Membahas Tuntas Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Membahas Tuntas Sejarah Candi Borobudur Lengkap travelbos

Sangat banyak peninggalan sejarah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Peninggalan tersebut tentunya harus kita jaga dengan sebaik-baiknya karena nilai sejarahnya yang tinggi bagi bangsa Indonesia. Salah satu peninggalan sejarah yang masih tetap apik hingga sekarang adalah candi borobudur. Berikut ini kita akan membahas tentang sejarah candi borobudur lengkap.

Eits, Baca juga: Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru

Yang kita tahu bahwa candi borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di daerah Magelang. Karena nilai historisnya yang tinggi membuat candi ini sering kali dikunjungi para wisatawan yang ingin melihat kemegahannya. Maka dari itu sangat penting mengetahui tentang sejarah dari candi borobudur ini, simak berikut sejarahnya yang di kupas oleh tim Travelbos.id.

Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Menurut sejarah bahwa candi borobudur telah diperkirakan dibangun di abad ke-9. Candi ini dibangun ketika daerah Magelang masuk ke kerajaan Syailendra yang saat itu rajanya bernama Samaratungga. Saat itu raja memerintahkan untuk membangun sebuah candi yang dipimpin oleh Gunadharma sebagai arsiteknya.

Sebab saat itu mayoritas orang Jawa beragama Buddha maka candi borobudur ini menjadi tempat untuk melakukan berbagai kegiatan agama. Dan telah menjadi pusat kegiatan agama Budha paling besar di seluruh nusantara kala itu.

Karena masuknya budaya agama Islam ke nusantara membuat sejarah candi borobudur lengkap ini semakin dilupakan. Selain itu juga candi borobudur juga kerap kali terkena dampak letusan dari gunung Merapi yang membuatnya semakin terkubur dengan abu vulkanik. Sampai pada akhirnya Belanda masuk ke Indonesia.

Pada tahun 1814 orang kebangsaan Belanda yaitu Sir Thomas Stamford Raffles telah berhasil menemukan candi borobudur yang sudah lama terlupakan dan terkubur abu vulkanik. Saat ditemukan kembali candi borobudur dalam keadaan yang tidak baik. Selain sudah lama terkubur dengan abu vulkanik keadaan candinya juga telah dipenuhi dengan banyak semak belukar hingga tidak terlihat bentuk aslinya.

Bentuk dari candi borobudur mempunyai tinggi bangunana hingga 42 meter tetapi saat ditemukan kembali hingga sekarang tinggi candi ini hanya 34,5 m saja. Alasannya memang ada tingkatan yang sengaja untuk dikubur sebab untuk bisa menguatkan bangunan candi. Alasan lainnya karena pada tingkat paling bawah candi ini telah tergambar berbagai bentuk posisi berhubungan suami istri sehingga hal ini memang sengaja dikubur.

Ketika masa penjajahan Inggris dan Belanda pada wkatu itu akhirnya di adakan sebuah rekonstruksi beberapa kali di candi Borobudur. Pemugaran candi borobudur ini terus dilakukan dan dilanjutkan hingga bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaanya. Pemugaran tersebut selain dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri juga dibantu oleh berbagai negara lain yang memang menghargai nilai historisnya.

Karena nilai historisnya yang tinggi membuat candi borobudur sekarang dijadikan sebagai tempat wisata sejarah yang paling favorit di daerah Magelang. Jika kamu berencana ingin melakukan wisata sejarah maka sebaiknya untuk datang dan menikmati liburan di candi borobudur. Dengan datang ke borobudur kamu akan mendapatkan pengalaman wisata sejarah yang menakjubkan karena disana terdapat berbagai benda sejarah yang layak untuk dipelajari.

Untuk mengunjungi candi borobudur kamu bisa langsung datang ke lokasinya yang berada di Magelang, Jl Badrawati, Kw Candi Borobudur, Jawa Tengah. Tiket masuk candi borobudur mulai dari Rp 25000 hingga Rp 210.000. Candi ini dibuka untuk wisatawan pada jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Disana kamu tidak perlu khawatir sebab sudah tersedia berbagai fasilitas yang mumpuni untuk para wisatawan.

Dengan mengetahui sejarah candi borobudur lengkap di atas mungkin hal tersebut bisa membuat kamu tertarik untuk berwisata di borobudur. Karena daya tarik dari candi ini selain bangunannya yang megah dan nilai historisnya yang tinggi, kamu akan melihat pemandangan keasrian dari taman lumbini dan keindahan sunrise di candi borobudur. Tentu hal tersebut tidak boleh terlewatkan begitu saja bagi kamu yang menyukai tempat wisata bersejarah.

Candi Borobudur Dibangun Pada Masa Pemerintahan
Apa?

Yang mendirikan Candi Borobudur adalah Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau yang biasa disebut dinasti Syailendra. Dan kemungkinan Candi Borobudur ini dibangun pada sekitar tahun 824 M dan di selesaikan pada sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang merupakan putri dari Samaratungga

You May Also Like

About the Author: admintravelbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *