⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Ampuh Mengurangi Kebisingan Kabin Mobil

Cara Ampuh Mengurangi Kebisingan Kabin Mobil

Beberapa orang yang memiliki kendaraan khususnya kendaraan yang berjenis Low Cost Green Car (LCGC) atau biasa disebut dengan mobil murah sering merasakan gangguan dengan kondisi kabin yang terkadang menimbulkan suara bising atau pun kurang senyap. Hal ini dikarenakan memang mobil jenis ini di desain untuk bisa menekan harga produksi dan juga mengefisiensikan konsumsi bahan bakar dan bila ditambahkan dengan peredam kabin maka akan cenderung menambah berat kendaraan.

Walaupun usaha untuk menekan harga tersebut dapat dimaklumi tetapi kabin yang bising akan sangat mengganggu pengendara. Tak hanya itu hal sebut juga akan mengurangi kenyamanan berkendara dan tak jarang pula penumpang juga akan kesulitan saat akan berbincang-bincang di dalam perjalanan. Maka dari itu kini telah hadir banyak toko aksesoris kendaraan yang memberikan solusi untuk membuat kabin terasa lebih senyap yaitu dengan memasang peredam aftermarket.

Anda disarankan untuk memilih bahan dan material aspal dan karet jika ingin memasang peredam kabin yang Anda beli di pasaran. Hal tersebut dikarenakan kedua bahan tersebut memiliki kelebihan yaitu ampuh dalam meredam suara dan juga dapat dengan mudah dibentuk untuk mengikuti bagian-bagian dalam mobil. Dan jika Anda memakai bahan dari aspal biasanya pada toko yang Anda beli akan menambahkan lapisan karet tipis. Tujuannya adalah untuk menutupi aspal tersebut agar tidak langsung ditentukan dengan karpet asli bawa mobil.

Bagian dalam mobil yang sebaiknya diberi peredam adalah seluruh kabin mobil. Mulai dari pintu mobil yang gunanya untuk mengurangi suara kendaraan dari samping, lantai mobil untuk mengurangi suara kebisingan roda atau pasir yang mengenai dek, dan juga atap mobil untuk mengurangi suara tetesan air saat hujan turun. Jika ingin menambah suara yang lebih senyap anda perlu mengganti karet pintu dengan model balon. Meskipun karet lebih rentan sobek namun pintu model balon ini mampu meredam suara dibandingkan karet bawaan yang cenderung sangat tipis.

Untuk pengerjaannya biasanya tergantung oleh toko aksesoris yang anda tuju. Pengerjaan paling cepat adalah satu hari penuh. Ini dikarenakan proses pengerjaannya dilakukan di seluruh isi kabin dan perlu untuk dilepas dan juga dibersihkan. Maka pemasangan peredam akan lebih merata dan juga lem yang ditempelkan merekat lebih kuat.

Harga yang dipatok dan dikeluarkan tentu sangat beragam. Tergantung dari material apa yang Anda pilih dan juga tempat pemasangan peredam tersebut. Kisaran harga dari pemasangan peredam mobil adalah antara 2 hingga 4 jutaan untuk pemasangan full peredam. Namun harga ini bukanlah patokan yang pasti. Hal ini dikarenakan banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih untuk memasangkan peredam pada bagian-bagian tertentu tidak di semua bagian. Jika memilih bagian-bagian harga yang dipatok untuk menghitung jumlah material yang digunakan pula.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!