Wisata Candi Prambanan Peninggalan Sejarah Yang Menakjubkan

Wisata Candi Prambanan Peninggalan Sejarah Yang Menakjubkan

Candi prambanan sendiri merupakan salah satu candi bersejarah yang berada di Indonesia. Candi prambanan telah tertulis di UNESCO menjadi warisan dunia di tahun 1991 selain candi borobudur. Untuk mengenal lebih jauh tentang candi prambanan peninggalan sejarah yang menakjubkan maka sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Dengan adanya candi prambanan yang berada dekat dengan candi borobudur, ini menjadi bukti bahwa dulu toleransi beragama sudah diterapkan antara umat agama Hindu dan Budha. Dengan dibangunnya dua candi tersebut juga menjadi bukti bahwa rakyat nusantara dulunya cukup maju sehingga bisa membangun dua candi megah tersebut tanpa bantuan alat modern.

Eits, Baca juga: Membahas Tuntas Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Bukti Candi Prambanan Peninggalan Sejarah Agama Hindu

Para masyarakat percaya bahwa candi prambanan peninggalan sejarah dari cerita Roro Jonggrang dan menyebutnya sebagai candi seribu. Tetapi perlu kamu tahu jumlah asli candi ini hanya terdapat 240 buah candi yang lokasinya berdekatan. Lokasi sejarah satu ini memiliki 4 buah gerbang masuk di setiap mata angin. Namun gerbang masuk utamanya berad di sebelah timur.

Sejarah candi prambanan ini merupakan tempat persembahan untuk Dewa Siwa yang dikenal bagi umat Hindu sebagai dewa penghancur. Telah terbukti lewat prasasti Siwagrha, nama candi prambanan aslinya adalah Siwagrha berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Rumah Siwa.

Banyak sekali candi-candi yang berada di komplek Prambanan. Candi induk yang menjadi tempat persembahan untuk Dewa Siwa memiliki tinggi 47 m. Candi induk di kedua sisinya terdapat dua candi yang menjadi persembahan untuk Dewa Wisnu dan Dewa Brahma dua candi ini memiliki tinggi 33 m. Ketiga candi tersebut juga dikenal dengan candi Trimurti.

Di ketiga candi Trimurti ini terdapat patung arca di setiap candi yang menggambarkan setiap dewa tersebut. Di depan ketiga candi juga terdapat candi wahana sebanyak tiga, candi ini menggambarkan sebagai kendaraan ketiga dewa inti agama Hindu tersebut.

Eits, Baca juga: Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru

Selain 3 buah candi induk di atas di komplek Prambanan masih banyak candi yang perlu kamu tahu. Mulai dari candi apit, candi kelir, candi patok dan candi perwara. Candi-candi tersebut terdapat di sekeliling candi induk.

Selain berbagai candi bersejarah di atas dengan mengunjungi wisata candi Prambanan kamu juga akan menemukan berbagai relief yang menggambarkan mengenai cerita bersejarah dari agama Hindu yaitu Ramayana dan Krishnayana. Relief tersebut berada pada dinding dalam yang mengelilingi ke tiga candi trimurti.

Saat berwisata di candi Prambanan selain bisa mendapatkan pengetahuan sejarah mengenai bangunan tersebut. Kamu juga bisa berswafoto dengan baground candi prambanan yang cantik dan megah tersebut. Saat malam hari kawasan candi akan semakin cantik dengan lampu-lampu yang mengelilingi candi induk.

Kamu juga bisa berkeliling komplek candi prambanan dan menikmati suasana candi dengan berjalan kaki. Di lokasi wisata ini seluruhnya ditanami dengan rumput hias yang luas. Sehingga akan sangat nyaman berjalan mengelilingi candi sembari melihat kecantikan dari bangunan bersejarah satu ini.

Bila berencana melakukan wisata ke candi Prambanan kamu bisa langsung pergi ke lokasinya yang berada di dua Kabupaten yaitu Sleman Jogja dan Klaten Jawa Tengah. Jam buka tempat wisata ini mulai dari jam 6 pagi hingga 5 sore. Jika ingin menikmati pertunjukan kisah Ramayana kamu bisa membeli tiketnya. Harga tiket masuk di lokasi wisata ini mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 30.000 belum tiket pertunjukkan.

Bila kamu ingin mendapatkan suasana yang berbeda ketika mengunjungi candi Prambanan maka sebaiknya datang ketika malam bulan purnama. Pada saat itu kamu bisa datang jam 8 malam hingga 10 malam. Pada setiap malam bulan purnama akan disenggarakan pementasan Ramayana di panggung candi Trimurti.

Itulah informasi mengenai salah satu lokasi wisata bersejarah Candi Prambanan yang mungkin bisa bermanfaat bila kamu ingin mengunjungi lokasi prasejarah satu ini dari tim travelbos.id. Selamat berlibur!

You May Also Like

About the Author: admintravelbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *