⌂ Home > Blog > Uncategorized > Akibat Tidak Memasang Segitiga Pengaman

Akibat Tidak Memasang Segitiga Pengaman

Banyak orang yang dibidang otomotif biasanya sudah mengetahui bahwa saat mobil mengalami keadaan darurat misalnya mobil mogok, ban bocor dan lain sebagainya yang dilakukan dipinggir jalan maka wajib memasang segitiga pengaman pada lokasi sebelum atau sesudah posisi mobil anda.

Dan anda juga harus tau, jika anda tidak memasang segitiga mobil, anda akan dikenakan hukuman atau sanksi berupa berupa tilangan dan menurut Undang undang No. 2 Tahun 2009 mengenai tata cara berlalu lintas di jalan bahwa apabila saat berhenti dalam keadaan darurat tidak memasang segitiga pengaman maka akan dikenakan denda paling banyak 500.000 rupiah atau pidana kurungan paling lama 2 bulan. Hal ini akan merugikan bagi anda, karena jika diperhitungkan uang 500.000 rupiah dapat dibelikan bensin. Dan memasang segitiga pengaman adalah hal yang penting, selain untuk memberitahukan pengendara lain hal ini juga dapat menjadi keamanan bagi orang yang memperbaiki mobil tersebut.

Baca juga: Kopling Mobil Otomatis dan Manual Serta Fungsinya

Pemasangan Segitiga Pengaman

Pemasangan segitiga pengaman ini sebaiknya dengan menyalahkan lampu hazard atau lampu darurat. Sedangkan untuk jarak pengaman segitiga pada mobil anda dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan. Biasanya paling dekat adalah 3 meter dari mobil atau biasanya hanya 2 meter, tidak disarankan bagi anda untuk memasang di belakang mobil, karena hal itu tidak efektif, dan tidak termasuk pemberitahuan pada pengemudi lain. Jika jalan lurus dan mobil melaju kencang maka pasang segitiga pengaman pada jarak kira-kira 30 meter dari mobil agar pengemudi punya cukup waktu untuk mengerem. Dan jika jalan berliku maka pasang segitiga pengaman kira kira 50 sampai 100 meter. Kita mengingat bahwa biasanya ketika jalan berbelok pandangan kita sangat terbatas. Pemasangan segitiga pengaman ini dapat dipasang di depan dan belakang mobil jika ada 2 jalur, tetapi jika 1 jalur maka pasang segitiga pengaman di bagian belakang saja.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!