Wisata Sekapuk Gresik, Bukit Kapur Indah dan Megah!

Wisata Sekapuk Gresik, Bukit Kapur Indah dan Megah!

Kata siapa Gresik tidak punya destinasi wisata yang must to visit? Gresik termasuk salah satu kota di Indonesia yang ternyata memiliki wisata yang cukup lengkap lho, muai dari wisata alam, wisata buatan, hingga wisata kulinernya wajib banget untuk dicoba. Nah, salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi adalah wisata Sekapuk Gresik.

Wisata ini sebenarnya bernama wisata Setigi Gresik, namun karena terletak di Desa Sekapuk jadi orang-orang terbiasa menyebutnya dengan Sekapuk Gresik. Kamu sudah pernah mengunjungi wisata Tebing Breksi di Jogja belum? Jika sudah, pemandangan yang ditawarkan mirip dengan wisata Tebing Breksi yang ada di Jogja lho. Cocok banget dikunjungi untuk mendapatkan hasil foto yang sangat instagramable kan dari tim travelbos.id?

Informasi Lengkap Tentang Wisata Sekapuk Gresik

Untuk bisa berkunjung di wisata Sekapuk Gresik tergolong sangat mudah. Letaknya yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik ini bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 27 km dari exit Tol Manyar. Karena letaknya yang cukup jauh dari daerah perkotaan, tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran.

Pada awalnya, tempat wisata ini merupakan tempat yang dulunya dijadikan sebagai area tambang yang kumuh dan banyak sampah. Namun, Bumdes Sekapuk berhasil menyulap tempat ini sebagai objek wisata yang begitu indah dan megah. Wisata yang berdiri diatas lahan seluas 5 hektar ini dikelola dengan baik oleh Bumdes Sekapuk, warga desa, dan pemerintah desa.

Dinamakan wisata Setigi dikarenakan berasal dari singkat Selo, Tirto, dan Giri yang jika digabung menjadi Setigi. Masing-masing nama memiliki arti tersendiri dan tentu ada kaitannya dengan objek wisata. Selo berarti batu, Tirto berarti air, dan Giri berarti bukit.

Jika kamu mengunjungi objek wisata ini, pemandangan barisan bukit kapur massif yang mirip dengan kastil-kastil Yunani akan menyambutmu. Meskipun merupakan bukit kapur, namun karena letaknya yang berada di daerah pegunungan tidak akan membuatmu merasa panas atau gerah. Tempat ini justru menyajikan udara yang sangat sejuk dan segar lho!

Eits, baca juga: Kumpulan Wisata Trawas Yang Super Kece!

Tidak hanya menyajikan pemandangan bukit kapur yang indah dan megah saja. Disini kamu bisa menikmati wisata lain seperti Goa Pancawarna, Jembatan Peradaban, Goa Emas, Kolam Renang, Taman Desa, dan masih banyak lainnya. Disini juga terdapat banyak sekali spot foto yang kekinian dan super instagramable.

Selain itu, disini juga ada danau buatan yang dilengkapi dengan jembatan, rumah Honai Papuan, dan  wahana wisata air. Kamu juga bisa mencoba berbagai wahana seru lainnya seperti ATV, dinding topeng, hingga gunung kapur bekas tambang. Jadi siapkan fisikmu untuk mengeksplor wisata Setigi Gresik lebih banyak.

Tiket masuk yang dikenakan juga sangat terjangkau. Untuk bisa memasuki lokasi wisata, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk tiket masuk, dan Rp 5.000 untuk parkir motor, Rp 10.000 untuk parkir mobil. Karena masih dalam suasana pandemi, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak ya!

Untuk fasilitas pendukung juga sangat lengkap dan memadai. Terdapat area parkir yang luas, toilet umum, musholla, gazebo, spot foto, tempat makan, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk membantu menjaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ya.

Eits, baca juga: Harga Tiket Taman Safari Prigen Hingga Wahananya

Nah, itu dia beberapa informasi penting seputar wisata Sekapuk Gresik. Wisata ini bisa kamu kunjungi pada pukul 08.00 – 17.00 WIB di hari Senin – Jumat. Dan pukul 08.00 – 18.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

Informasi Lengkap Tempat Wisata Sekapuk Gresik

Bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat wisata Sekapuk Gresik ada beberapa informasi yang bisa Anda simak di bawah ini:

Harga Tiket Masuk ke Tempat Wisata

Untuk masuk ke lokasi wisata sekapuk gresik populer yang satu ini cukup terjangkau. Anda hanya dikenakan biaya sekitar Rp15 ribu saja per orang dewasa. Kemudian untuk anak-anak hanya dikenakan tarif sebesar Rp10 ribu.

Namun, tarif ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung berbagai hal mengingat masih pandemi. Anda bisa menghubungi pengelola untuk informasi lebih lanjut.

Lokasi Wisata Sekapuk di Gresik

Untuk menuju ke wisata sekapuk gresik, Anda harus mengetahui lokasi selengkapnya. Tempat wisata yang satu ini terletak di kampung Slolok, Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Wahana di Wisata Sekapuk Gresik yang Bisa Anda Nikmati

Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati di tempat wisata yang satu ini. Anda bisa menikmati berbagai wahana sebagai berikut:

Berswa Foto di Spot-spot yang Instagramable

Pertama, Anda bisa berswafoto di beberapa lokasi yang sangat bagus untuk Anda unggah di Instagram. Ya, tebing-tebing batu yang ada di sana bisa menjadi latar belakang foto antimainstream. Tebing-tebing yang terlihat gagah juga dikelilingi oleh berbagai tumbuhan hijau yang  terlihat sangat asri.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berfoto di tangga batu yang terlihat polos namun sangat artistik. Jika Anda ingin berfoto dengan menampilkan lokasinya, di spot “I Love Sekapuk” bisa jadi pilihan yang baik.

Masih banyak lagi tempat foto yang sangat instagramable bahkan hampir semua titik memiliki keunikan tersendiri. Semua titik terlihat sangat bersih dan terawat sehingga membuat Anda betah berlama-lama.

Menaiki Perahu di Danau Sekapuk

Kemudian, wahana di wisata sekapuk gresik yang patut Anda coba di sana adalah menaiki perahu kayuh. Perahu kayuh ini bisa Anda gunakan untuk mengelilingi danau yang ada di sana. Anda bisa menikmati danau dengan lebih mudah dan tentunya dengan pengalaman yang tak biasa.

Berjalan Melalui Jembatan Peradaban yang Sangat Elok

Di atas danau, Anda akan melihat adanya jembatan yang sangat unik dan cukup menarik perhatian. Jembatan ini memiliki warna putih dan terlihat sangat artistik. Anda bisa berjalan di sana adan juga mengambil foto untuk kenang-kenangan.

Bermain ATV Bersama Teman

Jika masih belum puas dengan beberapa wahana di atas maka Anda bisa bermain ATV bersama teman atau keluarga tercinta. Trek yang cukup unik akan membuat Anda tertantang untuk memainkan kendaraan yang satu ini.

Jam Buka Wisata di Sekapuk

Jika Anda mulai tertarik dengan tempat wisata sekapuk gresik ini maka Anda harus mencatat jam bukanya. Wisata Sekapuk ini buka dari pukul 8 pagi dan tutupnya pukul 5 sore. Jadi, jika Anda datang di pagi hari bisa puas bermain hingga sore. Selamat berlibur! Dan jangan lupa untuk komen dan share nya ya!

You May Also Like

About the Author: admintravelbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *