⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Membersihkan Interior Mobil Bekas

Cara Membersihkan Interior Mobil Bekas

TravelBos.id akan membahas artikel tentang cara membersihkan interior mobil bekas. Jika anda baru saja membeli mobil bekas, maka bukan hanya mesin dan body saja yang perlu diperhatikan untuk peremajaan. Tapi interior kabin juga perlu mendapatkan perhatian untuk dibersihkan agar lebih segar. Beberapa bagian yang penting untuk dibersihkan antara lain adalah jok, karpet, plafon dan juga dashboard. Dengan demikian, maka kenyamanan mengendara serta kesegaran kabin akan lebih terasa.

Interior mobil mudah sekali terlihat kotor, apalagi jika mobil digunakan setiap hari. Semakin sering digunakan, interior mobil semakin penting dijaga kebersihannya demi kenyamanan semua penumpang dan juga agar mobil awet. Terpenting adalah menyingkirkan debu dan pasir di seluruh bagian interior mobil menggunakan mesin pengisap debu, hingga ke sudut dan lipatan jok mobil. Pastikan tidak ada sisa-sisa makanan dan sampah yang tertinggal. Selanjutnya, bersihkan interior sesuai bahannya.

Baca juga Beberapa Cara Membersihkan Interior Mobil.

Membersihkan Jok Mobil

Langkah pertama adalah membersihkan jok. Sebaiknya untuk membersihkan jok mobil adalah dengan cara melepas terlebih dahulu agar memudahkan pekerjaan. Membersihkan jok dapat dilakukan dengan menggunakan vacuum cleaner dan cairan pembersih jok yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa pula untuk menjemur jok hingga kering. Cara yang sama juga bisa diaplikasikan saat anda akan membersihkan plafon mobil dan juga panel pintu. Kedua bagian tersebut biasanya menggunakan jenis interior dengan bahan yang sama. Namun untuk panel pintu dan plafon, tidak perlu sampai dilepas dari tempatnya.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Untuk membersihkan dashboard mobil, anda dapat menggunakan kain kanebo dan cairan pembersih dashboard dengan tingkat abrasi yang rendah. Saat membersihkan, jangan terlalu banyak menuangkan cairan pembersih agar tidak mengalir dan masuk ke sela – sela dashboard. Gunakan bantuan kuas kecil untuk membersihkan sela-sela dan kisi-kisi AC jika dibutuhkan. Karpet cukup mudah dibersihkan, kecuali dalam kondisi yang sangat kotor. Anda bisa menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner dan juga sikat dengan cairan pembersih. Lalu keringkan dengan lap yang dapat menyerap dengan baik. Setelah itu, jemur mobil dengan cara membuka semua pintu agar interior memperoleh sirkulsi udara yang baik.

Baca Juga Kelebihan dari Mesin Turbo.

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Bagian ini mungkin sering kali terlupakan karena jarang dilihat langsung. Namun kadang ketika memasukkan atau mengeluarkan barang besar dari dalam mobil, bagian plafon bisa tergores atau ternoda. Cara membersihkannya kurang lebih sama dengan langkah-langkah membersihkan jok mobil. Gosok lembut bagian yang kotor dengan spons yang sudah dicelupkan ke air larutan detergen cair hingga noda hilang. Bersihkan sisa detergen dengan lap dan biarkan mengering secara alami.

Baca juga Tips Merawat Ban Mobil yang Baik & Benar.

Cara Membersihkan Kaca Mobil

Membersihkan kaca mobil sangatlah penting karena pandangan yang jelas sangat diperlukan saat mengemudi. Berikut ini cara membersihkan kaca mobil yang buram:

  1. Gunakan lap mikrofiber kering dan bersih untuk mengangkat debu.
  2. Semprotkan produk pembersih kaca, kemudian seka hingga kering.
  3. Ulangi kedua langkah di atas pada kaca sisi dalam.
  4. Hati-hati ketika mengelap sisi dalam kaca belakang mobil karena alat pemanas anti kabut di kaca belakang mudah sekali rusak. Ikuti garis elemen pemanas di kaca ketika mengelapnya.

Berikut artikel dari kami, semoga bisa memudahkan anda dalam membersihkan interior mobil.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!