⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual

Sebagian orang yang belum pernah mengemudikan mobil manual, akan mengalami kesulitan saat memperaktikan cara mengemudi mobil. Bahkan kepanikan kerap datang ketika sudah berada di belakang setir. Namun berkendara di jalanan tentu membutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang tinggi.

Meski seringkali terlihat rumit, mengemudi mobil manual sebenarnya justru menyenangkan. Apalagi untuk yang suka bereksplorasi dan menikmati tenaga mesin mobil. Jika dipelajari secara teratur dan perlahan, maka mengemudi mobil transmisi manual dapat dengan mudah anda kuasai dengan waktu cepat.

Maka dari itu, pelajari dan pahami cara belajar mengendarai mobil manual yang baik dan benar agar dapat menguasainya dengan cepat.

( Baca Juga : Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru Anda )

Cara Belajar Mengemudi Mobil Manual :

1. Kenali Fitur Mobil

Sebelum mulai belajar bagaimana mengemudikan mobil manual, sebaiknya anda memulai dari mempelajari fitur dan seluk beluk kemudi mobil tersebut. Contohnya, mulailah mengenali mana pedal gas, rem dan kopling, dan bagaimana cara menggunakannya. Misalnya, kaki kanan untuk gas dan rem, sedangkan kaki kiri hanya untuk menginjak kopling.

Selain itu, anda juga harus mempelajari posisi transmisi mobil tersebut dan cara memindahkan dari transmisi satu ke transmisi berikutnya, posisi tuas transmisi netral, untuk mundur dan lainnya. Lihat juga tas lampu sen, indikator dan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengemudikan sebuah mobil.

2. Cari Lokasi Belajar yang Tepat

Ketika anda belajar mengemudi mobil manual adalah banyak-banyaklah berlatih dengan segala kondisi dan medan. Namun pada awal mula, memilih tempat yang luas dan sepi adalah pilihan yang sempurna. Di lapangan atau area yang kosong atau sepi, anda dapat dengan mudah mulai belajar menghidupkan dan menjalankan mobil tanpa khawatir atau takut mobil melompat dan menabrak pohon atau bahkan kendaraan dan orang lain.

Setelah lancar di area kosong, mulailah tingkatkan kesulitan dengan mengemudi di area seperti jalan raya, namun cari yang sepi dan tidak banyak orang lalu lalang. Jika sudah lancar, mulai tingkatkan kesulitan seperti di jalan ramai, menanjak, persimpangan, kemacetan dan sebagainya.

( Baca Juga : Beberapa Cara Membersihkan Interior Mobil )

3. Konsentrasi yang Benar

Ketika belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran anda lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Dan patut diingat, saat proses menyalakan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).

4. Menyeimbangkan Antara Pedal Kopling & Gas

Jika gear shift sudah di posisi gigi 1, tapi mobil masih belum jalan? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas nya. Tapi jangan diinjak full. Ketika gas akan ditekan, Anda harus angkat kopling anda pelan-pelan. Biasanya ini adalah bagian paling susah untuk pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar.

Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

5. Jangan Lupa Siaga Rem Ketika Gas Sudah Stabil

Jika mobil sudah melaju, siapkan diri untuk memperlambat atau bahkan menghentikan laju mobil anda. Jangan pernah takut untuk melepas pedal gas dan menginjak rem mobil.  Secara perlahan, kamu juga akan belajar bagaimana respon mobil terhadap pedal rem yang kamu injak.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!