⌂ Home > Blog > Uncategorized > 12 Cara Merawat Mobil Matic Sendiri Agar Awet Mudah Dilakukan

12 Cara Merawat Mobil Matic Sendiri Agar Awet Mudah Dilakukan

Mobil merupakan kendaraan yang paling umum ditemui di kota-kota besar. Dibedakan dari jenis transmisinya, mobil terdiri dari 2, manual dan matic. Untuk era sekarang, mobil dengan transmisi matic lebih diminati karena mudah dan nyaman dikendarai. Namun banyak yang mengatakan bahwa biaya perawatan mobil matic sangat mahal.

Baca juga artikel lain dari kami: Cara merawat mesin dan body mobil

Mobil matic adalah salah satu jenis dari kendaraan yang akan memberikan rasa nyaman kepada pemiliknya. Karena ketika saat mengendarai mobil bagi pemula sebenarnya sangat sulit. Pada mobil manual yang sudah lengkap dengan transmisi otomatis, sehingga dapat memudahkan anda pecinta mobil. Di Indonesia memiliki tingkat penjualan yang sangat meningkat secara signifikan dalam penjualan mobil matic. Untuk saat ini banyak yang menggunakan dan banyak yang memilih mobil matic karena mobil matic adalah salah satu mobil yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan kendaraan atau mobil yang bertransmisi manual.

Jika di lihat dari sisi lain bahwa dengan meningkatnya jumlah pengendara sepeda  motor yang tidak seimbang dengan pertumbuhan ruas jalanan. Sehingga memberikan dampak pengguna jalan yang sangat padat. Maka di sini lah keunggulan mobil matic di gunakan. Anda juga bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengendarai kendaraan mobil matic ini, anda juga harus mengetahui perawatan apa saja yang harus anda lakukan untuk mempertahankan keamanan dan kenyaman.

