⌂ Home > Aktivitas
Aktivitas
Arung Jeram

Arung Jeram

Arum jeram atau juga bisa disebut dengan rafting merupakan suatu aktivitas pengarungan yang berada di alur sungai yang jeram, dengan menggunakan wahana atau alat tertentu. Biasanya alat yang digunakan dalam arum jeram yaitu perahu karet, kano, dan dayung. Arum jeram adalah kegiatan yang cukup asik dan menyenangkan, hal ini seperti halnya dengan petualangan.

Arum jeram ini memiliki resiko yang berbahaya. Tetapi resiko itu dapat menjadikan semangat seorang pengarum. Tujuan Arum jeram yaitu untuk berolah raga, ekspedisi, dan rekreasi. Jadi jika didefinisikan olah raga arum jeram merupakan olah raga yang mengarungi sungai jeram, dengan menggunakan peralatan seperti perahu karet, kayak, kano, dan dayung dengan tujuan berekspedisi atau rekreasi.

Biasanya orang yang mengikuti kegiatan ini juga di beri pengaman berupa pelampung yang memiliki daya apung tinggi. Hal tersebut dikarenakan untuk menjaga seseorang tersebut agar tetap berada diatas permukaan air, dan bahkan jika seseorang tersebut terlempar dari perahu, akan tetap aman karena pelampung tersebut.

Jika anda ingin melakukan kegiatan arum jeram, maka anda harus mengecek kesehatan terlebih dahulu, agar saat anda melakukan kegiatan arum jeram anda dalam keadaan fit. Karena pada kegiatan arum jerum melakukan pendayungan yang cukup melelahkan.

Aktivitas
Belanja

Belanja

Belanja merupakan pemerolehan barang yang diinginkan atau jasa dari penjual dengan tujuan membeli barang atau jasa tersebut. Dalam hal lain belanja juga disebut dengan aktivitas atau kegiatan ekonomi. Perbelanjaan telah dimulai sejak dulu yang bisa juga disebut dengan kuno.

Pada zaman dahulu, terdapat Trajan’s Market dengan Tabernas yang berperan sebagai penjual dan terdapat daftar harga yang telah digunakan di Tembok Hadrian pada tahun 75-125 yang ditulis untuk seorang tentara. Belanja juga dapat diartikan sebagai pengeluaran uang untuk suatu keperluan. Belanja dapat diartikan sebagai sebuah hononim karena artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang cukup sama tetapi maknanya berbeda. Belanja juga dapat diartikan sebagai kelas nomina atau kata benda sehingga belanja dapat dijadikan arti nama dari seseorang, tempat atau benda.

Aktivitas
Berenang

Berenang

Berenang merupakan gerakan saat anda berada di dalam air. Berenang dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan berenang ini biasanya dimanfaatkan untuk rekreasi atau berolah raga. Berenang biasanya digunakan untuk melakukan gerakan di dalam air atau juga melakukan olah raga di dalam air. Kegiatan berenang sebagai keperluan refreshing atau olah raga ini biasanya dilakukan di kolam renang.

Tetapi kegiatan berenang ini juga dapat dilakukan di sungai, danau, laut dan lain sebagainya. Jika anda melakukan kegiatan berenang, anda akan mendapatkan keuntungan yaitu membuat tubuh anda menjadi sehat, karena hampir semua otot tubuh saat anda berenang akan dipakai. Kegiatan berenang ini juga membuat tinggi badan anda menjadi bertambah.

Aktivitas
Berkuda

Berkuda

Berkuda adalah sebuah istilah yang mengacu pada keterampilan menunggangi, mengendarai, melompat, atau berlari menggunakan kuda. Pada definisi tersebut juga menyebutkan berbagai kegunaan kuda yaitu antara lain untuk kerja, transportasi, aktivitas rekreasi atau refreshing, latihan kesenian, latihan budaya, dan olah raga. Berkuda mungkin bukan olah raga yang begitu populer.

Bahkan kepopulerannya saat ini menurun, tetapi faktanya kegiatan berkuda ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta olah raga. Jika kita berbicara tentang berkuda, berarti kita berbicara tentang balap kuda. Balap kuda memiliki sejarah yang panjang dan terhormat. Balapan kuda ini sudah dilaksanakan di penjuru dunia sejak jaman kuno.

Aktivitas
Camping

Camping

Camping merupakan pilihan kegiatan liburan yang paling santai, asik, dan sederhana. Camping biasanya digunakan untuk kegiatan penginapan atau juga digunakan untuk bersantai. Biasanya camping juga dilakukan untuk mengurangi kebosanan saat anda hidup di tengah kebisingan kota. Banyak orang yang menganggap bahwa camping berakhir derita, padahal bercamping merupakan hal yang menyerukan dan dapat membuat anda menjadi lebih tenang.

Biasanya orang yang beranggapan bahwa bercamping hal yang buruk adalah orang yang salah atau teledor, hal ini biasanya dilakukan oleh pemula. Camping juga disebut dengan kegiatan berkemah yang biasanya banyak dilakukan di area dataran tinggi. Oleh karena itu jika anda melakukan perkemahan pasti akan mempersiapkan waktu dan kesehatan yang baik. Karena hal ini membutuhkan banyak tenaga.

Aktivitas
Diving

Diving

Diving adalah kegiatan yang serupa dengan snorkeling. Diving merupakan kegiatan menyelam. Diving dibedakan menjadi 2 yaitu free diving dan scuba diving. Free diving adalah kegiatan menyelam dengan menahan nafas beberapa saat di bawah permukaan air, sedangkan scuba diving adalah kegiatan menyelam beberapa saat di bawah permukaan air dengan menggunakan bantuan tabung udara.

Free diving membutuhkan waktu kemampuan menahan nafas yang yang baik, karena hal ini tidak ada bantuan oksigen dari tabung oksigen. Biasanya orang yang diving melakukan kegiatan penangkapan ikan menggunakan tombak, memancing, fotografi, dan lomba. Biasanya saat anda ingin melakukan scuba diving, anda tidak boleh menyelam secara sembarangan.

Anda harus mempunyai perizinan atau sertifikasi sebelum melakukan penyelaman scuba diving. Diving berbeda dengan snorkeling, meskipun kelihatannya cukup sama, tetapi hal ini sangat berbeda. Karena snorkeling pada dasarnya hanya dilakukan di permukaan air saja, karena menggunakan peralatan yang standard.

Aktivitas
Edukasi

Edukasi

Edukasi merupakan proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri pada peserta didik dan mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik. Edukasi ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir, mengembangkan kepribadian, dan mengembangkan akhlak dan moral seseorang. Edukasi juga bisa diartikan sebagai proses pembelajaran yang dilakukan formal atau non formal kepada seseorang atau lebih dari satu orang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berkelompok atau individu.

Edukasi adalah salah satu hal yang sangat penting bagi bangsa kita. Karena dengan adanya edukasi masyarakat dapat memiliki kemampuan yang terus berkembang dari masa ke masa. Edukasi memiliki beberapa jenis diantaranya yaitu edukasi kesehatan dan edukasi gizi. Edukasi kesehatan yaitu proses dimana seseorang belajar tentang kesehatan. Sedangkan edukasi gizi yaitu proses dimana seseorang belajar tentang gizi.

Aktivitas
Foto

Foto

Foto adalah gambar diam baik hitam putih ataupun berwarna yang dihasilkan oleh suatu kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau juga keadaan pada waktu tertentu. Foto dibagi menjadi beberapa definisi potret film fotografi, cetakan lukisan, dan berfoto dibagi menjadi 2 bagian bergambar dan berpotret. Fotografi adalah kegiatan yang berhubungan dengan foto. Kata foto berasal dari bahasa yunani, yaitu photos yang berarti cahaya atau sinar.

Foto biasanya berhubungan dengan ilustrasi. Foto juga merupakan istilah lain dari potret. Foto dan potret biasanya sering digunakan sebagai kiasan. Selain definisi diatas foto memiliki makna kiasan. Foto memiliki beberapa kategori yaitu foto keluarga, foto dokumentasi, foto resmi, foto salon, foto seni, foto kriminal, foto kedokteran, foto infra merah dan lain sebgainya.

Aktivitas
Hiking

Hiking

Hiking merupakan salah satu kegiatan outdoor dimana seseorang melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olah raga. Biasanya lokasi yang dituju memiliki panorama yang indah, dengan jalur yang sudah dibuat. Biasanya lokasi hiking sudah memiliki jalur yang sudah dibuat sebelumnya, bahkan dibeberapa spot sudah dibangun papan petunjuk, sehingga seseorang yang hendak melakukan hiking lebih mudah mengakses jalan.

Waktu yang digunakan untuk hiking tidak terlalu lama, biasanya mencapai satu hari atau beberapa jam. Hal ini disebabkan oleh jarak tempuh hiking lebih singkat dari pada trakking. Hiking bisa diartikan sebagai penempuhan sebuah perjalanan sedangkan trakking yaitu pembuatan jalur penempuhan tersebut.

