Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Lengkap dengan Aksesnya

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Lengkap dengan Aksesnya

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan. Bangunan ini cukup bersejarah bagi Indonesia, terlebih dengan berkembangnya agama Hindu yang ada di bumi tercinta. Berikut ini akan dijelaskan terkait dengan harga tiket masuk Candi Borobudur lengkap beserta dengan akses menuju kesana.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur terbagi menjadi tiga zona dengan daya tariknya masing-masing. Zona yang dimaksudkan ini diantaranya adalah Zona Kamadhatu yang terdiri dari 160 relief. Ada juga Zona Rupadhatu yang memiliki kurang lebih 328 patung Buddha, dan yang terakhir adalah Zona Arupadhatu yang terdiri dari 72 stupa.

Eits, Baca sejarah lengkapnya di Membahas Tuntas Sejarah Candi Borobudur Lengkap

Candi Borobudur dikenal akan nuansa sejarah yang begitu kental. Selain itu, arsitektur bangunannya  juga sangat menakjubkan. Tak heran jika Candi Borobudur tidak pernah sepi dari kunjungan dari para wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur dibuka setiap hari pada pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore hari.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya pun cukup dekat dengan Candi Prambanan yang ada di Klaten, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Untuk menikmati keindahan dari arsitektur Candi Borobudur ini, para wisatawan wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiketnya sendiri terbilang cukup murah. Namun harga tiket masuk candi borobudur yang berlaku dibagi menjadi dua bagian, yakni tiket masuk yang berlaku untuk wisatawan lokal dan tiket masuk untuk wisatawan mancanegara.

Eits, baca juga: Wisata Candi Prambanan Peninggalan Sejarah Yang Menakjubkan

Bagi wisatawan lokal, harga tiket masuk yang ditetapkan adalah sekitar 50 ribu rupiah untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak usia 3 hingga 10 tahun, harga tiket yang dibebankan adalah sekitar 25 per anaknya.

Bagi wisatawan mancanegara atau turis, hara tiket masuknya dibandrol dengan 25 dollar untuk satu orang dewasa, sedangkan untuk anak usia 3 sampai 10 tahun dibebankan harga tiket sebesar 12 dollar untuk per anaknya.

Perbedaan dari harga tiket yang sudah ditentukan ini akan menjadi pembeda antara wisatawan lokal dan mancanegara sebagai dana untuk pengelolaan dan pemeliharaan dari Candi Borobudur itu sendiri. Selain itu, pemasukan yang dihasilkan dari pariwisata Candi Borobudur ini juga dapat menambah pemasukan devisa negara terhadap tempat pariwisata.

Akses Menuju Candi Borobudur

Untuk menuju ke Candi Borobudur, kamu bisa mengendarai kendaraan umum seperti bus dari Yogyakarta. Kamu hanya perlu berangkat ke terminal bus Jombor untuk naik bus jurusan Yogyakarta. Jika kamu datang dari Bandara Adisucipto, maka kamu bisa naik Bus Damri jurusan Bandara ke Borobudur secara langsung.

Namun jika kamu datang dari dalam kota, maka kamu bisa naik bus Trans Jogja untuk sampai ke Terminal Jombor. Setelah sampai di Terminal Jombor ini, kamu bisa melakukan perjalanan menuju Candi Borobudur dengan manggunakan dokar, becak, atau dengan berjalan kaki.

Jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu bisa mengambil jalur utama menuju Borobudur dari Yogyakarta melalui Magelang. Kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Bus Jombor lalu melanjutkannya ke Utara menuju Kota Magelang. Setelah sekitar 40 km perjalanan, kamu akan menemui Tugu Bambu Runcing Muntilan.

Tak lama setelah itu kamu akan menemukan pertigaan Palbapang atau Mungkid Magelang dan ambil arah kiri. Nah, jarak dari Palbapang menuju Candi Borobudur adalah sekitar 10 km jauhnya. Setelah sampai, tentu kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dari Candi Borobudur yang begitu megah tersebut. Inilah beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari Candi Borobudur sebagai salah satu tempat bersejarah yang ada di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta. Situs prasejarah ini merupakan peninggalan yang perlu sama-sama dijaga kelestariannya. Selain itu, Candi Borobudur juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata Indonesia yang mendunia.

Nah, itulah tadi informasi sejarah, lokasi, akses dan harga tiket masuk candi borobudur dari tim travelbos.id yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang berlibur di Jogja. Selamat berlibur!

You May Also Like

About the Author: admintravelbos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *