⌂ Home > Blog > Uncategorized > Beberapa Alasan Bandara Sepinggan Menjadi Bandara Favorit

Beberapa Alasan Bandara Sepinggan Menjadi Bandara Favorit

Nama asli Bandara Sepinggan adalah Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. banyak orang menyebutnya Bandara Sepinggan karena lebih mudah dihafal dan lebih mudah melafalkan. Bandara Sepinggan ini terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Bandara ini baru saja mendapat penghargaan ciamik. Menurut penilaian Airport Council International, Bandara Sepinggan adalah bandara terbaik di dunia pada tahun 2017 dalam hal layanan kepuasan penumpang pada kategori 5 hingga 15 juta penumpang per tahun, dan mempunya fasilitas yang baik.

Sebelum saya membahas inti dari artikel saya akan memperkenalkan bandara sepinggan ini, mulai dibukanya bandara hingga maskapai nya.

Baca juga: Tour Beijing 4D

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan

Bandara Sepinggan adalah Bandar Udara yang melayani penerbangan untuk kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pada tanggal 6 Agustus 1997. Bandara ini memiliki luas 300 hektar dan merupakan bandara ke 4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I. Rencana pengembangan pada lahan lahan yang tersedia di sekitar bandara ini terus dilaksanakan, antara lain hotel transit, meeting room, restoran dan minimarket.

Dengan lokasi bandara di tengah pemukiman padat penduduk, pendaratan di Bandara Sepinggan ini cukup menegangkan bagi penumpang maupun pilot. Bandara Sepinggan ini pernah dituntut warga Sepinggan dan DPRD Balikpapan karena membuat kebisingan yang sangat tinggi. Studi Universitas Indonesia menyatakan kebisingan bandara sepinggan mengakibatkan 9% penduduk Sepinggan dan Gunung Bahagia menderita ketulian dan sulit berkomunikasi.

Mayoritas penduduk mengalami sulit tidur, berkomunikasi dan permasalahan dengan alat pendengaran. Seluruh responden warga Sepinggan dan Gunung Bahagia merasa terganggu dan tidak nyaman. Studi Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga menegaskan, kebisingan Bandara Sepinggan sudah kelewat batas dan bertentangan dengan peraturan pemerintah (40/2012) serta merugikan penduduk Balikpapan di wilayah Sepinggan, Balikpapan Selatan karena kawasan pemukiman penduduk menjadi tidak layak ditinggali dalam jangka pendek maupun panjang.

Sejarah Bandara Sepinggan

Pembangun bandara sepinggan telah dimulai sejak zaman penjajahan Belanda sebelum waktu kemerdekaan Indonesia. Digunakan terutama untuk kegiatan minyak Belanda di daerah Balikpapan. Bandara ini menjadi bandara sipil setelah pengelolahan nya diserahkan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia pada tahun 1960. Bandara ini akhirnya dikelola oleh Perum Angkasa Pura I (sekarang PT. Angkasa Pura I) sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 1 pada tanggal 9 januari 1987.

Bandara Sepinggan ini telah direnovasi 2 kali selama 1991-1997. Fase pertama dimulai pada tahun 1991 dan berakhir pada tahun 1994, untuk digunakan merenovasi taksi way, terminal penumpang, terminal cargo dan juga memperpanjang landasan pacu. Pada tahun 1995, pemerintah Indonesia mengumumkan Bandara Sepinggan sebagai bandara ke-5 Indonesia pemberangkatan haji untuk Kalimantan yang juga terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Fase kedua renovasi terjadi pada tahun 1996 untuk merenovasi hanggar, depot bahan bakar, dan gedung administrasi. fase kedua selesai dan bandara akhirnya mulai era baru operasionalnya dengan bangunan dan fasilitas baru pada tahun 1997.

Maskapai Bandara Sepinggan

Ada beberapa maskapai yang dilayani bandara ini antara lain,

  • Batik Air
  • Citilink
  • Garuda Indonesia
  • Garuda Indonesia yang dioperasikan oleh Explore Jet
  • Garuda Indonesia yang dioperasikan oleh Explore
  • Kal Star Aviation
  • Lion Air
  • Silk Air
  • Sriwijaya Air
  • Wings Air

Setelah kita memahami deskripsi serta maskapai bandara sepinggan, mari kita lanjutkan dengan membahas alasan mengapa bandara sepinggan menjadi bandara favorit Indonesia. Di bawah ini ada alasan mengapa sepinggan menjadi bandara favorit.

