⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil dengan Mudah

Cara Membersihkan Kap Mesin Mobil dengan Mudah

Ruang mesin mobil kadang kerap kali luput dari perhatian saat kita mencuci mobil. Padahal mesin mempunyai peranan yang amat penting. Membersihkan sisi mesin sangatlah berbeda caranya dengan membersihkan body mobil, perlu perhatian dan trik khusus dalam pengerjaan nya, karena apabila dikerjakan asal-asalan maka kemungkinan mobil anda akan sulit di starter karena ada salah satu komponen elektrik yang kemasukan air, maka dari itu kita harus mengetahui cara mencuci mesin mobil dengan baik dan benar.

Pada bagian mesin terdapat beberapa perangkat elektronik yang tidak boleh kemasukan air dan beberapa sil karet yang mencegah air masuk pada bagian tertentu. Apabila mesin terlalu lama kotor dan berdebu dan uap oli dibiarkan terlalu lama, maka tidak menutup kemungkinan sil karet tersebut akan mengeras dan pastinya akan mengurangi kinerja nya. Maka dari itu kita tidak boleh melupakan bagian bagian mesin dari mobil kita.

Baca juga: Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

Untuk mobil yang memiliki bagian mesin dengan kap yang luas pada bagian depan dan berjenis sedan SUV atau MPV, kebersihan kap mesin mobil lah yang tentu menjadi perhatian khusus. Bagaimana tidak, setiap kita berkendara atau parkir kap mesin tersebut tentu akan menjadi perhatian langsung baik dari kita yang duduk di balik kemudi atau dari sisi orang yang melihat mobil kita.

Namun perawatan yang tidak benar dapat membuat kap mesin mobil anda mendapatkan banyak goresan halus atau gores rambut (swirl). Jadi, cobalah untuk melakukan cara yang tepat saat membersihkan kap mesin mobil anda.

Di bawah ini adalah tips singkat cara membersihkan kap mesin mobil yang baik dan benar.

  • Siram dengan air bersih secara merata

Mesin dan kap mesin mobil sudah dingin terlebih dahulu adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Selanjutnya, siram dengan air yang cukup banyak hingga benar-benar merata. Biarkan air turun dengan tujuan agar debu dan kotoran ikut turun dan jatuh dari kap mesin mobil anda.

  • Lap menggunakan kain chamois

Setelah siraman pertama tadi, siram mobil sembari di lap dengan menggunakan kain chamois untuk membantu proses pembersihan. Lap kap mesin anda searah dari belakang ke depan, agar kotoran yang menempel dapat lepas dan terjatuh. Jika ada kotoran yang menempel kuat, lakukan dengan sedikit menekan nekan agar kotoran tersebut lepas.

  • ​Keringkan dengan lap microfiber

Apabila sudah tidak ada kotoran lagi, hentikan menyiram kap mesin anda. Lap sebentar dengan kain chamois bersih untuk menyingkirkan air yang tertinggal. Gunakan lap microfiber untuk membuatnya benar-benar kering, pastikan kap mesin mobil anda sudah benar benar kering dan tidak ada air yang tertinggal karena dapat dapat menimbulkan bercak sisa air.

  • Beri wax tanpa silikon

Gunakan pelembab atau wax secara merata pada kap mesin mobil anda untuk menjaga agar kap mesin mobil tetap berkilau, caranya cukup dengan oleskan secara merata pada kap mesin mobil tanpa harus memoles secara kuat.

  • Bersihkan dengan kain microfiber

Setelah wax merata pada kap mesin, maka ambil kembali kain microfiber untuk mengikat dan membersihkan wax tersebut. Lakukan gerakan membersihkan dengan cara bolak-balik hingga benar-benar bersih. Anda dapat melakukan waxing ringan ini paling sedikitnya sekali dalam sebulan.

Dengan demikian, kap mesin mobil anda akan tetap terlihat bersih dan berkilau. Selain itu, rutin melakukan wax akan membuat bercak sisa air (water spot) ringan menjadi pudar atau bahkan hilang.

Seluruh proses pengerjaan harus dilakukan dengan cermat dan tidak boleh sembrono. Karena pada bagian mesin mobil terdapat beberapa bagian penting yang tidak boleh kemasukan air. Apabila hendak melakukan cara di atas dengan benar, maka kap mobil anda akan bersih.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Matic

Demikian tips dari saya semoga dapat membantu. Terima kasih, semoga bermanfaat

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!