⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Mengemudi Mobil Matic bagi Pemula

Cara Mengemudi Mobil Matic bagi Pemula

Banyak orang yang tinggal di kota-kota besar lebih memilih untuk menggunakan mobil matic. Karena mengendarai mobil matic apalagi disaat macet sangat efektif. Orang tidak perlu merasa lelah akibat selalu menginjak pedal kopling. Bagi seseorang yang baru pertama kali mengemudikan mobil dan langsung mengunakan mobil matic akan lebih mudah. Karena sebelumnya belum pernah menggunakan mobil manual.

Tetapi, bukan berarti seorang pengemudi pemula langsung bisa mengemudikan mobil matic dengan lancar. Seperti yang sering terjadi karena baru pertama sekali mengemudi mobil matic dan salah memindahkan transmisinya. Ini terjadi karena belum terbiasa, oleh karena itu bagi yang merasa pemula maka perlu mengetahui tata cara mengemudi mobil matic dengan baik dan benar sebagai berikut:

  • Memahami dahulu posisi dan urutan yang tepat dari tuas transmisi. Mulai dari pemindahan transmisi untuk maju dan perpindahan tuas untuk memundurkan mobil. Tahap ini harus betul-betul anda pahami agar tidak terjadi kesalahan saat akan mengemudikan mobil.
  • Anda tidak perlu menginjakkan kopling mengunakan kaki kiri. Karena mobil ini menggunakan transmisi otomatis. Hal ini perlu dilatih agar saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, pengemudi pemula melakukan pengereman tidak lagi berpikir untuk menginjak pedal yang ada. Karena jika sampai terjadi pada mobil matic hal tersebut dapat membahayakan.
  • Membiasakan diri untuk menginjak pedal rem sebelum memindahkan tuas transmisi pada posisi D, hal ini bertujuan untuk mencegah mobil melaju dengan sendirinya.
  • Saat dalam keadaan macet yang lebih dari setengah jam, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral. Hal ini bertujuan agar mobil tidak lepas kendali karena tuas transmisi belum dipindahkan ke posisi netral dan kaki dah lelah meminjak pedal rem.
  • Saat Anda berada di jalanan menanjak maka yang perlu diperhatikan posisi tuas tranmisi sebaiknya berada pada pilihan L atau 2. L atau Low berada pada posisi paling bawah fungsinya seperti gigi pertama pada transmisi manual, sedangkan 2 merupakan gigi ke-2. Penggunaan kedua transmisi ini secara bergantian juga dapat diterapkan pada jalanan menurun, dan dapat membantu mengurangi kecepatan pada saat mobil melaju kencang.
  • Menginjak pedal gas dapat berpengaruh pada saat melakukan perpindahan gigi transmisi. Hal ini terjadi karena terdapat semacam sensor yang mendeteksi tingkatan besar dan kecil pijakan kaki pada pedal gas.
  • Menggunakan tombol hold untuk menghemat bahan bakar kendaraan. Untuk fitur hold tidak semua mobil matic memilikinya, jadi jika mobil yang digunakan ada terlihat tombol kecil dengan tulisan hold baru bisa digunakan.

Itulah beberapa cara untuk mengemudikan mobil matic bagi para pemula. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!