Baca juga artikel lain dari kami: perawatan automatic braking

  1. Panaskan mesin mobil sebelum mulai berkendara. Memanaskan mesin mobil adalah hal yang sering dilupakan oleh para pengendara, apalagi jika sedang dikejar waktu. Padahal memanaskan mesin mobil ini berguna untuk menyesuaikan suhu udara mesin, memberikan sirkulasi oli secara merata ke seluruh komponen mesin mobil. Cara untuk memanaskan mobil juga harus dilakukan dengan benar. Anda tidak perlu memanaskan mobil selama 5 atau 10 menit karena hal itu hanya akan membuang bahan bakar. Cukup dengan 2 hingga 3 menit tanpa menyalakan AC. Ketika memanaskan mesin mobil, pastikan bahwa transmisi mobil netral dan anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam. Penginjakkan gas terlalu dalam hanya akan menimbulkan polusi apalagi jika anda berada di komplek perumahan. Jika kinerja mesin sudah stabil, maka anda dapat menyalakan AC dan mobil sudah siap dijalankan.
  2. Service mobil. Service mobil adalah salah satu  hal yang paling penting. Karena kenyamanan dan keamanan bisa kita dapatkan dengan melakukan service mobil tersebut. Bagi mobil matic, service adalah hal yang sangat di utamakan karena juga untuk mengikuti produsen yang memberikan peraturan untuk service berkala. Mobil matic sangat membutuhkan up – det tentang  kendaraan yang memang sangat di wajibkan oleh produsen untuk setiap pengendara.
  3. Penggunaan persneling. Jika mesin mobil Anda masih menyala dan tidak sepenuhnya berhenti, misalnya dalam keadaan macet, jangan pindahkan persneling ke “P” karena komponen persneling anda lama kelamaan akan rusak. Anda dapat memindahkannya ke “N” (neutral) dan mengangkat rem tangan. Contoh lain adalah jika anda ingin memarkirkan kendaraan anda, jangan pindahkan persneling ke “D” (Drive) kemudian mematikan mesin kendaraan secara paksa. Hal ini dapat mengganggu kinerja mesin mobil matic anda, pindahkan tuas transmisi ke “P” (Parking) pada saat mobil parkir.
  4. Mengganti oli mesin. Untuk mobil matic, selain service mobil maka penggantian oli mesin juga harus diperhatikan. Oli mesin juga sangat penting bagi mobil anda karena adanya keamanan dan kenyamanan tidak hanya melalui service berkala saja tetapi juga dengan pergantian oli mesin maka anda bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan.
  5. Mengganti oli transmisi. Dalam perawatan mobil matic memelihara keadaan oli transmisi otomatis nya, maka anda pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur, karena sudah di ketahui bahwa mobil matic minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km maka sudah diwajibkan mengganti oli transmisi. Anda bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil. Jenis pelumas yang sering anda pakai, berat atau ringan nya saat anda melakukan kendaraan maka ini adalah salah satu waktu penggantian oli pelumas yang bisanya di pakai.
  6. Memperhatikan kinerja mobil. Sebagai pengemudi, anda harus peka dengan keadaan mobil anda. Jika mesin anda mengalami kerusakan, pastinya akan ada tanda – tanda awal. Beberapa tanda awal ini misalnya, bunyi mesin yang kasar, mobil tidak seimbang atau bergoyang jika di kendarai dengan kecepatan tinggi. Saat ingin di pindahkan, persneling mengeluarkan hentakan. Beberapa tanda seperti ini menunjukkan bahwa anda harus segera membawa mobil matic anda ke bengkel untuk di perbaiki. Jika di biarkan terlalu lama, selain harga reparasinya yang mahal, akan membahayakan pengemudi dan penumpangnya.
  7. Servis berkala. Apapun jenis mobil anda, servis berkala merupakan hal yang wajib di lakukan untuk memastikan bahwa mobil matic anda selalu prima. Jadwal servis berkala ini biasanya telah di berikan di buku panduan awal ketika anda membeli mobil tersebut. Servis berkala ini akan bermanfaat untuk melihat kinerja mesin serta memastikan bahwa mesin mobil anda tidak masalah.
  8. Pengecekan valve dan oli tranmisi. Apabila anda berada di saat kondisi yang memang sulit untuk di hindari seperti banjir dan hujan deras maka anda harus mengganti oli transmisi untuk menghindari hal – hal yang tidak anda inginkan, karena hujan deras atau banjir yang besar maka airnya bisa masuk ke dalam gearbox. Mobil matic anda bisa mengalami hal yang buruk jika anda abaikan seperti kemacetan gear atau transmisi.
  9. Lakukan uji jalan. uji jalan ini di lakukan 1 kali dalam 2 sampai 3 bulan, caranya adalah dengan menjalankan mobil seperti biasa kemudian pindahkan persneling mobil. Yang harus anda perhatikan adalah perpindahan persneling tersebut. Jika anda mendengar suara yang aneh pada saat persneling di pindahkan. Maka ini menunjukkan mobil anda sedang dalam masalah. Jika memang perpindahan tidak halus, maka anda harus segera membawa ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk di perbaiki. Alasannya adalah karena transmisi mobil merupakan bagian vital dari sebuah mobil. Langkah ini agar biaya yang nantinya di keluarkan jika mobil anda rusak tidak terlalu banyak.
  10. Meneliti porsneling. Perawatan mobil matic yang selanjutnya adalah anda sebagai pemilik mobil harus meneliti dalam penggunaan persneling, anda sebagai pengguna mobil maka hindari pada penggunaan persneling “P” jika mobil matic anda dalam keadaan berhenti. Apabila anda gunakan secara terus menerus maka mobil matic anda bisa mengalami kerusakan pada bagian persneling nya. Jika anda ingin memakirkan mobil matic anda, maka anda jangan menggunakan persneling D, karena jika anda menggunakan persneling D mobil matic anda akan mengalami kerusakan. Untuk lebih aman nya bagi mobil matic anda adalah hanya dengan memindahkan tuas transmisi mobil matic ke posisi “P” jika anda ingin parkir mobil.
  11. Mengenali kerusakan mobil. Sering tidak kompak nya per putaran mesin mobil matic anda dengan kecepatan mobil matic, maka harus anda perhatikan bahwa rusaknya transmisi matic yang sering terjadi adalah kopling slip, suara mesin yang kasar saat dipakai berjalan dengan cepat yang sangat tinggi tetapi laju mobil tidak seimbang, hentakan gigi persneling saat ingin di pindahkan. Maka saat anda pertama kali membeli mobil yang bermesin matic maka sebaiknya anda memperhatikan dan membaca buku panduan mobil matic tersebut, buku panduan memiliki manfaat yang banyak untuk anda karena di dalam buku panduan banyak memberikan informasi tentang bagaimana cara merawat mobil matic dengan benar dan baik, selain itu buku panduan juga memberi informasi kepada anda tentang garansi mobil matic.
  12. Siasat perbaikan transmisi mobil matic. mobil matic mempunyai ratusan komponen yang harus bekerja secara harmonis untuk memastikan agar perpindahan gigi lancar. Karena hal ini, biaya yang di butuhkan untuk perawatan mobil matic biasanya lebih tinggi di bandingkan mobil manual.

Baca juga artikel lain dari kami: Kopling mobil otomatis dan manual serta fungsinya

Selain itu, terdapat tips lain, yang pertama adalah jika anda mengendarai mobil matic di jalanan perkotaan, gantilah oli anda lebih awal daripada rekomemdasi pabrik. Kedua setelah pemakaian lebih dari 100.000 km, anda harus mempersiapkan biaya untuk perbaikan mesin mobil matic anda.

Beberapa perawatan di atas dapat membantu menekan biaya perawatan mobil matic anda. Terima kasih telah mengunjungi artikel dari kami, semoga dari artikel ini membuat anda menambah wawasan anda.

Anda Mungkin Suka...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!