Aktivitas
Hutan

Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan berbagai pohon yang lebat. Hutan juga merupakan suatu perkumpulan tumbuhan, dan juga berbagai jenis tanaman. Terutama pepohonan atau tumbuhan berkayu. Yang menempati daerah yang cukup luas. Hutan adalah salah satu ekosistem yang sangat penting di bumi, karena hutan merupakan paru paru dunia yang berfungsi sebagai penghasil oksigen. Jika tidak ada hutan bumi akan mengalami beberapa kerusakan dan bencana alam.

Di hutan banyak hewan yang sering diburu. Hal ini akan menjadikan hewan punah. Pemanasan global saat ini sudah terjadi di akhir akhir ini, karena memiliki deforestasi dan degradasi hutan.Pengertian hutan juga sangat beragam bergantung pada sudut pandang kita mendefinisikannya. Oleh karena itu kita juga harus dapat memahami pengertian hutan terlebih dahulu.

Aktivitas
Kuliner

Kuliner

Kuliner merupakan suatu bagian hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari hari. Kuliner juga dapat diartikan sebagai gaya hidup yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan sehari hari, karena berhubungan dengan makanan.

Kuliner adalah salah satu hasil olahan yang berupa masakan atau minuman. Kuliner adalah kata dari Inggris yang berarti ada hubungannya dengan memasak. Kuliner sering didengar di beberapa media bahkan sudah tersebar luas dimana mana. Dalam perkembangannya, kuliner digunakan untuk kesenian yang dapat dibagi menjadi seni persiapan, memasak dan penyajian makanan. Kuliner biasanya dilakukan diluar rumah.

Kuliner juga biasanya digunakan untuk jalan jalan sambil menikmati sebuah makanan yang sudah siap saji. Biasanya kuliner dijadikan wisata yaitu salah satunya untuk kebutuhan sehari hari juga. Dapat diartikan sebagai makna perpaduan antara berwisata sambil mencari makanan yang khas.

Aktivitas
Mandi

Mandi

Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam danau, sungai, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Mandi adalah hal yang tidak dapat ditinggalkan, karena manusia perlu mandi untuk menghilangkan debu, bau, dan sel sel kulit yang sudah mati.

Mandi memiliki berbagai manfaat yaitu untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Karena saat anda sudah mandi anda akan merasa segar, bersih, dan santai. Orang Indonesia memiliki kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun.

Mandi yang pertama dilakukan setelah bangun tidur dan akan melakukan aktivitas, sedangkan yang kedua dilakukan setelah melakukan aktivitas atau sebelum tidur. Mandi dapat dilakukan dengan air panas, air hangat, air dingin, dan air biasa. Selain manusia, beberapa jenis binatang juga akan melakukan mandi.

Aktivitas
Memancing

Memancing

Memancing adalah suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa merupakan pekerjaan, hobi,  olahraga luar ruang (outdoor) atau kegiatan di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan perairan lainnya dengan target seekor ikan. Atau bisa juga sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air tanpa alat atau dengan menggunakan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing. Namun dalam praktik dan dari hasil buruannya, tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan, memancing ikan dapat juga diartikan tidak hanya untuk menangkap ikan namun juga kodok, penyu, ikan, cumi-cumi, gurita, bahkan paus. Sejarahnya memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu sekitar 10.000 tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi pada goa-goa tua di Eropa bahwa aktivitas penangkapan ikan sudah ada sejak dulu dengan ditemukannya tulang-belulang, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tersebut. Teknik menangkap ikan mulai beragam pada masa Neolitik sekitar 4.00 – 8.00 tahun yang lalu yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan masih dipakai hingga saat ini. Begitu pula dengan cara pengolahan ikan hasil tangkapan, saat ini cara tersebut masih dilakukan dengan teknik yang sama misal pengawetan ikan dengan menggarami atau dengan cara pengasapan.

Aktivitas
Mendaki

Mendaki

Mendaki gunung merupakan aktifitas yang keras, penuh tantangan resiko dan kesulitan. Dalam melaksanakan aktifitas mendaki ini membutuhkan keterampilan, kecerdasan dan kekuatan fisik yang baik. Kondisi fisik yang baik adalah kunci keberhasilan dan lebih penting lagi keamanan seluruh kelompok tergantung pada kelemahan atau kekuatan kelompok. Seperti pentingnya kondisi fisik, sikap mental kita juga dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan. Kita memerlukan sikap positif, realistis dan kejujuran pada diri kita. Sebab ada hakekatnya bahaya dan tentang tersebut adalah untuk menguji kemampuan diri dan untuk bisa menyatu dengan alam dan keberhasilan dalam melewati suatu medan pendakian yang sulit menunjukkan keunggulan dalam melewati rasa takut dan kemenangan terhadap melewati perjuangan diri sendiri