​1. Desain Modern dengan Sentuhan Lokal

Memasuki area check in, Sepinggan dihiasi taman taman buatan yang berhiaskan berbagai jenis anggrek, salah satunya adalah anggrek hitam. Rancangan bandara ini terlihat sangat minimalis dengan warna putih. Dapat mendapatkan sumber cahaya natural dari atas hingga samping sehingga memberi kesan sangat lapang.

Di beberapa bagian bandara terdapat ornamen khas suku Dayak. Terdapat ukiran, patung, rumah-rumahan, dan orang hutan buatan akan terlihat di sekitar Bandara Sepinggan.

2. Pelayanan Penumpang Berkebutuhan Khusus

Pihak Angkasa Pura I adalah perusahaan pertama yang memberikan layanan penumpang berkebutuhan khusus agar mereka nyaman dengan seluruh fasilitas di bandara sepinggan.

Manajer operasi bandara sepinggan menyebutkan layanan ini diberikan untuk penumpang hamil, lansia, difabel dan anak-anak usia dibawah 12 tahun tanpa pendamping.

Meski belum diluncurkan, layanan ini sudah beroperasi sejak 1 Oktober 2017 yang lalu. Pihak AP I sudah berkoordinasi dengan seluruh maskapai yang ada di bandara sepinggan ini.

3. Pengamanan Bagasi Secara Otomatis

Bandara Sepinggan ini sudah menerapkan Baggage Handling System (BHS). sistem pengamanan bagasi ini berupa sistem otomotif sejak bagasi diserahkan calon penumpang hingga ke pesawat. Dalam rangkaian sistem ini terdapat Hold Baggage Screaning.

Jika barang bawaan penumpang lolos dari keempat level pemeriksaan Maka langsung masuk bagasi pesawat. Namun jika tidak lolos proses pemeriksaan, maka barang akan dialirkan ke pihak keamanan bandara untuk pengecekan langsung.

Baca juga: Tour New Year Hongkong Macau dan Brunei

4. Sistem Kendali Bandara Satu Pintu

Di Bandara Sepinggan juga sudah diterapkan Airport Operation Control Centre, Airport Operation Airside Section Head. dengan menggunakan aplikasi Airport Operational Database, sistem ini mampu mengendalikan seluruh aktivitas di bandara.

5. Toilet 3D

Salah satu fasilitas untuk para pengunjung yang gemar berfoto selfie. Sambil menunggu antrian toilet,para pengunjung bisa mengabadikan toilet unik bandara sepinggan ke dalam sebuah foto untuk diunggah di media sosial. Latar toilet 3D ini bertemakan alam. Pengunjung dimanjakan dengan warna hijau hutan dan birunya langit yang menggambarkan suasana alam di Kalimantan.

Tidak hanya toilet 3D, fasilitas penting lainnya ada ruang menyusui. Ada sejumlah ruang untuk menyusui atau Nursery room yang sangat nyaman digunakan ibu ibu menyusui anaknya atau memerah ASI sembari menunggu pemberangkatan.

6. Airport Cinema

Apabila anda bosan menunggu waktu penerbangan tiba, apalagi terjadi delay pada pesawat anda, calon penumpang di Bandara Sepinggan dapat menikmati film box office di airport cinema. Fasilitas ini merupakan fasilitas pertama yang ada di bandara Indonesia sejak diluncurkan pada Mei 2016.

Layaknya bioskop pada umumnya, airport Cinema juga memiliki jam tayang yaitu, setiap pukul 07.00 – 09.00, 09.00 – 11.00, 15.00 – 17.00 dan 19.00 – 20.00 WITA.

Pengunjung tidak dipungut biaya sedikitpun untuk mendapatkan fasilitas ini. hanya saja jumlah tempat duduk yang sangat terbatas yakni hanya berkapasitas 20 orang.

7. Kids playground & reading room

Kini, membawa anak dalam perjalanan bisa sangat menyenangkan. Para calon penumpang di Bandara Sepinggan tidak perlu khawatir jika si anak mengalami kejenuhan karena di bandara ini menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di sejumlah titik.

Tidak hanya itu, calon penumpang pun bisa membawa anaknya yang masih kecil berkeliling bandara dengan stroller yang disediakan pihak bandara.

Ada juga fasilitas untuk orang dewasa yaitu reading corner atau pojok baca. Desain nya sangat coz sehingga para pengunjung bisa fokus membaca meski di area yang cukup terbuka sambil menunggu waktu boarding tiba.

Sekian artikel tentang bandara sepinggan. Apabila anda berlibur di Kalimantan, anda harus merasakan fasilitas bandara ini. Semoga bermanfaat.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!