⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Mengemudi Melewati Jalan Berlubang

Cara Mengemudi Melewati Jalan Berlubang

Saat anda mengemudikan mobil, maka anda harus siap dengan segala medan yang akan anda lewati. Baik itu jalanan yang macet, menanjak atau menurun, jalanan yang lancar dan bahkan ada yang berlubang. Jika anda melewati jalanan yang berlubang anda harus waspada.

Sebenarnya jika anda mengemudi di jalanan yang berlubang tidak ada cara khusus bagi anda. Tetapi anda perlu kewaspadaan, respon yang cepat dan juga kecermatan saat mengendarai mobil. Jika anda ingin mengetahui tips untuk mengemudi di jalanan berlubang, anda cukup membaca artikel di bawah ini.

Kurangi Kecepatan Mobil

Hal yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah kecepatan. Karena jika anda melewati jalan berlubang sangat dianjurkan bagi anda untuk mengurangi kecepatan atau laju kecepatan sebelum sampai di titik jalanan yang berlubang. Jangan terlalu menginjak rem saat ban mobil anda sudah berada di jalanan yang berlubang, karena hal ini akan menyebabkan benturan yang keras antara ban mobil anda dengan pinggiran jalanan yang berlubang.

Agar lebih aman, jaga jarak mobil yang anda kemudikan dengan kendaraan di depan anda. Sehingga anda dapat dengan leluasa melihat jalanan yang ada di depan mobil anda. Selain itu hindari pengereman mendadak, agar mobil yang ada di belakang kita tidak menabrak bagian belakang mobil kita. Lakukan pengereman secara bertahap sampai mobil yang anda kendarai cukup lambat saat berada di jalanan berlubang.

Perhatikan Kedalaman Lubang

Jika anda melewati jalanan yang berlubang, anda akan menghadapi pertimbangan untuk melewati jalanan berlubang tersebut atau menghindarinya. Jika anda memilih untuk melewati jalanan yang berlubang, anda harus memperhatikan kedalaman lubang serta ketinggian ground clearance mobil yang sedang kamu kemudikan. Anda juga bisa mengecek kedalaman lubang dengan melihat mobil di depan anda yang sedang melewati lubang tersebut. Jika anda merasa lubang tersebut terlalu dalam, anda bisa melakukan manuver secara perlahan untuk mencari jalur paling rendah. Atau bahkan menempatkan lubang tepat diantara ban mobil anda.

Baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Sendiri dengan Mudah

Dan jika anda memilih untuk manuver, tidak melewati jalanan yang berlubang tersebut, jangan lakukan secara mendadak. Anda juga perlu memperhatikan kondisi lalu lintas di depan dan belakang jika jalannya dua arah. Hal ini penting agar terhindar dari kecelakaan.

Pegang Kemudi dengan Kuat

Saat mobil anda melewati jalan yang berlubang, kemudi akan mengikuti arah roda yang menghantam pinggiran lubang. Akibatnya, kemudi mobil anda akan mengikuti kontur atau arah yang dipengaruhi benturan tersebut. Sehingga penting bagi anda untuk memegang kemudi anda dengan erat.

Dan hindari guncangan yang disebabkan oleh jalanan yang berlubang. Dan pastikan anda mengemudi dengan posisi yang tepat.

Hindari Dinding Ban Tergesek Pinggir Lubang

Saat anda memilih untuk melewati jalanan yang berlubang, maka anda harus memastikan tapak ban mobil anda masuk secara rata di lubang tersebut. Hal ini untuk menghindari ban yang masuk kedalam jalanan yang berlubang tidak terlalu ke pinggir. Dan hal ini penting bagi anda, karena pinggiran ban didesain tidak sama kuatnya dengan tapak ban. Sehingga jika pinggiran ban mobil anda tergores oleh pinggiran lubang akan mengakibatkan ban anda menjadi bocor atau bahkan cepat rusak.

Saat anda terlanjur melewati jalur atau jalanan yang berlubang dengan kecepatan yang tinggi, sebaiknya anda mencari tempat yang pas untuk menepi, dan periksa pada bagian ban anda yang terkena benturan tersebut. Biasanya akan terjadi kebocoran pada ban anda atau bahkan ban anda sobek. Velg pada mobil anda biasanya juga retak atau penyok. Jika terjadi kebocoran pada ban mobil anda, segera lakukan pergantian ban mobil anda dengan ban serep yang sudah anda bawa.

Selanjutnya anda juga perlu memeriksa mekanisme kaki kaki mobil anda, agar tidak terjadi kerusakan yang berlebih. Karena pada umumnya, ada beberapa mobil yang rusak akibat sering melewati jalanan yang berlubang. Hal ini biasanya sering dialami oleh pemilik kendaraan.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!