Aktivitas
Menginap

Menginap

Mau liburan ke alam, wisata budaya atau sekadar jalan-jalan keliling kota pun tidak masalah. Yang penting saat musim libur tiba, kamu lepas dari rutinitas yang membosankan dan pergi sejenak melepas penat. Kalau bicara soal liburan, sepertinya tidak bisa dilepaskan dari perkara hotel atau penginapan. Biar liburanmu sempurna, pilihan tempat menginap juga nggak bisa asal-asalan. Tentunya juga penting untuk menyesuaikan hotel pilihan dengan budget yang kamu punya, agar nantinya tidak menyesal berkepanjangan. Buat yang ingin berhemat, hotel melati atau bintang satu pun tak masalah. Yang baru gajian dan pengen sekalian berenang, mungkin hotel bintang 4 bisa sesekali jadi pilihan. Zaman sekarang pilihan hotel memang tak terbatas.

Aktivitas
Outbound

Outbound

Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Alam Indonesia yang kaya menyediakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis digali. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Aktivitas
Paralayang

Paralayang

Paralayang dalam bahasa ingris adalah paragliding yaitu olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Induk organisasinya adalah PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonsia), sedangkan PLGI sendiri dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Aktivitas
Perahu

Perahu

Sebuah perahu adalah kendaraan air, biasanya lebih kecil dari kapal laut. Beberapa perahu biasanya dibawa oleh kapal laut. Akan tetapi kata perahu ini sebenarnya mengalami penyempitan makna, karena setidaknya sampai abad ke-17, perahu merujuk kepada kapal besar, bahkan galiung barat pun dulunya dikategorikan sebagai perahu, sampai digantikan oleh kata “kapal” pada bahasa Indonesia dan bahasa Melayu modern.

Sebuah perahu biasanya terdiri dari satu atau lebih struktur yang mengapung disebut lambung kapal dan beberapa sistem pendorong seperti baling-baling, dayung, pedal, tiang layar, layar, roda pendayung atau sebuah jet air.

Aktivitas
Road Cycling

Road Cycling

Road cycling adalah nama lain dari sepeda jalan. Istilah sepeda jalan digunakan untuk menggambarkan sepeda yang dibangun untuk bepergian dengan kecepatan di jalan beraspal. Beberapa sumber menggunakan istilah itu berarti sepeda balap . Sumber-sumber lain secara khusus mengecualikan sepeda balap dari definisi, menggunakan istilah untuk mengartikan sepeda dengan gaya yang serupa tetapi dibangun lebih untuk ketahanan dan mengurangi semburan cepat dari kecepatan yang diinginkan dalam sepeda balap. Dengan demikian, mereka biasanya memiliki kombinasi gigi lebih banyak dan lebih sedikit fitur balap hi-tech. Beberapa sepeda ini telah disebut sebagai sepeda ‘sportif’ untuk membedakannya dari sepeda balap.

Aktivitas
Sepeda

Sepeda

Bersepeda adalah bentuk bersepeda yang paling luas. Ini termasuk rekreasi, balap, dan utilitas bersepeda. Pengendara sepeda jalan umumnya diharapkan untuk mematuhi aturan dan hukum yang sama seperti pengemudi kendaraan lain atau pengendara dan mungkin juga pengendara sepeda motor.

Sepeda jalan khusus memiliki setang dan roda gigi ganda, meskipun ada variasi gigi tunggal dan tetap. Sepeda jalan juga menggunakan ban sempit bertekanan tinggi untuk mengurangi hambatan gelinding, dan cenderung agak lebih ringan daripada jenis sepeda lainnya. Setang jatuh sering diposisikan lebih rendah dari pelana untuk menempatkan pengendara dalam posisi yang lebih aerodinamis. Dalam upaya untuk menjadi lebih aerodinamis, beberapa pengendara mulai menggunakan aerobars. Siapa dan kapan aerobar di mana ditemukan tidak jelas tetapi mereka tampaknya tanggal kembali ke awal 1980-an. Bobot ringan dan aerodinamis dari sepeda jalan memungkinkan sepeda jenis ini menjadi sarana transportasi mandiri yang paling efisien kedua, di belakang hanya sepeda telentang karena efisiensi aerodinamis yang lebih tinggi.

