik trasmisi otomatis maupun manual keduanya membutuhkan penanganan yang berbeda, saran kami untuk anda yang baru membeli mobil adalah melakukan kursus stir mobil dan tanyakan dengan detail menggenai transmisi mesin yang benar, baik saat – saat kondisi tertentu.

Baca juga artikel lain dari kami power steering cara perawatannya

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips perawatan mobil yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi. Memperhatikan berbagai hal untuk perawatan mobil anda, bisa menjadi pengeluaran biaya yang lebih  ekonomis, dibandingkan anda tidak melakukan perawatan secara rutin. Karena setelah barang tersebut dibeli wajib disayangi dan dipelihara agar tetap awet. Sedikit saja terasa kejanggalan dalam kinerja mobil tersebut, cepatlah periksakan, karena setiap komponen kendaraan saling berhubungan. Baca juga artikel lain dari kami Bagian Kopling Mobil, Beserta Fungsi & Cara Penggunaan yang Tepat Agar Awet 

Demikian sedikit tips merawat mobil dengan baik dan benar dari kami travelbos, supaya kendaraan anda awet dan tampil prima, bisa melenggang di jalanan dengan performa maksimal.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!