⌂ Home > Blog > Uncategorized > Cara Agar Tidak Kantuk Saat Berkendara

Cara Agar Tidak Kantuk Saat Berkendara

Jika anda berkendara pasti biasanya anda juga merasa kantuk. Dan rasa kantuk yang datang saat anda berkendara tersebut tentu menjadi suatu kendala yang perlu anda waspadai. Tentu rasa kantuk dapat muncul secara tiba tiba, apalagi jika anda melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan diri anda supaya saat anda mengemudikan kendaraan anda tidak kantuk. Sebab jika anda tidak mempersiapkan diri rasa kantuk akan menjadi pengganggu saat anda mengemudikan kendaraan anda, dan hal tersebut dapat membahayakan untuk anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk mencegah rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba.

Baca juga: Penyebab Lampu Mobil Berembun

Pertama jika anda ingin melakukan perjalanan jauh, maka sempatkan untuk beristirahat terlebih dahulu. Biasanya banyak pengemudi yang memanfaatkan waktu 15 menit sampai 1 jam untuk tidur agar tubuh menjadi lebih segar lagi. Dan pada malam hari pasti anda juga tidur dengan cukup.

Baca juga: Kunci Tambahan yang Dapat Mengamankan Mobil

Jika anda melakukan perjalanan jauh yang cukup memakan waktu, maka pastikan anda mengambil jeda perjalanan untuk anda melakukan istirahat selama 2 atau 3 jam. Anda bisa melakukan pertukaran pengemudi dengan rekan anda. Sehingga anda dapat mengistirahatkan tubuh anda yang sedang kantuk menjadi lebih segar lagi. Dan tidak ada salahnya juga jika anda sudah membuat daftar tempat tempat yang akan dilalui dimana anda dapat beristirahat.

Saat anda mengemudi, maka pastikan perut anda tidak dalam kondisi kosong, dan jangan pula terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena penyebab kantuk adalah salah satunya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, protein, atau karbohidrat kompleks. Karena makanan tersebut dapat menahan lapar dan tidak membuat anda cepat mengantuk.

Supaya anda tidak lelah dan jenuh, jangan selalu fokus dengan pandangan kedepan. Alihkan pandangan anda atau gerakkan kepala anda supaya tidak terlalu jenuh. Tetapi anda juga harus tetap waspada dan jangan terlalu lama mengalihkan pandangan.

Jika anda mengemudi, biasanya anda mendengarkan musik untuk hiburan saat di perjalanan dan mencegah rasa bosan. Dan jika anda berkendara dengan partner anda, hal yang baik adalah berbicara dan berbincang dengan partner anda agar tidak kantuk.

Baca juga: Cara Mengemudikan Mobil Matic bagi Pemula

Olahraga ringan saat anda tengah mengemudi akan membantu memperlancar peredaran darah anda. Anda dapat melakukan gerakan memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan atau memutar bahu ke arah telinga dan menjinjitkan kaki atau mengangkat pinggul. Hal ini agar tubuh anda tidak terasa kaku atau jenuh.

Terakhir pastikan jika anda sedang mengemudikan kendaraan, jangan mengkonsumsi obat obatan yang dapat menjadikan tubuh anda menjadi lemas, kantuk, dan berkurangnya kesadaran. Contoh kecil adalah anda mengkonsumsi obat flu atau obat anti mabuk. Mengemudi di bawah pengaruh obat-obatan dapat membuat berbahaya bagi anda dan sekitar anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!