Aktivitas
Ski Pasir

Ski Pasir

Panasnya pasir yang membakar telapak kaki serta teriknya sengatan matahari tak menghalangi sejumlah warga di atas tumpukan pasir yang sedang melakakun ski pasir. Mereka terus berpacu meski ditengah hembusan pasir. Bahkan tak jarang mereka terjatuh dan wajah menghujam pasir.
Ya, ski pasir sendiri adalah olahraga pasir yang pemainnya menyusuri tumpukan pasir yang menjulang tinggi dan luas menggunakan satu papan ski yang dipasang di kaki. Setelah menggunakan alat ski yang kita harus lakukan selanjutnya adlah meluncur dengan bebas seraya menyeimbangkan badan agar tidak terjatuh disana. Meskipun tidak seterkenal ski salju, ski pasir sendiri sudah menarik banyak perhatian masyarakat dan sekarang sudah mulai populer serta banyak peminantnya.

Aktivitas
Snorkeling

Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.
Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil napas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air.

Aktivitas
Tubing

Tubing

Tubing adalah perjalanan menyusur sungai menggunakan ban karet atau ban karet bekas yang menyenangkan untuk dilakukan saat musim panas. Begitu banyak negara memiliki tempat yang mengagumkan untuk melakukan perjalanan diatas ban karet ini,  dari lintasan di sungai yang arusnya tenang sampai lintasan sungai dengan arus cepat dan arus deras untuk mendapatkan pengalaman arung jeram yang membuat  jari-jari kaki Anda bergetar sepanjang time. Di Indonesia ada banyak sungai yang beralur panjang samapai puluhan kilometer , banyak tempat bagus dan sempurna untuk melakukan River Tubing. Di mana pun Anda memilih, Anda merasa terikat untuk memiliki hari yang menyenangkan bagi kenangan berpetualang untuk seumur hidup.

Aktivitas
Wahana

Wahana

Wahana adalah alat atau sarana pengangkut. Wahana sendiri juga sering diartikan sebagai alat untuk bermain. Ada berbagai macam wahana yang patut di coba ketika kita sedang berlibur ke tempat wisata contohnya seperti : Arung Jeram, Niagara Gara, Ice Age Arctic Adventure, Bianglala, Kora-kora, Gajah Bledg, Kicir-kicir, Tornado, Pontang-pontang, Halilintar, Ontang-anting, Rajawali, Rumah Miring, Poci-poci, Alap-alap, Daytona, Flight Academy, Mini Drop, Ferrish Wheel, Midway Games, Mini Swinger, Caroussel, Mini Bumper Car, Ship Adventure, Air Race, Disko, Hydrolift, Kiddy Land, Hauted House dan masih banyak yang lainnya. Dibalik wahana tersebut akan saya pasti anda akan sangat terhibur dan menikmati setiap detiknya ketika menaiki wahan permainan tersebut.

Aktivitas
Wisata Budaya

Wisata Budaya

Pariwisata adalah perjalanan untuk kesenangan atau bisnis; juga teori dan praktik tur, bisnis menarik, menampung, dan menghibur wisatawan, dan bisnis tur operasi. Pariwisata mungkin bersifat internasional, atau di dalam negara wisatawan. Organisasi Pariwisata Dunia mendefinisikan pariwisata secara lebih umum, dalam hal yang “melampaui persepsi umum tentang pariwisata sebagai terbatas hanya pada kegiatan liburan”, karena orang “bepergian ke dan tinggal di tempat-tempat di luar lingkungan mereka yang biasa selama tidak lebih dari satu tahun berturut-turut untuk tujuan rekreasi, bisnis dan lainnya “.

Pariwisata dapat bersifat domestik atau internasional, dan pariwisata internasional memiliki implikasi masuk dan keluar pada neraca pembayaran suatu negara. Saat ini, pariwisata adalah sumber pendapatan utama bagi banyak negara, dan mempengaruhi ekonomi negara-negara sumber dan tuan rumah, dalam beberapa kasus menjadi sangat penting.

Aktivitas
Wisata Religi

Wisata Religi

Wisata Religi adalah salah satu jenis produk wisata yang berkaitan erat dengan religi atau keagamaan yang dianut oleh manusia. Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata ke tempat yang memiliki makna khusus bagi umat beragama, biasanya berupa tempat ibadah, makam ulama atau situs-situs kuno yang memiliki kelebihan. Kelebihan ini misalnya dilihat dari sisi sejarah, adanya mitos dan legenda mengenai tempat tersebut, ataupun keunikan dan keunggulan arsitektur bangunannya .

Wisata religi adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yang percaya dengan adanya roh-roh nenek moyang atau pendahulu-pendahulunya. Dalam membahas mengenai religi perlu membicarakan keterkaitan antara keberagaman tradisi, kemajemukan dan perbedaan budaya.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!